bisnis camilan

5 Strategi Untuk Mengeruk Keuntungan dari Gurihnya Bisnis Camilan

Salah satu jenis bisnis yang masih memiliki pangsa pasar yang sangat terbuka adalah bisnis camilan. Buktinya anda termasuk orang yang suka ngemil kan ? Kalau ya, anda termasuk dari sebagian besar orang yang suka dengan camilan.

Makanan yang satu ini menjadi favorit semua orang di kala menikmati waktu senggang. Makanan ringan satu ini sangat cocok jika dinikmati saat berkumpul dengan teman atau keluarga.

Ada banyak jenis camilan yang saat beredar di pasaran mulai dari keripik, snack, kacang, cheese stick, dan masih banyak lagi jenis camilan yang sering kita temui.

Tingginya minat orang untuk menikmati camilan membuat peluang bisnis ini masih sangat terbuka lebar untuk ditekuni. Kalau kita lihat di supermarket saja, begitu banyak jenis camilan dengan berbagai merek terpajang di etalase. Mulai dari kemasan yang biasa-biasa saja sampai dengan produk kemasan pabrik tersedia.

Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri apabila kita ingin terjun ke industri camilan ini. Pangsa pasar yang masih terbuka lebar juga dibarengi dengan tingkat persaingan antar pengusaha yang juga menekuni bisnis camilan ini.

Gurihnya bisnis camilan di tengah persaingan pasar

bisnis camilan
Camilan Dodol Garut Cihampelas Bandung

Untuk memenangkan persaingan pasar diperlukan beberapa strategi yang perlu dilakukan agar bisnis camilan anda tidak cepat tenggelam digilas produk camilan saingan anda.

Simak beberapa tips bagaimana mengelola bisnis camilan ini supaya dapat terus berkembang dan memenangkan pasar.

1. Berikan cita rasa yang enak

Karena bidang yang anda tekuni adalah makanan, maka mau tidak mau anda harus dapat menyajikan camilan yang bercita rasa enak di mata konsumen anda. Kesan pertama konsumen ingin mencicipi lagi camilan anda tentu karena rasa dari camilan yang anda tawarkan.

Loading...

Sebelum produk camilan siap anda pasarkan ke konsumen cobalah minta testimoni dari beberapa orang terlebih dahulu tentang cita rasa camilan anda. Memang selera orang berbeda-beda, tetapi anda dapat mengukur seberapa enak camilan anda dari testimony yang diberikan beberapa orang.

Saring masukan dan saran dari beberapa orang mengenai rasa camilan anda. Kalau cita rasa camilan anda masih dirasa kurang cobalah terus untuk membuat cita rasa yang pas di lidah konsumen. Setelah anda yakin dengan kelezatan cita rasa camilan yang anda buat, anda bisa tawarkan ke pasaran.

Baca juga : Ratna Prawira, Pengolahan Batang Hingga Kulit Pisang Menjadi Camilan

2. Kemasan yang menarik

Setelah cita rasa camilan anda dapat diterima dengan baik oleh pasar, saatnya anda beralih ke kemasan produk camilan anda.Ingat, kesan pertama orang tertarik dengan sesuatu adalah dalam bentuk visual. Maka kemasan produk menjadi sangat penting dalam pemasaran sebuah produk.

Kemasan yang menarik dan unik akan membuat konsumen merasa penasaran dengan produk yang Anda tawarkan dan menimbulkan hasrat untuk mencoba membeli dan mencicipi produk anda.

Buatlah kemasan yang simpel dan jelas dengan kombinasi warna dan desain yang menarik. Anda bisa memuat sendiri desainnya atau membeli melalui jasa desain grafis kemudian tinggal anda order ke percetakan untuk dibuat kemasannya.

3. Berikan keunikan pada produk anda

Anda pasti tahu dengan keripik Maicih bukan ? Ya, merek keripik yang terkenal dengan level kepedasannya ini mampu mencuri perhatian para penggemar keripik.

Saat banyak orang masih membuat keripik dengan rasa yang biasa-biasa saja, keripik Maicih mampu membuat terobosan dengan memberikan sesuatu yang khas dalam produknya, yaitu level kepedasan.

Dengan memberi level kepedasan pada produknya, ini merupakan sesuatu yang baru bagi konsumen sehingga mereka menjadi tertarik untuk mencicipi Keripik Maicih dengan berbagai level yang ada.

4. Promosi

Sebagai bagian untuk meningkatkan angka penjualan dan pengembangan usaha, promosi sangat penting untuk dilakukam. Dengan melakukan promosi berarti anda mengkomunikasikan mengenai produk camilan anda kepada masyarakat.

Anda bisa berpromosi secara offline seperti pembuatan brosur, pamflet yang berisi tentang produk camilan yang anda tawarkan.

Anda juga bisa berpromosi secara online dengan memanfaatkan media sosial. Berpromosi melalui media sosial memberikan kemudahan dan memberikan peluang lebih banyaak dalam menjaring konsumen karena tingginya angka pengguna sosial media saat ini.

Jangan lupa deskripsikan produk anda secara jelas dan cantumkan nomor kontak anda sehingga konsumen dapat berkomunikasi dengan anda.

5. Berikan penawaran yang menarik

Saat ini makanan ringan/camilan ini sudah seperti kebutuhan bagi sebagian besar orang. Camilan menjadi makanan yang harus ada dalam setiap acara atau event tertentu seperti seperti ulang tahun, hajatan, hari raya besar, atau hanya sekedar untuk camilan pribadi di kala senggang.

Nah untuk menggaet lebih banyak pelanggan, berikan penawaran menarik kepada konsumen. Anda bisa memberikan dalam bentuk Paket dengan harga lebih murah dibanding dengan membeli secara eceran.

Di samping itu anda juga bisa menerapkan sistem Delivery Order (DO) untuk pembelian dalam kota atau anda juga bisa memberi diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Penutup

Bisnis camilan jika ditekuni dan dijalankan dengan konsep yang benar akan memberikan keuntungan yang besar.

“Jadikanlah bisnis camilan anda menjadi omzet yang besar, walaupun produknya kecil”.

Semoga bermanfaat informasinya.



Loading...

Bagikan

muhfaiz

Penulis

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *