Ingin Berinvestasi Emas? Pahami Hal-Hal Berikut Agar Anda Tidak Merugi

Berinvestasi emas dengan Aman – Emas menjadi sebuah alat investasi yang sudah lama dikenal dalam sejarah. Ketika manusia belum mengenal obligasi, emas sudah memperlihatkan kekayaan yang dimiliki seseorang.

Salah satu alasan orang memilih emas sebagai alat investasi adalah sifatnya yang abadi. Hingga sekarang ini saja, emas masih digemari oleh banyak orang yang ingin melakukan investasi. Karena emas dianggap mempunyai kelebihan dibandingkan dengan investasi lainnya.

Namun, apakah Anda mengetahui ada beberapa fakta mengenai emas yang mungkin belum Anda tahu? Berikut beberapa contohnya.

Tips berinvestasi emas agar tidak merugi

Ketahui perbedaan volume pembelian

Ada kelebihan dan kekurangan ketika Anda memilih membeli emas dalam volume kecil atau besar. Kita mengetahui jika harga per gram emas akan lebih murah jika membeli emas dalam jumlah besar.

Tetapi kita harus mengeluarkan modal yang besar, dan Anda harus mengumpulkan dana selama beberapa bulan. Hal ini berbeda jika Anda membeli emas dalam jumlah kecil seperti 1 gram emas setiap bulan.

Walaupun dikenai harga yang mahal, Anda bisa menjualnya lebih cepat dibandingkan dengan emas yang berukuran besar seperti 50 gram, karena permintaan emas besar tidak sesering emas yang berukuran kecil.

Perhatikan tempat penyimpanan emas

Ketika membeli  dan memilih untuk berinvestasi emas, Anda akan memperoleh bentuk fisik dari emas tersebut. Oleh sebab itu Anda harus memperhatikan tempat penyimpanan.

Anda bisa menyimpan emas di tempat yang Anda percayai sepenuhnya seperti mempergunakan safe deposit box yang berada di Pegadaian atau bank. Biayanya mulai dari Rp 700 ribuan per tahun.

Selalu cek harga emas yang fluktuatif

Kebanyakan orang beranggapan jika investasi emas menguntungkan karena harganya meningkat setiap tahun, padahal berinvestasi emas juga mengalami kenaikan dan penurunan seperti harga saham.

Jika Anda memutuskan untuk terjun dalam produk investasi ini, Anda harus bisa mengambil keputusan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan kapan waktu untuk menjual emas tersebut. Sebisa mungkin monitor harga emas, dan bandingkan harga ketika Anda membelinya dulu.

Walaupun memiliki risiko yang sering membuat orang tidak ingin berinvestasi emas, tapi nyatanya jenis investasi ini masih digandrungi. Disamping itu faktor risiko yang rendah juga menjadi alasannya.

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares