Bisnis Cleaning Service Sukses Seorang Mahasiswa Yogyakarta

Bisnis Cleaning Service Jogja Kost – Sebuah bisnis memang harus dijalankan dengan strategi yang tepat dan keinginan yang kuat. Karena kedua hal tersebut menjadi modal dasar yang akan membuat bisnis kita bertahan dalam beratnya persaingan.

Dengan begitu banyaknya jenis bisnis yang ada saat ini, menjadikan kita harus lebih jeli melihat peluang dan resiko yang akan didapatkan dalam proses pengembangan usaha kita.

Bisnis Cleaning Service

Mungkin tidak banyak yang tahu akan sosok pemuda yang satu ini, namun bagi para mahasiswa di Yogyakarta, pria ini sudah sangat terkenal akan kepiawaiannya dalam mengelola bisnis.

Nanda Juanda, yang merupakan seorang mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ini menjadi sebuah pribadi yang patut ditiru oleh semua orang terkhususnya bagi para mahasiswa.

Ia adalah pendiri dan pemilik Jogja Kost Cleaning Service dan masuk dalam salah satu pemuda inspiratif dalam majalah online swa.co.id.

Bisnis Cleaning Service

Nanda Juanda, Pemilik Jogja Kost Cleaning Service

Saat ini Nanda masih berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam dan baru akan menyelesaikan skripsinya tahun ini. Saat ini beliau hampir tidak memiliki teman seangkatan karena rata-rata teman-temannya sudah menyelesaikan studi kuliah disana.

Namun hal ini bukan karena Nanada seorang pemalas atau tidak pintar, tetapi karena dia sempat menunda untuk kuliah karena sang ayah yang menjadi tulang punggung keluarga terkena PHK.

Oleh sebab itu Nanda memutuskan untuk cuti dari perkuliahan dan mencoba membantu perekonomian keluarganya.

Terpuruk Bukan Berarti Hal Yang Buruk

Sebagian besar orang terlebih kaum muda mungkin akan merasa terpuruk jika berada pada posisi seperti Nanda. Kesulitan ekonomi keluarga akan membuat segala hal seperti proses perkuliahan menjadi terganggu. Bahkan keterpurukan ekonomi bisa membuat gejolak dalam rumah tangga.

Namun hal ini sepertinya tidak berlaku bagi Nanda. Pemuda ini berusaha agar dapat mempertahankan kuliah sembari mencari kerja untuk menambah penghasilan. Dia berupaya keras untuk menemukan sebuah konsep bisnis yang benar-benar tepat sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan konsumen nantinya.

Dan pada akhirnya, Nanda menemukan ide bisnis cleaning service untuk mahasiswa yang tinggal di kost-kostan.

Nanda yang merupakan anak pertama dari delapan bersaudara ini memulai usaha bersih-bersih kost-kostan sejak tahun 2013 lalu. Sebagai mahasiswa yang aktif dalam perkuliahan, Nanda memang harus memilih jenis bisnis yang tidak mengeluarkan banyak modal dan waktu.

Bisnis cleaning service untuk mahasiswa dirasa sangat tepat oleh Nanda, karena hanya dibutuhkan modal kepercayaan konsumen, tenaga, dan beberapa alat bersih-bersih.

Baca juga5 Jenis Usaha Yang Sangat Prospek Di Lokasi Kampus

Bisnis Modal Keyakinan dan Kenekatan

Awalnya Nanda memang memiliki keraguan dalam menjalankan bisnis cleaning service ini. Karena sebelumnya Nanda hanya pemuda yang fokus pada kuliahnya saja.

Namun dengan modal keyakinan dan kenekatan, akhirnya Nanda melakukan promosi untuk pertama kalinya disalah satu marketplace yaitu Tokobagus.

Berbekal pemasangan iklan gratis pada Tokobagus, akhirnya Nanda mendapatkan respon positif yang dimana dia mendapatkan order untuk pertama kalinya.

Tetapi sayangnya, Nanda belum memiliki peralatan bersih-bersih untuk memulai sehingga ia belum bisa menerima pemesanan tersebut.

Namun ketika ia hendak menolak tawaran tersebut, akhirnya ia memutuskan untuk menerima tawaran yang dia dapatkan. Ia akhirnya mengatakan kepada konsumen bahwa jadwal layanan bersih-bersih sedang penuh dan akan tersedia dua hari mendatang.

Bisnis Cleaning Service

Memulai Bisnis Jogja Kost Cleaning Service

Dalam tempo dua hari tersebut, Nanda mencoba berkeliling untuk mencari pinjaman alat bersih-bersih. Butuh waktu dan tenaga yang cukup banyak karena minimnya modal yang ia miliki.

Namun karena tekat yang kuat, akhirnya ia mendapatkan pinjaman alat dari seorang temannya yang kebetulan seorang takmir masjid. Masjid tersebut memang memiliki peralatan yang cukup lengkap seperti sapu, sikat, bahkan vacuum cleaner.

Ia memberanikan diri untuk meminjam peralatan tersebut dan menginfakkan sebagian hasil pendapatannya setiap kali meminjam alat.

Dengan ketekunan yang penuh, akhirnya lambat laun Nanda mampu mengumpulkan modal untuk membeli peralatannya sendiri.

Sistem Bisnis Jogja Kost Cleaning Service

Bisnis Cleaning Service

Pada awal mulainya bisnis cleaning service yang dijalankan ini hanya menggunakan sistem bisnis sederhana yaitu dengan sistem langsung ke konsumen. Nanda mengenakan tarif borongan setiap adanya panggilan jasa bersih-bersih.

Namun berkat pengalaman dan pendidikan yang ia dapatkan dari MRUF, akhirnya Nanda berhasil menata bisnisnya dengan lebih baik.

Selain menerapkan jasa satu kali layanan, Ia juga menerapkan sistem bisnis berlangganan pada kliennnya. Bahkan menawarkan kontrak kerja sama dengan perusahaan ataupun kantor yang membutuhkan jasa clenaing service harian layaknya sistem outsourching.

Konsep bisnis yang mulai matang, menjadikan Nanda lebih mampu untuk merancang biaya yang lebih proporsional. Tarif yang dikenakan disesuaikan dengan luas dan kondisi lapangan.

Untuk layanan satu kali datang Nanda memasang tarif minimal sebesar Rp. 50.000 rupiah. Untuk pemesanan diatas Rp. 300.000, biasanya Nanda menurunkan tim untuk mensurvey lokasi dan kondisi bangunan yang akan dibersihkan.

Bahkan Nanda mengaku, bahwa ia sempat menerima proyek sebesar 10,5 Juta rupiah dengan kontrak kerja selama satu minggu.

Konsep Kerja Jogja Kost Cleaning Service

Memiliki sebuah bisnis sendiri menjadikan Nanda memiliki kebebasan dalam menentukan siapa yang pantas berkerja dengannya. Ia menggunakan dua jenis pekerja untuk masing-masing tipe layanan jasa bersih-bersih.

Untuk tenaga pekerja tetap hanya bekerja pada layanan yang telah memiliki kontrak kerja sama dengan perusahaan. Dan untuk layanan jasa panggilan satu kali, biasanya Nanda memperkerjakan tenaga freelance.

Dengan modal ilmu yang didapatkan selama ini, Nanda selalu memberikan pelatihan untuk meningkatkan layanan kualitas prima bagi konsumennya. Pelatihan ini berlaku bagi karyawan baru ataupun lama.

Pelatihan yang diberika juga sudah tergolong profesional seperti kemampuan bersih-bersih yang benar dan tepat, cara menjaga sikap yang baik terhadap konsumen, dan juga pelatihan berkomunikasi yang benar.

Strategi Mengembangkan dan Mempertahankan Bisnis Ala Nanda

Nanda memang mengakui bahwa bisnis clenaing service ini sarat akan resiko. Karena dengan memperkerjakan orang lain di rumah konsumen, berarti kita menjamin bahwa rumah mereka aman ditangan perusahaan. Untuk itu, Nanda memiliki strategi bisnis tersendiri untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

Nanda mempekerjakan orang yang memiliki latar belakang yang jelas seperti alamat tepat tinggal, keberadaan orang tua dan lain sebagainya. Dan yang paling wajib dipenuhi oleh karyawannya adalah wajib berdomisili di Yogyakarta.

Selanjutnya Nanda menerapkan standar operasional prosedur (SOP) yang memang harus diketahui oleh pelanggannya. Seperti mewajibkan pelanggan untuk membawa barang berharga seperti uang, jam tangan, dan lain sebagainya.

Untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnis ini, Nanda menggunakan jalur offline dan online secara bersamaan. Ia menggunakan media brosur, penempelan stiker, penawaran langsung kepada orang terdekat, ataupun dari mulut ke mulut. Ia juga menggunakan media iklan lewat instagram, facebook dan optimasi melalui web dan blog.

Hasil Bisnis Cleaning Service

Dari perjuangan yang sangat melelahkan sejak tahun 2013 hingga 2017 ini, akhirnya Nanda telah berhasil memiliki pelanggan tetap sebanyak 300 klien dan bertambah setiap bulannya. Dan ia juga telah memiliki hampir 1.000 pelanggan yang telah menggunakan jasa cleaning service miliknya.

Namun naik turunnya usaha bersih-bersih kost-kostan ini, juga dipengaruhi oleh kelulusan mahasiswa. Karena mahasiswa yang lulus dan sudah pindah ketempat lain tidak akan menjadi pelanggan bisnisnya lagi.

Kemampuan Nanda dalam mengelola bisnis clenaing service ini memang dapat diancungi jempol. Seorang mahasiswa yang mampu bangkit dari keterpurukan, dan mampu menjadi penyedia lapangan pekerjaan.

Semoga langkah hidup Nanda Juanda pendiri dan pemilik Jogja Kost Cleaning Service dapat menjadi inspirasi bagi kita terlebih untuk segenap para mahasiswa.

Referensi lainPeluang Usaha Laundry Kiloan : Lengkap Mulai dari Modal, Strategi, Tips Sukses, dan Kendala yang Dihadapi

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares