Bisnis Online

Bisnis Online untuk Mahasiswa yang Paling Mudah

Hai sobat klikmania semuanya, gimana kabarnya? semoga ini menjadi hari yang membahagiakan bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bisnis online untuk mahasiswa, semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya.

Kebutuhan akan uang kadang memaksa siapapun untuk bisa meraih uang itu, walau bagaimanapun usianya dan seberapa besar hasilnya. Karena untuk memenuhi kebutuhan biologis memang butuh uang, dan dizaman sekarang ini rasanya gratis adalah sesuatu yang harus dihilang di pikiran kita. Karena bagaimanapun gratis di zaman sekarang ini adalah hal yang sangat langka.

Hal itu yang kadang dipikirkan oleh para mahasiswa atau mahasiswi. Mereka juga butuh yang namanya uang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka saat ingin meringankan beban orang tua, atau mereka hanya ingin memiliki uang saku yang lebih banyak untuk berbagai keperluan.

Menjadi seorang mahasiswa dengan tanpa mendapatkan bantuan dana dari orang tua adalah hal yang sangat sulit, apalagi saat dirinya hidup di kota. Yang mana semuanya serba mahal itu akan menjadikan mereka harus bisa mencari uang di sela-sela waktu kuliahya.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sedikit tips kepada anda semua mengenai bisnis online untuk mahasiswa seperti Anda. Ini bisa menjadi suatu referensi bisnis online saat anda ingin mendapatkan uang lebih dengan berbisnis online di sela-sela waktu kuliah.

Tujuan dari mahasiswa memang adalah untuk menuntut ilmu, agar hidupnya lebih baik kedepannya. Apabila mereka tidak memanfaatkan hal itu dengan baik, saya rasa kedepannya akan menyesal.

Bisnis online untuk mahasiswa yang mudah dilakukan

Bisnis online untuk mahasiswa itu beragam jenisnya, namun juga harus bisa mengatur diri kita sendiri untuk bisa memiliki waktu luang agar tidak menganggu jadwal kuliah. Karena kalau keduanya dijalani bersamaan tidak bisa berjalan dengan baik, malahan menjadi masalah tersendiri bukan?

Selain itu, yang sifatnya ringan dan tidak melelahkan ini juga sangat penting untuk dilakukan, jangan sampai kelelahan terlalu parah sehingga sakit dan menjadi masalah lain. Kalau capek si emang wajar, namanya juga bisnis, kalau anda tidak ingin capek ya pasti tidak akan bisa sukses menjalankan bisnis tersebut.

Loading...

Simak saja beberapa hal dibawah ini yang berkatian dengan bisnis online untuk mahasiswa.

1. Jualan materi kuliah

bisnis online untuk mahasiswa

Ini bisa dicoba kalau setidaknya Anda memiliki nilai akademis lebih, sehingga bisa lebih dipercaya saat jualan ke teman kampus atau ke anak kuliahan di tempat lain. Nah disini anda bisa langsung mulai action untuk mulai berjualan.

Karena sekarang jamannya serba online, siapa sih mahasiswa yang tidak kenal dengan sosial media facebook atau instagram? Setidaknya 70% anak remaja adalah pengguna aktif sosial media, seperti facebook misalnya. Jadi media yang anda gunakan adalah dengan menggunakan FB ads atau instagram ads.

Berarti butuh biaya dong? Ya agar jualan lebih cepat laku, nah kalau memang anda tidak mau mengeluarkan modal untuk beriklan, maka bisa juga dengan mempromosikannya di facebook atau istagram secara gratis. Karena kedua sosial media ini diyakini paling bisa “menjual” daripada sosial media lainnya seperti twitter atau BBM yang malahan lebih mahal.

Jika akun anda banyak memiliki followers, maka akan mudah terjadi penjualan. Kalau tidak, ada cara lain, misalnya di kampus yang ditempati ada seseorang yang memiliki followers banyak dan sering terjadi interaksi dengan pemiliknya. Ini bisa anda manfaatkan untuk media promosi.

Sebagai bayarannya ajak aja dia makan bareng di traktir, pasti dia senang kok. Atau kalau tidak ya diberi sedikit uang. Ini bisa menjadi hal yang memungkinkan untuk terjadi penjualan dengan cepat. Karena bagaimanapun juga sekarang para artis tanah air banyak juga yang menyediakan sistem endorse semacam ini.

Istilahnya celebgram, sehingga terjadi penjualan yang lebih tertarget daripada menggunakan iklan berbayar yang belum tentu bisa terjadi tingkat konversi penjualan.

Lalu apa yang dijual?

Seperti yang saya sebutkan diatas, anda bisa jualan materi kuliah, misal ada banyak materi yang mungkin tidak dipahami oleh teman anda.Dari situ bisa membuat materi yang berhubungan dengan tema itu, lalu dijual dalam bentuk DVD ataupun file.

Tapi usahakan jangan di jual dalam bentuk file berbentuk pdf, karena pada dasarnya bagi mereka yang malas membaca maka tidak akan bisa memberi pengaruh terhadapnya. Jadi bisa anda ringkas dalam bentuk file presentasion yang menarik, video dan lainnya yang intinya bisa dengan mudah di pahami nantinya.

Ide ini memang sudah diterapkan oleh beberapa orang yang jualan berbagai macam video tentang materi kuliah dan hijab. Mereka sebulan bisa mengantongi biaya puluhan juta dari hasil ini, karena kebanyakan yang beli justru dari orang luar negeri yang suka memborong hasil tutorialnya yang dikemas dalam DVD. Nah mereka suka menggunakan video dalam materinya.

Anda bisa mencoba hal ini dengan memulai dari sendiri atau juga dengan mencari teman yang mungkin untuk membantu menyiapkan proses editing ini dan itu. Nanti hasilnya bisa dibagi menjadi dua atau bagi rata dengan team.

2. Jasa desain atau poto editor

Kalau Anda jago bikin desain atau logo tentang ini dan itu, maka ini bisa menjadi solusi yang bagus. Karena bisa dibilang ini pekerjaan yang cukup ringan dan bisa dilakukan kapanpun kalau ada laptop dan waktu senggang.

Jasa desain memang sering ditawar oleh banyak orang yang berhubungan dengan grup, komunitas, web desain, atau suatu perusahaan. Namun kalau target yang anda inginkan adalah teman kampus, maka jasa photo editing adalah hal yang bisa kamu coba. Apalagi jika kamu mahasiswa jurusan desain, maka ini mungkin terlalu mudah untuk anda lakukan.

Berdasarkan pengalaman, yang diinginkan dari anak muda adalah photo editing dengan berjejer bersama fans mereka. Misalnya suka dengan artis ini maka minta di editkan agar bisa berdampingan dengan mereka.

Tapi kalau semacam ini, anda juga harus benar-benar memperhatikan berbagai sisi dalam pengeditan, terutama kedetailan, kecocokan dan penyinaran yang pas. Jadi teknik photografi juga bisa anda pelajari untuk memulai bisnis online untuk mahasiswa satu ini.

Untuk masalah harga bisa ditentukan dari seberapa besar kerumitan yang dikerjakan, kalau semakin sulit ya semakin mahal. Maka ini bisa menjadi acuan untuk anda. Rata-rata dari harga pembuatan per foto editnya adalah antara 25-50 ribu. Itu rata ratanya, untuk yang lebih rumit ya bisa lebih mahal daripada itu.

Bisnis online untuk mahasiswa satu ini bisa dikerjakan jika punya beberapa aplikasi yang mendukung, misalnya saja photoshop. Nah anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengolah foto sesuai dengan permintaan teman anda yang sudah pesan. Namun banyak juga aplikasi edit foto selain photoshop yang bisa anda gunakan, apabila belum punya aplikasi photoshop yang berbayar.

Jangan pernah mendownload secara ilegal untuk bisnis, misalnya download versi crack dari internet. Termasuk juga jasa lainnya seperti menggunakan aplikasi yang seharusnya bayar semacam untuk menulis (ms office word) atau pembuatan dan edit film. Intinya gunakan jika memang itu legal.

3. Buat film dan video

bisnis online untuk mahasiswa

Bisnis online untuk mahasiswa yang satu ini memang menjadi trend tersendiri untuk saat ini, misalnya membuat film atau video unik maupun video klip lalu di upload di youtube. Kalau ramai dan banyak yang menjadi pelanggan kita maka secara tidak langsung akan memberikan dampak terhadap penghasilan beberapa saat kemudian.

Kalau tidak, anda bisa buat film sendiri dengan berkerja sama dengan teman anda. Karena main film tentunya butuh narator, produser, kameramen, dan yang paling penting aktor. Dari sini anda bisa membuat suatu film dengan genre yang bisa anda tentukan dahulu berdasarkan kesepakatan team. Misalnya action, comedy, romansa ataupun horor.

Teman saya ada juga yang masih sekolah lalu membuat film dengan genre action, seperti berkelahi antar sesama teman sekolah, sehingga hal ini menjadi viral dan diketahui semua warga sekolah. Nah dari sinilah anda bisa membuat film yang mungkin bisa berlokasi di kampus ataupun dengan tema anak kampus. Lalu di jual dalam bentuk DVD, pasti laris.

Namun anda butuh kerja sama dan kekompakan yang besar, jangan karena masalah sepele saja team nya jadi bubar dan berantakan kemana mana. Usahakan anda mengutamakan team daripada memilih keuntungan untuk dirinya sendiri.

Mungkin ini akan sedikit terganggu dengan berbagai hal yang berkaitan dengan peralatan bukan? Nah jika dalam satu team anda memang gak ada yang punya berbagai perlatan seperti kamera. Bisa anda sewa ke jasa yang menyewakan, atau bisa juga menyewa pada teman kampus yang memang memilikinya. Nah dari situ bisa lebih hemat daripada harus beli kan?

Buat video dengan durasi yang ideal

Durasi pembuatan film juga gak perlu panjang panjang, antara 40-60 menit saja sudah cukup kok. Karena semakin bagus adegan dan mendalam banget kesannya itu pembuatannya butuh waktu yang sangat panjang. Mungkin anda belum bisa membuat berbagai efek dan manipulasi dalam film seperti halnya manipulasi film “transformers” atau yang lebih heboh seperti manipulasi pada film “2012”.

Jadi kalau belum pandai dalam manipulasi, maka anda bisa saja mengandalkan penekanan pada beberapa adegan. Misalnya saat emosi bisa setidaknya membuat penonton ikut emosi, atau saat adegan lucu sebisa mungkin buat si penonton ikut tertawa. Memang ini adalah berbagai seni dalam dunia perfilman, anda bisa berlatih lebih saat dalam pembuatannya nanti.

Referensi lainTips Membuat Video Youtube yang Disukai Pengunjung

4. Jualan artikel for Blog

bisnis online untuk mahasiswa

Saya amati bisnis online untuk mahasiswa yang satu ini semakin menjamur. Beberapa orang memang memanfaatkan para blogger untuk membeli jasa yang ditawarkannya. Ada yang jual mahal dan standard, misalnya satu artikel 10 ribu untuk 400 kata ada juga yang jual untuk artikel 400 kata seharga 15 ribu keatas. Ini tergantung dari seberapa baik tulisan yang dibuat dan berdasarkan pengalaman yang telah dilakoni.

Bisnis online untuk mahasiswa ini tergolong mudah dan tanpa banyak modal dan uang bisa langsung didapat. Berbeda dengan blogger yang saat ini mengeluarkan modal, namun entah kapan itu bisa dapat uangnya. Karena blog merupakan sebagai sarana investasi yang menguntungkan tapi hasilnya tidak bisa dipastikan kapan hasilnya.

Namun bagi anda yang ingin menekuninya, harus siap lembur karena kadang pesanan bisa banyak dan bisa sedikit. Lalu banyak juga orang yang tidak sabaran sehingga harus bisa mengatasi hal ini dengan sebaik baiknya.

Jangan sampai ganggu waktu kuliah

Intinya jangan sampai waktu antara tugas kuliah dan ini menjadi berantakan ya. Kalau kapasitas alias kemampuan yang anda miliki dalam menulis sehari hanya 5 artikel, jangan sampai melebihi itu. Kalau ada yang pesan di hari itu juga maka tolak saja dengan bijak, karena ini lebih baik. Daripada mereka nanti kecewa dengan pelayanan dan memberikan fedback negatif.

Selain jasa artikel, coba bisa anda gunakan jasa update blog misal sehari 3 artikel untuk satu orang, jadi kalau bisa sehari 6 artikel untuk 2 orang yang berlangganan artikel. Namun harga langganan ini setidaknya harus bisa lebih murah daripada harga eceran. Misalnya sehari 3 artikel sebulan bisa kalian kasih 800 ribu kalau 1 artikelnya dihargai 10000. Jadi untuk dua orang saja, 1,6 juta saja sebulan bisa. Ini bisa menjadi tambahan uang jajan yang memang menggiurkan.

Namun kendalanya yang harus dihadapi adalah rasa malas dan ide. Kedua ini memang sering menjadi pengganggu yang sangat sangat susah untuk dilawan. Biasanya keduanya muncul sebelum memulai kegiatan menulis, namun setelah mencoba menulis satu dua paragraf sebenarnya rasa malas itu akan sirna seketika. Dan ide pun bisa datang begitu banyak saat artikel yang ditulisnya memang sudah ada gambaran di pikiran.

Bagaimanapun juga, selalu memberikan apa yang diinginkan pelanggan juga harus diutamakan. Misalnya setidaknya tahu akan hal hal yang berkaitan dengan SEO onpage itu seperti apa dan bagaimana cara menulis artikel yang baik, benar dan human friendly. Jadi setidaknya anda mempelajari ini terlebih dahulu sebelum masuk ke dunia jasa tulis artikel.

Referensi lain : Tips Membuat Artikel yang Human Friendly dengan Mudah

5. Jasa riset keyword

bisnis online untuk mahasiswa

Bagi yang sudah pro soal SEO, pasti tahu deh bahwa untuk adsense itu ada istilah yang biasa di sebut dengan HPK (High Paying Keyword) nah anda bisa menggunakan ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan uang. Karena bagaimanapun juga banyak yang membutuhkan ini, terutama mereka para blogger yang kurang punya waktu tersendiri untuk meriset keyword.

Di dunia blogger banyak juga yang sudah menggunakan teknik ini untuk mendapatkan pundi pundi uang loh, biasanya mereka menjual untuk 1 keyword dengan kisaran harga antara 1-3dollar. Kan menguntungkan bukan?

Namun jika anda ingin menekuni bisnis ini, maka sebaiknya perlu membeli tools berbayar seperti market samurai ataupun menggunakan semrush pro. Kedua tools ini cukup efektif untuk digunakan dalam meriset keyword, iya sih kalian bisa menggunakan GKP atau google keyword planner. Namun ini akan sedikit merepotkan dalam setting nya, daripada menggunakan dua tools diatas yang lebih simple.

Biasanya yang suka memesan adalah para master blogger, yang mana mereka sering menginvestasikan blog dalam jumlah banyak. Jadi mereka sering memilih untuk memesan HPK dari orang daripada nggak punya waktu untuk meriset sendiri.

Nah yang perlu kalian perhatikan, dalam memberikan kepada pengguna jasa harus secara transparan. Misalnya menunjukan screenshot secara langsung, sehingga terjalin kerja sama antara keduanya. Dan tentunya anda harus tanya tanya dulu apa saja yang mereka inginkan dalam hal riset keyword.

Kalian bisa menjual jasa ini dari website pribadi atau beberengan dengan jasa nomor 4 di atas, yaitu jasa pembuatan artikel. Jadi kalau ada yang memesan artikel tanyakan dulu apakah mau sekalian untuk menggunakan jasa dari anda yang satu ini. Kalau mau maka ada biaya tambahan misalnya 50 ribu per 10-20 artikel. Ini setidaknya bisa menjadi tambahan penghasilan bagi anda para mahasiswa.

6. Jasa pembuatan karakter animasi

Ini bisa menjadi penghasilan yang memuaskan, karena bagaimapun juga ini ada yang butuh team. Jadi kalau anda bisa mengerjakan sendiri ya butuh banyak perjuangan.

Berdasarkan orang yang sudah sering menangani dalam bidang ini, pasaran mereka bukanlah di indonesia, namun yang memesan adalah perusahaan dari luar. Dan untuk 1 karakter animasi (anime) ini seringnya dihargai dengan harga antara 50 – 500 dollar amerika, itu tergantung dari kerumitannya. Semakin sulit ya semakin mahal.

Dari team yang terdiri dari 4 orang ini seminggu bisa menghasilkan 3-4 karya dan dalam sebulan bisa sampai 20 an juta. Jadi kalau di bagi rata satu orang ya 5 jutaan.

Namun bisnis online untuk mahasiswa yang satu ini belum familiar, selain karena butuh ketrampilan khusus, untuk mendapatkan pelanggan bisnis tersebut sangat sulit. Mereka butuh nama yang sedikit populer sebelum bisa mendapatkan banyak pesanan.

Demikianlah beberapa jenis bisnis online untuk mahasiswa seperti anda semuanya, sukses atau tidaknya itu tergantung seberapa keberanian yang anda miliki, yaitu keberanian saat menghadapi kegagalan, dan juga keberanian untuk memulainya. Karena mereka yang sukses itu selalu berani memulai dan berani melangkahkan kakinya walau tahu di depannya itu ada resiko yang besar.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semuanya, jangan lupa selalu kunjungi blog klikmania, dan jika berkenan share artikel ini juga ya.



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *