Bermodal minim

Bermodal Minim, 10 Usaha ini Tidak Kalah Menguntungkan

Memiliki usaha yang sukses memang menjadi impian banyak orang, terlebih jika usaha yang menguntungkan tersebut berhasil dijalankan meskipun bermodal minim. Banyak orang memimpikan hal yang sama, namun banyak juga yang menemukan masalah yang sama, yakni masalah dalam modal membuat usaha.

Padahal tidak semua usaha memerlukan modal yang sangat besar, jika seseorang cukup pintar sebenarnya modal usaha dapat diminimkan seminim mungkin. Dan dengan modal yang minim tersebutlah kita harus “Bertanggung jawab”, agar nantinya mendapatkan pemasukan yang dapat dipergunakan untuk menambah modal. Sehingga bisa melengkapi apa yang kurang dalam usaha yang sedang dijalankan.

Sayangnya, mempraktekkan tidak semudah membayangkan.

Dalam mencoba membuat usaha dengan bermodal minim, kita pastinya akan menghadapi berbagai macam rintangan dan permasalahan yang tidak mudah. Termasuk mengenai persaingan yang ketat dari para pesaing yang memiliki modal lebih besar dibandingkan dengan kita.

Akan tetapi, kalau kita berhasil memecahkan masalah pastinya hal ini akan sangat berpengaruh akan masa depat usaha, serta kesuksesan yang akan didapatkan dikemudian hari.

Intinya modal terbesar yang kita butuhkan sebenarnya adalah tekad yang bulat sejak awal. Sehingga kamu akan dengan tabah dan gigih dalam memecahkan masalah dalam memecahkan masalah yang mengujimu dalam berkarier sebagai wirausaha.

Klikmania.net akan mencoba sedikit membantu kamu yang ingin sungguh-sungguh membuat sebuah usaha, namun tidak menguras banyak modal a.k.a bermodal minim. Disini kami akan memberikan beberapa contoh usaha yang bermodal sangat minim sekali untuk memulainya, sehingga sangat cocok untuk dijalankan oleh semua kalangan.

Baca Juga : Melirik Peluang Sukses Melalui Internet

Loading...

Bermodal Minim, 10 Usaha ini Tidak Kalah Menguntungkan

Bermodal minim

1. Jualan pulsa elektrik

Usaha bermodal minim yang pertama, adalah mencoba untuk berjualan pulsa elektrik. Usaha ini akan lebih cocok lagi bila kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang mana memiliki teman yang banyak di sekolah maupun di kampus kamu.

Kamu bisa “Memanfaatkan” teman yang kamu punya sebagai calon pelanggan dari usaha pulsa elektrik yang akan kamu jalankan nantinya. Yah, meskipun keuntungan yang akan kamu dapatkan dari setiap pembelian pulsa tidak dapat dibilang besar. Namun jika hasil dari penjualan tersebut kamu kumpulkan dan tidak digunakan untuk foya-foya pastinya akan bertambah terus, terus, dan terus.

Oh ya, keuntungan yang kamu kumpulkan tadi, akan lebih menguntungkan lagi bila dipergunakan untuk menambah modal dari usaha tersebut. Yang penting jangan foya-foya dulu.

Modalnya sangat dikit, tapi untungnya lumayan kok. Kamu harus mendaftar dulu agar bisa berjualan pulsa (Ngga sampai 100 ribu deh), dan juga menyiapkan handphone untuk keperluan transaksi pulsa (Ngga usah bagus-bagus, HP jadul aja sudah cukup kok).

Bayangin deh, seandainya kamu adalah satu-satunya pedagang pulsa di sekolah atau kampusmu. Pastinya teman-temanmu akan senantiasa membeli pulsa di kamu. Tapi karena ini adalah urusan bisnis, usahakan sebisa mungkin untuk menolak jika ada temanmu yang minta untuk berhutang.

Nolak teman yang ingin berhutang itu tidak mudah lho. Kamu mungkin akan merasa kasihan atau mungkin tidak enak karena dia adalah temanmu. Tapi karena ini urusan bisnis coba kamu jelaskan padanya secara halus, agar dia mengerti bahwa kamu memerlukan uang untuk dijadikan modal lagi dalam menambah saldo pulsa yang akan dijual.

Tidak hanya di lingkungan sekolah atau kampus saja, saat di rumahpun kamu bisa menjalankan bisnis ini. Targetnya ya sudah jelas dari tetangga yang tinggal di sekitar pemukiman kamu. Usaha ini merupakan salah-satu usaha yang bermodal minim, dan juga tidak mengganggu aktivitas lain. Sehingga sangat cocok jika dijalankan oleh kalangan pelajar, mahasiswa, maupun kamu yang sudah bekerja.

2. Menyediakan jasa dokumentasi atau Menjadi fotografer

Bermodal minim

Menyediakan jasa dokumentasi atau dalam kata lain menjadi seorang fotografer juga cukup menguntungkan lho. Meskipun modal menjadi seorang fotografer tidaklah murah (Perlu keterampilan dan peralatan yang tidak murah), tapi kamu dapat meminimalkan modal usaha tersebut.

Bagaimana caranya?

Berbicara mengenai fotografi, maka kamu sedang membicarakan soal seni. Maka jika kamu ingin menjadi fotografer yang handal, kamu harus memiliki kemampuan yang handal untuk menciptakan karya foto yang luar biasa dan enak untuk dipandang oleh orang lain.

Nah, ini dia kuncinya. KEMAMPUAN.

Jangan minder sama orang lain, percuma deh kalau kamu punya kamera dan peralatan fotografi yang mahal, tapi tidak punya kemampuan sama-sekali dalam menciptakan foto yang enak di pandang.

Kamu dapat menggunakan kamera kelas menengah yang tidak terlalu mahal harganya, namun belajarlah untuk menciptakan foto yang indah, menakjubkan, bahkan mustahil.

Belajar dulu menciptakan foto yang bagus. Selanjutnya kamu bisa menawarkan jasa dokumentasi untuk acara-acara seperti pernikahan, ulang tahun, serta dokumentasi lainnya.Untuk keuntungan yang kamu dapatkan dari mendokumentasikah berbagai macam acara itu, jumlahnya bisa dibilang sangat besar.

Dengan keuntungan itu, kamu bisa fokuskan dulu untuk membeli kamera baru, serta melengkapi peralatan yang kamu butuhkan untuk menjadi seorang profesional.

Meskipun fotografi berarti membicarakan mengenai skill, tapi kalau kamu memiliki peralatan yang lengkap serta kamera yang berkelas profesional. Maka kamu bisa menciptakan karya yang lebih spektakuler lagi, serta mendapat bayaran yang lebih tinggi lagi dari setiap dokumentasi.

Mau ngeluarin modal yang lebih minim lagi ?

Kalau kamu mau mengeluarkan modal yang lebih minim lagi, sebenarnya agak mustahil sih. Tapi kamu bisa mengatasi modal yang cukup besar dengan teknik yang satu ini.

Kamu hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli kamera murah, serta jangan berhenti untuk belajar dan berlatih agar kemampuan fotomu bertambah baik. Namun, sementara kamu berlatih kamu harus memiliki teman yang memiliki passion juga di bidang fotografi. Sehingga kamu bisa saling berbagi ilmu dan alat, serta mengajaknya untuk mulai serius menjadi profesional di bidang ini.

Atau, kamu bisa menghubungi temanmu yang memiliki tim fotografer, serta meminta untuk bergabung dengannya. Biasanya sih kalau hasil fotomu sudah baik, mereka akan mengajakmu untuk bergabung dalam tim mereka, dan kamu tidak perlu pusing deh sama kamera dan peralatan lain, karena mereka akan menyediakan fasilitasnya.

3. Menyediakan jasa penyewaan kamera

 

Kalau dalam poin ke-2 kita membahas tentang menyediakan jasa dokumentasi. Dalam poin ini kamu juga bisa mencoba untuk menyediakan jasa penyewaan kamera sebagai usaha yang bisa kamu jalankan.

Kenapa memilih untuk menyediakan jasa penyewaan kamera?

