Bisnis OnlineUlasan Bisnis

5 Macam Bisnis Berdasarkan Cash Flow Yang Wajib Pengusaha Ketahui

Cash flow atau arus cash merupakan Penerimaan dan pengeluaran cash dalam waktu tertentu. Bagi pembisnis wajib mengetahui arus cash pada bisnis yang dijalankan dan membuat laporan arus cash, sehingga bisa dilihat keuntungan bisnisnya.

Beda jenis bisnis, tentu akan beda pula jenis cash flownya, ada yang yang harian, bulanan bahkan tahunan, masing-masing Punya kelebihan dan kekurangan. Tergantung titik awal dan kemampuan permodalan.

Jika modal Anda cekak, jaringan belum kuat, bermainlah di arus cash harian atau bulanan, ini dianjurkan untuk pengusaha pemula. Margin atau keuntungan kecil, yang terpenting perputarannya cepat.

Cash flow

Menurut Anda, bagus yang mana margin 3% dengan margin yang 30%? kalau Menurut saya adalah yang cepat cash flownya, kenapa? semakin cepat cash flow, semakin cepat perputaran transaksi dan ini berakibat pada besar kecilnya margin.

5 Macam Bisnis Berdasarkan Cash Flow

Cash flow, disini saya singkat dengan CF, ada beberapa macam bisnis yang dibagi berdasarkan CF, ini bisa jadi bahan acuan Anda, bagi yang mau memulai bisnis.

1. CF Harian, Segala usaha bisnis yang dibayar tunai, seperti retail, mini market,rumah makan, jual sayur, sewa lapangan futsal, pokoknya cash bayarnya.

2. CF Bulanan, Segala bisnis yang dibayar perbulan atau tempo 30 hari, yang termasuk jenis bisnis ini, seperti rumah kos, pemasok tetap, sekolah, kursus, kreditan dan fitness.

Loading...

3. CF Semesteran, segala bisnis yang dibayar secara berkala, 3 atau 6 bulan, yang termasuk bisnis ini adalah bimbingan belajar, kursus, kampus

4. CF Tahunan, segala bisnis yang dibayar per tahun, bisnis yang termasuk dalam kategori ini, seperti kontrakan, properti, sekolah.

5. CF proyekan, Segala usaha yang tak pasti orderannya adalah yang termasuk CF proyekan, dibayar setelah selesai, seperti tender-tender konstruksi, perumahan, penggadaian dan event organizer/EO.

Contoh memilih bisnis dengan Cash Flow Berdasarkan modal

Misalnya, Modal Anda sekarang 30 juta rupiah, kemudian dihadapkan pada pilihan sebagai berikut:

  1. Mendapat tender pengecatan ini termasuk jenis bisnis CF proyekan, selesai penggarapan 7 hari dan akan dibayar mundur selama 30 hari.
  2. Kulakan sayur/buah dipasar setiap hari, jual pagi hari, ada uang langsung transaksi selesai, jenis bisnis atau usaha ini CF harian.

Bagus yang mana? tentu yang perputaran cashnya yang cepat yaitu bisnis sayur atau buah. Di bandingkan dengan pengecetan yang bisa selesai berbulan-bulan dengan pembayaran tempo mundur.

Mungkin ada yang berkata dalam hati ” jual sayur??”. gengsi dong gan!”. mau tahu?  penghasilan jenis CF harian dengan CF proyekan sangat beda dan berbanding jauh, lebih menguntungkan jenis bisnis yang CF harian, kan yang penting kaya!, daripada bisnis berkilauan tapi kantong cekak! makan tuh gengsi he he piss!

Nah sekarang saya bahas Kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis Bisnis berdasarkan Cash Flow.

Kelebihan dan kekurangan Jenis bisnis berdasarkan Cash Flow

  1. CF Harian, memiliki kelebihan yaitu cepat diperputaran, dengan modal cekak oke-oke saja, omzet bisa berlipat. bahkan bisa berlipat 3 kali perputaran setiap harinya. hanya saja, karena marginnya atau keuntungannya kecil, cukup beresiko jika ada kerusakan, tingkat loyalitas pelanggan juga rendah karena rawan perang harga.
  2. CF Bulanan, Memiliki kelebihan yaitu stabil karena sudah ada ikatan pelanggan, tingkat loyalitas dan repeat order lebih aman dan terjaga, kekurangannya adalah pembayaran sering mundur.
  3. CF Semesteran, Seperti pada bimbingan belajar, sekolah biasanya membutuhkan waktu untuk proses belajar, apalagi merk bisnisnya belum terkenal. kelebihannya, jika sudah menjadi pelanggan maka akan jarang mereka berpindah-pindah tempat sampai masa belajarnya selesai.
  4. CF Tahunan,  tentu tidak bisa untuk penopang kebutuhan sehari-hari, kecuali jika Anda punya 12 kontrakan yang bisa bergilir tiap bulan pembayarannya.
  5. CF Proyekan, sering sangat menggoda keuntungannya, tapi harus dihitung pendapatan perbulannya, jangan-jangan lebih kecil dari tukang sayur he he, CF proyekan juga tidak bisa di perkirakan orderannya, selain itu Anda masih harus memenuhi kebutuhan anda setiap hari.

Nah, sekarang Anda bisa memilih, kira-kira Anda pilih yang mana. atau bisa juga Anda mengombinasikan beberapa atau semua CF di atas, untuk mendapat kestabilan. Poin terpenting adalah jangan sampai Anda kekurangan kas Apalagi kosong.

Margin bukanlah segalanya namun Cash Flow yang utama. Karena cash adalah darah bisnis Anda.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button