Memulai Bisnis Tanpa Modal Melalui Social Media

Bisnis Tanpa Modal dengan social media – Anak-anak muda jaman sekarang pasti tahu apa itu social media. Social media adalah suatu alat atau aplikasi yang dapat digunakan oleh user dengan tujuan ber ‘sosial’.

Tapi tahukah anda dibalik fungsi social media sebagai alat bersosial ternyata bisa menghasilkan uang dengan menjalankan bisnis tanpa modal? Serius? IYA! Daripada semangkin penasaran mari kita simak postingan ini.

Memanfaatkan popularitas social media

Social media, terdiri dari banyak  sempat booming di jaman saya SD. Apalagi kalau bukan Facebook. Social media yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini berhasil mengambil perhatian jutaan rakyat dunia.

Apalagi popularitas Facebook semangkin diminati setelah memberikan fitur permainan. Saya juga pernah menjadi korban permainan facebook. Karena menurut saya sendiri game yang disediakan facebook sangatlah menarik perhatian user.

Namun kali ini saya tidak mau membahas mengenai seberapa populer facebook. Atau seberapa banyak populasi alay yang ada di facebook. Tidak! Karena social media tidak hanya facebook. Melainkan masih banyak lagi.

Yup! Masih banyak, seperti instagram, line, whatsapp, dll. Pertanyaannya apakah dari semua social media tersebut dapat menghasilkan uang. Jika ingin dipukul rata jelas saya mengatakan iya.

bisnis tanpa modal

Loading...

Namun jika ditanya, apakah semua aplikasi social media dapat menghasilkan uang dari fitur mereka? Jawabannya jelas tidak. Karena setiap social media memiliki peran dan fungsi masing-masing.

Memilih fitur social media untuk menjalankan bisnis tanpa modal

Ada social media yang benar-benar fokus ke arah chatting. Namun ada juga social media yang berfokus pada chatting dan entertainting. So jika ditanya seperti itu jelas jawabannya tidak.

Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah “kak terus bagaimana cara mendapatkan uang dari fitur yang ada di social media tersebut.”

Oke mari kita bahas. Yang dimaksud fitur adalah kegunaan social media tersebut. Seperti contohnya instagram. Di instagram para user dapat mengupload foto, video. Karena social media ini hanya terfokus ke dua hal tersebut.

Berbeda dengan aplikasi chatting line, dimana aplikasi ini selain dapat digunakan untuk chatting. Aplikasi ini juga memiliki fitur timeline yang berisi status, informasi yang berfungsi untuk entertaint dan juga mengedukasi.

Terus cara memulai bisnisnya bagaimana?

Apakah saya butuh modal yang besar untuk memulai bisnis ini? Jelas tidak.

Jika kalian membuka usaha online shop di instagram dan berperan sebagai dropshipper yang membutuhkan sedikit biaya, mungkin kalian bakal mengeluarkan modal.

Tapi pernahkah kalian melihat akun instagram yang berisi tentang hiburan (komedi) seperti yang terkenal @dagelan yang sudah memiliki banyak sekali followers, atau @indovidgram? Atau mungkin beberapa akun instagram yang tidak membawa merk alias berdiri sendiri dengan nama mereka?

bisnis tanpa modal

Namun tidak semua akun yang berisi hiburan memiliki fitur komersil. Ada juga yang memang benar-benar tidak memiliki sistem iklan.

Jenis usaha yang dijalankan melalui social media

Sekarang mungkin sebagian dari pembaca mulai mengerti apa yang saya maksudkan dengan usaha tersebut. Ada yang sudah paham? Jika belum akan saya jelaskan.

Jadi jenis usaha yang kita butuhkan adalah jenis usaha yang menggunakan sistem komunitas, atau hobi. Kalian bisa membuat akun komedi, yang berisi gambar-gambar atau video lucu. Tingkatkan terus followers anda.

Dengan semangkin banyaknya followers otomatis konten yang anda upload akan mendapat perhatian yang banyak. Ini lah yang kita manfaatkan sebagai space untuk memasukkan iklan. Kalian bisa membuka paid promote untuk barang-barang yang ingin di promosikan.

Bisnis yang lumayan bukan, hanya bermodalkan bermain social media. Anda sudah bisa mendapatkan rupiah untuk dijadikan modal usaha didunia nyata.

Namun permasalahan terbesar dari hal ini bagaimana cara saya mendapatkan followers yang banyak? Saya tidak menyarankan anda memakai auto followers. Kecuali ada yang menjual jasa auto followers yang active user.

Namun kembali lagi… disini kita akan memulai usaha bisnis tanpa modal

Jika anda mengeluarkan uang untuk membeli followers sama saja anda sudah mengeluarkan uang untuk modal awal anda.

Terus bagaimana cara membangun akun anda dari awal, sehingga anda dapat mengembangkan followers anda? Dengan cara memention akun-akun hiburan yang gede seperti dagelan tadi.

Dengan harapan akun anda akan direpost karyanya. Darisitulah anda dapat menghasilkan followers. Jika anda pandai dalam besosialisasi. Anda dapat bekerjasama dengan admin yang mempunyai akun hiburan seperti anda.

Tapi harus pandailah memilih akun tujuan. Jangan sampai akun yang dituju juga memiliki followers yang sedikit. Percuma saja kan jadinya. Ngapain juga ya? Makanya pandai-pandailah dalam memilih akun tujuan.

Alternatif selain Instagram

Selain dari instagram kalian juga bisa membulai bisnis ini melalui line, line disini harus menggunakan line @ dimana nantinya akun kalian akan bersifat official account.

Beberapa official akun line selalu membuka promote, seperti akun official youtubers yang akan membuka paid promote untuk orang-orang yang ingin mempromosikan akunnya ke publik.

Harga promosi juga dibandrol lumayan mahal Rp.50.000 untuk beberapakali postingan (3 kali kalau nggak salah) lumayan kan? Jika Rp.50.000 diikalikan 10 orang yang ingin promote dalam jangka waktu seminggu? Hitung saja berapa uang yang didapat dalam jangka waktu sebulan.

Baca ini juga ya : Template Classic VS Template Modern! Pentingan yang mana?

So? Apakah kalian tertarik berbisnis di dunia social media? Selamat mencoba!

-RJ-


Loading...

Bagikan

Penulis

Richard Goodboy
Richard Goodboy
Mahasiswa yang hobi menulis 🙂

Find me:
Instagram : Chardsonz

Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya 🙂
Youtube : Youtube.com/chardsonz
Richard Goodboy

Penulis

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *