menulis artikel seo

Belajar Menulis Artikel SEO yang Disukai Pengunjung

Menulis artikel SEO (search engine optimation) memang tidak semudah yang dibayangkan. Untuk blogger pemula misalnya, mereka yang sedari awal tidak memiliki basic seorang penulis. Biasanya akan kebingungan dalam menuangkan ide pikiran mereka menjadi sebuah artikel yang bermanfaat bagi pembaca.

Artikel sendiri merupakan poin yang paling penting dalam blog. Karena dengan adanya artikel, blog yang dikelola dapat menjadi jendela untuk mereka yang haus akan informasi. Oleh karenanya, sangat penting untuk blogger mengetahui dan mempelajari teknik menulis artikel SEO yang benar-benar bermutu, serta layak dibaca oleh pengunjung.

Siapakah yang dimaksud dengan pengunjung ?

Beberapa diantara kita, mungkin beranggapan bahwa pengunjung adalah pengguna internet yang kebetulan mampir untuk mencari dan membaca artikel yang disediakan.

menulis artikel seo

Faktanya, pengunjung tersebut tidak 100% berasal dari pengguna internet ( Manusia ).

Melainkan sekitar 70% dari pengunjung tersebut, berasal dari internet itu sendiri ( Robot mesin pencari ).

Sehingga dalam menulis artikel yang baik, anda bukan hanya dituntut untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk dibaca. Tetapi menyediakan artikel SEO juga sangat penting agar blog dapat dijelajahi secara maksimal oleh robot mesin pencari.

Bagaimana cara menulis artikel agar disukai pengunjung dan mesin pencari ?

Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang teknik penulisan konten berkualitas yang dapat dibaca melalui link di bawah ini

Loading...

10 Teknik Dalam Menyusun Konten Blog Berkualitas

Dalam artikel tersebut, saya telah memberikan teknik sebelum menulis artikel SEO. Tujuannya agar artikel yang dihasilkan memiliki target, serta benar-benar berkualitas.

Sedangkan apa yang akan saya bahas dalam artikel kali ini, merupakan beberapa optimasi yang perlu dilakukan, agar artikel yang dihasilkan dapat disukai oleh pengunjung. Entah dari pengunjung manusia maupun pengunjung robot.

Belajar Menulis Artikel SEO yang Disukai Pengunjung

menulis artikel seo

1# Pastikan topik artikel tersebut sedang ramai peminat

Dalam menulis artikel SEO yang pertama, pastikan artikel yang hendak ditulis mengandung topik yang sedang ramai pembaca, atau minimalnya berpotensi untuk ramai.

Hal ini bertujuan agar blog yang dikelola bisa mendapatkan lonjakan pengunjung. Oleh karena artikel yang diterbitkan merupakan artikel dengan topik yang sedang ramai dibahas dan diminati oleh pengguna internet.

Hanya saja, dalam menulis artikel seperti ini, pastikan bila topik yang ramai tersebut merupakan topik yang tidak mudah basi. Atau bukan trend musiman yang cepat dilupakan seperti gosip artis, dan lain sebagainya.

Dan pastikan juga, untuk membahas topik tersebut dari sisi yang berbeda dari blog kebanyakan. Karena menulis artikel dengan topik ramai, memang tidak semudah yang dibayangkan. Pengunjung tentunya ingin mendapatkan sesuatu yang berbeda dari artikel yang anda sajikan.

2# Tentukan kata kuci pada artikel yang ingin di tulis

Dalam menulis artikel SEO untuk blog, wajib hukumnya untuk meletakkan kata kunci yang padat. Kata kunci sendiri lebih berfungsi untuk meningkatkan kunjungan dari mesin pencari, ketimbang pengunjung manusia.

Artikel dengan kata kunci yang sangat padat, membuat robot mesin pencari dapat dengan mudah menemukan serta menjelajahi konten yang anda sajikan.

Kata kunci sendiri ada dua jenis, yakni Short dan Long Keyword yang memiliki perbedaan dan kegunaannya masing-masing. Sedangkan untuk persentasi kepadatan kata kunci, ada sumber yang mengatakan 3% sangat dianjurkan, tetapi ada juga yang mengatakan 1 – 2% saja sudah cukup.

Baca : Menerapkan Long Tail Keywords Untuk Judul Posting Blog

3# Gunakan gambar atau ilustrasi yang dapat meningkatkan interaksi pembaca

menulis artikel seo

Dalam setiap artikel yang anda buat, usahakanlah untuk menyisipkan minimal satu buah gambar yang dapat menggambarkan makna dari artikel yang anda buat.

Gambar itu sendiri berfungsi untuk menambah minat serta interaksi pembaca artikel blog anda.

Dan benar saja, gambar atau ilustrasi yang memiliki ketertarikan dengan isi konten, memang dapat memberikan daya tarik tersendiri untuk pengunjung, agar betah berlama-lama membaca artikel yang disajikan.

Dalam memilih gambar, sebaiknya tidak menggunakan Google Image, dikarenakan rentannya pelanggaran hak cipta. Sehingga untuk yang menggunakan blog untuk kepentingan komersil, atau Adsense, ada baiknya menggunakan gambar yang disediakan oleh situs-situs penyedia gambar berkualitas tinggi, yang penggunaannya gratis dan legal.

4# Gunakan font yang bagus agar mata pengunjung cepat lelah

Dalam menulis artikel SEO yang baik untuk pengunjung, pastikan anda tidak menggunakan font yang aneh-aneh ( Font Alay) yang dapat membuat mata pembaca cepat lelah.

Font yang direkomendasikan untuk penggunaan website sendiri, diantaranya adalah . . .

  • Arial
  • Times New Roman
  • Helvetica
  • Lato
  • Roboto
  • Sans Serif

Selain jenis font, ukuran font juga sangat perlu diperhatikan agar pengunjung dapat membaca artikel dengan nyaman, maka gunakanlah font dengan ukuran 14 atau 15 saja.

5# Sisipkan link menuju artikel yang serupa

link building

Menyisipkan link yang berisikan artikel serupa dirasa sangat berpengaruh dalam meningkatakan kualitas konten.

Tujuan dari menyisipkan link serupa sangat banyak, selain mampu memberikan kemudahan untuk pengunjung dalam membaca artikel yang lain. Mesin pencari juga ikut mendapatkan kemudahan saat menjelajahi situs anda secara maksimal.

Untuk pengunjung manusia, bukan hanya kemudahan dalam membaca artikel lain saja. Dengan memasang link menuju artikel lain, maka diharapkan pengunjung tersebut tidak langsung meninggalkan halaman situs saat selesai membaca. Namun mereka akan membuka tautan-tautan yang berisi artikel yang telah anda sediakan untuk mereka baca

Untuk menyisipkan link serupa ini, dapat digunakan dengan memasang sript artikel terkait atau bisa juga dituliskan secara manual.

Baca : Membuat Internal Link Yang Benar Dan Aman Untuk Blog Adsense

6# Jangan menggunakan paragraf yang panjang

Nah, sama seperti penggunaan font. Paragraf yang memuat kalimat terlalu banyak juga menyebabkan mata pembaca cepat lelah.

Selain dari segi manusia tersebut, mesin pencari juga menyukai artikel yang mengandung banyak paragraf, sehingga akan saling menguntungkan untuk pengguna dan untuk anda sebagai pemilik blog.

Maka dari itu, disarankan untuk memuat maksimal 4 – 5 baris kalimat saja, agar blog semakin disukai oleh pembaca dan juga oleh mesin pencari.

7# Jumlah kata dalam artikel juga sangat berpengaruh

menulis artikel seo

Dalam mebuat artikel, biasanya anda menulis sampai berapa kata . . . .?

Mungkin tidak sempat untuk menghitungnya ya.. hehe

Saat ini, mesin pencari lebih suka menjelajahi blog yang memuat artikel dengan 1000 kata lebih, ketimbang yang memiliki sedikit kata dalam artikelnya.

Namun, untuk pemula yang masih merasa kesulitan dalam menulis, anda dapat belajar dengan menerbitkan artikel yang berisi minimal 300 kata dulu. Kedepannya sambil terus berlatih, buatlah sampai dengan 1000 kata lebih.

Penggunaan kata yang banyak ini sangat berpengaruh, karena mesin pencari menginginkan blog yang anda kelola memiliki artikel yang kaya isi. Kalau dari segi manusia, artikel yang memiliki banyak kata, tentu saja informasi yang terkandung dan yang akan didapatkan juga lebih banyak kan.

8# Gunakan format rata kiri untuk penulisan artikel anda

Anda termasuk yang mana ?

Menulis artikel dengan format rata kiri, rata kanan, rata tengah, atau rata kiri kanan ??

Biasanya sebagian orang tidak menggangap hal ini merupakan seusuatu yang penting. Padahal, dalam menulis artikel kita juga harus mengetahui bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan untuk memunculkan ketertarikan dan kenyamanan pembaca.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan format rata kanan kiri untuk setiap artikel yang mereka tulis, dan kebanyakan dari orang tersebut memilih format tersebut dengan alasan tulisan akan menjadi lebi rapi.

Faktanya, anda sedang menulis blog bukan buku atau koran yang mewajibkan penulisan rata kanan kiri, terutama karena format ini memberikan kesan yang sangat formal untuk tulisan anda. Sehingga lebih cocok untuk digunakan untuk surat formal, buku dan koran.

Sedangkan untuk blog yang sifatnya lebih santai, format rata kiri merupakan pilihan yang tepat untuk diterapkan. Selain menimbulkan efek santai, format ini akan menimbulkan efek ruang yang kosong, serta tidak membuat mata pembaca cepat lelah pada saat berhadapan dengan konten yang berisikan banyak kata.

9# Buatlah artikel yang memuat banyak informasi

Tentu saja pengunjung akan lebih senang dengan artikel yang memiliki banyak informasi dibandingkan mereka yang menulis artikel dengan jumlah kata panjang, tetapi isinya hanya curcol curhat yang tidak penting.

Dalam menulis artikel yang terstruktur dan memuat banyak informasi, dapat dimulai dengan menentukan judul, setelah itu membuka artikel dengan kalimat pembuka. Dilanjutkan dengan inti bahasan, dan diakhiri dengan penutup.

Sebenarnya agak mirip ketika anda sedang berpresentasi, hanya ini versi tulisan saja. Artikel yang membuat banyak informasi, dan juga terstruktur sangat mampu dalam menarik minat pembaca, dan juga mendongkrak posisi SEO blog anda.

10# Pastikan anda mengerti apa yang anda tulis

menulis artikel seo

Poin ini menjadi yang terakhir dalam bahasan tentang belajar menulis artikel SEO.

Dalam menulis sebuah artikel, pastikan anda mengetahui apa yang sebenarnya anda tulis. . .

Minimal anda mengetahui 60% dari apa yang anda tulis. Karena, dengan pengetahuan yang cukup akan apa yang ditulis, mampu memberikan kemudahan saat seseorang memberikan tanggapan, maupun bertanya melalui komentar.

Terlepas dari itu semua tentu menjadi sesuatu yang lucu, bila seseorang menulis tanpa mengetahui apasebenarnya arti dari tulisan tersebut.

Baca Juga : Tips Ampuh Agar Blog Tidak Kehilangan Pengunjung

Itu dia teknik yang dapat anda pelajari serta dipraktekkan dalam menulis artikel SEO agar disukai oleh pengunjung, baik pengunjung manusia maupun pengunjung robot mesin pencari. Dan sekian juga yang dapat saya bahas dalam artikel ini. Semoga bermanfaat .


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Komentar

    Avatar

    Soksimon

    ( - 06:23)

    Benar juga. Selama ini saya pakai rata kanan dan kiri karena ingin rapi. dapat info dari blog sebelah. Ternyata tidak terlalu baik ya.

    Abbi SATYA

    Abbi SATYA

    ( - 06:56)

    Dapat ilmu tambahan. Goyang kiri….. selama ini saya fokus Goyang kiri dan goyang kanan.. Ternyata bikin pembaca pegel…: )

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:06)

      Kalau kebanyakan goyang ntar nggak jadi nuls mas Abbi SATYA 😀

        Abbi SATYA

        Abbi SATYA

        ( - 13:02)

        Sekarang fokus ningkatin RKT …sudah di bolak balik tetep di kisaran 0.50-0.80 % ..Akhirnya nyerah deh..Padahah jika RKT bisa 1 % alamat bisa shoping tiap bulan

    Avatar

    Hasrullah

    ( - 09:22)

    Dalam menulis sebuah artikel, pastikan anda mengetahui apa yang sebenarnya anda tulis.

    Saya setuju sekali dengan pernyataan ini mas, karena sangat penting memahami apa yang kita tulis agar saat pembaca menanyakan sesuatu hal tentang materi yang kita tulis, kita bs dengan mudah menjawabnya. Dan akan menjadi bumerang buat kita sendiri jika tidak bisa menjawab hehe

    Nino Artikel

    Nino Artikel

    ( - 08:57)

    Yups setuju. Konten artikel adalah pondasi blog dan pendukung eksistensi blog atau situs web itu sendiri. Jika banyak orang lain berpikir tentang kuantitas, maka kita perlu berpikir tentang kualitas. Seperti makanan, banyak orang memiliki kecenderungan membeli makanan enak daripada makanan yang sebaliknya dengan harga yang sangat murah.

    Avatar

    ASIK PEDIA

    ( - 03:53)

    saya sependapat dengan apa yang ditulis pada artikel diatas,terutama pada poin no 9 ,memang kita wajib untuk menulis artikel yang bermanfaat buat para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *