Ulasan Bisnis

Bisnis Co-working Space : 5 Tips Sukses Dalam Menjalankan Usaha dan Keunggulan Bisnis

Bisnis co-working space atau ruang kerja bersama sedang marak dan tumbuh dikalangan para pekerja Indonesia. Hal ini dapat terjadi karena besarnya permintaan masyarakat yang membutuhkan ruang bekerja yang nyaman dan juga kesempatan untuk dapat mengembangkan jaringan.

Bisnis co-working space saat ini sedang marak digunakan para pekerja lepas atau freelancer dan para pebisnis rintisan atau start up. Para pekerja ini membutuhkan suasana kerja yang nyaman agar mampu mendukung aktivitas mereka. Belum lagi jika mereka harus menyewa satu buah gedung untuk dijadikan kantor, tentu hal ini sangat menguras biaya.

Oleh karena ituah, bisnis co-working space menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang tengah dihadapi para pekerja tersebut.

Dengan adanya co-working space, para pekerja tersebut dapat bekerja dengan nyaman dan memiliki kesempatan untuk melakukan kolaborasi atau kerja sama dengan para pekerja yang lain. Hal inilah yang menjadi manfaat besar dan bisa didapatkan para pengguna ruang kerja bersama.

Bukan Cuma itu saja yang menjadi permasalahan, kondisi perkotaan yang kian padat dan sangat sulit menemukan lahan baru untuk dibuat kantor menjadi alasan bisnis co-working space kian dilirik. Lewat co-working space, para pekerja tidak perlu lagi disibukan dengan kemacetan jalan raya yang membuat stres pikiran.

Bagaimana dengan kalian?

Apakah memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis co-working space ?

Jika iya, 5 tips sukses dalam mengembangkan bisnis co-working space berikut ini dapat kalian simak.

Apa Itu Bisnis Co-working Space

Sebelum mulai pembahasan tentang tips sukses menjalankan usaha co-working space ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan co-working space.

Secara sederhana co-working space adalah suatu tempat kerja yang bukan hanya diperuntukan untuk satu buah perusahaan saja. Artinya didalam co-working space ada banyak pihak yang bisa menggunakan ruang kerja secara bersama-sama.

Kemudian co-working space biasanya digunakan oleh para pekerja lepas yang dapat bekerja secara remote dan juga para pebisnis start-up yang belum memiliki dana yang cukup untuk membangun ruangan kerja.

Didalam co-working space bukan hanya manghadirkan internet yang kencang untuk mendukung aktivitas kerja. Mereka juga menyediakan banyak fasilitas layaknya kantor-kantor yang lain seperti telepon, fax, scanner, fotokopi.

Selain tempat untuk bekerja, co-working space ternyata memiliki fungsi lain yang bisa dimanfaatkan para penggunanya. Dimana mereka menggunakan keberadaan co-working space sebagai tempat untuk seminar, meeting kerja, work shop, dan bertemu dengan para klien. Suatu fungsi yang amat beragam inilah yang menjadikan bisnis co-working space menjadi salah satu usaha yang memiliki prospek di masa depan.

1. Rencanakan Lokasi Dengan Matang Sebelum Memulai

Tips yang pertama sebelum kalian membuka bisnis co-working space adalah dengan merencanakan lokasi usaha dengan baik. Penentuan lokasi usaha yang tepat tentu akan mendukung aktivitas bisnis kalian berkembang di masa depan.

Lokasi co-working space yang memiliki prospek cerah di masa depan adalah yang berdekatan dengan banyak bisnis di sekitarnya. Dekatnya lokasi usaha dengan banyak bisnis akan memudahkan para pekerja yang ada didalam di co-working space untuk melakukan pertemuan atau meeting disana.

Tempatkan pula lokasi usaha anda dekat dengan jantung kota agar lebih mudah diakses oleh banyak orang yang akan menggunakan co-working space.

Setelah mengetahui lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnis selanjutnya jenis bangunan apa yang akan kalian gunakan dalam usaha ini. Pilihan yang bisa digunakan meliputi ruko, kantor, atau rumah yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika kalian memilih rumah untuk dijadikan co-working space, maka salah satu kelemahannya adalah kemungkinan terganggunya masyarakat yang tinggal disekitar lokasi usaha. Hal ini dikarenakan co-working space bukan hanya dijadikan tempat bekerja, namun juga tempat mengadakan pertemuan yang bisa saja menimbulkan suara berisik yang mengganggu warga sekitar.

Mengatasi masalah ini, kalian bisa terlebih dahulu meminta izin dengan warga dilingkungan usaha sebelum memutuskan untuk membuka disana. Hal ini dimaksudkan agar warga memaklumi dan tidak timbul permasalahan dikemudian hari.

Adalah lebih bijak jika kalian mendirikan bisnis co-working space yang jauh dari pemukiman warga. Mendirikan bangunan di dekat lokasi bisnis lain merupakan langkah bijak untuk menghindari permasalahan di kemudian hari.

2. Ketahui Target Pasar yang Dibidik

Target Pasar Via theodysseyonline.com

Tips kedua, setelah kalian menemukan lokasi yang cocok untuk dijadikan tempat memulai bisnis, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui target pasar yang akan kalian sasar.

Sebagian besar pasar yang akan menggunakan co-working space adalah para pekerja lepas dan pebisnis start-up, mereka inilah yang nantinya akan menjadi pasar anda. Setelah kalian mengetahui target pasar, maka memahami cara promosi yang baik dan memenuhi kebutuhan para pengguna dapat lebih mudah kalian lakukan.

Bandingkan saja jika kalian tidak memahami seperti apa pasar yang akan kalian bidik, tentu akan sangat sulit untuk melakukan promosi karena kita tidak tahu siapa yang harus mengenal usaha yang kita dirikan.

Oleh karena itulah pemahaman terhadap target pasar sangat mutlak kalian perlukan sebelum menjalankan bisnis co-working space.

3. Apa Saja Kebutuhan Para Member

Tips selanjutnya yang harus kalian perhatikan adalah dengan memahami apa saja yang menjadi kebutuhan para member. Cara mengidentifikasi kebutuhan para member sebenarnya cukup mudah untuk diterapkan. Pertama kalian harus memahami rentang usia yang menjadi pengguna co-working space dan kedua memahami apa pekerjaan mereka.

Para pengguna co-working space merupakan angkatan kerja baru yang masuk ke dalam generasi millenial atau Gen Y. Usia mereka yang relatif masih muda membuat mereka membutuhkan tempat yang bukan hanya menjadi ruang bekerja tetapi lebih dari itu. Buatlah ruangan co-working space dengan dekorasi yang menarik dan nyaman bagi mereka. Kalian juga bisa menyediakan mini bar sebagai tempat mereka untuk mengobrol sambil minum kopi atau makan snack yang ada.

Selanjutnya pemahaman terhadap jenis pekerjaan akan membuat kita dapat mengetahui apa saja yang diperlukan oleh mereka. Dimana para pekerja lepas atau freelance biasanya membutuhkan tempat untuk melakukan pertemuan dengan klien yang menggunakan jasa mereka, maka sediakan sofa yang nyaman agar mereka dapat menjamu klien tersebut disaat tertentu.

Selanjutnya para pebisnis start up atau rintisan sering kali mengadakan rapat kecil diantara para anggota mereka. Maka anda bisa menyediakan ruangan kecil yang mampu menampung 5-8 orang untuk melakukan meeting.

Bukan Cuma itu saja yang perlu diperhatikan, ternyata masing-masing kota di Indonesia memiliki segmen yang berbeda satu dengan yang lainnya. Ambil contohnya Bali, banyak bisnis co-working space disana yang menyasar segmen penduduk asing yang bekerja secara remote. Sehingga mereka harus mampu menyediakan ruangan kerja yang dapat mendukung aktivitas para member yang kebanyakan warga asing.

Jadi, pahamilah dengan baik apa yang menjadi kebutuhan para member kalian agar mampu memberkan pelayanan yang maksimal.

4. Fasilitas dan Penataan Ruangan Co-Working Space

Penataan Ruang Via truelancer.com

Fasilitas didalam suatu co-working space bukan hanya internet yang kencang tapi kalian harus menyediakan perabotan yang mendukung aktivitas kerja seperti kursi dan meja yang nyaman untuk dipakai bekerja dengan waktu yang lama. Lengkapi pula fasilitas co-working space dengan loker yang akan digunakan para member untuk menyimpan barang-barangnya saat bekerja ditempat anda.

Buatlah sebuah ruangan yang mampu mendatangkan suasana privat karena sebagian member membutuhkan ruangan yang lebih privasi saat mereka bekerja. Ruangan yang tenang dan nyaman dan tidak memiliki gangguan perlu kalian sediakan untuk para member yang butuh privasi.

Jangan Lupakan Layanan dan Fasilitas

Bisnis co-working space haruslah memiliki layanan dan fasilitas yang mempu mendukung kegiatan para anggotanya. Kegiatan para anggota tidak hanya bekerja tapi mereka juga membutuhkan tempat untuk melakukan rapat, seminar, pertemuan dengan klien, dan aktivitas lainnya.

Oleh sebab itu suatu co-working space sangat membutuhkan ruangan khusus untuk menampung acara-acara tersebut. Bisa berupa ruangan auditorium, ruang rapat kecil, ataupun ruangan dengan ukuran 40-70 orang.

Bukan Cuma itu saja, sebuah co-working seharusnya menjadi tempat banyak pekerja berkolaborasi dan bekerja sama. Sebuah sofa yang nyaman pasti sangat diperlukan untuk saling bertukar ide dan pikiran diantara para anggota. Siapkan juga sebuah Mesin pembuat kopi yang bisa dinikmati para anggota yang datang. Hal ini diperlukan untuk mengatasi rasa lelah ketika harus menatap layar komputer dalam waktu yang relatif lama.

Ruangan pun harus dibuat senyaman mungkin bagi para anggota agar mereka dapat betah berlama-lama bekerja di co-working yang kalian dirikan. AC yang nyaman tentu menjadi pilihan yang sangat tepat untuk diletakkan di setiap ruangan yang ada.

Tata ruangan kerja tersebut dengan semenarik mungkin karena hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri atas co-working space kalian. Belum lagi mengingat bahwa kebanyakan orang yang bekerja di suatu co-working space adalah generasi milenial yang memiliki rentang usia yang masih sangat muda. Sehingga mereka membutuhkan tempat yang cukup asik dan keren untuk bekerja agar tidak bosan .

Pelayanan Tambahan yang Menjadikan Kalian Unik

Selain fasilitas yang mumpuni dan nyaman untuk dijadikan tempat bekerja, kalian juga perlu memiliki layanan tambahan untuk para anggota agar mampu menjadi yang terbaik dimata para member yang menggunakan.

Kalian selaku owner co-working space bisa menyediakan layanan penunjang bisnis seperti layanan legalitas dan keuangan. Mulailah bekerja sama dengan beberapa pihak yang memiliki wewenang untuk melakukan pengurusan izin usaha, pendaftaran PT, dan pendampingan hukum. Sehingga disaat para anggota membutuhkan jasa ini, mereka dapat meminta bantuan kepada kalian yang memiliki jaringan dengan berbagai pihak.

Tambahkan pula dengan ikut bekerja sama dengan pihak yang menawarkan jasa keuangan seperti perhitungan pajak, pembukuan, ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan akuntansi. Hal ini dikarenakan para anggota kalian pasti akan membutuhkan jasa ini untuk menunjang keberlangsungan usaha.

Berikan juga kesempatan kepada para anggota untuk melakukan sharing session dengan para pelaku bisnis start up yang telah berpengalaman. Sehingga mereka dapat memiliki tambahan ilmu dalam pengembangan usaha yang sedang dirintis.

Semakin baik kalian memberikan pelayanan kepada para anggota akan semakin besar pula minat anggota yang lain untuk terus setia datang menggunakan jasa co-working space yang kalian tawarkan.

5. Harga yang Kompetitif dan Menguntungkan

Bisnis co-working space termasuk kedalam bisnis jasa dimana kalian selaku pemilik co-working space harus mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada para anggota yang akan menggunakan ruangan.

Salah satu bentuk layanan tersebut adalah menawarkan harga sewa co-working space yang kompetitif dan menguntungkan bagi para anggota. Kompetitif maksudnya adalah harga sewa yang kalian tawarkan tidak jauh berbeda dengan pemiliki co-working space yang lain atau kalian bisa menawarkan harga yang lebih murah kepada mereka. Sedangkan menguntungkan maksudnya dengan harga yang ditawarkan para anggota tetap merasa untung saat menggunakan jasa co-working space yang kalian tawarkan.

Mari kita pahami rata-rata harga sewa co-working space yang ditetapkan banyak pelaku usaha yang lain. Dimana rata-rata harga sewa harian untuk suatu co-working space mencapai Rp 50.000 per jamnya sampai Rp 200.000 per harinya. Sedangkan untuk tarif bulanan suatu co-working space mencapai rata-rata Rp 1 juta per bulannya bahkan bisa lebih dari itu untuk layanan yang lebih banyak.

Dengan patokan harga tersebut kalian harus mampu masuk ke pasar persaingan dengan menawarkan harga yang kompetitif dan menguntungkan tadi. Ingatlah para pelaku start up dan freelancer masih berada pada tahap rintisan dan belum menghasilkan banyak pendapatan. Harga yang lebih murah biasanya menjadi pilihan mereka, jadi bijaklah dalam menentukan harga sewa kepada para pelanggan kalian.

Kelebihan Bisnis Co-Working Space yang Bisa Kalian Dapatkan

Co-working Space Via designboom.com

Agar kalian lebih yakin untuk memulai bisnis co-working space, sekarang kita akan membahas tentang kelebihan apa saja yang bisa didapatkan saat menjalankan usaha ini.

Pertama bisnis co-working space memiliki potensi permintaan yang semakin tinggi di masa depan. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya permintaan ruangan kerja bersama dari banyak pekerja lepas, pelaku bisnis start-up, dan keinginan para pekerja untuk memiliki sebuah komunitas yang akan mendukung usaha mereka.

Kedua, para generasi milenial yang mulai memasuki dunia kerja sangat membutuhkan ruangan kerja yang berbeda dan tidak hanya bertemu dengan orang yang sama dan menghadapi kemacetan yang sama. Oleh karena itu sebuah co-working space bisa menjawab kebutuhan mereka saat bekerja.

Ketiga, bisnis co-working space merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dikarenakan properti yang kalian miliki bisa digunakan kembali apabila suatu saat bisnis yang dijalankan tidak memenuhi ekspektasi. Sehingga bangunan yang ada bisa disewakan kembali dan mendatangkan keuntungan kepada kalian.

Mulailah Bisnis dan Take Action Segera !

Itulah beberapa tips sukses yang bisa kalian terapkan untuk menjalankan bisnis co-working space. Dengan adanya panduan diatas diharapkan para pebisnis yang melihat peluang co-working space dapat lebih percaya untuk segera melakukan aksi dan mulai mendirikan bisnis.

Semakin besarnya permintaan ruang kerja bersama merupakan salah satu penyebab yang menjadikan bisnis ini memiliki prospek yang sangat cerah dimasa depan. Belum lagi banyaknya kelebihan yang ditawarkan seperti keuntungan yang sangat menggiurkan yang bisa kita dapatkan saat menjalani usaha ini.

Oleh karena itu segeralah melakukan action dan mulailah bisnis co-working space kalian sekarang juga. Jangan menunggu dan menunda-nunda karena kesuksesan hanya dapat diraih disaat kita segera melakukan aksi nyata dan tidak hanya bermimpi.

Selamat Berwirausaha dan Salam Sukses !


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close