Bisnis Online

Bisnis Online Program Afiliasi, Ini Dia Cara Meningkatkan Penjualannya

Mau Sukses dalam bisnis online program afiliasi ? Anda pernah mendengar istilah program afiliasi ? Bagi para pebisnis online saya yakin sudah tidak asing lagi dengan program yang satu ini.

Program afiliasi merupakan satu dari sekian banyak metode menghasilkan uang dari usaha online. Anda setuju?

Apa Sih Afiliasi Itu ?

Baiklah, tanpa ada maksud menggurui, hanya sekedar berbagi Informasi saja, semoga bisa bermanfaat.

Begini saja simpelnya,…

Ketika Anda memberitahukan sesuatu entah itu berupa barang maupun layanan jasa milik teman Anda kepada orang lain, kemudian orang lain tersebut melakukan transaksi di usaha teman Anda.

Apakah Anda diberi komisi sebagai tanda terima kasih ?

Jika ya, maka seperti itulah program afiliasi, walaupun barang atau jasa itu milik teman Anda. Akan tetapi Anda mempromosikannya kepada orang lain, seolah-olah milik Anda.

Anda melebur didalamnya, sampai pihak lain melakukan transaksi atas dorongan ulasan Anda. Maka Anda sukses sebagai mitra afiliasi usaha teman Anda tersebut.

Afiliasi Dalam Prakteknya Di Internet

Di Atas tadi adalah gambaran tentang afiliasi dianalogikan dalam kehidupan sehari-hari, supaya Anda mudah bisnis online program afiliasi.

Lantas, bagaimana untuk penjelasan prakteknya di Internet berkaitan dengan Bisnis Online ?

Anda Cukup menyebar link berupa alamat url ataupun banner melalui blog Anda, Social Media dan lainnya.

Tujuannya adalah supaya para pengunjung blog atau akun sosial Anda melihat tautan yang sengaja Anda pasang.

Perhatikan contoh link banner afiliasi di bawah ini – Link Banner Afiliasi yang dipasang di Blog depojabar, blog informasi dan review barang dan jasa

bisnis online program afiliasi

Setelah mereka mengklik tautan atau banner tersebut selanjutnya akan diarahkan ke Halaman produk atau jasa perusahaan yang telah menerima Anda sebagai anggota program afiliasinya.

Jika pengunjung melakukan deal transaksi, bersiaplah Anda menerima komisi. Asyik kan ?

Beberapa Model Afiliasi yang Umum digunakan

bisnis online program afiliasi

Pay Per Sale

Pay Per Sale : Anda sebagai anggota afiliasi akan mendapatkan komisi ketika pengunjung situs advertiser melalui link Anda dan melakukan transaksi berupa pembelian di halaman produk/jasa advertiser.

Istilah lain dari Pay Per Sale adalah CPA atau Cost Per Action

Pay Per Lead

Pay Per Lead : Istilah lain dari ini adalah Cost per Lead ada juga Cost per Submit, ini berbeda dengan Pay Per Sale.

Karena pengunjung tidak mesti melakukan pembelian, hanya sebatas mengikuti perintah dari situs advertiser, misalnya mengisi biodata di Form yang telah disediakan di situs advertiser.

Untuk Pay Per Leads Anda berpeluang mendapatkan komisi akan lebih mudah, akan tetapi nilai komisi yang didapat tentunya akan lebih kecil dibandingkan Pay Per sale.

Itu adalah contoh model dalam Afiliasi yang sebenarnya masih ada yang lainnya. Sekarang saya mau bahas tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan atau leads pada program afiliasi, berikut ini diantaranya :

Product Knowledge

Ini sangatlah penting bagi Anda yang bermaksud memberitahukan kepada para pengunjung tentang suatu produk atau jasa.

Bagaimana mungkin orang akan tertarik jika Anda menawarkan produk atau jasa yang anda sendiri tidak memahaminya, kurang lebih seperti itu.

Review Produk Secara Relevan

Untuk para blogger yang berbisnis afiliasi, pengetahuan tentang suatu produk atau jasa yang akan ditawarkan biasanya adalah melalui review atau ulasan.

Penguasaan mendalam akan suatu produk, menjadikan ulasan pun terasa bermutu, relevan dan mengena sehingga peluang untuk terjadi transaksi pun akan sangat besar dan cepat.

Coba saja untuk yang tidak dikuasai, saya yakin akan belepotan.

Hadiri Kopdar yang diadakan Advertiser

Sebagai bagian dari sebuah perusahaan, walaupun tidak terlalu mengikat seandainya pihak pengiklan yang produk atau jasa nya anda promosikan mengadakan event di dunia nyata, atau bisa juga online.

Usahakanlah untuk hadir, karena selain menambah keakraban secara lebih luas lagi, pengetahuan produk pun akan semakin dalam Anda kuasai. Efeknya tentu ke komisi.

Membuat Tips Menarik Pada Blog Yang ada Program Afiliasi

Sebesar apapun komisi yang diberikan advertiser kepada affiliate membernya, jika blog atau website yang kita jadikan sarana mengulas produk atau jasa afiliasi untuk apa ?

Jadi kuncinya adalah kunjungan ke blog/web kita, satu diantaranya adalah dengan membuat Tips menarik tentang apa pun yang Anda kuasai.

Jangan lupa sisipkan tautan referensi kita dalam bentuk url maupun banner, buat serelevan mungkin dengan konten.

Memberikan Sesuatu Yang Gratisan

Tidak Bisa dipungkiri, bukan hanya di dunia nyata, di ranah maya pun yang namanya pengunjung itu senang dengan yang gratisan.

Untuk yang satu ini para pengunjung rela memberikan biodata mereka seperti nama, email bahkan nomor telepon kepada pemberi gratisan, lakukan ini dan rasakan konversi dalam bisnis online program afiliasi Anda.

Tujuan dibalik Gratisan

Tujuannya ? tiada lain adalah untuk Anda tindak lanjuti dibanyak waktu lainnya di kemudian hari entah via email maupun telepon dimana didalamnya Anda bisa menyisipkan produk afiliasi yang sedang Anda tawarkan.

Untuk Produk Gratisannya Anda bisa memberikan sebuah e-book tentang apa saja yang sekiranya akan bermanfaat untuk orang lain.

Komunitas, Blog Walking dan Commenting

Sering-seringlah berkomunikasi dengan banyak pihak di banyak komunitas online baik yang berbasis website ataupun sosial media.

Disana, selain bisa menambah wawasan dan jalinan pertemanan. Anda pun bisa dengan mudah menyuruh atau mengarahkan anggota komunitas untuk mengunjungi blog/situs Anda yang sudah dipasangi produk afiliasinya.

Ketuk Juga Pintu Blog milik orang lain dengan ramah, hormati pemiliknya, hormat juga pada tamu lainnya,.

Berinteraksilah dengan baik disana, saling berbagi informasi yang berguna, dan jangan lupa untuk melakukan komentar yang baik.

Lakukan Comment Dengan Baik dan Relevan

Karena kita ingin meningkatkan penjualan dari program afiliasi, maka jangan lupa untuk menyisipkan alamat landing page yang memuat produk afiliasi.

Jika memungkinkan simpan langsung link afiliasinya disana, tentunya setelah diizinkan pihak admin situs, karena biasanya akan melalui proses moderasi dulu.

Tetap semangat seandainya komentar kita tidak ditayangkan karena ada sisipan link, legowo aja dan jangan sekali kali lakukan spamming.

Belajar Terus Ilmu Tentang Bisnis Online Program Afiliasi atau Affiliate Marketing Dari Banyak Sarana

Jadilah Affiliate Marketer Sukses, tidak ada kata terlambat selama kita memiliki keyakinan kuat untuk mencoba.

Banyak Sekali buku-buku tentang Affiliate Marketing, Media Online, Forum, Blog Pribadi, Group di Sosial Media bahkan layanan offline pun ada, hanya saja tidak semua orang yang menjalaninya dengan kesungguhan.

Mulai dari Membaca, menghadiri seminar online dan offline bisnis online program afiliasi.

Jika dilakukan dengan kesungguhan tidak menutup kemungkinan akan menjadi suatu sumber penghasilan yang sangat besar dengan menjadi anggota program afiliasi.

Tiru Kesuksesan Affiliate Marketer Sukses

Tidak Sedikit orang yang berhasil dari bisnis afiliasi ini. Mulai dari yang berpenghasilan ribuan sampai dengan yang mampu mencapai ratusan juta rupiah hanya bermodalkan sebar link url atau banner.

Pelajari SEO

Selanjutnya yang tidak kalah penting dalam langkah menuju sukses bisnis online program afiliasi adalah kuasai Search Engine Optimization secara bertahap.

Jika sudah menemukan produk afiliasi yang cocok di hati, temukan niche keywordnya.

bidik dan buatlah konten ulasan secara  berkualitas, traffic dengan sendirinya akan sangat tinggi yang ujungnya berpengaruh ke konversi.

Salam Sukses Afiliasi Berdo’a Senantiasa Untuk Kesuksesan.


Loading...
Baca selengkapnya

Blogger DepoJabar Senang Berbagi Informasi Positif dan Belajar Menulis

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close