Tekno

Beta Publik Android 11 Akan Diluncurkan 3 Juni Mendatang

Usai meluncurkan Android 10, Google langsung bergegas meluncurkan Android 11. Dan sistem operasi buatan mereka itu pun akan segera meluncur versi beta publiknya. Namun peluncuran beta publik Android 11 ini akan meluncur lebih lambat dari biasanya.

Kebiasaan Google, mereka akan meluncurkan beta publik Android pada bulan Mei setiap tahunnya. Namun karena tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana tahun 2020 terdapat pandemi COVID-19, pihak perusahaan pun meluncurkannya sedikit lebih lambat, yakni pada 3 Juni 2020.

Beta Publik Android 11 Diluncurkan Secara Online

Mengingat saat ini dunia sedang menghadapi pandemi COVID-19, Google pun memilih untuk meluncurkan beta publik Android 11 secara online atau streaming. Berbeda dengan acara-acara lain yang dibatalkan oleh Google, untuk perilisan Android 11 ini, pihak perusahaan tidak ingin membatalkannya.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari The Verge, (11/5/2020), Google menjanjikan bahwa streaming atau siaran langsungnya akan memiliki berita, pembaruan, dan pengumuman pada konektivitas, kontrol, keselamatan, keamanan, produktivitas, dan aksesibilitas. Dari pratinjau pengembang awal, Google sedang berupaya meningkatkan izin aplikasi dalam versi baru Android-nya dan menambahkan fitur perekaman layar.

Selain menghadirkan serangkaian acara seperti yang sudah disebutkan, siaran langsung Google juga akan menyertakan sesi tanya jawab dengan VP Android Dave Burke dan direktur senior manajemen produk Stephanie Cuthbertson.

Perusahaan juga mengumumkan, karena adanya pandemi COVID-19 ini, serta diperlukannya pengembangan tambahan pada Android 11, jadwal rilis untuk beta publik Android 11 akan mengalami kemunduran atau ke luar dari kebiasaan Google seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga: Android 11 Dirilis Google, Hadirkan Banyak Fitur Baru

Untuk beta pertama, peluncuran akan dilaksanakan pada 3 Juni. Beta kedua akan diluncurkan pada bulan Juli, dan untuk beta ketiga akan diluncurkan pada bulan Agustus. Peluncuran beta pertama mengalami kemunduran satu bulan. Meski begitu, pihak Google mengatakan jika versi final tidak akan terlambat.

Pihak Google dalam pernyataannya mengatakan, meski peluncuran beta pertama mengalami keterlambatan, hal yang demikian itu tidak akan mengganggu peluncuran versi final Android 11. Berdasarkan pernyataan Google tersebut, maka versi final Android akan tetap meluncur pada kuartal ketiga tahun 2020, yakni pada bulan Agustus mendatang.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close