Peluang usaha

Bisnis Kreatif Anak Muda di Era Milenial yang Patut Untuk Dicoba

Saat ini di era milenial, anak muda adalah sebagai penggerak perekonomian, salah satunya dengan ikut berperan dalam Bisnis kreatif anak muda.  Industri kreatif adalah Pengelolaan kreativitas untuk menghasilkan suatu karya atau produk yang memiliki nilai ekonomi.

Industri kreatif identik dengan anak muda. Karena Anak muda menjadi bagian dari optimisme perekonomian dengan ide-ide yang tidak biasa juga keberanian dan tidak mudah menyerah.

Gairah ini menjadi harapan, sudah tidak zaman anak muda selalu menjadi sasaran sebagai konsumen, sudah saatnya dituntut ambil bagian menjadi produsen dengan industri kreatif.

Berikut beberapa bisnis kreatif anak muda

bisnis kreatif anak muda 
Kerajinan tangan dari sampah Halloween crafts via http://tierraeste.com

1. Memanfaatkan Barang Bekas

Salah satu bisnis kreatif anak muda adalah memanfaatkan barang bekas, barang-barang yang sudah tidak berguna dapat dikelola dan dapat dijadikan industri kreatif.

Disini lah peran anak muda untuk membuat barang bekas tidak berakhir di tong sampah, melainkan dapat diubah menjadi barang yang memiliki nilai jual.

BacaSano, Pemulung Berdasi yang Sukses Berkat Daur Ulang Sampah

Apabila memiliki jiwa seni yang tinggi dapat memanfaatkan sampah menjadi karya seni contohnya membuat miniatur dari sampah. Atau membuat kerajinan tangan yang unik dan kekinian dari sampah.

Seperti lampu bohlam yang tidak terpakai di dalam dikasih hiasan boneka, nama pemesan hingga bisa dijual. Anak muda bisa terus menggali potensi dalam dirinya.

Loading...

2. Bisnis Kuliner Kekinian

bisnis kreatif anak muda 
Cafe lesehan sederhana untuk anak muda via http://rumahminimalisoi.com

Membuat bisnis  kuliner yang kekinian, dengan men-disign tempat dan makanan yang instagramable menjadi ladang usaha yang bisa di coba buat anak muda.

Inovasi terhadap makan sangat dibutuhkan jika ingin terjun dibidang kuliner. Seperti, makanan tradisional atau khas daerah dengan pilihan varian berbagai rasa. Atau membaut mie warna-warni. Intinya harus memiliki ciri yang khas hingga diburu oleh pengguna sosial media.

Banyak nya pengguna sosial yang biasanya men-share aktifitas mereka. Seperti, memfoto makanan atau tempat untuk dipamerkan di sosial medianya, ini memberikan kesempatan untuk mensukseskan bisnis kuliner karena hal tersebut bisa menjadi promosi secara gratis

3. Ramah Lingkungan

Membuat produk yang ramah lingkungan, selain memiliki nilai jual juga tidak merusak lingkungan. Seperti jika banyak tambahan eceng gondok di suatu daerah.

Eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk dijadikan tas atau bentuk-bentuk kerajinan kreatif lainya, dari pada eceng gondok tersebut jika terlalu banyak dapat menghambat aliran air.

4. Memiliki Nilai Budaya

bisnis kreatif anak muda 
Sandal Ukir Unik Dari Polokarto Sukoharjo via Youtube

Mengangkat nilai-nilai budaya dalam produk juga bisa disebut industri kreatif, produk yang  memiliki nilai budaya menjadi point plus.

Anak muda dapat memperkenalkan budaya lewat produknya. Contohnya membuat produk sandal dengan merek SAYANG (sandal wayang) atau membuat produk tas dengan bahan kain-kain khas Indonesia, selain tas bisa berbentuk gelang, kalung dll.

5. Produk (Bahan Utama Menyehatkan Dan Alami)

Bisnis kreatif anak muda yang terakhir adalah produk (bahan utama menyehatkan dan alami). Membuat produk-produk dengan bahan alami dan menyehatkan semakin dicari.

Anak muda bisa menjadikan nya sebagai industri kreatif misal membuat jajanan dengan bahan bahan sayur-sayuran atau buah-buahan. Bisa menggunakan kangkung sebagai bahan membuat stik

Itulah beberapa bisnis kreatif anak muda. anak muda harus jeli melihat peluang dan dapat memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin untuk sukses dalam dunia industri kreatif.

Dibutuhkan kerja keras, dan tidak lelah untuk terus-menerus berinovasi.

Perubahan gaya hidup yang secara terus-menerus membaut anak muda dituntunt kreatif dan menciptakan hal-hal baru untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Tidak lupa memperhatikan packaging, branding/labeling.

Semoga artikel Bisnis kreatif anak muda ini dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat bagi Anda.

Image featured : https://komunitas.bukalapak.com



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button