Peluang usaha

Bisnis Studio Foto dengan Modal Rp 12,5 Juta ? BISA, Ini Cara Mudah untuk Memulainya

Bisnis studio foto menjadi semakin laris manis pada saat ini. Penyebabnya tidak lain karena banyaknya permintaan masyarakat untuk mengabadikan momen mereka. Momen-momen seperti pernikahan, prewedding, wisuda, dan kelahiran anak menjadi pasar tersendiri bagi pemilik bisnis studio foto.

Ditambah lagi dengan keberadaan media sosial seperti Instagram yang seolah menjadi tempat untuk memamerkan foto terbaik dari para pemiliknya.

Melihat pertumbuhan trend yang terus mengalami peningkatan menjadikan peluang bisnis studio foto sangat menggiurkan untuk dijalankan.

Namun, selanjutnya muncul pertanyaan dari para penggiat fotografi,

Bagaimana cara memulai bisnis studio foto jika kita memiliki dana yang terbatas ?

bisnis studio foto

Pertanyaan diatas seolah menjadi sebuah hambatan bagi kita untuk memulai sebuah usaha. Apalagi sebagai penggiat fotografi kita telah memiliki passion dalam usaha ini. Jadi, apa yang harus dilakukan.

Ada banyak sekali cara alternatif yang bisa kalian lakukan untuk memulai bisnis fotografi bahkan dengan modal yang minim.

Untuk mengulasnya mari kita simak cara memulai bisnis fotografi berikut ini, meskipun dengan modal yang sangat terbatas.

Persiapaan Bisnis

Kamera

Memiliki kamera merupakan hal yang vital untuk memulai sebuah bisnis studio foto. Anda sebagai pebisnis pemula tidak harus mengeluarkan kocek yang dalam untuk membeli kamera yang sangat mahal. Dana atau budget sebesar 3 juta rupiah, anda sudah bisa mendapatkan sebuah kamera DSLR second dipasaran.

Tenang saja, kamera second bukanlah oenghalang bagi anda untuk memulai bisnis ini. Kamera DSLR merupakan kamera yang berkualitas walaupun telah termakan usia dan kondisi yang second.

Pilihlah kamera yang terbaik dengan membandingkan harga dan kualitas yang ditawarkan masing-masing produk. Jika anda mendapatkan kamera yang berkualitas yang lebih tinggi dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh, maka pilihlah kamera tersebut sebagai modal awal anda.

Lampu-Lampu

Pengusaha dengan modal yang terbatas harus mencari berbagai alternatif terbaik dalam memulai usaha yang dirintis. Lampu merupakan penyokong dalam bisnis studio foto agar hasilnya memuaskan para pelanggan anda.

Lengkapi studio foto anda dengan lampu standar yang bisa menopang anda untuk menjalankan bisnis. Anda bisa menggunakan satu lampu studio dan satu buah flash untuk permulaan.

Pilihlah flash external yang diproduksi oleh Cina, karena produk ini menawarkan harga yang sangat miring dipasaran. Selanjutnya pilihlah sebuah Umbrella reflextor untuk dipasangkan di depan lampu yang berguna untuk menghaluskan cahaya. Umbrella reflextor tidaklah terlalu mahal dipasaran, karena anda bisa mendapatkannya hanya dengan harga 100 ribuan.

Tambahkan pula sebuah Lightstand di dalam studio foto anda. Lightstand akan berguna untuk menopang lampu yang anda miliki.

Perangkat diatas merupakan peralatan standar yang bisa anda penuhi untuk memulai bisnis studio foto anda. Namun dengan semakin berjalannya usaha yang anda jalankan, anda bisa melakukan upgrade terhadap perangkat yang ada.

Anda selanjutnya bisa melangkapi studio foto dengan lampu-lampu terbaik seperti first party. Walaupun harganya sangat mahal, hal tersebut bukanlah menjadi masalah jika kualitas terbaik yang anda ingin dapatkan.

Tambahkan pula softbox sebagai pengganti Umbrella reflextor untuk mendapatkan kualitas cahaya yang lebih baik. Semakin baik peralatan yang anda gunakan akan semakin baik pula kualitas foto yang dihasilkan studio foto anda.

Komputer

Komputer sangat anda perlukan untuk menjalankan bisnis studio foto. Komputer anda perlukan untuk melakukan proses editing terhadap foto para pelanggan anda.

Anda tidak perlu memiliki komputer dengan spesifikasi yang sangat tinggi untuk memulai bisnis ini. Komputer spesifikasi standar sudah bisa membantu anda menjalankan program Adobe Photoshop versi CS3.

Namun, bagaimana dengan kebutuhan akan peralatan cetak ?

Anda memang memerlukannya, namun pada tahap awal usaha anda bisa bekerja sama dengan pemilik studio besar yang telah memiliki mesin lab dan kelangkapan alat cetak foto.

Barulah dengan semakin berkembangnya usaha, anda bisa mulai melangkapi kelangkapan peralatan cetak didalam studio foto anda.

Latar Foto

Perlengkapan selanjutnya yang anda butuhkan untuk menyokong bisnis studio foto anda adalah latar foto atau background foto.

Background foto yang anda perlukan untuk pertama kali adalah latar berwarna merah, putih, dan biru. Ketiga warna ini anda perlukan ketika ada pelanggan yang ingin melakukan pas foto di dalam studio foto anda. Ketika ada kelebihan dana, anda bisa menambahkan warna-warna lain yang abstrak untuk keperluan foto yang lain.

Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa ketiga jenis warna yang disebutkan diatas telah anda penuhi sebelum menggunakan warna yang lain.

Tempat Anda Menjalankan Bisnis

Ingatlah diawal bahwa anda sedang merintis bisnis studio foto bukan bisnis foto panggilan. Jadi tempat usaha sangat anda perlukan untuk memulai usaha ini. Kebutuhan akan ruangan sangat anda perlukan untuk menopang berbagai kegiatan usaha anda.

Didalam usaha studio foto, anda paling tidak memerlukan satu ruangan untuk kebutuhan pemotretan dan ruangan untuk melayani pelanggan anda merangkap ruangan tempat untuk memajang berbagai barang yang anda jual sebagai tambahan.

Dengan semakin berkembangnya bisnis, anda bisa menambahkan beberapa ruangan didalam bisnis anda. Anda bisa menambahkan tambahan ruangan pemotretan sehingga para pelanggan tidak perlu mengantri untuk difoto. Kemudian menambahkan ruangan untuk mengganti pakaian dan berhias sebelum pelanggan melakukan sesi pemotretan. Bisa juga anda tambahkan dengan ruangan yang khusus bagi beberapa pegawai yang melakukan kegiatan administrasi usaha anda.

Buatlah tempat usaha anda senyaman dan semenarik mungkin dimata para pelanggan. Berikan mereka tempat duduk yang nyaman dengan ventilasi udara yang baik. Anda bisa juga menambahkan kipas angin untuk para pelanggan anda yang sedang menunggu.

Perhatikan pula daya tarik tempat usaha anda seperti penataan ruangan yang rapi, bersih, dan elegan. Daya tarik tempat usaha akan memberikan imej positif terhadap para pelanggan anda.

Berkenaan dengan tempat usaha, anda sebagai pelaku bisnis harus menempatkan bisnis anda ditempat yang mudah terlihat oleh banyak pelanggan. Sebagai contohnya anda bisa menyewa ruko di pinggir jalan yang sering dilalui oleh banyak orang.

Lokasi yang mudah dilihat akan membuat para pelanggan mudah untuk menemukan studio foto yang anda jalankan. Pastikan pula lokasi usaha anda berada dekat dengan pemukiman penduduk. Lokasi yang dekat dengan pemukiman penduduk akan memudahkan para pelanggan untuk menuju studio foto anda.

Kedekatan dengan pemukiman penduduk hanya diperlukan untuk awal usaha studio foto. Hal ini dikarenakan dengan semakin besar dan terkenalnya nama studio foto anda. Para pelanggan akan rela pergi jauh  ke tempat anda hanya untuk mendapatkan jasa yang diberikan.

Tips Menjalankan Bisnis Studio Foto

Lakukanlah Promosi

Melakukan promosi memiliki tujuan agar usaha yang anda jalankan semakin banyak dikenal oleh masyarakat. Tujuannya dengan semakin dikenalnya bisnis studio foto anda akan semakin banyak pula pelanggan yang berdatangan menggunakan jasa yang anda tawarkan.

Dikarenakan usaha studio foto yang anda tawarkan masih terbilang minim pendanaan, maka anda harus bisa memutar otak dalam melakukan promosi usaha.

Cara promosi yang bisa anda tempuh dan terbukti cukup ampuh untuk menarik pelanggan baru adalah dengan menyebarkan spanduk promosi ke tempat-tempat keramaian. Buatlah spanduk tersebut semenarik mungkin agar calon pelanggan anda penasaran dan ingin mencoba jasa fotografi yang ditawarkan.

Lakukankan pula pendekatan kepada para teman yang anda kenal untuk menggunkan jasa fotografi yang anda miliki. Kedekatan pertemanan biasanya menjadi faktor seseorang bersedia menggunakan jasa yang anda tawarkan. Perbanyaklah jaringan pertemanan anda dan lakukan pendekatan sebanyak-banyaknya. Cara ini tidak memakan biaya sama sekali, jadi lakukanlah untuk berkembangnya usaha yang anda jalani.

Skill yang Diperlukan dalam Bisnis

Pada tahap awal merintis bisnis, sebagian besar pekerjaan biasanya anda lakukan sendiri karena anda belum mampu membayar orang lain untuk bekerja dengan anda. Sehingga aktivitas pemotretan para pelanggan akan anda lakukan sendiri pada awalnya. Oleh karena inilah anda memerlukan skill fotografi yang baik sebelum memulai usaha ini.

Seorang fotografer harus memahami apa yang disebut dengan Triangle Photography atau segitiga fotografi. Triangle Photography merupakan tiga elemen yang wajib anda pahami meliputi Shutter speed, Aperature, dan ISO.

Pertama shutter speed yang merupakan kecepatan untuk membuka dan menutup tirai kamera. Memahami shutter speed akan membantu anda memahami hasil kamera yang blur. Elemen yang kedua adalah Aperature yang bisa anda buka melebar dan mengecil. Pengetahuan akan hal ini membantu untuk mengatur pengambilan gambar yang pas terhadap objek foto yang anda tangkap.

Faktor yang terakhir adalah ISO yang merupakan tingkat kepekaan sensor sebuah kamera. Hasil gambar sangat berkaitan erat dengan tingkat kepekaan sensor kamera.

Pelajari pula berbagai macam teknik fotografi lewat berbagai macam buku dan video. Anda bisa menonton banyak video tutorial yang tersebar di Youtube. Tutorial seperti Youtube merupakan media gratis yang bisa anda manfaatkan sebesar-besarnya untuk mendukung berkembangnya skill fotografi anda.

Semakin banyak anda mengasah kemampuan fotografi akan semakin baik pula hasil foto anda.

Milikilah passion atau gairah dalam bisnis fotografi. Passion adalah sesuatu hal yang anda suka untuk melakukannya, sehingga anda akan terus menerus melakukannya meskipun hasil belum nampak didepan mata.

Passion sangatlah diperlukan dalam tahap awal memulai usaha karena pada tahap awal sering kali hasil yang anda inginkan belum terlihat. Pasiion inilah yang akan mempertahankan anda untuk secara konsisten melakukan usaha yang telah anda rintis.

Harga yang Bersaing

Harga jasa yang anda tawarkan harus memiliki berbagai pertimbangan didalamnya. Salah satu pertimbangan yang harus anda pikirkan adalah biaya yang anda keluarkan untuk melakukan jasa tersebut.

Pada tahap awal jangan pernah menentukan tarif berdasarkan harga jasa dipasaran. Hal ini dikarenakan banyak dari masyarakat yang belum mengetahui kualitas layanan yang diberikan oleh anda.

Gunakanlah pendekatan biaya, pastikan harga yang anda tetapkan mampu menutupi biaya yang anda keluarkan dan sedikit memberi keuntungan dari jasa yang telah anda lakukan.

Anda bisa menginformasikan kepada pelanggan dengan menuliskan daftar harga jasa di katalog yang telah anda buat. Rincian harga tersebut tentu akan memudahkan para pelanggan untuk mempertimbangkan untuk menggunakan jasa fotografi yang anda tawarkan.

Jika anda juga menjual berbagai macam barang seperti frame, aksesoris kamera, album foto. Anda bisa membuat label harga dan diletakkan berdekatan dengan barang yang dijual. Cara seperti ini akan memudahkan para pelanggan anda sehingga mereka tidak perlu repot bertanya dengan anda selaku pemilik.

SDM yang Terampil

Semakin berkembangnya bisnis studio foto yang anda rintis akan semakin banyak pula bantuan tenaga kerja yang anda perlukan. Untuk menjamin berkembangnya usaha anda dimasa depan, maka anda harus memiliki SDM yang terampil yang memiliki kualitas yang baik.

Tenaga kerja yang anda perlukan untuk mendukung kesuksesan usaha meliputi fotografer, editor foto, administrasi kantor, penata rias, dan staf frontliner yang akan melayani pelanggan anda.

Carilah fotografer yang menguasai keterampilan fotografi dan teknik-teknik fotografi. Para fotografer juga harus memahami pengaturan cahaya agar hasil foto baik dan mampu menata gaya objek foto agar hasil foto yang mereka hasilkan memuaskan para pelanggan anda.

Kemudian untuk staf editor foto, anda harus menemukan talenta yang memahami teknik editing foto dengan baik. Editor foto harus memahami cara penggunaan software editing dan memiliki daya kreativitas yang tinggi.

Staff frontliner merupakan garda depan pelayanan para pelanggan. Mereka yang akan pertama kali melayani para pelanggan saat datang ke studio foto yang anda miliki. Carilah staff frontliner yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ramah melayani pelanggan, dan murah senyum. Ketiga ciri tersebut merupakan kriteria minimum yang harus dimiliki para staaf frontliner agar mereka mampu melayani pelanggan degan optimal.

Kualitas Foto yang Ditawarkan

Hal terpenting dari bisnis studio foto adalah anda mampu memberikan kualitas foto terbaik kepada para pelanggan anda. Kualitas foto merupakan gabungan dari keterampilan fotografi yang baik dari para fotografer dan kemampuan editing dari staff editor foto.

Maka dari itu anda harus jeli melihat talenta-talenta terbaik yang akan mendukung berjalannya bisnis yang anda rintis.

Sempatkan diri anda untuk terjung langsung mengawasi mereka bekerja. Lakukan evaluasi segera jika anda melihat hasil yang kurang memuaskan dari pekerjaan yang mereka lakukan.

Lakukan pula pelatihan fotografi dan editing kepada para pegawai anda agar mereka memiliki kualitas yang lebih baik lagi untuk mendukung anda menjalankan bisnis.

Jika anda telah melakukan perbaikan terhadap kedua staff ini, maka dapat dipastikan hasil foto para pelanggan akan memuaskan. Hasil foto yang memuaskan pasti akan membawa pelanggan untuk kembali datang menggunakan jasa studio foto yang anda tawarkan.

Analisa Modal yang Anda Butuhkan untuk Memulai Bisnis

Investasi Modal Awal

Anda membutuhkan satu set komputer untuk mendukung anda melakukan editing foto, biaya yang anda perlukan Rp 4.000.000

– Kamera DSLR Second untuk mendukung aktivitas bisnis seharga Rp 3.500.000

-Printer untuk melakukan cetak foto seharga Rp 2.500.000

– 1 buah Lampu ditambah Umbrella Reflextor dan 1 buah flash seharga Rp 2.000.000

– Background foto seharga Rp 500.000

Total Investasi Awal sebesar Rp 12.500.000

Dengan modal sebesar Rp 12.500.000 anda sudah dapat menjadi seorang pengusaha pada bisnis studio foto. Modal sebesar itu termasuk kecil mengingat besarnya potensi keuntungan yang akan anda dapatkan dari usaha yang akan anda jalani tersebut.

Anda bisa meraup untung yang besar dari para pelanggan anda yang membutuhkan jasa pas foto, foto wisuda, foto keluarga, foto pernikahan, dan juga cetak foto.

Tunggu apa lagi, segeralah melakukan aksi dan jadilah pengusaha.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

8 Comments

  1. Saya setuju sih dengan rincian modal yang ada pada artikel ini untuk membuat sebuah studio foto rumahan. Memang dengan modal tersebut sebetulnya masih kurang dan akan kalah saing dengan studio lain, yang paling penting memang punya relasi saja.

  2. cara mudah gundulmu… estimasi sewa tahunan tempat, biaya pajak, bikin siup, npwp, akta notaris.. emng usaha jualan pecel apa..
    bikin postingan yo jangan asal toh.

    1. Gak perlu sewa tempat. . .saya pake ruang tamu juga bisa. . .dan surat” itu saya rasa juga belum perlu karena masih tahap” awal. . .

      Saya udah 6 bulan usaha bisnis foto studio dengan modal kira” seperti yang disebutkan artikel ini. . .hasil nya perbulan lumayan diatas UMK sekarang bahkan pernah 1 bulan dapet 8,7jt. . .itu pada bulan ke 5 setelah buka foto studio. . .

  3. Estimasi anggaran buat tempat juga perlu gan. . .& tempat yang strategis itu biasanya perlu nyewa. . .kalo dirumah pribadi tentunya juga susah om. . .saya juga fotografer soalnya hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close