bisnis kuliner

Contoh Bisnis Kuliner yang Sedang Naik Daun yang Bisa Anda Coba

Hai sobat klikmania,mungkin berbagai jenis contoh Bisnis Kuliner dari A hingga Z kalian sudah paham bukan? Namun belum tentu bisa memanfaatkannya dengan baik, entah itu karena keterbatasan ilmu maupun sumber daya yang ada pada diri kita sehingga tidak bisa melakukan bisnis yang kita inginkan, termasuk bisnis kuliner ini.

Dalam dunia bisnis, ada banyak jenis yang bisa Anda pilih, dan salah satu dari sekian banyak pilihan tersebut, bisnis kuliner merupakan yang paling mudah di jalankan serta memiliki prospek yang lumayan cerah untuk kedepannya nanti. Karena saat ini asedang naik daun, bisa jadi suatu saat menjadi bisnis kuliner yang besar.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis kuliner, berikut ini saya akan share berbagai tips, kiat-kiat sukses, serta contoh bisnis kuliner yang memiliki prospek bagus serta memiliki potensi sukses lebih besar untuk saat ini. Penasaran? Oke, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kiat Sukses untuk Memulai Bisnis Kuliner

bisnis kuliner

#Mempersiapkan Modal Usaha

Beberapa layanan peminjaman uang untuk modal usaha yang bisa digunakan yaitu bank dan koperasi serta disalurkan melalui Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

Namun, memulai suatu bisnis akan ternilai sangat baik jika menggunakan modal milik pribadi. Tanpa menggunakan uang pinjaman, Anda tidak perlu memikirkan hal lain sehubungan dengan pengembalian uang.

#Melakukan Survey Pasar

Sebelum terjun dalam bisnis kuliner seperti yang kalian rencanakan,maka jauh hari sebelumnya ada baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai produk makanan yang saat ini sedang trend dan banyak diganderungi oleh masyarakat. Hal ini akan memudahkan Anda ketika melakukan pemasaran dan lebih cepat mendapatkan keberhasilan.

Jika sudah menemukan jenis kuliner tersebut, selanjutnya Anda harus menentukan target pasar. Untuk kuliner biasanya lebih cocok jika didirikan di lokasi-lokasi yang dekat dengan pusat keramaian.

Loading...

Misalnya di objek wisata, taman bermain, sekolah, pusat perbelanjaan, area perkantoran, kampus, dan sebagainya.

#Menciptakan Konsep yang Menarik

Dalam bidang bisnis apa pun, konsep yang menarik tentu dapat memberikan nilai tambah tersendiri pada bisnis tersebut. Hal ini juga berlaku pada usaha di bidang kuliner. Justru pada bisnis kuliner, konsep menarik harus lebih ditonjolkan untuk membuat konsumen menjadi lebih tertarik.

Oleh sebab itu, sebelum memulainya Anda harus memikirkan konsep yang paling tepat dan sesuai dengan produk yang dijual. Tambahkan dengan konsep yang membuat masyarakat bertanya-tanya serta penasaran untuk ingin segera mencoba produk tersebut.

Mungkin saat ini sudah tidak asing lagi mengenai keberadaan berbagai macam kuliner unik yang memiliki nama aneh-aneh. Tetapi, hal tersebut justru dapat membuat konsumen merasa penasaran hingga memaksa mereka untuk segera mencobanya.

Pada era ini, masyarakat cenderung lebih menyukai sesuatu yang baru dan sudah bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Karena makanan dengan rasa enak saja ternyata tidak cukup membuat mereka menjadi loyal.

#Menetapkan Harga yang Terjangkau

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen tentunya mengharapkan sesuatu dengan harga yang ekonomis dan tetap nikmat untuk dikonsumsi. Nah, sebagai pelaku usaha kuliner, sudah selayaknya bagi Anda untuk menetapkan harga terjangkau pada semua produk.

Jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis di bidang kuliner, maka kami sangat menyarankan untuk menetapkan harga terbaik untuk konsumen. Dengan begitu, kemungkinan besar Anda akan lebih cepat mendapatkan keuntungan dan pelanggan.

Namun, jangan pernah meninggalkan kualitas dari produk apalagi tidak memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumen.

#Menetukan Lokasi yang Strategis

bisnis kuliner

Poin yang satu ini tentu sudah menjadi bekal utama bagi para pelaku bisnis. Kami menyarankan Anda untuk menentukan lokasi yang strategis saat menjalankan bisnis kuliner demi peningkatan omset penjualan.

Sebab, akan sia-sia jika Anda membuka usaha di area yang jauh dari aktivitas masyarakat dan hal tersebut masih sangat sering kami jumpai.

Tempat yang mnenjadi jalur wisata akan sangat cocok untuk menjadi tempat bisnis kuliner ini.

#Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, baik dalam hal pelayanan, cita rasa dari produk tersebut, ataupun melalui promo-promo menarik untuk memikat perhatiannya.

Kepuasan pelanggan merupakan kunci kesuksesan yang sangat penting bagi pelaku usaha sehingga tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali pada hari-hari berikutnya.

#Jangan Lupa Melakukan Promosi

Sebagai langkah awal maupun lanjutan, Anda juga harus tetap melakukan promosi. Promosi tersebut bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan brosur, poster, televisi, maupun melalui media Internet.

Promosi juga m enjadi salah satu investasi jangka panjang. Karena jika kita lihat di TV perusahaan rela mengelarkan triliunan rupiah guna untuk promosi saja.

#Menjaga Kebersihan Lokasi Usaha Kuliner

Usaha dalam bidang kuliner sangat menuntut pemilik usaha dan seluruh karyawannya untuk selalu menjaga kebersihan dari produk yang dijual beserta lokasi yang digunakan.

Kebersihan yang selalu terjaga juga dapat membuat konsumen merasa lebih nyaman serta percaya dengan produk milik Anda.

#Menyediakan Fasilitas yang Baik

Selain lokasi yang strategis dan tempat yang bersih, akan lebih baik jika Anda bisa menciptakan tempat dengan fasilitas lengkap. Dengan fasilitas lengkap, pelanggan akan merasa lebih nyaman dan bisa berlama-lama di tempat tersebut.

Fasilitas ibadah juga perlu ada loh ya . Apalagi bagi umat muslim, karena shalat 5 waktu adalah kewajiban yang memang harus dilaksanakan

#Melakukan Peningkatan Bisnis

Saat bisnis Anda sudah mencapai keberhasilan dan modal awal sudah kembali, langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah mengembangkan bisnis tersebut.

Semakin banyak cabang dari bisnis Anda, tentu pendapatan yang diperoleh akan lebih meningkat. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan bisnis kuliner dalam hal menu yang disediakan.

Semakin berkembang dengan diiringi jarigan yang semakin luas itu akan angat bagus untuk bisnis anda kedepannya.

#Perizinan Usaha

Bisnis kuliner mungkin sedikit berbeda dengan bisnis di bidang lainnya. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, sebaiknya Anda sudah mengurus perizinan pada produk tersebut.

Jika usaha sudah mulai berkembang besar, Anda harus memiliki izin dari Kementerian Kesehatan, menguruskan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan izin halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

#Menentukan Sumber Daya Manusia

Idealnya, suatu suaha yang besar tentu akan membutuhkan banyak karyawan. Namun, untuk jenis usaha kecil, ada baiknya Anda tetap memiliki satu orang asisten untuk mempermudah pekerjaan.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kesejahteraan karyawan yaitu memberi gaji yang sesuai dengan pekerjaan serta durasi kerja. Hal ini berguna untuk menjaga kesiapan dan keterampilan karyawan.

#Memilih Pemasok Bahan Baku atau Suplier yang Tepat

Untuk tetap mendapatkan harga jual yang ekonomis, sebaiknya Anda lebih selektif saat memilih pemasok bahan baku. Tentunya dengan harga yang terjangkau pula.

Usahakan untuk memiliki pemasok bahan baku lebih dari satu sehingga dapat menjadi alternatif lain ketika pemasok bahan baku yang pertama tidak dapat menyediakan permintaan barang.

#Bekerja Sambil Berdoa

Kunci kesuksesan yang juga sangat menentukan keberhasilan usaha Anda adalah bekerja sambil berdoa. Berusaha sambil memohon ridho dari Yang Maha Kuasa tentu dapat membantu kerja keras yang telah Anda lakukan.

Jangan sesekali menggunakan media berbau ilmu hitam yang tentunya tidak akan berdampak baik untuk kelancaran usaha tersebut.

Referensi lain : 6 Tips Sukses Berdagang yang Cocok untuk Pemula

Contoh Bisnis Kuliner yang Sedang Naik Daun

bisnis kuliner

1. Bisnis Aneka Kue Kering

Banyaknya usaha dalam bidang kuliner di Indonesia memang dapat dikatakan sebagai peluang bisnis yang dapat memberikan keuntungan cukup besar.

Salah satu contoh bisnis kuliner yang patut Anda coba adalah usaha membuat dan menjual kue kering. Hampir setiap orang di tanah air sudah mengenal apa itu kue kering dan makanan ringan tersebut sangat identik dengan momen lebaran.

Nah, menjual kue kering menjelang lebaran pasti akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda, terutama jika kue-kue tersebut memiliki kelebihan tersendiri, baik dalam hal rasa maupun tampilan yang menarik.

Selain itu, Anda juga harus melakukan tips-tips di bawah ini untuk meraih kesuksesan saat menjalani salah satu contoh bisnis kuliner ini :

Tips dan Cara Sukses saat Memulai Bisnis Kue Kering

Tentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Kue kering memang terdiri dari berbagai macam jenis yang sangat lezat. Tentu resep untuk membuatnya, serta rasa dan tampilan dari masing-masing jenis akan memiliki perbedaan.

Oleh sebab itu, langkah awal yang juga harus dilakukan adalah menentukan jenis kue yang akan diproduksi. Selain mencari kue-kue yang sedang trendi, Anda juga bisa menanyakannya langsung pada pelanggan.

Mengetahui jenis kue kering yang banyak diminati oleh konsumen akan lebih memudahkan Anda saat melakukan pemasaran dan lebih cepat mendapatkan keuntungan.

Kreasikan Tampilan Kue Semenarik Mungkin

Kue kering adalah salah satu makanan ringan yang juga identik dengan anek hiasan atau toping cantik di atasnya. Jika ingin memulai bisnis kuliner ini, maka Anda harus bisa meningkatkan kreatifitas dalam menghias kue.

Sebelum merasakan kelezatannya, para konsumen tentu akan lebih mudah terpikat dan ingin membeli kue kering jika tampilannya sangat cantik dan menarik.

Utamakan Cita Rasa

Tampilan kue yang cantik dan menarik, tentu kurang mendapatkan perhatian jika tidak diimbangi dengan cita rasa yang lezat. Hal ini tidak hanya berlaku bagi seseorang yang sudah berpengalaman. Sebagai pemula, Anda juga bisa mencoba salah satu contoh bisnis kuliner ini.

Manfaatkan berbagai media informasi, seperti majalah, koran, televisi, dan Internet, untuk mencari resep-resep kue kering nan lezat. Jika perlu, Anda juga bisa mengikuti kursus membuat kue agar kemampuan dalam bidang tersebut menjadi lebih terasah.

Membuat Kue Kering Khusus

Salah satu kunci utama dalam menjalankan suatu usaha adalah Anda harus bisa menciptakan ciri-ciri khusus pada produk yang akan dijual. Dalam hal ini, Anda harus bisa menciptakan kue kering yang menjadi ciri khas dari usaha milik Anda.

Misalnya, memproduksi kue kering yang dikombinasi dengan sari buah sehingga cita rasanya memiliki karakter tersendiri dan berbeda dengan usaha milik orang lain.

Mencantumkan Kadaluarsa Produk

Poin penting yang harus dilakukan saat menjalankan salah satu contoh bisnis kuliner ini adalah mencantumkan kadaluarsa dari masing-masing produk. Hal ini dinilai sangat penting karena dapat memudahkan para konsumen.

Adanya tanggal kadaluarsa akan meminimalisir resiko pembeli mengkonsumsi kue kering yang sudah tidak layak pakai dan dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Setelah berhasil membuat kue-kue nan cantik dan menarik, selanjutnya Anda harus bisa memantapkan diri untuk menjualnya. Karena suatu usaha yang tidak didasari dengan kepercayaan pada diri sendiri yang tinggi juga dirasa sia-sia.

Anda harus yakin, percaya diri, dan semangat bahwa produk yang Anda jual memiliki kualitas yang layak untuk dipasarkan pada konsumen.

Melakukan Penjualan dan Pemasaran

Pada tahap penjualan, Anda bisa memanfaatkan rumah sebagai lokasinya. Sistem home industry lebih cocok digunakan untuk usaha kue kering. Selain tidak membutuhkan biaya sewa, Anda juga bisa lebih konsentrasi dan tenang saat memproduksi kue kering di rumah sendiri.

Kemudian Anda juga bisa menitipkan kue kering di warung-warung sekitar rumah. Akan lebih baik jika bisa melakukan kerjasama dengan suatu pusat perbelanjaan sehingga kue kering tersebut bisa menjadi salah satu suplai barang baginya.

Membuat kue kering dalam kemasan kecil yang ditujukan pada para reseller kecil, seperti tetangga dan mahasiswa, juga dapat menjadi salah satu solusi tepat untuk menjajakan produk tersebut. Meningkatkan jumlah reseller sebanyak mungkin akan memudahkan proses pemasaran.

Manfaatkan Media Internet

Terakhir, membuka toko online juga menjadi salah satu tips yang tak kalah bermanfaat. Jual beli via online rupanya saat ini mendapat banyak perhatian bagi masyarakat di Indonesia.

Anda harus bisa menjalin kerjasama baik dengan konsumen, mengingat transaksi ini tidak dilakukan secara tatap muka. Tampilkan kue kering Anda dengan foto-foto yang memiliki kualitas resolusi baik.

Jika perlu, tambahkan dengan rekaman video saat Anda melakukan proses produksi, pengemasan barang, hingga pengiriman. Hal ini juga dapat membuat konsumen merasa lebih percaya dan mantap untuk melakukan pembelian di toko online kue kering milik Anda.

Manfaatkan website, blog, atau media sosial. Salah satu media sosial yang saat ini banyak dimanfaatkan sebagai wadah untuk menjalankan bisnis online shop dan terbukti keefektifannya adalah Instagram.

Nah, itulah beberapa panduan mudah saat Anda berencana membuka bisnis aneka kue kering. Sangat mudah bukan? jika Anda tertarik melihat kue kering yang paling banyak diminati konsumen dan dapat dijadikan sebagai produk usaha Anda, berikut akan kami sajikan ulasannya.

Referensi lain : Tips Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pemula

Jenis-jenis Kue Kering yang Menguntungkan

bisnis kuliner

Lidah kucing rainbow

Kue lidah kucing rainbow saat ini menjadi trend yang mulai banyak diminati. Kue dengan bentuk tips serta dihiasi warna-warna cantik menyerupai pelangi ini memiliki cita rasa yang manis dan bisa Anda jadikan sebagai salah satu produk untuk dijual.

Kastengel

Kastengel adalah salah satu jenis kue kering yang menjadi kewajiban untuk diproduksi, mengingat kue tersebut paling banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Kue kering ini memiliki cita rasa yang khas berupa keju, baik pada adonan maupun toping.

Putri Salju

Bukan kue yang dibalut dengan salju, jenis kue kering yang satu ini memiliki cita rasa manis dan memiliki ciri khas dibalut dengan gula bubuk sehingga nampak putih seperti salju.

Nastar

Semua orang tentu sudah familiar dengan kue kering yang satu ini. Dahulu nastar adalah jenis kue kering dengan bentuk bulat yang berisi selai nanas dan dibalut dengan kuning telur, serta dihiasi cengkeh.

Namun, berkat kreativitas tangan-tangan manusia, kini nastar juga dikreasikan dengan tampilan lebih menarik yaitu menggunakan toping parutan keju yang tak kalah lezat.

Selain beberapa daftar kue kering yang menghasilkan omset menggiurkan di atas, Anda juga bisa menciptakan produk baru untuk memikat banyak konsumen. Oleh sebab itu, Anda harus terus mengasah kreativitas dan terus berinovasi untuk menghasilkan kue kering yang cantik dan menarik.

