Bisnis OnlineBlogging

Punya Toko Online? Yuk Bikin Toko Online Jadi Aman Dengan Cara Ini

Cara membuat Toko Online Jadi Aman – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Memiliki sebuah website merupakan sebuah aset yang bagus yang nantinya bisa dikembangkan menjadi suatu bisnis yang menjanjikan. Nah, sebuah website juga bisa kita sulap menjadi sebuah toko online yang tentunya memiliki kemungkinan besar membuat produk di toko kamu menjadi lebih laris di dunia maya.

Nah sebagai mukodimah dalam pembahasan ini, saya ingin memperkenalkan kamu bahwa yang namanya toko online itu tentunya memiliki berbagai macam data-data yang di upload oleh para pembeli di toko online tersebut bukan? Lantas bagaimana toko online jadi aman tanpa rasa khawatir mengenai data informasi pelanggan?

Jadi misalnya seperti ini, ketika kita memiliki sebuah toko online, kemudian kita mendapatkan satu pengunjung, maka tentunya pengunjung tersebut harus memasukkan data-datanya seperti alamat, kode pos, nomor handphone dan data yang lain.

Tentunya data tersebut mungkin akan ditampung atau di upload ke database daripada website toko online kamu. Namun apa yang terjadi apabila ada seorang hacker yang berniat membobol website kamu? Dia bertujuan untuk mencuri berbagai data dari para customer kamu. Nah tentu mungkin kamu tidak ingin demikian terjadi bukan?

Nah maka dari itu di artikel ini kita akan bahas tentang kiat-kiat untuk mengamankan website toko online kamu.

A. Bikin Toko Online Jadi Aman Menggunakan Sertifikat SSL

Apa itu sertifikat SSL? Mungkin teman-teman semua bingung mengenai apa itu sertifikat SSL. Sertifikat SSL merupakan sebuah layanan yang sering digunakan oleh para pemilik website besar terutama website toko online atau marketplace, karena dengan adanya sertifikat SSL ini dapat membuat sebuah toko online jadi aman.

Nah, mungkin teman-teman sekalian pernah mengunjungi suatu website yang di address barnya terdapat warna hijau bukan? Nah, warna hijau tersebut ada karena kemungkinan besar website tersebut memasang sebuah sertifikat SSL pada website tersebut.

Apabila sebuah website sudah dipasang sertifikat SSL, maka alamatnya pun akan sedikit berubah, yakni yang misalnya awalnya adalah http://malikabimanyu.in maka akan berubah menjadi https://malikabimanyu.in. Ya, ada tambahan ‘s’ pada bagian http-nya.

Untuk lebih jelas, baca artikel mengenai Fungsi HTTPS

Nah ketika si pengunjung website mengunjungi suatu website yang memiliki sertifikat SSL, maka website tersebut akan melakukan eksripsi data serta juga informasi, dengan begitu akan lebih mudah untuk digunakan.

Umumnya sertifikat SSL ini adalah berbayar, dan tentu harganya relatif tergantung jenis SSL yang digunakan, namun dari informasi yang penulis dapatkan, bahwa ada satu jenis SSL yang ternyata gratis loh. Namun disini penulis akan memberikan cara untuk mendapatkan sertifikat SSL secara berbayar.

1. Bagaimana Cara Membeli Sertifikat SSL?

Untuk membeli sertifikat SSL, kita pun harus tau berapa harga dari sertifikat SSLnya. Nah berikut ini adalah daftar harga sertifikat SSL tersebut (yang dipaparkan di bawah ini adalah sertifikat SSL jenis Comodo):

Toko Online Jadi Aman

Baik, setelah kita tau daftar harga sertifikat SSL-nya, mari kita belajar cara order sertifikat SSL-nya. Disini saya menafaatkan salah satu penjual kebutuhan website (seperti osting, esrver, domain, sertifikat SSL, dll) di   IdCloudHost.

Berikut caranya:

  1. Nah silahkan teman-teman pergi ke websitenya IdCloudHost di link berikut: IdCloudHost.
  2. Setelah itu kamu akan dibawa ke homepage IdCloudHost. Silahkan kamu arahkan mouse kursor kamu ke menu Layanan, kemudian akan muncul berbagai sub-menu, nah disitu kamu arahkan mouse kursor kamu ke sub-menu Layanan Lainnya kemudian pilih sub-menu lagi bernama SSL Certificate.
  3. Nah kemudian kamu akan dibawa ke suatu halaman yang berisi tentang informasi harga dan jenis sertifikat SSL-nya.
  4. Nah silahkan disitu kamu pilih mana jenis sertifikat SSL yang kamu inginkan, kemudian klik Order Now.
  5. Selanjutnya kamu akan disiruh untuk mengisi berbagai kolom dala formulir pembelian, silahkan isi, disini saya asumsikan kamu sudah bisa mengisi formulir tersebut.
  6. Setelah semuanya sudah di isi, kemudian kamu klik Complete Order.
  7. Dan silahkan ikut petunjuk yang selanjutnya.

Bagaimana? Mudah bukan?

B. Mengamankan Toko Online Dengan Mengatur Password

Tips untuk membuat toko online jadi aman adalah dengan mengatur password admin serumit mungkin, namun tentu walau rumit harus tetap bisa di ingat-ingat.

Nah, kenapa kita harus mengamankan toko online kita dengan cara menyetting password menjadi rumit? Karena dari yang penulis tau, seorang hacker yang nakal itu membobol sebuah website dengan mengacak password dari suatu admin. Metode ini sering disebut dengan bruteforce.

Sehingga apabila ada satu password berhasil ditemukan (artinya pas atau cocok dengan password asli yang sudah diseting oleh admin web tersebut) maka tentu si hacker nakal sudah dapat masuk ke admin panel, dan dapat berpotensi mencuri data-data yang ada.

Dan Alhamdulilah sekarang sudah ada fitur menarik sehingga kita dapat mengetes seberapa kuat password yang kita seting, sehingga kita para hacker nakal akan diminimalisir untuk melakukan hacking terhadap situs yang kita punya.

Biasanya tool tersebut sudah ada pada berbagai CMS toko online atau CMS website.

C. Selalu Backup Data Toko Online Kamu

Dengan rutin melakukan backup secara berkala, maka akan selalu menjaga toko online jadi Aman.

Nah mungkin teman-teman disini masih bingung tentang apa itu backup. Dari yang penulis tau, yang namanya backup dalam istilah website itu artinya adalah kamu download atau unduh seluruh data-data kamu dan menyimpannya dala tempat penyimpanan yang lain, atau dengan kata lain kamu melakukan penggandaan terhadap data-data kamu.

Hal tersebut dilakukan guna untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan. Misal seperti ini, kamu memiliki sebuah website namun kamu tidak mem-backupnya, kemudian suatu hari ada seorang hacker nakal yang membobol situs kamu dan menghapus seluruh data website kamu. Nah apa yang terjadi? Tentunya website kamu akan hancur.

Apabila kita mem-backupnya sebelum terjadi hal demikian, maka kita seperti memilii peluang kedua untuk membangun website kita dengan konten yang tentunya sama, sehingga website kita tidak 100% ancur, melainkan kita membangun ulang namun dengan cara instan dengan upload file backup yang sebelumnya kita sudah download tadi.

Kamu bisa melakukan backup data ini setiap hari atau pun setiap satu minggu sekali.

D. Sewa Seorang Web Developer

Bagi kamu yang tidak ingin pusing, kamu bisa tuh menyewa seorang web developer yang nantinya akan mengurus semua hal yang berkaitan dengan website kamu, dia nantinya akan mengurus bagaimana caranya agar website kamu menjadi aman (mungkin termasuk backup), menjadi selalu up-to-date, dan yang lainnya.

Namun begitu, saya perhatikan mungkin jumlah web developer di Indonesia tidak terlalu banyak, tetapi juga mungkin harga jawa yang ditawarkan oleh para web developer Indonesia tidak terlalu mahal (tentunya hal ini relatif).

Nah saran saya, carilah seorang web developer yang sudah berpengalaman dibidangnya dan berpengetahuan banyak tentang hal-hal IT.

Penutup

Jadi bagaimana? Tertarik untuk mengoptimasi toko online kamu supaya makin powerfull dari para tangan-tangan orang nakal dan membuat toko online jadi aman? Saya kira mungkin kamu akan mulai tertarik setelah membaca artikel ini.

Baiklah, demikian artikel ini saya sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang muslim biasa.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close