Peluang usaha

Bisnis Ikan Cupang Hias : Ini Cara Membudidayakan, Keuntungan Bisnis, dan Kendala yang akan Dihadapi

Bisnis ikan cupang hias seolah-olah tidak pernah mengenal kata selesai. Hal ini terbukti dengan banyaknya kontes-kontes ikan cupang hias di berbagai kota di Indonesia. Banyaknya peminat ikan cupang hias menjadikan lahan bisnis ini masih terbuka lebar bagi merek yang mau memasukinya.

Kemudahan dalam perawatan menjadikan alasan banyak pelaku bisnis tidak segan untuk mulai menekuni bisnis ikan cupang hias. Ditambah lagi modal awal yang tidak terlalu besar membuat bisnis ini dapat ditekuni oleh siapa saja yang memiliki keterbatasan dalam hal modal.

Jika anda salah satunya yang berminat memulai bisnis ikan cupang hias, maka panduan berikut bisa anda pelajari sebagai langkah awal sebelum memulai usaha.

Berikut ini akan saya jabarkan cara membudidayakan ikan cupang hias beserta keunggulan bisnis dan kendala yang mungkin akan dihadapi dalam usaha.

bisnis ikan cupang hias

Pahami Cara Membudidayakan Ikan Cupang

Jika anda berniat berbisnis ikan cupang hias, maka mau tidak mau anda harus paham cara membudidayakan ikan cupang hias. Pemahaman ini sangat diperlukan agar bisnis ikan cupang hias yang dijalankan dapat terus berjalan memenuhi permintaan pelanggan anda.

Pertama, anda harus mulai dengan mendapatkan induk ikan cupang yang akan dikawinkan dan menghasilkan anakan untuk usaha anda. Pilihlah indukan cupang yang memiliki kualitas yang terbaik agar menghasilkan anakan yang juga berkualitas.

Indukan yang berkualitas memiliki ciri-ciri berasal dari keturunan unggul, gesit, serta sehat dan tidak tedapat cacat pada tubuhnya.

Kedua, setelah anda mendapatkan indukan yang berkualitas. Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa indukan yang anda beli telah matang dan siap untuk dikawinkan.

Perhatikan indukan yang anda beli, jika cupang jantang telah berusia lebih dari 4 bulan dan memiliki gerakan yang gesit dan lincah, maka itu tandanya telah siap untuk dikawinkan.

Indukan betina yang siap kawin memiliki usia diatas 3 bulan dan memiliki ciri-ciri perut yang lebih besar serta gerakan yang lamban.

Teknik Pemijahan Ikan Cupang Hias

Pemijahan merupakan cara yang dilakukan agar induk jantan dan betina dapat melakukan perkawinan. Caranya adalah dengan mencampurkan kedua indukan ke dalam satu wadah ukuran 20 x 20 x 20.

Cara pemijahan kedua jenis ikan cupang adalah sebagai berikut,

Pertama, masukkan air kedalam akuarium pemijahan dengan ketinggian yang pas agar kedua indukan tidak bisa melompat keluar tempat pemijahan. Tambahkan pula tanaman air kedalam tempat pemijahan sebagai tempat anakan ikan cupang berlindung.

Langkah kedua adalah dengan memasukkan indukan jantan terlebih dahulu kedalam wadah pemijahan sebelum memasukan indukan betina.

Biarkan selama satu hari sampai indukan jantan membuat gelembung-gelembung busa dipermukaan akuarium. Gelembung busa ini merupakan pertanda bahwa indukan jantan telah siap untuk dikawinkan dengan betina.

Langkah ketiga adalah dengan memasukkan indukan betina kedalam tempat pemijahan yang sama dengan indukan jantan. Mencampur kedua jenis ikan cupang ini bertujuan agar mereka melakukan perkawinan dan menghasilkan anakan untuk anda.

Apabila ikan cupang sudah dicampur, tutuplah akuarium agar ikan cupang tidak terganggu dengan suara-suara dan paparan sinar matahari. Hal ini dilakukan karena ikan cupang sangat sensitif dengan kedua hal tersebut saat melakukan perkawinan.

Proses perkawinan ikan cupang biasanya berlangsung pada pagi hari atau pada sore harinya.

Setelah terjadi perkawinan, ikan cupang betina biasanya akan mengeluarkan ratusan telur.

Keempat, anda harus mengangkat indukan betina setelah terjadinya pembuahan agar telur ikan yang dihasilkan tidak dimakan oleh indukan betina. Biarkan indukan jantan yang menjaga benih ikan anakan sampai menetas.

Teknik Perawatan Anakan Cupang Hias

Anakan Ikan Cupang Via dzargon.com

Setelah anakan ikan cupang menetas, jangan terburu-buru untuk memberi mereka makan. Tunggulah sekitar tiga hari untuk memberi makan anakan cupang yang baru menetas. Jika anda terburu-buru dan langsung memberi makan ikan cupang yang baru menetas akan menyebabkan resiko kematian dari anakan cupang.

Setelah menunggu selama 3 hari barulah anda bisa memberi makan anakan cupang dengan kutu air. Ingatlah pemberian makan haruslah secukupnya saja dan jangan berlebihan karena pakan yang berlebihan akan menyebabkan air akuarium menjadi kotor.

Biarkan saja indukan jantan tetap berada didalam akuarium bersama anakan cupang selama 2 minggu. Jika sudah umur anakan cupang telah mencapai 2 minggu, indukan jantan baru bisa dipisahkan dari anakan cupang.

Setelah anakan cupang berusia lebih dari 1,5 bulan, jenis kelamin anakan cupang sudah lebih mudah untuk dibedakan. Saat inilah waktu yang tepat untuk memisahkan anakan cupang ke masing-masing toples. Anakan cupang jantan harus anda pisahkan satu-satu ke dalam toples kecil, hal ini untuk mencegah terjadinya pertarungan antara anakan jantan yang akan merusak tubuh mereka.

Tips dalam Melakukan Perkawinan Indukan Cupang

Saat anda mengawinkan indukan jantan pastikan jarak diantara satu perkawinan dengan perkawinan yang lain sekitar 2 minggu.

Selanjutnya, untuk cupang betina yang dikawinkan lebih dari satu kali, maka peluang indukan betina untuk menghasilkan anakan jantan akan semakin kecil. Maka dari itu lebih baik indukan betina disiapkan lebih banyak pada saat akan memulai bisnis ikan cupang hias.

Teknik Pemeliharan Ikan Cupang

Ikan Cupang Via bettaplus.com

Sebelum terjun secara langsung menggeluti bisnis ikan cupang hias sebaiknya anda memahami teknik pemeliharaan ikan cupang dengan benar. Memahami teknik pemeliharaan ikan cupang akan membuat usaha yang anda jalankan tidak merugi akibat kesalahan pemeliharaan ikan cupang.

Pertama anda harus memperhatikan air yang ditempati ikan cupang yang anda pelihara dan kembang biakan. Anda diharuskan untuk mengganti air akuarium secara teratur agar kebersihannya tetap terjaga.

Dalam penggunaan air sebaiknya gunakanlah air tanah/sumur dan air dari sungai. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan air yang berasal dari PDAM untuk membudidayakan ikan cupang hias.

Bersihkan juga akuarium tempat ikan cupang anda secara teratur. Jangan sekali-kali melupakan jadwal untuk membersihkan akuarium jika anda serius menekuni budidaya ikan cupang hias.

Teknik kedua dalam pemeliharaan ikan cupang hias adalah cara anda memberi makan ikan cupang hias. Pakan ikan cupang tidak perlu dibeli, anda hanya perlu menyisihkan waktu untuk mencarinya sendiri diberbagai selokan, rawa-rawa, ataupun sungai.

Jentik nyamuk dan kutu air merupakan makanan favorit ikan cupang hias yang bisa anda dapatkan sendiri tanpa harus membelinya.

Jika ikan cupang anda telah berjumlah banyak dan membutuhkan banyak sekali pakan maka anda bisa memulai untuk melakukan budidaya sendiri. Mulailah mempelajari teknik budidaya kutu air dan cacing sutera yang bisa anda dapatkan dari banyak sumber artikel.

Frekuensi pemberian makan harus juga anda perhatikan dalam membudidayakan ikan cupang hias. Berikanlah ikan cupang anda makan sebanyak 3 kali dalam sehari dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Pakan yang berlebihan tidak akan dimakan oleh ikan cupang dan akan menghasilkan kotoran yang menumpuk di dalam akuarium.

Jangan Lupakan Kondisi Air dan Akuarium Pemeliharaan

Hal selanjutnya yang haus anda perhatikan berkenaan dengan kondisi air untuk ikan cupang hias yang anda budidayakan. Dikarenakan anda memelihara ikan cupang untuk tujuan bisnis, maka anda memerlukan filter air dan aerator didalam akuarium ikan cupang hias. Meskipun ikan cupang mampu bertahan dalam kondisi oksigen yang sedikit, namun untuk mendapatkan kualitas ikan cupang kontes anda membutuhkan pengorbanan yang lebih banyak.

Teknik perawatan yang terakhir adalah tempat anda meletakkan ikan cupang hias. Ikan cupang merupakan jenis ikan aduan yang akan berkelahi jika bertemu satu sama lain. Menghindari hal tersebut maka anda membutuhkan toples yang berukuran kecil untuk meletakkan masing-masing ikan yang anda budidayakan.

Jika ingin ikan cupang hias anda menjadi lebih agresif, jangan memberi makan ikan cupang dengan cacing sutera karena hanya akan membuat gerakan tubuh mereka menjadi tidak lincah. Selanjutnya tempatkan pula ikan cupang hias anda didalam tempat yang gelap  untuk memancing insting mereka menemukan makanan, hal ini juga akan memancing agresifitas didalam ikan yang anda budidayakan.

Gunakan pula toples dengan ukuran yang tinggi untuk meletakkan ikan cupang hias anda. Hal ini berguna untuk akan tubuh mereka untuk mendapatkan udara ditempat yang jauh.

Keuntungan yang Diperoleh dari Bisnis Ikan Cupang

Ikan Cupang Hias Via suherlin.com

Bisnis ikan cupang hias merupakan usaha yang memiliki banyak sekali keuntungan jika kita tekun menjalankannya.

Pertama, sebagai pengusaha yang akan memulai bisnis ikan cupang hias, kita tidak terlalu membutuhkan dana modal yang sangat besar untuk memulai usaha. Modal awal yang kita butuhkan hanyalah sepasang indukan jantan dan betina yang siap untuk dikawinkan.

Bahkan sebenarnya kita tidak perlu membeli indukan yang mahal, cukup temukan ikan cupang muda yang memilki kualitas unggul untuk kemudian dipelihara terlebih dahulu sebelum dijadikan indukan.

Cara seperti ini terbukti mampu menekan biaya untuk mendapatkan indukan cupang yang memiliki kualitas terbaik dan unggul.

Namun, jika anda terpaksa untuk membeli indukan yang siap kawin harganya pun tidak terlalu menguras kantong anda. Indukan cupang dengan kualitas kontes biasanya dibanderol dengan harga Rp 100.000 per ekornya, jadi total yang perlu anda keluarkan untuk 2 indukan jantan dan betina adalah Rp 200.000 saja.

Jumlah uang yang tidak terlalu besar untuk memulai bisnis yang akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi anda.

Keuntungan yang kedua adalah anda sebagai pelaku bisnis ikan cupang hias tidak harus memiliki ruangan yang besar untuk mulai membudidayakan ikan hias. Hal ini dikarenakan ikan cupang bisa diletakkan dalam wadah akuarium atau toples yang berukuran kecil.

Dalam hal perkawinan indukan jantan pun anda hanya membutukhan wadah dengan ukuran 20 x 20 x 20 cm.

Ketiga, anda bisa memperluas pasar ikan cupang hingga ke mancanegara. Hal ini dikarenakan banyak sekali para penghobi ikan cupang dibanyak negara yang rela merogoh kocek dalam dalam untuk mendapatkan ikan cupang yang berkualitas.

Keuntungan melakukan bisnis ikan cupang hias adalah biaya perawatan ikan yang relatif mudah dan tidak terlalu merepotkan. Ikan cupang yang anda miliki tidak membutuhkan pakan ikan yang harus dibeli khusus dan ikan cupang juga bisa hidup ditoples kecil yang seadanya.

Waspadai Kendala Dalam Berbisnis Ikan Cupang Hias

Setiap bisnis yang dijalankan pasti mengandung resiko yang harus dihadapi oleh kita sebagai pelakunya. Bisnis ikan cupang hias pun tak luput dari resiko dan kendala pada saat menjalankan usaha.