2. Membuka Kedai Es Krim

bisnis kuliner

Apakah Anda berpikiran untuk menjalani bisnis es krim? Bisnis es krim adalah salah satu contoh bisnis kuliner yang juga sedang naik daun. Bahkan beberapa lembaga di bawah naungan Pemerintah juga memberika bantuan berupa modal bisnis serta bimbingan untuk menjalankannya.

Memang kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi, saat ini juga tak sedikit orang-orang yang berusaha meraih kesuksesan melalui dunia usaha.

Salah satu peluang kesuksesan tersebut juga dapat Anda peroleh melalui bisnis es krim karena kuliner yang satu ini juga memiliki kelebihan tersendiri, seperti yang kami sebutkan berikut ini.

Tidak Membutuhkan Keahlian dan Keterampilan Khusus

Bisnis es krim dinilai cukup mudah untuk dijalankan. Walaupun sangat baik jika Anda mampu memproduksinya sendiri, tetapi melakukan kerja sama dengan agen es krim juga menjadi salah satu pertimbangan untuk memudahkan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan es krim instan untuk memudahkan proses produksi dan membuat Anda lebih fokus untuk menjualnya.

Cepat Memperoleh Keuntungan

Modal yang sedikit tidak menutup kemugkinan untuk dapat menghasilkan keuntungan menggiurkan. Ya, dengan memulai bisnis es krim, ternyata Anda bisa dengan cepat mengembalikan modal. Artinya, keuntungan dengan jumlah besar bisa segera Anda dapatkan.

Bahkan jika Anda bisa menciptakan daya tarik tersendiri bagi konsumen sehingga es krim tersebut banyak digemari dan dapat mengajak konsumen lain untuk menjadi pelanggan baru.

Tidak Membutuhkan Banyak Karyawan

Jika Anda tidak melakukan proses produksi sendiri atau melakukan kerjasama dengan produsen atau agen es krim, maka tenaga kerja yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit.

Anda hanya perlu tenaga dalam proses penjualan, seperti outlet mini di sekitar pusat perbelanjaan, perkantoran, kampus, sekolah, dan sebagainya yang bisa dijalankan hanya dengan satu orang karyawan.

Keuntungan yang Menggiurkan

Hampir semua orang sangat menyukai kuliner dengan cita rasa manis ini. Tampilan yang menarik dan rasanya yang dapat menyegarkan tenggorokan menjadikannya sebagai salah satu kuliner yang banyak diminati.

Karena alasan itulah, bisnis es krim terbukti dapat menghasilkan omset yang menggiurkan dan sangat cocok Anda jadikan sebagai peluang usaha baru.

Es Krim Menjadi Kuliner yang Tidak Pernah Ditelan oleh Waktu

Nah, kondisi itulah yang dapat menghasilkan keuntungan tersendiri bagi Anda. Karena semua kalangan tentu sangat menyukai kuliner yang satu ini dan dapat menjadi konsumen konsumtif yang akan selalu menunggu kreasi-kreasi baru dari usaha es krim Anda.

Setelah mengetahui keuntungan dari bisnis es krim, kini Anda bisa memulai persiapan untuk menjalankan usaha tersebut. Beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis es krim adalah sebagai berikut.

Cara Memulai Bisnis Es Krim

bisnis kuliner

Persiapan Modal

Modal yang perlu dipersiapkan saat memulai salah satu contoh bisnis kuliner ini adalah bahan-bahan pembuatan dan mesin es krim itu sendiri.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan modal lain, seperti untuk sewa tempat serta gaji karyawan. Namun, Anda harus mengingat kembali bahwa modal untuk bisnis es krim bisa cepat kembali mengingat banyaknya konsumen yang menggemari kuliner satu ini.

Contoh penghitungan modal untuk memulai usaha es krim adalah sebagai berikut :

Freezer : Rp 1.500.000,00
Baskom : Rp 50.000,00
Mixer : Rp 550.000,00
Cendok es krim : Rp 35.000,00
Wadah es krim : Rp 15.000,00
Total : Rp 2.100.000,00

Anda juga perlu menambahkan beberapa perlengkapan seperti meja kursi, gelas, piring, dan sendok jika membuka outlet es krim di tempat. Jika berkeliling, maka peralatan yang perlu ditambahkan adalah pendingin dan box es krim yang terbuat dari styrofoam.

Belajar Membuat Produk

Jika Anda lebih percaya diri dengan produk es krim yang dihasilkan sendiri, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengasah kemampun untuk membuatnya.

Manfaatkan berbagai media informasi untuk mencari resep mudah untuk membuat es krim nan lezat. Setelah yakin dengan hasil produksi tangan Anda sendiri, maka langkah selanjutnya bisa segera dijalankan.

Selain itu, Anda juga bisa menciptakan es krim khusus yang bisa membuat konsumen paham bahwa es krim tersebut hanya ada di kedai milik Anda.

Misalnya Anda membuat es krim yang diolah langsung dari buah-buahan atau dengan toping-toping lucu berbentuk boneka. Dengan ciri khas tersendiri, Anda bisa membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk membelinya.

Menentukan Lokasi Pemasaran

Lokasi menjalankan bisnis es krim juga menjadi poin penting yang harus digarisbawahi. Untuk pemilihan lokasi, Anda bisa menggunakan tempat-tempat yang dekat dengan keramaian serta strategis.

Misalnya di lingkungan sekitar sekolah, kampus, kos-kosan, pusat perbelanjaan, lokasi wisata, dan berbagai tempat keramaian lainnya.

Melakukan Promosi

Setelah semua persiapan dilaksanakan, selanjutnya Anda harus mulai melakukan promosi. Dunia perdagangan yang tidak diiringi dengan promosi sama halnya dengan berjualan tanpa membuka lapak.

Oleh sebab itu, Anda harus segera mempromosikannya. Buat program-program menarik misalnya bonus es krim untuk pembelian sekian biji atau bonus hadiah tertentu bagi 10 pembeli pertama.

Trik tersebut adalah salah satu upaya cerdas untuk menarik perhatian banyak konsumen dalam waktu cepat. Sebelum grand opening, sebaiknya Anda sudah melakukan trik tersebut.

3. Memulai Usaha Kripik Singkong

bisnis kuliner

Bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan pedesaan, tentu tanaman yang satu ini sudah terdengar sangat familiar. Ya, bagian umbinya memang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, termasuk sebagai kripik nan gurih dan renyah.

Tahukah Anda bahwa kripik singkong memang banyak diminati oleh masyarakat walaupun tanaman ini dahulu dianggap sebagai makanan kuno. Lalu, bagaimana jika Anda memanfaatkannya sebagai peluang usaha? Tentu keuntungan yang didapatkan akan sangat menggiurkan.

Salah satu contoh bisnis kuliner ini juga tidak mudah untuk dijalankan. Bagi Anda yang masih baru berlajar dalam dunis bisnis, tentu tidak akan menemui banyak kesulitan jika menjalankan usaha pada bidang yang satu ini.

Adapun beberapa persiaapan awal untuk membuka bisnis kripik singkong adalah sebagai berikut.

Langkah Awal Memulai Bisnis Kripik Singkong

Penghitungan Modal Awal

Mesin pemotong singkong : Rp 5.000.000,00
Mesin pengemasan : Rp 500.000,00
Peralatan menggoreng : Rp 700.000,00
Total : Rp 6.200.000,00

Mempelajari Cara Pengolahan Kripik Singkong

Bekal awal yang harus Anda persiapkan saat memulai bisnis kripik singkong adalah mempelajari cara pengolahannya. Anda harus mengetahui cara-cara khusus untuk menghasilkan kripik singkong yang gurih, renyah, dan dengan cita rasa sangat lezat.

Sebisa mungkin, Anda harus menciptakan kripik singkong dengan ciri khas tertentu. Sebagai salah satu contoh, Anda bisa membuat kripik singkong dengan bumbu pedas atau dengan aneka rasa lainnya.

Pengetahuan Tentang Kualitas Singkong

Selain mempelajari cara pembuatan kripik singkong yang enak dan lezat, selanjutnya Anda juga harus memahami kualitas singkong yang baik.

Untuk memahami informasi tersebut, Anda harus menjalin kerja sama dengan petani singkong secara langsung. Selain mendapatkan informasi terpercaya mengenai singkong berkualitas, dari petani harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah dari pada pasar.

Kualitas singkong yang baik sangat berpengaruh pada hasil olahan kripik, baik dalam hal bentuk, tampilan, serta cita rasanya.

Mempersiapkan Peralatan untuk Menjalankan Bisnis Kripik Singkong

Mesin-mesin peralatan untuk bisnis yang satu ini berguna untuk melancarkan proses produksi. Beberapa alat yang perlu disiapkan, misalnya alat penggorengan, plastik kemasan, mesin pemotong singkong, mesin pengemasan, dan sebagainya.

Peralatan yang dipersiapkan tersebut termasuk dalam daftar modal yang harus Anda sisihkan saat memulai bisnis kripik singkong.

Membuat Merk dan Kemasan yang Menarik

Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan minat konsumen adalah melalui penampilan dari kripik singkong itu sendiri. Selain cita rasa yang lezat, Anda juga harus menciptakan merk dan kemasan yang menarik.

Gunakan kata-kata yang mampu membuat konsumen penasaran dan ingin segera mencoba kripik singkong yang Anda produksi.

Usahakan Memiliki Izin Dinas Kesehatan

Sebagai jaminan kualitas serta keamanan untuk dikonsumsi, sebaiknya produk yang Anda hasilkan telah memiliki izin Dinas Kesehatan setempat. Hal ini tentu dapat membuat konsumen semakin percaya dengan produk Anda serta merasa aman untuk membelinya.

Menjaga Cita Rasa

Setelah memulai bisnis kripik singkong, tugas selanjutnya yang tak boleh dilewatkan yaitu senantiasa menjaga kualitas singkong. Sebanyak apa pun omset yang Anda dapatkan, sebaiknya kualitas dan rasa kripik singkong tidak pernah dikurangi.

Permasalahan tersebut seringkali menjadi penyebab usaha seseorang mengalami kerugian akibat kepercayaan konsumen semakin berkurang.

Selalu Ulet dalam Menjalani Bisnis Kripik Singkong

Kesuksesan memang membutuhkan sebuah proses. Lika-liku perjalanan selama berbisnis sudah sewajarnya akan dialami. Oleh sebab itu, Anda harus tetap ulet menjalaninya karena keberhasilan memang membutuhkan keuletan yang tinggi.

Setelah mengetahui cara-cara memulai bisnis kripik singkong di atas, selanjutnya Anda tinggal melakukan pemasaran, baik secara langsung atau memanfaatkan media online.

Jika memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan tempat tinggal sebagai lokasi untuk menjalankan bisnis industri rumah tangga dan menitipkan kripik singkong di warung-warung sekitar. Dengan harapan, kripik singkong Anda cepat populer dan bisa menyebar hingga pasar luar negeri.

Kelebihan Bisnis Kripik Singkong

bisnis kuliner
Kripik Singkong Madura Bintang 9 via https://www.tokopedia.com

Merupakan Camilan yang Banyak Diminati

Salah satu contoh bisnis kuliner ini masih memiliki prospek yang terbuka lebar dan banyak dimanfaatkan sebagai oleh-oleh bagi sanak saudara. Sehingga tak heran jika kripik singkong hingga saat ini masih sangat digemari oleh banyak konsumen, terutama wisatawan.

Modal yang Tidak Besar

Selain prospek yang terbuka lebar, bisnis kripik singkong juga tidak membutuhkan banyak modal sehingga sangat baik bagi Anda yang ingin membuka usaha kecil dengan keuntungan menggiurkan.

Selain mempersiapkan peralatan sebagai modal awal, yang terpenting adalah keterampilan untuk membuatnya menjadi pilihan kuliner yang sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai camilan istimewa.

Bisa Dijalankan sebagai Usaha Home Industry

Kelebihan dari bisnis kripik singkong selanjutnya adalah dalam hal lokasi. Hanya memanfaatkan tempat tinggal sebagai lokasi untuk menjalankan usaha atau home industy adalah salah satu sisi positif dari usaha kripik singkong ini.

Selain tidak membutuhkan biaya tamabahan untuk menyewa tempat, bisnis industri rumah tangga kripik singkong juga memberikan Anda kenyamanan ketika harus sekaligus mengawasi keluarga.

Kelemahan Bisnis Kripik Singkong

Sulitnya Mencari Singkong Berkualitas

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pelaku usaha kripik singkong adalah dalam pencarian bahan baku dengan kualitas tinggi. Hal ini tentu menjadi masalah karena singkong yang kurang berkualitas juga dapat mempengaruhi hasil olahannya.

Selain itu, harga bahan baku juga mengalami kenaikan dan penurunan yang tidak stabil, sehingga Anda harus cerdik untuk menyiasati hal tersebut.

Persaingan yang Ketat

Kendala selanjutnya yang harus Anda hadapi saat menjalani bisnis kripik singkong adalah tingkat persaingan yang semakin ketat, mengingat prospek salah satu contoh bisnis kuliner ini sangatlah tinggi sehingga banyak pihak yang ingin menjalankannya.

Oleh sebab itu, Anda benar-benar dituntut untuk dapat menghasilkan kripik singkong dengan cita rasa lezat, menarik, dan memiliki ciri khas tersendiri, sehingga konsumen mempunyai alasan untuk memilih produk tersebut.

4. Usaha Minuman Coklat

bisnis kuliner

Tentu sebagian besar dari Anda sudah mengetahui tentang salah satu contoh bisis kuliner yang satu ini. Minuman coklat yang seringkali dimanfaatkan sebagai usaha waralaba dan saat ini sedang trend ini ternyata dapat menghasilkan keuntungan yang cukup banyak.

Adapun beberapa strategi yang bisa Anda ambil saat memutuskan untuk bisnis minuman coklat adalah sebagai berikut.

Mempersiapkan Modal

Untuk mulai menjalankan bisnis minuman coklat, modal yang dibutuhkan terhitung kecil. Salah satu contoh bisnis kuliner yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kurang dari 1 juta. Nah, perkiraan penghitungan modal awalnya adalah sebagai berikut.

Coklat bubuk : Rp 200.000,00 atau sesuai kebutuhan
Gelas plastik atau cup : Rp 40.000/ lusin
Es Batu : sebaiknya membuat sendiri agar lebih murah
Gas : Rp 60.000,00
Blender : Rp 300.000,00
Isi ulang air : Rp 5.000,00
Total : Rp 605.000,00

Penghitungan modal di atas terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan mengikuti harga paket dari usaha waralaba. Akan lebih baik jika Anda membuat merk sendiri untuk minum coklat tersebut.

Belajar Mengolah Minuman

Apabila Anda belum berpengalaman untuk membuat minuman coklat, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah berlatih terlebih dahulu.

Anda bisa mencari sumber informasi dari Internet untuk mencari cara membuat minuman coklat. Usahakan Anda mencobanya hingga menemukan rasa yang paling pas.

Tentukan Lokasi yang Tepat

Setelah Anda memahami cara-cara membuat minuman coklat yang lezat, selanjutnya adalah mencari lokasi yang paling tepat untuk membuka bisnis tersebut.

Pada dasarnya lokasi untuk membuka bisnis minuman coklat hampir sama dengan yang lainnya. Anda harus memilih lokasi yang berada di pusat keramaian.

Beberapa tempat yang sangat direkomendasikan adalah area sekolah, kampus, perkantoran, kos-kosan, taman bermain, dan sebagainya.

Berinovasi untuk Menciptakan Minuman Coklat Baru

Salah satu usaha yang tak kalah penting dilakukan untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis minuman coklat adalah menciptakan kreasi baru. Untuk membuat ciri khas tersendiri, Anda bisa memikirkan kreasi-kreasi lain yang tak kalah menarik.

Hal ini tak lain bertujuan untuk memikat lebih banyak konsumen dan membuat mereka mengenali bahwa minuman tersebut adalah milik Anda.

Membuat Merk Minuman Coklat

Setelah Anda berhasil menciptakan kreasi-kreasi baru dari minuman coklat tersebut, selanjutnya adalah membuat merk sendiri. Dengan adanya merk tersendiri, Anda akan lebih mudah dalam memperkenalkan produk tersebut pada masyarakat luas.

Selain itu, banyak masyarakat yang dapat mengenali minum coklat khas dari merk dagangan Anda.

Demikian ulasan mengenai contoh bisnis kuliner yang sedang naik daun saat ini, beserta kiat dan tips-tips suksesnya, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi pembaca semua.


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *