Internet

Bisa Ditiru, Pemerintah India Bantu Cari Ponsel Rakyatnya yang Hilang

Indonesia Kapan Nih?

Ponsel adalah salah satu barang yang penting di era seperti sekarang ini. Bahkan bagi sebagian orang, ponsel sudah menjadi kebutuhan primer sehingga hidup mereka seperti ada yang kurang ketika tidak membawa ponsel.

Menyadari betapa pentingnya ponsel, pemerintah India melalui Department of Telecommunications (DoT) meluncurkan sebuah website yang bisa digunakan untuk mencari ponsel yang hilang ataupun tercuri.

Dilansir dari Gadgets360, website tersebut sudah diluncurkan pada Jum’at (13/09/2019) oleh Ravi Shankar Prasad selaku Menteri Komunikasi India. Peluncuran situs sendiri masuk ke dalam program pemerintah India yang diberi nama Central Equipment Identity Register (CEIR).

Cara Kerja Mencari Ponsel yang Hilang

Untuk membantu rakyatnya mencari ponsel yang hilang, pemerintah India mengandalkan IMEI ponsel yang sudah didaftarkan. Jadi, ketika ponsel telah diketahui hilang, maka DoT akan langsung memblokir nomor IMEI ponsel yang hilang tersebut agar tidak bisa mendapatkan jaringan seluler.

Pemblokiran sendiri dilakukan untuk menghindari pemalsuan atau penggandaan nomor IMEI yang saat ini sering terjadi di India. DoT mengatakan, tujuan utama dibuatnya program CEIR memang untuk memblokir ponsel yang dilaporkan hilang atau dicuri di seluruh jaringan seluler, serta memfasilitasi pelacakannya.

Jadi, ketika terdapat keluhan ponsel yang hilang, maka DoT akan melakukan pelacakan ponsel. Pemerintah India sendiri bekerja sama dengan kepolisian untuk memuluskan program CEIR ini.

Jadi para pengguna yang kehilangan ponselnya bisa melapor ke kepolisian terlebih dahulu. Alurnya, keluhan disampaikan ke kepolisian. Setelah itu, kepolisian akan menghubungi DoT, dan DoT pun akan langsung bergerak untuk melakukan investigasi.

Masih melansir dari Gadgets360, kabarnya DoT sudah memiliki basis data semua nomor IMEI di India sejak 2017. Bahkan mereka juga dikabarkan akan memiliki akses IMEI seluruh dunia untuk membandingkan dan mendeteksi ponsel dengan nomor IMEI palsu.

Baca juga: Talenta Digital India Dinilai Oke, Bagaimana dengan Indonesia?

Meski statusnya masih sebagai negara berkembang, gerak-gerik India memang cukup mengesankan di mana mereka membuat program yang jarang dilakukan kebanyakan negara berkembang lainnya, seperti menjalankan misi ke bulan meskipun akhirnya gagal.

Potensi India sendiri untuk ke depannya masih sangat besar. Bahkan mereka dipercaya bisa menjadi China kedua dengan segala apa yang mereka miliki saat ini. Salah satu potensi terbesar yang dimiliki India saat ini dan yang paling mencolok adalah mereka memiliki banyak sekali talenta-talenta digital yang sangat mumpuni.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

  1. Kapan ya kalo di Indonesia seperti itu juga pasti bagus kan. Semoga aja bisa seperti itu disuatu hari nani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close