Saat membaca poin ini, mungkin timbul pertanyaan seperti di atas oleh para sahabat. Namun kalau kamu perhatikan pada poin nomor 2, di mana saya menjelaskan bahwa menjadi fotografer itu membutuhkan kemampuan. Dan kemampuan dalam membuat sebuah karya yang baik tidak mungkin didapatkan sekejap mata. Kamu perlu banyak dan terus berlatih kalau mau menjadi profesional dengna menerapkan apa yang ada pada pon nomor-2.

Tidak dengan jasa penyewaan kamera, kamu tidak dituntut untuk memiliki kemampuan dalam bidang fotografi, bahkan tidak mengertipun tidak akan berpengaruh sama-sekali. Satu-satunya hal yang perlu kamu lakukan, hanyalah membeli kamera, dan menyewakannya kembali kepada orang-orang yang membutuhkannya.

Mahal?

Tidak juga. Kamu tidak perlu membeli dan menyewakan kamera kelas profesional, karena rata-rata fotografer profesional sudah memiliki alat tempurnya masing-masing. Sehingga target konsumen kamu adalah mereka yang ingin mencoba menggunakan kamera, serta beberapa orang yang ingin mengabadikan jalan-jalan mereka.

Karena kepentingannya adalah untuk mencoba, serta mengabadikan jalan-jalan, atau acara-acara ringan. Maka kamu bisa menyewakan kamera kelas low entry, sampai medium entry. Atau bila ingin modalnya lebih kecil lagi, kamu bisa menyewakan kamera poket, atau kamera aksi yang harganya tidak terlalu menguras kantong.

Kamera aksi, seperti Xiaomi YI, dan Gopro jika di sewakan kembali, harganya bisa cukup tinggi. Untuk harga sewa perharinya kamu bisa mematok dari 100 hingga 150 ribu, atau jika di hari libur kamu bisa mematok harga lebih tinggi lagi.

Untuk lokasi penyewaan, kamu tidak perlu menyewa sebuah toko karena di rumah saja sudah cukup. Tinggal kamu iklankan saja di forum jual beli, kaskus, blog, website, sosial media, dan juga sebarkan secara mulut ke mulut bahwa kamu menyediakan kamera untuk disewakan.

Takut beresiko

Menyediakan jasa penyewaan elektronik memang penuh dengan resiko. Dalam kasus ini, bisa jadi kamera kamu hilang dicuri, atau mungkin dikembalikan dengan kondisi rusak.

Oleh karena itu, penting untuk mengajukan beberapa syarat dan perjanjian yang disetujui oleh kedua belah pihak, pada saat sebelum menyerahkan barang sewaan.

Beberapa syarat yang bisa kamu terapkan, bisa jadi memastikan costumer kamu memiliki umur yang cukup, serta sudah mempunyai KTP yang berlaku di wilayah tempat kamu menyewakan kamera (Untuk meminimalisir resiko kecurian). Selain itu, kamu juga bisa memberikan syarat denda atau ganti barang yang sama jika terjadi kerusakan pada barang yang di sewa. Hal itu harus kamu lakukan agar resiko kerugian dapat diminimalisir.

4. Jasa pengetikan

Masih dalam bidang jasa, kamu dapat memanfaatkan keahlianmu jika kamu memiliki kemampuan yang cepat dalam mengetik di papan keyboard komputer.

Banyak orang yang tidak memiliki kemampuan dalam mengetik dengan cepat di komputer, hal tersebut bisa mereka alami karena tidak terbiasa menggunakan komputer. Kalau kamu membuka jasa pengetikan di rumahmu, bukan tidak mungkin ada banyak orang yang datang dan memintamu untuk menulis ulang buku, majalah, serta artikel yang mereka punya kedalam format microsoft office word.

Tentu dengan menjalankan usaha seperti ini, kamu tidak memerlukan modal yang besar. Dengan bermodal minim untuk membeli perangkat komputer apa adanya, kamu sudah dapat menjalankan bisnis yang pendapatannya bisa cukup menguntungkan buat kamu.

Namun karena penyedia jasa semacam ini sudah bertebaran cukup banyak. Maka kamu harus mensiasatinya dengan memberikan jaminan bahwa kamu dapat mengetik secepat waktu yang ditentukan, tanpa ada kesalahan eja di tiap kalimat yang kamu ketikkan.

Kalau kamu berhasil menyelesaikan ketikkan dengan cepat sesuai dengan waktu yang kamu janjikan kepada pelanggan, maka mereka bisa sangat senang dan menjadi pelanggan tetapmu. Selain itu mereka juga tidak segan memberitakan kepada teman-temannya mengenai jasa pengetikanmu yang sangat cepat dan tepat.

Apa bisa menguntungkan?

Saya pernah dimintai tolong untuk mengantarkan buku kepada tukang ketik, dan memintanya untuk mengetik ulang seluruh kata yang terdapat pada buku tersebut. Dengan total halaman yang mencapai 100 halaman lebih, si tukang ketik mematok harga 500 ribu dan berjanji, bahwa dalam waktu satu minggu tulisan sudah selesai dikerjakan.

Saya yang kala itu hanya di suruh mengantarkan buku , mengiyakan saja permintaan dari si tukang ketik tersebut. Walaupun sambil berkata dalam hati bahwa bisnis seperti ini sepertinya sangat menguntungkan.

Dan perlu diingat, bahwa keuntugnan tersebut bisa kamu dapatkan hanya dengan modal komputer yang tidak memerlukan spesifikasi canggih, bahkan tidak membutuhkan koneksi internet juga.

5. Menjadi penulis lepas

Bermodal minim

Usaha bermodal minim lain yang dapat kamu coba adalah menjadi seorang penulis lepas di Internet. Hampir mirip dengan poin yang ke -4 ya, hanya saja di sini modal utama adalah pemikiran yang luas, serta koneksi Internet yang lancar.

Apa itu penulis lepas?

Penulis lepas adalah seorang penulis yang bekerja secara freelance /bebas di sebuah situs yang membutuhkan ide ide tulisan. Situs tempat mereka menulis biasanya adalah situs surat kabar, berita dan lain sebagainya.

Meskipun bermodal minim sekali, tetapi kamu perlu ingat bahwa menjadi seorang penulis lepas tidak memiliki kepastian soal keuntungan yang bisa didapatkan. Selain bergantung pada harga tulisan yang berlaku di setiap situs, konsistensi kamu dalam menulis juga sangat berpengaruh dalam penghasilan yang akan didapatkan nantinya.

Jadi kalau kamu ingin penghasilanmu besar, kamu juga harus menulis dengan rajin agar mampu mendapatkan penghasilan yang besar. Bahkan menjadi penulis lepas bisa menjadi pekerjaan sampingan saat kamu sedang libur dari pekerjaan kantoranmu, atau dijadikan sebagai penambah uang kuliah bagi mahasiswa.

Mengapa menjadi penulis lepas wajib dicoba?

Penulis lepas menjadi salah-satu yang wajib di coba. Karena dengan menjadi seorang penulis lepas, kamu bisa mengatur keuntunganmu sendiri (Kalau rajin ya untung, kalau tidak ya tetap untung). Selain itu, menjadi penulis lepas adalah pekerjaan yang tidak terikat ruang dan waktu. Kamu dapat bekerja di mana saja, dan kapan saja, terserah kamu deh mau kerjanya kapan.

Untuk mengatasi soal ide, kamu bisa banyak membaca website-website terkenal untuk mendapatkan insipirasi. Selain itu membaca buku dan update berita di televisi juga penting untuk meningkatkan inspirasi dan ide menulis yang kamu miliki.

6. Menjadi penulis blog

Hampir mirip dengan poin ke 4 dan 5, pada poin ke 6 ini kamu dapat mencoba usaha yang bermodal minim selanjutnya yakni menjadi seorang penulis blogger.

Bedanya dari poin-poin sebelumnya, yaitu kamu akan membuat sebuah blog pribadi dan mengisinya dengan tulisanmu agar nantinya bisa mendapatkan uang.

Modal yang dibutuhkan seorang penulis blog sangatlah murah. Kamu mungkin hanya memerlukan laptop atau komputer sederhana beserta koneksi Internet saja. Tugas kamu adalah mengisi blog tersebut dengan tulisan-tulisanmu yang sekiranya bermanfaat bagi orang banyak, agar nantinya tulisan tersebut dapat memiliki pengunjung yang banyak.

Darimana asal keuntungannya?

Memang terlihat aneh ya, seorang blogger bisa tiba-tiba kaya tanpa sebab.

Eits, tunggu dulu bray.

Setiap uang yang mereka dapatkan memiliki asal-usul yang jelas kok. Mereka membuat sebuah blog dan mengisinya dengan tulisan mereka yang bermanfaat, dan memiliki nilai. Sehingga program publisher iklan seperti Google Adsense dan lain sebagainya, akan dengan senang hati menaruh iklan mereka pada situs yang dimiliki oleh blogger terkenal.

Baca Juga : 10 Teknik Dalam Menyusun Konten Blog Berkualitas

Selain menjadi publisher seperti Adsense, para blogger juga bisa mendapatkan uang dari merek-merek dagang yang memasang iklan di blog yang mereka miliki.

Untungnya bisa dibilang besar kok, untuk program seperti Adsense. Mereka bisa mendapatkan hingga 100ribu setiap kali ada yang mengklik iklan berlogo Adsense yang terpajang di blog tersebut. Sedangkan untuk iklan dari merek-merek tertentu, seperti clothing dan jamu pelangsing, biasanya mereka membayar sewa perbulan yang harganya bisa mencapat 100 hingga 1jt perbulan. Tergantung dari tingkat popularitas sebuah situs.

Hanya saja, menjadi seorang blogger tidak semudah yang dibayangkan, terlebih lagi di Indonesia sendiri terdapat jutaan blogger yang siap bersaing denganmu. Sehingga siapa yang memberikan konten terbaik adalah pemenangya. Selain itu kendala lain dalam menjadi seorang blogger yakni minimnya pengetahuan mengenai SEO bagi para pemula.

Bagi para pemula, mereka mungkin tidak mengenal sama-sekali mengenai apa itu SEO dan fungsinya bagi blog mereka. Sehingga sudah jelas sekali, bahwa persaingan blog di Indonesia lebih di dominasi oleh para pemain lama. Sementara pemain baru tidak mengalami kemajuan sama-sekali dalam blognya.

Tips untuk kamu yang mau jadi blogger

Untuk siap bersaing di dunia perbloggingan, maka kamu simak tips di bawah ini yang mungkin dapat membantu dan mengatasi rasa sulit di awal membuat blog.

#Tentukan platform blog yang mau kamu gunakan

Sebelum kamu membuat sebuah blog, ada baiknya kamu tentukan dulu di platform manakah, kamu akan mendirikan blog tersebut.

Saat ini terdapat banyak sekali platform yang bisa kamu coba, namun lebih disarankan menggunakan antara Blogger dan WordPress saja. Karena penggunaannya mudah serta komunitasnya yang tersebar luas di Indonesia.

Saking pentingya bagi masa depan blog, pastikan kamu sudah sungguh-sungguh menentukan mana platform yang paling baik untuk kamu pergunakan.

#Menentukan nama blog

Terlihat sepele, namun nama blog bisa diibaratkan sebagai nama perusahaan yang akan kamu miliki dan kelola. Sangat diusahakan untuk memilih nama blog yang singkat dan memiliki arti. Serta hindari juga penggunaan kata yang tidak perlu seperti tanda penghubung (-) dan lain sebagainya.

Jika nama blogmu sudah bagus, maka pengunjung akan mudah dalam mengingatnya ketika mereka merasa bahwa konten blogmu menarik. Serta sangat membantu jika mereka ingin mengunjungi blogmu kembali.

#Daftarkan Top Lovel Domain

Untuk yang menggunakan blog sebagai media pemasaran jasa atau produk atau blog toko online, saya rasa mendaftarkan blog dengan doman top level merupakan hal yang harus. Karena dengan menggunakan top level domain seperti (.com).

Rasa kepercayaan konsumen terhadap toko online kamu akan semakin meningkat, dengan begini keuntungan yang akan kamu dapatkan juga akan meningkat.Hanya saja untuk blog personal ada juga yang mengatakan untuk segera mendaftarkan domain blog kamu sejak pertama kali dibuat.

Mendaftarkan Top Level Domain saat pertama kali blog dibuat. Untuk jaga-jaga karena konon katanya jika domain didaftarkan saat blog sudah terlanjur terkenal dan sudah memiliki page rank yang tinggi, maka perjuangan untuk mencari ranking harus dimalai dari awal lagi.

#Tentukan topik yang jelas dan banyak diminati

Usahakan blog kamu memiliki topik atau bahasa kerennya niche yang jelas, maksudnya gunakanlah hanya satu topik saja. Jadi misalkan kamu ingin membuat topik teknologi usahakanlah untuk fokus terhadap teknologi saja.

Selain itu, janganlah membuat blog dengan topik yang hanya ikut-ikutan. Misalkan kamu membaca tentang topik kesehatan adalah topik yang sering dicari dan memiliki penghasilan adsense yang cukup besar lantas kamu membuat blog dengan topik tersebut. Atau kamu memilih menjadi blogger dengan topik gado-gadi alias menggunakan semua topik.

Sebenarnya hal ini tidak salah bila kamu tidak kesulitan dalam menulis artikel baru, tapi bila kamu seorang pemula saya sarankan untuk mengangkat satu topik saja. Karena dengan begitu kamu tidak akan dilanda kebosanan terutama bila topik tersebut sesuai dengan minat di dunia nyata.

Dan tentunya kamu tidak akan kehabisan ide-ide baru untuk postingan selanjutnya, bebeda bila kamu memilih untuk mengangkat topik yang tidak kamu ketahui. Mungkin blogmu akan stuck di tengah jalan, karena kamu bingung selanjutnya blog tersebut mau di isi dengan apa

#Pilihlah template blog yang responsive

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan tempalte yang responsive, responsive sendiri berarti template yang anda gunakan benar-benar user friendly.

Jadi mau blog anda di kunjungi lewat ponsel, komputer, laptop atau perangkat apapun hasilnya akan tetap sama. Karena memang telah didesain untuk mengikuti ukuran layar perangkat, sehingga dengan menggunakan template responsive pengunjung akan merasa nyaman saat mengunjungi blog anda.

#Buatlah artikel original yang murni karya anda

Google menyukai karya tulisan yang original, sehingga penting untuk membuat tulisan yang murni merupakan karya tulis anda sendiri. Jangan pernah copas kalau ingin blog anda bisa menghasilkan uang.  Memang sih copas itu membuat blogging jadi terasa lebih mudah karena tidak perlu pusing menyusun isi artikel.

Sayangnya kelakuan copas hanya akan membuat blog anda dianggap blog spam, dan paling buruk bisa saja dikenakan penalty oleh google. Maka dari itu belajarlah membuat artikel buatan sobat sendiri selain memberikan kesan profesional. Hal ini juga akan mengasah kemampuan menulis anda, bisa saja berawal dari blogger sobat ditawarkan untuk menjadi penulis majalah ternama.

#Daftarkan ke Google Adsense dan teruslah konsisten

Langkah terakhirnya dalam menjadi blogger yakni mendaftarkan situs yang anda miliki ke penyedia iklan seperti Google Adsense, Amazon, dan lain sebagainya.

Jika situs anda merupakan situs dengan tips yang sudah saya jelaskan di atas, maka akan semakin mudah mendapatkan kesempatan diterima oleh situs tersebut sebagai publisher iklan mereka. Dengan diterimanya blogmu sebagai publisher, ini merupakan langkah awal mendapatkan kesuksesan dari Blogger dengan bermodal minim namun mendapatkan untung yang sangat besar.

Namu ingat, kamu harus tetap dan selalu konsisten untuk menerbitkan karya-karya baru, agar pengunjung blogmu semakin meningkat dan semakin membuat blogmu sukses di kemudian hari.

7. Kerajinan tangan dari barang bekas

Usaha bermodal minim selanjutnya, yakni membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas lalu menjualnya ke orang sekitar, maupun menjual ke seluruh dunia.

Untuk memulai usaha yang satu ini kamu hanya memerlukan barang-barang bekas, yang nantinya akan kamu ubah menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai tinggi harganya.

Kalau kamu pikir usaha ini hanya membuang waktu, sepertinya kamu salah!

Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa bisnis yang satu ini sangat menguntungkan buat mereka. Tidak hanya menjual kepada orang di sekitar tempat tinggalmu, kamupun dapat melebarkan sayap dengan menjualnya hingga ke seluruh dunia dengan bantuan website, serta forum jual beli yang banyak bertebaran di Internet.

Salah satu contoh kerajinan tangan yang sudah memiliki nama, yakni Craft Bar. Usaha kerajinan yang dimiliki oleh Steffi Widjaja dan Debby Kohara tersebut menjual boneka flanel buatan tangan mereka, yang bisa di custom sendiri sesuai dengan keinginan pembeli.

Produk yang mereka tawarkan seperti gantungan kunci, boneka flanel dan aneka kerajinan tangan lainnya. Mereka juga memaparkan bahwa penggunaan media sosial seperti Facebook dan Twitter sangat berpengaruh dalam penjualan mereka. Tidak hanya itu teknik Mulut ke Mulut juga mereka terapkan agar promosi bisa berjalan dengan lancar dan tertarget.

Tidak hanya Craft Bar, mungkin suatu saat nanti bisnis kerajinan tangan kamu dapat berkembang dan sukses seperti yang dijalankan oleh mbak Steffi dan Debby Kohara tersebut. Intinya, kamu perlu yakin dan tetap berinovasi untuk menciptakan karya kerajinan yang baik, serta melakukan teknik promosi dengan cara yang jitu dan tertarget.

8. Membuka online shop sebagai dropshipper

Bermodal minim

Usaha bermodal minim yang ke-8, kamu dapat membuka sebuah online shop dan mengatasi masalah modal dengan menjual barang sebagai dropshipper.

Apa itu dropshipper?

Dropship merupakan metode pemenuhan ritel di mana toko tidak menyimpan produk yang dijualnya. Sebaliknya, ketika toko menjual produk, itu membeli item dari pihak ketiga dan memiliki itu dikirim langsung ke pelanggan. Akibatnya, pedagang tidak pernah melihat atau menangani produk.

Untung banget kan

Dalam membuka sebuah online shop seperti ini, kamu hanya memerlukan modal koneksi Internet serta keterampilan dalam mempromosikan barang yang kamu jual. Karena tidak memiliki barang fisik, maka kamu tidak memerlukan modal tambahan lagi. Setelah ada pemesan, tugas kamu hanya menyampaikan kepada pihak tempat kamu mengambil barang, dan merekalah yang akan mengirimkan barangnya kepada pelangganmu.

Yap, bisnis yang satu ini benar-benar bermodal minim. Bisnis dropship merupakan solusi untuk kamu yang mau bermisnis tapi tidak punya banyak modal.

Keuntungan lain adalah kamu tidak perlu repot. Kalau kamu mau bandingkan bisnis ini dengan bisnis yang lain. Menjadi dropship tentunya menjadi pekerjaan yang sangat santai, karena kamu tidak disibukkan dengan packing barang, pengiriman dan lainnya.

Tugas kamu hanyalah mempromosikan barang, menerima pesanan, sisanya biarkan pemilik barang yang mengirim kepada calon pembelimu.

9. Upload videomu, dan jadilah Youtuber yang di bayar

Bermodal minim

Selanjutnya buat kamu yang bermodal minim, alias pas-pasan. Kamu masih bisa mendapatkan uang tambahan, hanya dengan modal kamera, atau bahkan smartphone yang kamu miliki lho.

Enaknya menjadi Youtuber adalah, kamu tidak perlu dipusingkan dengan menyusun artikel seperti ketika kamu memilih untuk menjadi seorang Blogger. Tapi di sisi lain, kamu akan memiliki pesaing yang sudah lebih dahulu terkenal dibandingkan kamu.

Jadi, apakah Youtuber pendatang baru masih memiliki tempat?

Punya! Pendatang baru masih dan selalu punya tempat untuk terkenal di Youtube. Kalau kamu mau terkenal seperti mereka yang menjadi Inspiratormu. Kamu harus membuat dan mengupload video yang original, serta memiliki konten yang beda dari yang lain.

Setelah konten videomu sudah baik dan layak untuk bersaing, kamu dapat memonetasi akun Youtube mu yang mana prosesnya lebih mudah dibandingkan monetisasi website dan blog. Jika monetisasimu sudah diterima, maka video yang kamu upload akan dipasangkan iklan oleh pihak Google, yang mana dari iklan tersebutlah kamu bisa mendapatkan uang yang tidak sedikit jumlahnya.

Akan tetapi, menjadi Youtuber sukses tidak semudah yang dibayangkan.

Ya. Meskipun pendatang baru memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi terkenal, tapi menjadi Youtuber bukan sekedar buat dan upload video. Kamu perlu konsisten dengan konten yang kamu tawarkan, gigih mempromosikan video tersebut, hingga tabah saat monetasi akunmu tidak diterima.

Kebanyakan dari Youtuber sukses, tidak menerima hasil dalam waktu yang singkat. Meskipun bermodal minim, tetapi mereka harus rela merkorban tenaga, waktu, dan pikiran untuk menciptakan video dan mengurus akun Youtubenya agar menjadi terkenal seperti sekarang. Meskipun agak susah, tapi yakinlah bahwa Minimal kamu harus sukses dalam kurun waktu 1 Tahun sejak mengupload video pertamamu.

10. Jasa pembuatan website dan blog

Kalau pada poin-poin sebelumnya, kita sempat membahas mengenai menjadi seorang Blogger. Maka dalam usaha bermodal minim ke 10 ini kamu akan menyediakan jasa pembuatan website maupun blog kepada mereka yang ingin menjadi seorang blogger.

Karena memerlukan keterampilah khusus, serta kemampuan dalam membaca program maka banyak orang yang tidak mengerti tentang pembuatan blog dan website. Karena tidak mengetahui caranya, mereka akhirnya akan memutuskan untuk mencari orang yang menyediakan jasa pembuatan website seperti kamu!

Walaupun bermodal minim, untungnya lumayan besar lho. Bahkan modal yang kamu perlukan hanyalah kemampuanmu dalam mengoprasikan dan membuat sebuah website. Untuk urusan domain dan hosting, klienmu lah yang akan menanggung semuanya. Tugas kamu hanyalah mendesign, menata, dan memastikan bahwa website tersebut sudah user friendly dan seo friendly.

Biasaya dalam menekuni bisnis seperti ini, kamu akan lebih sering menerima klien dari kalangan pebisnis yang ingin melebarkan sayap mereka hingga ke pasar online. Tapi tidak jarang juga bila kamu menemukan user personal yang ingin memesan jasa design website dan blog mereka.

Baca Juga : Bisnis Online Shop Terlaris yang Sangat Menguntungkan

Penutup

Itu dia teman-teman, 10 usaha bermodal minim yang keuntungannya tidak bisa di remehkan. Meskipun kelihatannya mudah, namun dalam menjalankannya kamu akan menemubi berbagai macam rintangan yang sangat berpengaruh bagi masa depan usahamu. Jadi terus berjuang ya agar usaha bermodal minim yang kamu jalankan, bisa memberikan omzet yang sangat besar di kemudian hari.


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Komentar

    Avatar

    Bang Nasti

    ( - 09:14)

    Pengen coba jadi youtuber, tapi kemampuan editing video masih belum ada.

    Untuk blog, masih kesulitan soalnya menentukan niche apa yang bisa saya kelola ke depannya agar tidak merasa bosan.

      Arnoldus P

      Arnoldus P

      ( - 22:19)

      Semangat terus bang, untuk blog bisa dipakai niche yang agan kuasai saja biar lebih mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *