Ulasan Bisnis

Ternyata Bisa Memulai Bisnis Fotocopy dengan Modal Dibawah 15 Juta

Bisnis Fotocopy dengan Modal Kecil

Memulai bisnis fotocopy tidak pernah menjadi perkara yang sepele, apalagi jika modal terbatas. Beberapa orang bahkan benar-benar pesimis dan menganggap bahwa tidak mungkin usaha yang dimulai dengan modal kecil bisa memberikan prospek yang menguntungkan. Termasuk untuk bisnis fotocopy yang bagi sebagian besar orang masih dianggap menuntut budget besar. 

Sayang sekali untuk orang-orang yang masih termakan dengan anggapan tersebut. Mereka tak jarang mengurungkan niat untuk memulai usaha dan memilih tetap pada zona nyaman untuk menjadi karyawan.

Padahal jika semakin banyak pengusaha yang bermunculan, bisa membawa dampak baik untuk sektor perekonomian negara. 

Anda yang berada pada posisi ini mungkin merasa bingung harus lanjut membangun bisnis fotocopy atau menyerah. Kecuali jika Anda mau untuk menyempatkan waktu membaca artikel ini hingga tuntas.

Karena melalui ulasan ini kami ingin menunjukkan, bahwa ada harapan nyata untuk Anda yang berada dalam keterbatasan. 

Modal yang Diperlukan

Bisnis Fotocopy

Ada yang mengatakan bahwa untuk memulai sebuah usaha fotocopy dibutuhkan minimal uang sebesar 45 juta rupiah.

Itu jelas sama sekali bukan angka yang kecil, apalagi untuk orang yang masih merintis. Dengan alasan detail kebutuhan seperti berikut :

Mesin Fotocopy  16.000.000
Mesin Laminating 1.500.000
Alat Pemotong Kertas  800.000
Etalase  1.000.000
Komputer  5.000.000
Peralatan ATK  3.000.000
Meja dan Kursi  800.000
Sewa tempat  15.000.000
Listrik  300.000
Bahan baku  1.500.000
Gaji Pegawai  900.000
Rp. 45.800.000

Tidak ada yang salah dengan daftar kebutuhan tersebut karena memang hal itu diperlukan untuk menjalankan bisnis fotocopy. Hanya terdapat beberapa hal yang masih bisa dibuat lebih efisien dengan asumsi masih merintis usaha. Misal seperti berikut :

  • Harga mesin fotocopy di atas mengasumsikan jenis mesin yang ukuran besar. Padahal tidak harus selalu membeli yang ukuran besar, misal dengan alternatif mesin fotocopy mini. Karena ketika masih merintis usaha fotocopy biasanya secara pelanggan pun masih sedikit. sehingga dengan jenis yang kecil pun kapasitasnya masih memungkinkan.
  • Etalase masih bisa diganti dengan harga meja yang lebih murah 
  • Komputer pun masih memungkinkan untuk didapatkan dengan budget 3,5 juta spesifikasi standar 
  • Peralatan ATK juga masih bisa dipenuhi dengan biaya yang lebih rendah, dengan membeli dalam jumlah lebih sedikit 
  • Untuk biaya sewa tempat supaya lebih efisien di masa awal bisa dengan menggunakan rumah sendiri. jika lokasinya kurang strategis bisa dibantu dengan reklame sederhana sebagai penunjuk arah di jalan utama 
  • Terakhir untuk tenaga pun bisa dengan tenaga sendiri, sehingga tidak harus merekrut tenaga baru untuk menjalankan bisnis fotocopy Anda. 

Membeli Mesin Fotocopy

Bisnis fotocopy

Kedengarannya memang sederhana, tapi ini menjadi poin yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan bisnis fotocopy.

Banyak sekali produk mesin fotocopy yang beredar di pasaran, mulai dari yang kurang terkenal mereknya sampai yang sudah populer seperti Canon. Seperti halnya produk lain, Anda pun akan ditawari harga yang bervariasi berikut dengan spesifikasinya. 

Tak sedikit kasus pengusaha fotocopy yang merasa kecewa karena mesin yang dibelinya mudah rusak. Cerita juga semakin menyedihkan ketika merek mesin cukup sulit dicari sparepartnya.

Karena akhirnya otomatis bisnis fotocopy tersebut harus libur beberapa waktu sembari menunggu sparepart ditemukan hingga selesai diperbaiki. 

Tapi hal itu tidak akan pernah Anda alami jikalau sejak awal sudah berinvestasi dengan membeli mesin yang bermerek seperti Canon.

Selain secara kualitas lebih bagus, Anda pun bisa dengan mudah menemukan service center di berbagai kota. Sehingga ketika perlu untuk mengganti sparepart baru, tidak perlu susah payah mencari dulu. 

Distributor Resmi Mesin Fotocopy

Distributor Resmi Mesin Fotocopy

Ketika dulu di daerah Makassar, terbilang cukup sulit untuk menemukan tempat jual mesin fotocopy Makassar yang bagus. Kebanyakan menjual mesin fotocopy yang kurang terkenal mereknya.

Kalaupun yang bermerek, dibanderol dengan harga yang cenderung tinggi. Padahal niat sedari awal ingin mencari yang harganya terjangkau supaya modalnya cukup. 

Masalah itu lalu terjawab oleh PT. Samafitro, salah satu distributor resmi mesin fotocopy Canon yang sudah melayani penjualan hingga ke berbagai wilayah di Indonesia.

Termasuk pula salah satunya di Makassar, dengan jasa pengiriman yang juga terjamin. Apalagi dengan layanan garansi 1 tahun yang bisa membuat lebih merasa tenang dalam menjalankan bisnis fotocopy di masa-masa awal.

Anda bisa membandingkan sendiri selisih harganya sangat terasa antara membeli di distributor resmi seperti PT. Samafitro dengan membeli di penjual mesin fotocopy yang biasa. Produk yang tersedia pun

lengkap mulai dari mesin fotocopy mini, hitam putih hingga berwarna. Sehingga Anda pun bisa memilih mesin yang paling tepat sesuai dengan budget dan kebutuhan bisnis fotocopy yang akan dijalankan. 


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close