Pertama resiko kualitas anakan yang dihasilkan. Meskipun kita telah membeli indukan yang berkualitas kontes dengan tujuan mendapatkan anakan yang memiliki kualitas yang sama dengan induknya, resiko anakan yang berkualitas buruk tetap saja ada.

Namun, indukan yang berkualitas bagus akan memiliki persentase yang lebih besar untuk menghasilkan anakan yang berkualitas bagus dibandingkan dengan indukan yang biasa. Jadi jangan terlalu khawatir dengan adanya resiko ini.

Resiko yang kedua masih ada pada anakan cupang yang dihasilkan. Meskipun ikan cupang mampu menghasilkan hingga ratusan telur dalam sekali perkawinan, tidak serta merta kesemua telur tersebut dapat menetas dan menjadi anakan cupang.

Anakan cupang memiliki resiko kematian yang sangat tinggi, joleh karena itu anda harus paham betul teknik perawatan anakan agar jangan sampai semakin banyak yang mati.

Kedua resiko tersebut harus benar-benar anda perhatikan dalam bisnis ikan cupang hias agar jangan sampai usaha yang anda bangun tidak menghasilkan apa-apa karena pengelolaan resiko yang buruk.

Pemasaran Bisnis Ikan Cupang Hias

Bisnis ikan cupang hias juga memerlukan pemasaran agar semakin luas pasaran yang bisa anda dapatkan.

Pertama anda bisa menggunakan kemajuan teknologi informasi untuk memasarkan ikan cupang hias yaitu internet. Gunakanlah media sosial untuk memasarkan ikan cupang hias yang anda miliki. Manfaatkan jaringan pertemanan di Facebook, Instagram, dan lainnya agar semakin banyak yang tertarik dengan ikan hias yang anda tawarkan.

Pelajari pula teknik fotografi yang apik sehingga dapat menarik pengunjung media sosial anda untuk membeli ikan cupang anda. Jika anda bisa memadukan antara kemampuan mempelajari fotografi yang baik dengan media sosial dapat dipastikan banyak orang akan tertarik dengan usaha anda.

Kedua manfaatkanlah keberadaan penghobi ikan cupang yang ada disekitar anda. Masuklah ke dalam komunitas ikan cupang untuk menjadi anggota disana. Didalam komunitas pecinta ikan cupang, anda akan menemukan banyak sekali jaringan pertemanan yang akan membantu anda mengambangkan usaha yang dijalankan.

Dimana anda bisa mendapatkan informasi pasar dari teman-teman komunitas atau anda juga bisa menawarkan ikan cupang hias anda kepada sesama anggota disana. Jika ikan cupang hias anda memiliki kualitas yang baik, tidak akan sulit bagi anda menemukan ceruk pasar didalam komunitas penghobi.

Baca : Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis Menguntungkan

Manfaatkan Kontes Ikan Cupang

Kontes Ikan Cupang Via kutaikertanegara.com

Ketiga adalah dengan memanfaatkan kontes ikan cupang hias untuk memasarkan produk yang akan anda tawarkan.

Mengapa kontes ikan hias dapat menjadi tempat pemasaran yang efektif ?

Jawabannya adalah karena didalam sebuah kontes ada banyak sekali penonton yang merupakan para calon pembeli yang akan membeli ikan hias yang anda tawarkan.

Ditambah lagi jika anda mampu memenangkan kontes ikan cupang hias tersebut. Nama anda selakuk pemilik bisnis ikan cupang hias akan semakin dikenal orang. Hal ini tentu berpotensi untuk mendatangkan semakin banyak pelanggan kedalam bisnis yang anda geluti.

Bukan Cuma itu saja, lewat kontes pula lah harga ikan cupang hias yang berhasil memenangkan kontes mampu meningkat berkali-kali lipat dari harga normalnya. Jadi manfaatkanlah dengan sebaik mungkin keberadaan kontes ikan cupang hias yang ada disekitar anda.

Pemasaran terakhir yang bisa anda gunakan adalah dengan memanfaatkan keberadaan car free day untuk mengenalkan usaha yang anda bangun. Di dalam car free day ada banyak sekali orang dengan latar belakang yang beragam yang akan melihat ikan cupang hias yang anda pajang.

Bukan tidak mungkin ceruk pasar akan anda dapatkan lewat keberadaan car free day.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

One Comment

  1. jadi inget jaman dulu seneng melihara ikan cupang, warna itu yang bikin mata seger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close