Bisnis Online

8 Langkah Mudah Beriklan di Facebook Ads dari HP

Beriklan di Facebook ads merupakan hal yang sering menjadi kendala bagi banyak orang, terutama mereka yang tidak memiliki PC dan juga tidak memiliki kartu kredit. Namun sekarang ini, kita bisa beriklan di FB ads tanpa membutuhkan hal tersebut, yang penting kita tinggal menyiapkan smartphone dan uang di rekening Bank.

Beriklan di Facebook memiliki peran yang begitu penting bagi anda yang ingin mempromosikan produk. Pengaruh FB ads terhadap peningkatan penjualan akan meningkat seiring dengan kemampuan anda dalam beriklan. Semakin sering anda beriklan via Facebook , maka akan semakin sering mengetahui trik untuk bisa beriklan dengan lebih terjadi penjualan dari waktu ke waktu.

Manfaat beriklan di Facebook ads

beriklan di facebook

1. Membantu penjualan produk usaha

Semua usaha akan lebih terbantu untuk terjual dengan adanya Facebook ads. Terlebih bagi para pelaku UKM atau usaha kecil menengah yang baru berdiri. Mereka pasti tidak kuat untuk bersaing dengan para pengiklan di televisi yang super mahal. Nah dengan beriklan di Facebook ads ini seakan menjadi solusi dari masalah biaya dalam periklanan. Karena hanya dengan 10 ribu saja, kita bisa beriklan.

Potensi digital marketing seperti ini diperkirakan akan terus menerus berkembang kedepannya. Ini karena dengan hanya duduk saja dari rumah cuma utak utik HP, produk kita sudah terlihat oleh ribuan hingga jutaan orang. Jadi beriklan di sini itu tidak memiliki batas jarak dan waktu. Ini sangat efektif daripada harus berjalan kesana kemari dan mengenalkan barang secara door to door.

2. Peningkatan branding

Ini sudah pasti, jika kita beriklan di Facebook , brand kita pasti akan lebih dikenal banyak orang. Dan jika banyak orang yang memberi feedback positif akan brand kita, maka akan sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Jadi selain mendapatkan manfaat langsung dalam jangka pendek, beriklan di Facebook ads juga memiliki manfaat dalam jangka panjang.

Peningkatan branding ini sangat penting guna terjadinya proses berkelanjutan dalam mendapatkan keuntungan. Kita bisa mengeruk keuntungan dengan sedikit saja dari tiap produk asalkan terjadi penjualan dalam jumlah banyak dan dalam jangka panjang itu lebih baik daripada terjadi keuntungan sangat besar dalam waktu yang sebentar saja.

3. Meledakan trafik web / blog

Sekarang ini banyak sekali situs situs viral yang bermunculan dan mereka semua memanfaatkan Facebook ads untuk memasarkan konten. Mereka beriklan di Facebook ads dengan membumbui judul dengan teknik yang mampu memancing emosi, rasa penasaran, kekaguman, ataupun rasa takut. Sehingga banyak dari mereka yang mengeshare artikel tersebut kepada orang lain.

Saya sendiri pernah beberapa kali mencoba menggunakan Facebook ads. Tapi karena belum dioptimalkan lebih lanjut, ROI yang didapatkan belum besar. Tapi memang, potensi untuk dilihat dan dikunjungi oleh orang lain begitu tinggi, sehingga bagi kalian yang memiliki blog baru, alangkah baiknya anda beriklan di Facebook ads. Karena tentunya search engine masih belum terlalu bersahabat dengan anda.

Untuk harga 10 ribu saja, jika kita bisa mengoptimalkan lebih lanjut, bisa mendapatkan hasil hingga ribuan kunjungan ke situs. Ini tentunya bisa balik modal jika anda memasang iklan berupa iklan jenis cost per impresi maupun iklan dari adsense.

Panduan beriklan di Facebook ads

1. Patuhi semua kebijakan Facebook ads
2. Buat iklan semenarik mungkin
3. Pahami siapa saja audience/target produk
4. Manfaatkan tools Facebook ads baik gratis maupun berbayar

Cara Beriklan di Facebook ads dari HP

Inilah 8 langkah mudah untuk beriklan di Facebook ads dari HP. Silakan simak baik baik.

1. Persiapan

beriklan di facebook

Apa yang perlu kita persiapkan untuk beriklan di Facebook ?

Sebelum beriklan anda harus menyiapkan akun Facebook yang sudah cukup lama anda gunakan. Selain itu, anda harus membaca syarat dan ketentuan Facebook ads di Laman kebijakan iklan Facebook . Ini sangat penting agar anda tidak ada halangan ditengah jalan nantinya. Dan yang paling penting, anda harus sudah punya halaman Facebook .

Halangan yang dimaksud adalah AME (Ads Manager Error) yang sering didera saat seorang beriklan. Apalagi jika saldonya masih banyak, hilang sia sia uang itu. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menggunakan akun yang sudah lama dan mematuhi kebijakan Facebook ads.

Selain itu, jika anda menggunakan pembayaran menggunakan kartu kredit atau paypal, usahakan agar tidak yang masih baru, pakailah yang sudah berumur lama. Tapi kalau pakai ATM atau internet banking, akun kapanpun tidak masalah.

Jangan lupa persiapan seperti smartphone android minimal kitkat, atau iphone dan gunakan google chrome versi terbaru. Sejauh ini menggunakan chrome lancar, tapi anda juga bisa menggunakan firefox. 2 browser itu paling disarankan. Namun jika tidak punya keduanya, saya sarankan menggunakan safaari browser. Selain itu, anda jangan memakai browser lain seperti UC browser, atau opera mini karena ada fitur yang mungkin tidak terbaca.

2. Kunjungi halaman Facebook Anda

beriklan di facebook

Setelah berbagai persiapan untuk beriklan di Facebook ads via ponsel terpenuhi, kita dapat beralih ke langkah selanjutnya. Caranya dari browser anda, silakan masuk ke akun Facebook lalu kunjungi ke halaman Facebook milik anda.

Atau jika anda sudah masuk akun, anda dapat menuju langsung ke halaman Facebook anda melalui link: https://www.Facebook .com/pages

Atau langsung menuju ke halaman Facebook anda seperti https://www.Facebook .com/vifescom .

Namun jika anda belum membuatnya, saya sarankan untuk membuat terlebih dahulu. 5 menit pasti selesai. Jangan lupa, halaman Facebook anda harus menampilkan kontak telepon ataupun situs web, menggunakan nama yang ringkas dan menarik serta relevan dengan produk yang ingin diiklankan.

Dan yang tak kalah penting, beri logo, dan gambar gambar menarik. Setelah itu buat beberapa postingan seperti untuk perkenalan dan sebagainya.

3. Buat Postingan Iklan

Anda diharuskan untuk membuat postingan terlebih dahulu sesuai dengan apa yang ingin anda promosikan. Misalnya anda ingin mempromosikan produk seperti pakaian, maka tampilkan foto produk yang melink ke situs anda dan berikan deskripsi, kata kata persuasif yang begitu menjual dan tentunya cantumkan kontak anda.

Untuk kontak ini, saya sarankan untuk mencantumkan whatsapp atau BBM. Karena keduanya merupakan aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Jangan lupa untuk membuat postingan yang memiliki daya tarik sehingga siapapun akan memiliki rasa ingin dalam membeli produk anda. Pembuatan konten menarik ini bertujuan untuk memberikan rasio penjualan yang tinggi. Sehingga ROI (Return of invesment) berada pada zona untung, bukan rugi

Karena banyak dibalik Facebook ads yang menjadi layanan iklan yang efektif, anda harus mengoptimalkan iklan itu sendiri. Mana ada iklan yang asal asalan mampu terjadi suatu penjualan. Bahkan kalau perlu, anda bisa konsultasi dengan ahlinya (ahli digital marketing, copywriting, closing) untuk bisa meningkatkan terjadi penjualan dari iklan yang telah anda gunakan.

Oh ya, mohon diperhatikan, ini seringkali disepelekan oleh pemula, mereka menggunakan produk berupa afiliasi untuk diiklankan. Hal ini sangat bertentangan dengan kebijakan Facebook . Untuk itu mohon diperhatikan agar jangan mengiklankan konten afiliasi atau sistem referal. Namun bagi konten yang melalui sistem resell atau droship asalkan bukan termasuk afiliasi itu tidak masalah.

Nah bagi anda blogger atau pemilik web, jika ingin mengiklankan webnya tersebut, maka harus dibuat dengan judul semenarik mungkin. Yang penting jangan sampai menipu. Karena jika kontennya menarik, maka akan berpotensi untuk dishare sehingga harga iklan per kliknya akan lebih murah.

4. Masuk ke tahap promosi

beriklan di facebook

Jika langkah nomor 3 sudah dilakukan, nantinya anda akan dibawa ke halaman untuk membuat promosi iklan anda. Secara default, disana ada 4 macam pilihan yaitu:

I. Dapatkan lebih banyak pengunjung ke situs web

Ini untuk menampilkan iklan yang telah didesain sedemikian rupa agar pengunjung Facebook mengklik tautan tersebut. Opsi ini akan tampil jika anda telah menambahkan situs web dihalaman anda tersebut. Nah jika anda memiliki toko dihalaman tersebut, maka akan ditampilkan opsi untuk mengiklankan produk dalam toko yang telah anda buat.

II. Promosikan halaman anda

Opsi ini untuk membuat halaman Facebook anda memiliki lebih banyak like dan pengikut yang sudah ditargetkan. Namun yang terpenting adalah sekarang opsi ini tidak terlalu mendatangkan keuntungan secara langsung dan cepat terhadap apa yang ingin dijual. Apalagi sekarang algoritma Facebook k sangat sedikit sekali menjangkau pengikut fanspage. Contohnya lazada Indonesia, dengan pengikut 16 juta lebih saat ini hanya kurang dari 100 yang berinteraksi.

Jadi alangkah baiknya bagi anda untuk mempertimbangkan beriklan dengan opsi ini. Karena jika anda mengiklankan postingan saja, secara tidak langsung akan mendatangkan like dan pengikut fanspage,walau tak sebanyak opsi ini.

III. Promosikan kiriman anda

Nah ini digunakan untuk mengiklankan postingan yang telah anda buat sesuai poin nomor 3 di atas. Beriklan di Facebook memang mudah, tapi bagaimana agar kiriman anda itu terjangkau ke pengguna yang relevan itu adalah hal yang harus anda lakukan. Jadi pastikan anda telah membuat postingan yang menarik dan dengan target yang relevan.

IV. Ajak lebih banyak orang untuk menghubungi

Ini dimaksudkan untuk mengiklankan halaman anda yang ditujukan untuk mengirimkan pesan baik ke halaman fanspage atau ke kontak yang anda tautkan ke fanspage.

Ini bisa digunakan bagi anda yang ingin mempromosikan toko online ataupun web jasa online seperti kursus online, atau bisa juga untuk mempromosikan barang seperti tiket online. Sehingga nantinya banyak orang yang akan menghubungi anda, jika cara komunikasi anda bagus dan persuasif, maka bisa terjadi penjualan yang besar.

Silakan anda pilih salah satu dari beberapa opsi di atas untuk melanjutkan ke poin berikutnya. Dan yang saya praktikan disini adalah mempromosikan kiriman.

5. Pilih kiriman

beriklan di facebook

 

Selanjutnya anda tinggal memilih kiriman yang ingin anda promosikan. Pilihkan kiriman yang telah anda buat tadi seperti pada poin nomor 3 di atas. Tinggal di klik dan akan dibawa ke tahap selanjutnya.

6. Top Up pembayaran

beriklan di facebook

Karena anda belum memiliki saldo, maka akan tampil peringatan seperti ini “Iklan anda tidak berjalan karena anda telah mencapai batas pengeluaran akun anda”. Nah disini anda perlu mengisi saldo FB ads dengan cara transfer dari internet banking atau bisa menggunakan kartu kredit.

beriklan di facebook

Pokoknya ikuti saja pembayarannya sesuai dengan langkah langkah yang diberikan oleh pihak Facebook . Nanti akan diarahkan ke doku jika anda menggunakan transfer bank. Dan disana akan disuruh transfer ke bank permata.

beriklan di facebook

Oh ya anda harus membayar ke bank permata dalam waktu 7 hari. Karena nomor rekening tujuan itu adalah nomor unik yang akan hangus. Jadi setiap orang dan setiap transaksi pasti diberikan nomor rekening berbeda ke bank permata. Dan anda harus bayar uangnya dalam jumlah pas. Dalam waktu beberapa detik setelah pembayaran, pembayaran berhasil diverifikasi.

Beriklan di Facebook ads membutuhkan anggaran dana yang disesuaikan dengan kemampuan anda sendiri. Disana ada pilihan mengenai total biaya yang dikeluarkan dalam harian atau terus menerus sampai biaya itu habis. beriklan di facebook

Namun lebih baik diset harian, anda dapat menset sehari 20 sampai 50 ribu saja dulu untuk eksperimen di hari pertama. Nantinya bisa anda tingkatkan ataupun diturunkan sesuai kebutuhan.

7. Pratinjau iklan

beriklan di facebook

Setelah itu, silakan refresh halaman pratinjau iklan anda dan isi semua bidang yang wajiba diisi. Semua itu harus anda sesuaikan dengan target marketing anda. Saya tidak bisa menyarankan jika tidak mengetahui produk apa yang anda jual. Namun saran saya, pilihlah jangkauan yang tidak terlalu banyak dahulu agar lebih efektif, misalnya umur hanya rentang 5 tahun, luas maksimal 3 provinsi, dan isikan minat yang serelevan mungkin.

Hal ini untuk mencapai target pengguna sosial media Facebook seakurat mungkin. Jadi nantinya CPC akan lebih murah karena nantinya orang yang minat akan share ke orang lain dan akan terjadi seterusnya. Semakin interaksi tinggi, berarti semakin bagus. Inilah rahasia agar anda bisa menekan biaya iklan seminimal mungkin untuk mendapatkan untung sebesar mungkin.

beriklan di facebook

Disana juga ada anggaran. Inti dari anggaran adalah semakin biaya hariannya habis lebih banyak, berarti jangkauan yang dicapai akan semakin banyak. Tapi hal ini juga harus ditentukan sesuai dengan total saldo yang kalian miliki. Misal anda top up saldo 200 ribu, maka anda dapat mencobanya untuk 7 hari.

8. Klik Promosikan dan Selesai

beriklan di facebook

Untuk mulai beriklan di Facebook ads selanjutnya ialah dengan mengklik promosikan dengan Rp…….. . Nah disitu nantinya akan ada pemberitahuan bahwa anda telah berhasil mempromosikan kiriman anda.

Nah selamat, anda tinggal menunggu orang menghubungi anda dan menanggapi setiap komentar dan pesan yang masuk. Anda harus pandai menanggapi terhadap orang orang yang mungkin berkata kurang sopan dan kasar.

beriklan di facebook

Anda bisa melihat status ikan dihalaman https://www.Facebook .com/ads/manage/home . Disana akan ditampilkan berbagai hal yang berkaitan dengan iklan, mulai dari jumlah pengeluaran,sisa saldo, interaksi, total klik, dan masih banyak lagi. Anda harus sering mengamati, jadi sewaktu waktu anda bisa melakukan pause pada iklan tersebut.

Nah jika anda, ingin menambah saldo untuk iklan tersebut, tinggal tambahkan saja pada pilihan yang tertera disana. Transfernya pun sama, namun tentunya nomor rekening yang diperhatikan berbeda. Karena rekening yang digunakan sebelumnya sudah expired.

Bagaimana? Mudah bukan beriklan di Facebook ads dari HP? Jadi ini akan sangat memudahkan anda untuk bisa beriklan dimanapun dan kapanpun tanpa harus ada PC atau laptop. Sewaktu waktu bisa mengelola iklan anda, sehingga saat dimanapun dan kapanpun tidak akan kesulitan beriklan.

Demikianlah step by step untuk beriklan di Facebook ads dari HP. Semoga hal tersebut memberikan pemahaman bagi anda semua. Namun jika anda masih bingung untuk beriklan dan ada kendala, silakan berkomentar dan sampaikan keluhan anda. Terima kasih.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

3 Comments

  1. Tidak ada pilihan saat mau melakukan pembayaran yang ada cuma via kartu kredit…..

  2. Mantap mas step by stepnya cara beriklan di Facebook walaupun terus terang belum terbayang produk apa yang ingin saya iklankan, saya ingin berjualan secara online tapi belum tahu caranya, dengan membaca paparan mas ini saya mendapat gambaran yang jelas, dan saya ingin mendalaminya.

  3. setiap kali kami nenyelesaikan halaman untuk tahap akhir transfer ke fb tidak pernah muncul no rek tujuan,kenapa ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close