Peluang usaha

Bisnis HP second : Dari Modal Kecil ke Omzet Jutaan dengan Cepat

Bisnis Jualan Hp Bekas dengan Modal Kecil

Bisnis HP second dengan modal kecil – Pada tahun-tahun belakangan ini, alat komunikasi menjadi alat yang sangat penting bagi kehidupan seluruh umat manusia. Tidak mengherankan karena memang komunikasi adalah cara manusia untuk menempuh jalan hidupnya sebagai makhluk sosial. Itu menyebabkan kebutuhan akan alat komunikasi menjadi sangat tinggi.

Benar! Apa lagi kalau bukan handphone yang dari tahun ke tahun terus berevolusi dari segi bentuk dan juga kecanggihan. Dengan adanya handphone ini bisa menjadikan yang jauh menjadi dekat.

Terlebih evolusi terakhir handphone adalah smartphone yang memiliki akses internet yang dapat menghubungkan tidak hanya lokal dan nasional tapi juga internasional.

Namun, masalahnya hingga hari ini adalah harga smartphone yang masih dibilang cukup tinggi untuk beberapa kalangan. Sehingga dibutuhkan solusi berupa penjualan smartphone dengan harga yang terjangkau.

Dan beruntungnya masalah itu bisa sedikit teratasi dengan adanya bisnis jual beli hp bekas yang sekarang sudah banyak digeluti oleh masyarakat. Pasalnya, tidak hanya mudah untuk mendapatkan pembeli, tapi juga kita bisa memulai dengan modal yang terbilang kecil.

“Saya hanya memulai dengan modal yang sangat kecil, hanya Rp.100.000. Waktu itu hp yang pertama saya jual adalah nokia kecil yang memiliki senter. Intinya adalah keyakinan untuk memulai usaha. Apapun itu!”

Begitu yang dikatakan Hamdan, seorang pebisnis muda berusia 20 tahun yang sukses menggeluti bisnis HP second dalam waktu singkat dan sekarang sudah mendapatkan omzet sekitar sepuluh jutaan per bulan.

“Tidak ada yang mustahil. Lihat saya! Memulai hanya dengan seratus ribu, sekarang omzet sudah sekitar sepuluh jutaan perbulan.” Tuturnya saat diwawancarai di kediamannya di Pancor, Lombok Timur.

Loading...

Sepertinya begitu menggiurkan, bukan? Selain bermodalkan kecil, waktu kerja juga bisa disesuaikan dengan pekerjaan lain seperti sekolah atau kuliah. Cocok banget untuk para milenial yang ingin belajar mandiri, nih!

Baca jugaSelain Lebih Hemat, Inilah 7 Keuntungan Membeli HP Bekas

Berikut sedikit kami rangkum apa saja tips dan trik untuk memulai bisnis HP second.

1. Mulailah dari Kecil ke Besar

Seperti yang kita ketahui, bahwa memulai bisnis adalah sesuatu yang rentan sekali terhadap kerugian. Sehingga untuk meminimalisir rasa trauma dalam memulai bisnis, mulailah bisnis dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

Angka yang bagus untuk memulai bisnis jual beli hp bekas ini adalah kisaran Rp. 500.000 sampai Rp. 1.000.000. Karena di angka itu kita sudah bisa menemukan barang yang lumayan bagus walaupun tentu saja spesifikasinya tidak tinggi.

Tapi setidaknya dengan memulai dari angka tersebut, kita akan lebih mudah untuk menemukan pembeli dan mudah untuk mengembangkannya jika usaha kita berhasil.

2. Hindari Ambil Keuntungan Terlalu Besar

Di awal-awal memulai bisnis HP second, tentu saja yang kita harapkan adalah kelancaran. Karena pada waktu awal-awal yang kita bangun bukanlah kerajaan, tapi kepercayaan dari orang-orang bahwa kita adalah pedagang yang menguntungkan pembelinya.

Oleh sebab itu, perlu diperhatikan bahwa keuntungan tidak menjadi sesuatu yang paling penting saat baru memulai binis, tapi kelancaran dalam bisnis kita.

Dalam bisnis jual beli hp bekas ini, biasanya keuntungan yang diambil tergantung dari kondisi hp yang dijual. Karena tentu saja kita sudah mendapatkan barang tersebut dengan harga yang lebih rendah dari barunya, Apabila kondisi hpnya masih bagus, pengambilan keuntungan bisa didapatkan lewat sana.

Seperti yang dituturkan Hamdan saat diwawancarai, “kalau masalah keuntungan, kita lihat dari kondisi barang. Kalau masih bagus biasanya saya ambil keuntungan sekitar seratus sampai dua ratus ribu, kalau sudah agak ada keluhan ya paling seratus ribuan ke bawah. Yang penting lancar.”

3. Manfaatkan Media Sosial yang Paling Ramai

Tidak diragukan lagi kekuatan dari media sosial tentunya mampu membuat orang dapat berkomunikasi dengan sangat mudah. Itu sebabnya, gunakanlah media sosial untuk mencari calon-calon pembeli.

Sangat disarankan untuk menggunakan media sosial yang paling ramai dikunjungi seperti facebook. Karena di facebook juga sekarang sudah banyak bertebaran grup-grup yang dapat memudahkan kita untuk menemukan pembeli, semacam grup “jual beli online.”

4. Jual Dengan Caption Semenarik Mungkin

Tidak hanya harga yang diperhatikan, tapi kata-kata dalam menjual sesuatu juga harus sesuai dan enak dibaca. Ini memudahkan kita untuk menarik calon pembeli.

Tidak jarang juga banyak calon pembeli yang gagal membeli sesuatu karena penjualnya mungkin agak kurang ramah atau deskripsi barangnya tidak sesuai dan menjadi kurang menarik. Oleh sebab itu pikirkan baik-baik dulu caption yang tepat dan menarik agar calon pembeli tertarik

5. Bersikap Ramah Dalam Tawar Menawar

Banyak diantara pebisnis pemula menganggap bahwa ketika barangnya ditawar itu artinya keuntungan berkurang. Sehingga banyak yang menyikapi calon pembeli yang menawar dengan sinis atau bahkanjutek.

Padahal sejatinya tidaklah seperti. Tawar menawar dalam hal jual beli adalah hal yang biasa, tidak terelakkan apalagi jual beli yang melibatkan dua orang secara langsung seperti ini. Keramahan adalah kuncinya.

Jika penjual bertindak ramah, maka calon pembeli akan segan dan menawar dengan harga yang tidak terlalu rendah, tapi sekalipun tawarannya tidak bisa kita ambil, calon pembeli akan tetap mengerti karena setidaknya calon pembeli sudah kita perlakukan dengan baik.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk memulai bisnis HP second yang dapat pembaca coba sekarang juga. Jangan takut gagal, karena keberhasilan bisa jadi ada di tengah-tengah kegagalan. Jadi, tunggu apa lagi? Mulai bisnis sekarang juga!



Loading...

Baca selengkapnya

Suka membaca dan menyelam.

Artikel terkait

Back to top button