Bisnis Untuk Anak Sekolahan

Berbagai Bisnis Untuk Anak Sekolahan ini Bisa untuk Uang Tambahan

Anak sekolahan mungkin identik dengan banyaknya PR (pekerjaan rumah) dan berbagai tugas numpuk yang lainnya. Namun taukah kamu bahwa ternyata anak sekolahan juga bisa berbisnis. Dan tentunya ada banyak bisnis untuk anak sekolahan yang mungkin cocok untuk kamu.

Lalu Apa Saja Bisnis Untuk Anak Sekolahan yang Cocok?

Ada banyak sebenarnya bisnis yang cocok untuk anak sekolahan, namun yang perlu kamu garis bawahi adalah, apapun bisnis yang kamu pilih, tetaplah cari bisnis yang halal dan yang tidak menganggu pekerjaan utama kamu sebagai seorang pelajar, seorang anak, dan seorang hamba Allah.

Karena dari pengalaman yang ada, seseorang remaja (yang masih duduk di bangku sekolah) kemudian dia mahir dalam berbisnis, dia kemungkinan besar akan melalaikan tugas-tugasnya sebagai pelajar

Alhasil PR dan tugas-tugas pun menumpuk, disuruh orang tua nggak mau karena kesibukan ngurusin bisnis, bahkan sholat ditinggalkan karena sibuk ngurusin client. No, sebaiknya jangan seperti itu.

Baik, mari langsung saja kita bahas, ini dia berbagai macam bisnis untuk anak sekolahan.

1. Berjualan Pulsa

Bisnis Untuk Anak Sekolahan

Pertama adalah berjualan pulsa. Walau terdengar kurang elite, namun memang menurut saya bisnis yang satu ini cocok untuk anak sekolahan. Kenapa? Mari kita lihat alasannya.

a. Karena Mudah

Berjualan pulsa menurut saya sangat mudah, kita hanya berbekal handphone untuk menjajakan pulsa. Bayangkan sob, kamu hanya pencet nominal, kemudian nomor pembeli, lalu kode, dah gitu aja, terus kamu dapat rejeki InsyaAllah.

Loading...

Maka dari itu berjualan pulsa merupakan solusi pertama bagi para anak sekolahan yang ingin memulai berbisnis.

b. Modal yang Murah

Ya benar, modal untuk berjualan pulsa yang saya tau hanyalah 100 ribu rupiah. Kemudian nantinya mungkin akan diberitahu oleh pusat tentang harga pulsanya, misal harga pulsa 5 ribunya adalah 5.500 rupiah, maka kamu bisa menjualnya menjadi 6.500 rupiah.

c. Tidak Mengganggu

Dengan berjualan pulsa, InsyaAllah semua waktu yang kamu punya dapat terorganisir, mulai dari waktu untuk beribadah, waktu untuk sosial, dan waktu untuk sekolah. Intinya tinggal kamunya saja yang pintar-pintar mengatur waktu.

Baca : Bisnis Pulsa ELektrik : Mudahnya Isi Pulsa Sendiri dan Keluarga di Rumah

Tapi, Jualan Pulsa kan Untungnya Sedikit, Kapan Kaya?

Inilah dilema yang pernah saya alami pertama kali ketika berbisnis, terkadang saya berpikir, “kalau untungnya segini aja, bisa gak yah buat beli itu?” Sob, yuk mari kita cermati lebih dalam. Yang ngasih rejeki ke kita siapa? Tentunya Allah, namun tentunya kita perlu berusaha untuk mendapat rejeki itu.

Nah, berjualan pulsa merupakan salah satu usaha kita untuk mendapatkan rejeki dari Allah. Bahkan kalau memang rejeki kita di hari ini 1 milyar dari hasil penjualan pulsa pasti itu akan terjadi kalau Allah sudah berkehendak.

Intinya adalah, doa – usaha/action – tawakal, itulah prinsip yang harus diterapkan bagi para pebisnis.

2. Menjadi Blogger

Bisnis Untuk Anak Sekolahan

Bisnis yang satu ini cukup menarik untuk dilirik para pelajar, mengapa? Karena bisnis yang satu ini sangat bagus karena cocok untuk para pelajar.

Untuk menjadi blogger sangat simpel, modal kamu hanyalah kuota internet. Kemudian kamu dapat membuat blog, mulai menulis, dan mempublikasikan.

Lalu dapat rejekinya dari mana?

Banyak sekarang metode yang diterapkan oleh para blogger untuk mendapatkan rejeki dari pekerjaannya tersebut. Nah pada bagian ini mari kita simak bagaimana cara blogger mendapatkan uang dari blognya.

a. Iklan

Mungkin iklan merupakan sumber penghasilan yang banyak dipilih oleh para blogger di Indonesia. Dan Alhamdulilah, sekarang sudah banyak media-media yang mempertemukan antara publisher (pemilik blog) dengan advertiser (pemilik iklan).

Sebut saja Google Adsense, media tersebut merupakan media yang mungkin sangat digandrungi oleh para blogger. Kamu bisa mendaftar Google Adsense agar dapat mendapatkan penghasilan dari blog kamu.

Dan untungnya di Klik Mania sudah banyak tutorial atau artikel-artikel tentang Google Adsense yang dapat kamu pelajari.

Namun yang perlu kamu perhatikan bahwa kamu harus teliti di setiap iklan Google Adsense, karena terkadang saya pernah menemui ada iklan-iklan yang berbau SARA, dan ada kemungkinan juga ada iklan yang menyalahi aturan agama maupun negara, namun untungnya ada fitur Block Ads yang dapat memblokir iklan tertentu sesuai dengan keinginan kamu.

b. Review Produk

Yang selanjutnya adalah dengan mereview produk seseorang. Menurut saya cara ini adalah bisnis untuk anak sekolahan yang unik dan juga menguntungkan.

Apabila blog kita sudah banyak pengunjungnya serta sudah bagus di mata manusia dan Google, maka kalau kita membuka jasa review produk ini maka mungkin akan laris.

Jadi skemanya seperti ini:

Kamu membuka jasa review produk, kemudian ada perusahaan yang ingin kamu mereview produknya, lalu kamu mematok harga (bisa menurut per kata, atau per produk, terserah kamu),

Setelah deal, kamu bisa langsung menulis review (yang tentunya sebelumnya si pemilik produk memberikan informasi detail tentang produknya tersebut). Setelah review jadi, maka si pemilik produk membayar kamu.

Atau terserah kamu skemanya seperti apa, yang penting tidak menyalahi aturan agama dan negara, serta tidak saling merugikan satu sama lain.

c. Menjual Produk Sendiri

Yang selanjutnya adalah dengan cara menjual produk sendiri. Misalnya kamu memiliki kemampuan lain, contohnya seperti web design, maka kamu bisa membuat karya web design kamu sendiri, kemudian kamu jual di blog kamu.

Cara ini menurut saya juga bagus sebagai bisnis untuk anak sekolahan, karena selain melatih kemahiran dalam blogging. Kita juga dapat mengasah kemampuan kita yang lain.

Yang Perlu Diperhatikan Untuk Para Blogger

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para blogger, yaitu sebagai berikut:

1. Jangan sekali-kali copas artikel milik orang lain tanpa ijin dulu. Hal ini karena saya sering temui ada dua blog yang kontennya sama persis.

2. Selalu baca dislaimer atau term of service dari blog tersebut. Contohnya Wikipedia, sekarang setau saya Wikipedia menerapkan suatu lisensi dari semua kontennya agar tidak sembarangan orang copas konten mereka.

Begitu pula para blogger lain, hendaknya sebelum kita “mengutak-atik” konten dari suatu blog, mari kita baca-baca dulu peraturan di blog tersebut.

3. Tidak curang. Curang disini dalam arti seperti melakukan jingling (suatu teknik untuk meningkatkan visitor’s secara ilegal), atau dengan spam, atau dengan cara yang lain yang tentunya menyalahi aturan agama dan negara.

4. Terlalu berlebihan dalam optimasi. Contohnya adalah ketika pemilik membuat artikel dengan menargetkan keyword “beli baju”, maka dia memperbanyak keyword “beli baju” di dalam artikelnya.

Bukan hanya itu saja, dia selalu membuat tebal (fitur text bold) keywbord tersebut, hal ini tentunya mungkin membuat para pembaca malas untuk membacanya.

3. Bisnis Dropship

Yang selanjutnya adalah dengan menjalani bisnis dropship, ini juga sangat dan merupakan bisnis untuk anak sekolahan tanpa harus punya modal.

Apa itu bisnis dropship?

Merupakan bisnis dimana kita sebagai peran utama bekerja sama dengan pemilik produk (anggap saja Toko A yang menjualan material bangunan), kemudian kita menjajakan produk si Toko A tanpa kita memiliki produk tersebut, namun kita dapat menentukan sendiri harga jualnya.

Paham?

Baik, mungkin tidak. Namun intinya, dengan bisnis ini, kita tidak perlu memiliki modal, kita hanya menjajakan produk teman kita namun kita dapat menentukan sendiri harga jualnya.

Bisnis Untuk Anak Sekolahan

Misal teman kita punya tahu petis yang akan dia jual dengan harga 5.000, kemudian karena mungkin kamu lagi gak ada duit buat beli kuota, akhirnya kamu kerja sama dengan teman kamu.

Kamu mulai ngasih tau keluarga kamu bahwa kamu menjual tahu petis dengan harga 6.000, nah kebetulan adik kamu pengin beli, maka kamu kontak si teman kamu tersebut bahwa ada yang mau beli.

Kemudian kamu transfer uangnya kepada teman kamu sebesar 5.000 rupiah, maka sisanya yaitu yang 1.000 merupakan bagian kamu.

Lalu apa saja sih toko online online yag menyediakan sistem dropship?

Banyak kok, salah satunya adalah website toko online pusatbukusunnah.com, mereka menyediakan berbagai macam buku Islami yang sangat bermanfaat untuk pendidikan.

Kesimpulan

Dari yang bisa saya simpulkan dari tulisan singkat ini adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi pebisnis saat masih duduk di bangku sekolah boleh, asal tidak menganggu waktu-waktu yang lainnya seperti beribadah, membantu orang tua, dan tugas-tugas sekolah,
  2. Bisnis apapun sebenarnya boleh, asal itu semua halal,
  3. Jangan pesimis dan gamang menyerah untuk memulai bisnis,

Jadi bagaimana? Kira-kira apa bisnis untuk anak sekolahan yang paling cocok buat kamu?

Sudah mau mulai bisnis di usia muda? Jangan lupa kalau udah dapat banyak rejeki, bagi-bagiin ke orang miskin, orang tua di umrohin, dan yang tak kalah penting, jadi orang yang shaleh selalu.

Duit” bakal ngejar kita kalau kita ngejar akhirat.

Akhir kata, kalau ada salah-salah kata yang menyinggung, saya mohon maaf, sekian.


Loading...

Bagikan

Abdullah

Penulis

Hanya seorang muslim biasa.

Komentar

    Avatar

    Dicky Ahmad

    ( - 22:39)

    Saya Sebagai seorang pelajar baru saja memulai Bisnis yang kaka tuliskan di poin kedua rumayan buat nambah uang jajan sebagai mahasiswa , dan kalo ga keberatan gimanasih cara menjadi blogger yang sukses ?

      abimanyu17

      abimanyu17

      ( - 22:38)

      Terima kasih sudah bertanya. Untuk menjadi blogger yang sukses ungkin tergantung niat dan usahanya mas Dicky 🙂
      Nanti kapan-kapan kami mungkin akan bikin artikel tentang cara jadi blogger yang sukses, Insya Allah.

      Intinya sih menurut saya, bikin konten yang positif dan bermanfaat bagi orang lain. Contohnya seperti konsultasisyariah.com mas 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *