Internet

Berapa Kuota yang Dibutuhkan untuk Main Game Online? Berikut Faktanya!

Berapa Besar Kuota Internet untuk Main Game Online?

Kuota untuk Main Game Online – Dari tahun ke tahun, game online semakin populer dan semakin diminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Jika dahulu, game-game online multiplayer hanya marak dimainkan melalui PC, saat ini yang lebih populer justru game-game mobile yang dimainkan dengan perangkat smartphone.

Salah satu alasan yang membuat game online mobile semakin populer adalah karena mudah bisa dimainkan bersama teman di mana pun dan kapan pun.

Selain itu, game online juga tidak memiliki akhir yang pasti, sehingga pemain akan terus bermain untuk meraih level setinggi-tingginya.

Baca juga: 5 Manfaat Bermain Game untuk Kesehatan, Bukan Sekadar Main-main

Berapa Kuota yang Dibutuhkan untuk Main Game Online?

Namanya game online, pasti akan selalu membutuhkan koneksi untuk tetap bisa memainkannya. Pengguna bisa menggunakan jaringan wifi atau bisa pula dengan jaringan seluler.

Bagi yang tidak memiliki jaringan wifi, tentu dibutuhkan kuota yang besar untuk bisa bermain game-game online yang sedang populer saat ini.

Tapi, apakah kamu mengetahui sebenarnya berapa kuota yang dibutuhkan untuk main game online? Berikut penjelasan hitungannya!

Main Game Online di PC

kuota untuk main game
Sumber: techradar.com

Meskipun saat ini sedang populer bermain game online melalui perangkat-perangkat mobile, namun bermain game online melalui PC atau desktop juga masih diminati oleh banyak orang.

Beberapa game seperti Dota 2, Counter Strike: Global Offensive, dan Overwatch adalah beberapa game yang masih populer hingga kini dan bahkan memiliki kompetisi tingkat dunia.

Bermain game online di PC tentu membutuhkan kuota internet yang lebih besar, karena memang kualitas dari berbagai sisi memang sangat jauh dibandingkan yang ada di perangkat mobile.

Selain itu, bermain game juga lebih boros kuota daripada hanya sekadar browsing atau mengirim email. Setiap jam, kira-kira kuota yang dibutuhkan adalah sekitar 40 hingga 300 MB.

Baca juga: India Adalah Negara yang Paling Boros Data Internet Tahun 2019

Sebagai contoh adalah Fortnite, salah satu game paling populer saat ini. Dengan tampilan grafis yang menawan, game ini diperkirakan menyedot kuota 100 MB setiap jamnya. Sementara itu, untuk game Dota 2, per jamnya dibutuhkan data kurang lebih sebesar 120 MB.

Destiny 2 menjadi game yang paling boros kuota, karena untuk setiap jamnya dibutuhkan kuota sebesar 300 MB untuk memainkannya.

Besaran kuota tersebut diluar downloadable content atau data-data tambahan yang biasanya harus diunduh pengguna untuk meningkatkan pengalaman bermain.

Data tersebut dinukil dari Whistleout yang mencatat beberapa game dan kuota yang dibutuhkan untuk memainkannya selama satu jam. Berikut tabel lengkapanya.

kuota untuk main game
Sumber: whistleout.com.au

Main Game Online di Smartphone

kuota untuk main game
Photo by Nasir Kachroo/NurPhoto via Getty Images

Lalu, berapa kuota yang dibutuhkan untuk main game online melalui smartphone? Secara umum, data yang dibutuhkan tentunya lebih sedikit apabila dibandingkan dengan game PC.

Misalnya saja game PUBG, beberapa pemain di sebuah forum mengatakan bahwa per 30 menit, mereka kehabisan sekitar 16 hingga 50 MB data. Perbedaan penggunaan setiap pemain ini terjadi karena pengaturan dari setiap pemain juga berbeda-beda.

Semakin tinggi kualitas grafis yang dipilih, tentu akan semakin besar pula kuota yang dibutuhkan. Selain itu, satu hal yang cukup mempengaruhi penggunaan data adalah voice chat.

Terlalu sering menggunakan fitur voice chat ini tentunya membuat kuota semakin boros. Secara umum, rataan bermain PUBG tanpa voice chat hanya membutuhkan data kurang lebih 30 MB.

Sementara itu, untuk cntoh game lainnya, yaitu Fortnite. Game ini membutuhkan data sekitar 50 hingga 60 MB setiap jamnya. Sedangkan untuk game MOBA populer Mobile Legends, per jamnya juga hanya dibutuhkan data sekitar 15 MB.

Dibandingkan dengan streaming video, bermain game online memang membutuhkan kuota yang relatif lebih sedikit. Sebagai perbandingkan, untuk streaming video dengan kualitas 4K selama satu jam, dibutuhkan data sebesar kurang lebih 7 GB.

Bava juga: Suka Main Game? Streaming Di 3 Aplikasi Ini Dan Dapatkan Jutaan Rupiah!

Kuota yang dibutuhkan untuk bermain game ini kurang lebih setara dengan streaming audio HQ. Untuk streaming audio HQ selama 1 jam misalnya, data yang dibutuhkan adalah sekitar 125 MB saja.

Nah, itulah pembahasan mengenai berapa kuota yang dibutuhkan untuk main game online. Mungkin data yang dibutuhkan memang tidka terlalu tinggi, akan tetap lebih baik jika hanya bermain game melalui jaringan wifi miliki tetangga atau di warung-warung atau cafe-cafe yang menyediakan wifi gratis.

Untuk lebih menghemat penggunaan data, kamu bisa menyiasatinya dengan menurunkan kualitas grafis game, membatasi voice chat yang tidak penting, serta membatasi waktu bermain.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close