Bitcoin Litecoin dan Dogecoin, Mata Uang yang Hadir Dalam Bentuk Virtual

Perubahan pasti akan terjadi seiring dengan perkembangan jaman, begitu pula dengan uang yang berfungsi sebagai alat transaksi dan tukar menukar yang sah. Di jaman sekarang ini, kita sudah bisa merasakan teknologi uang virtual yang diberi nama Bitcoin Litecoin dan Dogecoin.

Teknologi mata uang virtual Bitcoin Litecoin dan Dogecoin memang sudah tercipta sejak lama, bahkan beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan nama mata uang virtual ini. Meskipun teknologi tersebut sudah lama hadir, tetapi masih ada beberapa atau bahkan banyak orang yang belum mengetahui keberadaan dan fungsi mata uang virtual yang sedang populer ini.

Apa itu Bitcoin Litecoin dan Dogecoin?

Bitcoin Litecoin dan Dogecoin merupakan sebuah mata uang dalam bentuk virtual. Sedangkan dikatakan sebagai mata uang virtual dikarenakan penggunaannya. Bersifat elektronik atau tidak memiliki bentuk fisik seperti mata uang pada umumnya. Di dalam artikel ini pula akan kita akan membahas secara rinci mengenai mata uang Bitcoin, Litecoin dan Dogecoin. Agar kita dapat mengerti akan fungsi dari keberadaan mata uang tersebut.

Baca Juga : Investasi Dengan Internet, Apakah Bisa ?

bitcoin
Bitcoin coin money via https://pixabay.com

Bitcoin

Terlebih dahulu kita akan membahas mata uang virtual bernama Bitcoin. Mata uang virtual ini pertama kali diciptakan pada tahun 2009 oleh user bernama Satoshi Nakamoto. Yang belum dapat dipastikan identitas sebenarnya dari pencipta mata uang Bitcoin ini.

Seperti mata uang pada umumnya, Bitcoin memang dirancang untuk melakukan sebuah transaksi, namun dirancang secara khusus untuk bertansaksi via internet (Transaksi online). Bitcoin menggunakan sebuah database yang dapat menyebar ke beberapa node, dari sebuah jaringan P2P ke sebuah jurnal transaksi.

Bitcoin pun telah dilengkapi dengan kriptografi yang sangat rumit, untuk memastikan data-data yang berisikan mata uang tersebut tidak mudah atau tidak dapat dibobol.

Berikut merupakan keuntungan dari mata uang virtual Bitcoin :

1# Transaksi yang simple

Loading...

Jika anda memiliki bitcoin, maka anda akan dimudahkan dengan proses transaksi yang mudah, ringkas, dan sederhana (simple). Meskipun uang tersebut hanya berupa virtual, akan tetapi uang tersebut akan selalu dalam genggaman anda, sehingga anda dapat melakukan transaki kapan saja dan dimana saja anda berada. Untuk melakukan transaksinya sendiri anda dapat menggunakan ponsel, tablet dan juga komputer atau laptop milik anda.

2# Kemanan diutamakan

Ini dia kelebihan sebuah mata uang virtual, dibandingkan dengan mata uang konvesional yang sering kita gunakan sehari-hari. Bila uang konvesional sangat rawan akan tindakan pemalsuan dan pembobolan, maka dalam Bitcoin sepertinya belum ada laporan akan pemalsuan dan pembobolan.

Mata uang Bitcoin telah menerapkan sebuah kritografi moderen yang sangat rumit, untuk mewaspadai adanya tindakan pembobolan. Serta memastikan Bitcoin tetap aman dan hanya dapat diakses oleh pemiliknya.

3# Tidak dipengaruhi oleh bank manapun di dunia

Seperti yang tertera pada website resminya : Bitcoin dikembangkan dengan idealisme bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral. Hal tersebut jelas membuktikan bahwa mata uang virtual yang satu ini benar-benar tidak dapat dipengaruhi oleh peraturan bank manapun di seluruh dunia. Dengan tujuan menghindari resiko terjadinya inflasi dan resiko-resiko lainnya.

4# Nilai tukar Bitcoin semakin meningkat pesat

Jika pada awal perkembangannya Bitcoin sepertinya tidak memiliki nilat tukar sama sekali, tetapi nilai tukarnya semakin meningkat dengan pesat. Entah apa yang membuatnya dapat berkembang dengan pesat, bahkan sekarang ini tercatat nilai tukar sudah setara 8 sampai 10 juta rupiah per 1 Bitcoin.

5# Menguntungkan jika digunakan sebagai tabungan

Bitcoin adalah sebuah mata uang sekaligus sebuah tabungan baru untuk masyarakat. Penggunaan Bitcoin yang simple dan tidak merepotkan ini dapat juga digunakan untuk meraup keuntungan dengan menabung Bitcoin, ditambah lagi dengan nilai tukarnya yang berkembang dengan pesat. Serta dibebaskannya biaya layanan registrasi dan biaya-biaya lainnya.

Litecoin

Bitcoin Litecoin dan Dogecoin
Litecoin via : coincheck.com

Sama seperti Bitcoin, Litecoin merupakan mata uang virtual yang menggunakan jaringan peer to peer dan terdesentralisasi. Mata uang ini bersifat secara digital dan dilengkapi juga dengan sistem keamanan tinggi. Seperti kriptografi untuk memvalidasi data transaksi mata uang tersebut.

Tidak seperti Bitcoin yang memiliki nilai tukar sangat tinggi, untuk Litecoin mungkin saja memiliki nilai tukar yang rendah dikarenakan mata uang ini muncul setelah populernya mata uang virtual Bitcoin. Sedangkan untuk fungsi dan fitur yang didapatkan oleh “Nasabah” . Masih tidak jauh beda dengan yang ditawarkan oleh mata uang virtual Bitcoin.

Dogecoin

Bitcoin Litecoin dan Dogecoin
Dogecoin via coindesk.com

Dogecoin merupakan sebuah mata uang virtual yang diciptakan pada tahun 2013 oleh dua orang, yakni Jacson Palmer yang merupakan seorang marketing pada Adobe System di Australia. Dan satu lagi bernama Billu Markus yang merupakan seorang programmer IBM di Portland.

Sama seperti Litecoin, nilai tukar mata uang virtual yang masih terbilang baru, ini memang belum bisa setinggi Bitcoin. Akan tetapi hal tersebut justru membuat Litecoin dan Dogecoin sangat-sangat menguntungkan untuk anda. Yang mencoba mengumpulkan dan melakukan investasi dengan kedua mata uang virtual ini.

Sedangkan cepat atau lampat nilai tukar Litecoin dan Bitcoin, pastinya akan mengalami kenaikan, karena di dunia internet tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Toh Litecoin dan Dogecoin sama-sama memberikan fitur dan keamanan yang setara dengan yang diberikan oleh mata uang Bitcoin.

Baca Juga : Strategi Bisnis Agar Produk Anda Laku di Pasaran

Sekian artikel mengenai Bitcoin Litecoin dan Dogecoin, semoga dapat membantu anda yang berminat untuk sekedar menjadi “Nasabah”. Atau untuk melakukan investasi dengan mata uang tesebut. Sedangkan untuk bitcoin memang memiliki nilai tukar yang cukup tinggi dibandingkan mata uang lainnya, dan kantor bitcoin sendiri telah berdiri di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya terletak di Bali.

Selamat mencoba bisnis online dengan memanfaatkan mata uang virtual tersebut 🙂


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *