Internet

Bibit Kelapa Kopyor Kultur Jaringan Berkualitas, Berbuah Lebih Cepat!!

Tahukah Anda bahwa buah kelapa kopyor sebenarnya merupakan buah yang bisa dibilang abnormal, tetapi memiliki banyak manfaat dan kelebihan. Saking istimewanya, saat ini berbagai macam varietas unggul bibit kelapa kopyor banyak dibudi dayakan di berbagai wilayah Indonesia.

Buah kelapa kopyor merupakan buah yang memiliki kelainan genetika (mutan coconut). Artinya buah kelapa ini berbeda dengan buah kelapa pada umumnya karena berisi daging lebih banyak, remah, mudah lepas, dan memiliki rasa gurih.

Kelapa kopyor merupakan hasil mutasi alami pada bagian mayang (tandan / bunga tumbuhan jenis palma) yang bersifat setempat. Perubahan sifat ini dapat terjadi pada saat setelah pembuahan atau bahkan sebelumnya.

Kelainan pada kelapa koyor ini bersifat menetap, sehingga sifat genetiknya dapat diturunkan pada generasi berikutnya yang bisa di budidaya dengan menghasilkan bibit kelapa kopyor.

Banyak orang yang salah kaprah karena menganggap kelapa kopyor sebagai kelapa muda karena melihat buahnya atau ketika dimakan. Padahal kelapa kopyor sendiri justru dipetik setelah tua.

Ciri khas Kelapa Kopyor

bibit kelapa kopyor genjah

Kelapa kopyor memiliki ciri yang sangat khas, yaitu daging buah yang tidak melekat pada tempurung (batok), tetapi akan rontok dan terlepas dari tempurungnya ketika dibelah.

Jumlah air pada kelapa kopyor juga lebih sedikit, dibandingkan dengan kelapa pada umumnya. Tekstur daging buah kelapa kopyor juga lunak dan lembut

Orang juga dapat membedakan dengan mudah antara kelapa biasa dengan kelapa kopyor ketika diguncang-guncangkan atau di ketuk-ketuk, sebab kelapa kopyor memiliki bunyi yang nyaring (“bek-bek”).

Berbeda dengan kelapa biasa ketika digocangkan akan menimbulkan suara air yang lebih keras dan ada sedikit bunyi kletukan (“pyuk-pyuk”).

Buah kelapa kopyor juga memiliki aroma khas yang berbeda dari daging kelapa biasa yang melekat pada tempurungnya dan akan keras apabila sudah menua.

Kini, selain populer di kalangan masyarakat karena rasanya yang menyegarkan untuk disajikan sebagai minuman, kelapa kopyor juga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi sebagai bahan kue kering dan basah serta bahan baku es krim.

Air kelapa koyor juga bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi dan kelelahan, obat gatal-gatal, obat luka bakar, obat demam berdarah, obat cacingan pada anak-anak, meningkatkan imunitas dan lain sebagainya.

Varietas Kelapa Kopyor Unggul

Tanaman kelapa kopyor sendiri dibagi menjadi dua tipe yaitu” tipe dalam” dan “tipe Genjah”. Masing-masing tipe kelapa kopyor ini memiliki karakteristik yang berbeda.

Secara alami, tanaman kelapa kopyor tipe dalam ini memiliki batang yang lebih besar, mulai berbunga pada umur 5-7 tahun dan hanya akan menghasilkan buah kopyor 1-2 butir per tandan.

Sedangkan kelapa kopyor Genjah memiliki batang yang lebih kecil dan mulai berbuah pada umur 3-4 tahun. Meskipun buahnya berukuran lebih kecil namun menghasilkan buah yang lebih banyak.

Buah kelapa kopyor genjah sendiri memiliki tiga macam warna yaitu Hijau, Coklat, dan Kuning.

Budi daya kelapa kopyor dapat dilakukan dengan cara konvensional, yaitu menggunakan benih yang berasal dari tandan yang menghasilkan buah kopyor. Namun cara ini hanya menghasilkan 1-2 butir per tandan

Bibit kelapa kopyor juga bisa diperbanyak dengan cara in vitro, yaitu menumbuhkan embrio dari buah kopyor pada media tumbuh buatan dalam kondisi aseptik yang dilakukan di laboratorium.

Bibit kelapa kopyor yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi kultur jaringan (tissue culture) ini menghasilkan buah kelapa kopyor sekitar 99% pada satu pohon kelapa.

Oleh sebab itu bibit kelapa kopyor kultur jaringan bisa dikatakan sebagai bibit kelapa kopyor unggul. Karena daging kelapanya juga lebih manis dan gurih dibandingkan dengan kelapa kopyor konvensional.

Bibit kelapa kelapa kopyor ini akan siap ditanam apabila telah mencapai tinggi sekitar 0,5 sd. 1 meter dan bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 1.000 m. dpl pada tanah berpasir atau tanah liat.

Usaha Agro Kelapa Kopyor

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan apabila ingin memulai usaha agro kelapa kopyor ini, karena harga buah kelapa lebih mahal 10 kali lipat dibandingkan kelapa biasa.

Harga kelapa kopyor yang baru di panen bisa mencapai kisaran Rp 12.000 hingga Rp 45.000 tergantung pada ukuran masing-masing kelapa.

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah seorang pelaku usaha agro, dalam satu bulan penjualan kelapa kopyor ke berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, dan Semarang bisa mencapai ribuan butir.

Karena jumlah produksinya yang masih terbatas, kebutuhan permintaan kelapa kopyor di Indonesia belum terp enuhi, apalagi untuk permintaan ekspor.

Jadi secara bisnis, peluang usaha agro kelapa kopyor ini masih sangat terbuka luas dan baru sedikit pembudi daya kelapa kopyor.

Bibit Kelapa Kopyor

Bibit kelapa kopyor kultur jaringan

Bibit kelapa kopyor unggul hanya bisa didapatkan atau diproduksi dari laboratorium kultur jaringan (kuljar/tissue culture) yang dapat dilakukan setiap saat, tergantung tujuan dan manfaat pengkulturannya.

Kelebihan bibit kelapa kopyor tipe genjah ini adalah berbuah lebih cepat, mulai umur 3-4 tahun dengan produktifitas yang lebih banyak.

bibit kelapa kopyor jenis genjah

Spesifikasi bibit kelapa kopyor genjah kultur jaringan

  • Bersertifikat Benih Sebar
  • Usia 8 bulan
  • Varietas genjah
  • Warna kuning dan hijau
  • Usia 3-4 tahun mulai berbuah
  • Hasil kultur jaringan
  • Hasil panen 99 % Kopyor
  • Fasilitas konsultasi private melaui WhatsApp

Harga Bibit Kelapa Kopyor

Harga bibit kelapa kopyor

Sebagai informasi, bibit kelapa kopyor kultur jaringan umumnya dijual dari laboratorium secara langsung dengan kisaran harga Rp.1.000.000 – Rp.2.000.000 per bibit. Berbeda dengan bibit konvensional yang dijual lebih murah yaitu kisaran Rp 20 ribu sampai Rp 60 ribu.

Perlu dipahami, bibit kelapa kopyor hasil konvensional tidak menjamin 100% menghasilkan kelapa kopyor, sedangkan bibit bibit kelapa kopyor kultur jaringan telah teruji menghasilkan 99% kelapa kopyor.

Bibit Kelapa Kopyor

Ada harga, ada kualitas. Dapatkan penawaran harga terbaik, CV. Embrio Multi Argo menyediakan berbagai bibit unggul, di antaranya: bibit kelapa kopyor kultur jaringan, bibit kurma kultur jaringan, bibit pisang Cavendish kultur jaringan, bibit kurma dari biji, bibit durian kaki tiga, bibit kelapa hybrid, bibit jeruk, dsb.

CV. Embrio Multi Agro melayani penjualan dan pengiriman bibit varietas unggul ke seluruh wilayah Indonesia.

Untuk informasi, konsultasi, dan pemesanan, hubungi:

  • CV. EMBRIO MULTI AGRO
  • Web: embriostore.com
  • Email: embriostoreid@gmail.com
  • FB: Embrio Store
  • Twitter: @embriostore
  • IG: @embriostoredotcom
  • YT: @embriostore

Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close