Tekno

Beli Smartphone Baru? Perhatikan 8 Hal Penting Berikut

Smartphone memang sudah banyak dimiliki oleh orang, baik itu dewasa, remaja, bahkan anak-anak sudah menggunakannya. Selain digunakan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, smartphone juga dijadikan sebagai salah satu gaya hidup seseorang. Maka dari itu banyak orang yang beli smartphone baru dan sering gonta-ganti ponsel pintar karena ingin merasakan smartphone keluaran terbaru.

Beli smartphone baru tak hanya berlaku untuk orang yang banyak uang saja. Apalagi Smartphone tersebut merupakan tipe terbaru yang sedang ramai dibicarakan, jadi wajar jika kamu ingin langsung mengganti ponsel jadul kamu dengan yang baru.

 

Namun sebelum kamu mengoperasikan smartphone yang baru anda beli, maka kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut. Dengan begitu akan membuat kamu lebih nyaman dalam menggunakan smartphone tersebut.

Ilustrasi smartphone unboxing

1. Cek kondisi serta kelengkapan smartphone baru

Sebaiknya hal ini memang harus kamu perhatikan sebelum beli smartphone baru. Kamu harus memastikan dulu bahwasanya ponsel pintar yang anda beli tersebut memiliki garansi, baik itu garansi resmi maupun garansi distributor. Dengan sebuah garansi, maka akan menjamin smartphone kamu jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu anda juga harus mengecek kelengkapan yang ada pada di dalam kotak ponsel tersebut. Umumnya yang harus ada seperti charger dengan kabel data, headset,buku manual serta kartu garansi. Kalau untuk headset, memang tidak semua smartphone menyediakannya, terutama untuk tipe smartphone low budget.

Kemudian hal yang harus anda perhatikan ketika beli smartphone baru di toko offline, dengan memastikan bahwa semua kelengkapannya dan cek apakah masih dalam kondisi sempurna secara langsung. Akan tetapi, jika anda beli smartphone baru melalui toko online, pastikan untuk membuat dokumentasi unboxing kamu agar ada bukti kuat jika nantinya barang yang anda terima adalah barang palsu atau ada hal yang tidak beres.

2. Cek kesesuaian Imei pada box dan smartphone

Imei pasti dimiliki oleh semua smartpone, baik itu yang murah maupun mahal. Imei sendiri merupakan nomor identitas dari perangkat smartphone anda.

Cara mengecek Imei smartphone adalah dengan cara mengetik *#06# kemudian call, sesuaikan antara Imei yang terdapat pada perangkat, box dan simtray (pada iPhone). Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa smartphone yang baru kamu beli belum pernah dibongkar dari kemasannya atau belum pernah diganti casingnya.

Setelah itu masukan Imei pada situs masing – masing merk smartphone yang anda beli untuk memastikan bahwa smartphonenya terdaftar.

3. Periksa kinerja smartphone berjalan dengan baik

Untuk mengecek kinerja smartphone baru anda, mulai dari panggilan telepon, kamera, suara loudspeaker, wifi, bloetooth, GPS, kompas, dll.

4. Membuat akun cadangan

Ini dilakukan untuk memuat semua data yang anda simpan pada smartphone, yang meliputi catatan, kontak, log panggilan, pesan, serta kalender. Hal ini bertujuan agar jika kamu mengganti smartphone lagi, maka anda tidak perlu lagi repot-repot membuat akun baru lagi.

Untuk android anda dapat dengan mudah menggunakan aku gmail sebagai akun cadangan. Sementara bagi kamu yang menggunakan iPhone anda dapat menggunakan iCloud. Jadi, pastikan bahwasanya kamu aktif untuk mencadangkan semua data yang ada pada smartphone anda.

5. Pasang anti gores

Hampir semua smartphone saat ini memang sudah menggunakan layar dari gorilla Glass. Jenis gorilla glass terbaru saat ini yaitu gorilla glass 4. Akan tetapi layar yang dilapisi gorilla glass pada smartphone anda juga bisa tergores. Jadi alangkah baiknya anda memasang pelindung layar pada smartphone baru anda.

6. Update aplikasi bawaan

Biasanya sebuah smartphone baru selalu dibekali dengan aplikasi bawaan. Jadi agar peforma smartphone kamu semakin maksimal, sebaiknya kamu langsung melakukan update aplikasi bawaan yang sudah ada pada smartphone anda.

7. Tidak menginstall sembarang aplikasi

Seringkali para pengguna smartphone ketika mendapatkan iklan untuk menginstall sebuah aplikasi, maka mereka langsung menginstallnya. Hal tersebut dilakukan karena iming-iming  agar peforma smartphonenya semakin bagus.

Sebaiknya anda harus memperhatikan aplikasi yang anda install terutama aplikasi yang tidak berasal dari playstore, karena aplikasi tesebut sangat rentan disusupi virus dan malware yang bisa mencuri data dan bahkan bisa merusak perangkat lunak smartphone anda.

Sebaiknya anda lebih selektif dalam menginstall aplikasi. Karena semua orang menginginkan semua aplikasi yang mereka install tidak memberikan dampak yang buruk terhadap smartphone. Sehingga lebih baik anda menginstall aplikasi ditempat yang sudah disediakan berdasarkan sistem operasi smartphone masing-masing.

8. Kalibrasi baterai smartphone anda

Persepsi mengenai harus men-charge smartphone selama 8 jam saat pertama beli smartphone baru adalah salah. Karena sebenarnya adalah isi ulang baterai smartphone anda kamu hingga benar-benar penuh (sebaiknya dalam keadaan mati). Kemudian cabut casnya meskipun belum sampai 8 jam.

Kemudian setelah baterai smartphone anda penuh, maka gunakanlah secara optimal hingga betarai anda habis. Setelah itu, charger lagi hingga penuh tanpa terputus sedikitpun. Alangkah baiknya, ketika smartphone sedang di charger, matikan smartphone anda dan jangan digunakan sampai baterainya benar-benar penuh.

Baca : Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik dan Benar

Lakukanlah hal tersebut berulang-berulang selama 2 minggu pertama. Langkah ini akan membuat baterai smartphone anda peformanya lebih maksimal dan tentunya membuat baterai lebih awet.

Itulah tips-tips yang dilakukan setelah beli smartphone baru. Maka bagi anda setelah membaca artikel ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya tidak pernah anda ketahui.

Jadi ketika anda beli smartphone baru, kamu bisa bisa menerapkan tips-tips diatas. Sehingga smartphone kamu akan tahan lebih lama, meskipun kamu tidak akan lama menggunakan smartphone tersebut.


Loading...
Baca selengkapnya

Berbagi pengetahuan melalui sebuah tulisan

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close