BloggingDasar dasar Blog

7 Identitas Mendasar Yang Menandakan Blog Berkualitas

Membuat blog berkualitas adalah dambaan setiap blogger dan pembacanya . Namun, apa arti kualitas itu sendiri tidak banyak yang dapat menguraikannya.  Banyak yang mengulas, “ cara membuat blog berkualitas “ , “ cara membuat postingan berkualitas “ , namun tidak memetakan secara rinci kata “ kualitas “ tersebut  . Apa yang dimaksud dengan blog yang berkualitas ?

Berikut 7 Identitas Yang Mencerminkan Blog Berkualitas

1. Nyaman

Blog berkualitas adalah blog yang menawarkan kenyamanan. Kenyamanan di sini adalah kemudahan akses . Untuk itulah , Google Adsense menitikberatkan poin yang berikut , “ kemudahan navigasi “ . Pembaca harus dimudahkan dalam mengakses tiap halaman di blog,  dan tidak boleh direpotkan oleh hal-hal yang kadang kita anggap sederhana, seperti peletakan iklan.

Iklan yang menganggu pembaca seperti iklan floating, iklan yang otomatis membawa pengunjung ke blog lain ketika ia mengklik sebuah link ( redirect ) , dan iklan-iklan menganggu dalam berbagai bentuk yang membuat pengunjung tidak betah. Sebaliknya, bila berpedoman pada kenyamanan pembaca , niscaya blog agan akan memiliki pembaca setia.

2. Candu

Bagaimana membuat sebuah blog dirindukan pembacanya ? Ini adalah pertanyaan yang cukup klasik. Sebenarnya mudah saja membuat blog yang bertipe demikian. Buatlah blog dengan konten “ tanggung “ yakni konten yang bersambung dalam bentuk part demi part. Apakah ini berhasil ? Tentu.

Namun alangkah baiknya cara ini dilakukan oleh niche-niche tertentu, karena ada beberapa niche contohnya “ kesehatan “ yang tidak tepat menggunakan metode seperti ini. Menulis posting “ to be continue “ cocok sekali untuk blog pribadi, atau blog yang bertemakan cerita, perjalanan, dan sebagainya.

Bagaimana dengan tutorial blog ? Apakah bisa ? Bisa ! Bagaimana caranya ? Bisa menggunakan metode janji tayang. Jadi , membuat pos terjadwal. Blog populer Strategi Manajemen bahkan membuat pos seperti ini. Contohnya : “ Jadwal Pos Setiap Senin Pukul , 15.00 Topik : …) , maka dengan konten terjadwal seperti itu pembaca akan rutin mengunjungi blog agan bila memang dirasa menyajikan informasi yang bermanfaat dan dicari oleh mereka.

3. Professional

Ini poin yang tidak boleh terlewatkan. Menjadi blogger professional berarti harus menjadi blogger yang “ open book “ . Artinya mau membuka identitasnya di publik. Itu juga alasan Google Adsense sangat memperhatikan halaman navigasi,  yang di dalamnya ada tab “ About Us “ , yang mana menjelaskan secara sederhana tentang siapa dibalik moderasi blog bersangkutan.

Google Adsense memperhitungkan poin ini karena pada umumnya, banyak pembaca yang tertarik pada satu informasi , lalu ingin mendalami informasi tersebut dengan menghubungi pemilik blog yang bersangkutan. Untuk halaman “ ABOUT US “ tidak melulu harus menampilkan segala informas yang sensitif.

Loading...

Cukup menampilkan alamat email sebagai perpanjangan komunikasi. Jadi, siapa yang bersangkutan dengan pemilik blog bisa mengadakan pertanyaan , pengajuan kerja sama, kritik, saran, ucapan terima kasih , dan sebagainya lewat kolom email tersebut, dan seandainya ada informasi vital yang harus dibahas lebih lanjut, pemilik blog lalu mengirimi nomor teleponnya kepada mitra .

Ada pun bagi Google, kesan blog professional sangat diharapkan , apalagi ketika agan menjadi publisher Google Adsense, biasanya akan mendapat penawaran Google Bisnis via email. Yakni penawaran Google untuk menjadikan blog agan dalam “ radar bisnis “ yang professional, blog agan akan dilengkapi dengan instrumen penunjang seperti foto  ( Google Map ) , alamat lengkap, nomor kontak, dan deskripsi singkat, dan semua data ini akan tampil bersamaan dengan judul blog agan di halaman pencarian Google. Ini bukti keseriusan Google dalam meradar blog-blog professional.

4. Bermanfaat

Ini poin yang tidak boleh dilewatkan. Artikel yang bermanfaat adalah artikel yang menunjang kualitas sebuah blog. Tidak berarti artikel harus panjang lebar , ribuan kata, namun hanya melebar pada kata pengantar saja.

Inti artikel bermanfaat bukan hanya artikel yang “ panjang “ , melainkan artikel yang  berdaging “ . Karena tak ada gunanya juga membuat postingan panjang lebar, karena pembaca juga pasti selektif memilih artikel.

Kebiasaan pembaca yang membutuhkan informasi adalah kecepatan akses, dan ketika artikel sudah muncul, maka ia akan scroll langsung ke bawah, mencari inti artikel nya secara langsung. Untuk itu, bagi agan yang mau membuat artikel panjang, utamakan juga kualitas nya.

Dan poin bermanfaat di sini bukan hanya sepihak pada pembaca, namun juga seluruhnya. Jangan membuat konten plagiat, karena memang bisa jadi konten tersebut bermanfaat bagi pembaca, namun menimbulkan geram bagi pemilik artikel yang sebenarnya. Bermanfaatlah secara keseluruhan.

Karena kalau artikel itu bermanfaat, pengunjung dipastikan akan terus berdatangan. Mereka bisa melakukan share, bisa berbagi “ mulut ke mulut “ kepada teman-temannya yang juga membutuhkan informasi yang serupa . “ Eh, blog ini lengkap , loh… “ , tentu ini menimbulkan efek viral , dan semakin viral, semakin besar potensi blog tersebut dibaca lebih banyak orang.

5. Update

Setelah mengenal Klikmania.net , penulis dibuatnya kecanduan. Setiap hari pasti penulis membuka klikmania.net karena sebelum-sebelumnya, artikel yang dimuat di blog ini oleh Mas Gani Sebastian mewakili sekali suara hati dan pertanyaan-pertanyaan yang sering dipendam oleh seorang blogger. Jadinya penulis membuka blog ini setiap harinya.

blog berkualitas

Apalagi topik Google Adsense yang dibahas cukup lengkap , baik itu adsense blog maupun youtube, ditambah dengan berbagai motivasi yang sering dibagikan dalam tiap artikelnya, menjadikan semangat ngeblog tiap hari bertambah. Itu alasan mengapa postingan di Klikmania.net ini dinanti ( poin 2 ) .

Namun, bila blog ini tidak rajin diupdate, maka perlahan ia akan kehilangan pembacanya yang lelah menunggu. Banyak blog yang sudah hits , lalu gugur dan kembali mengutip pembacanya ke dari seluruh tempat karena jarang update. Beruntungnya penulis, klikmania ini selalu update. Karena blog yang update akan membuat pembaca setia lebih setia, dan merekomendasikan blog tersebut ke seputaran komunitasnya. Dan inilah salah satu faktor kualitas.

6. Komunikatif

Ada istilah blogger sombong, namun benarkah ini ? Ya ! Penulis yakin banyak blogger yang pelit membagikan ilmunya, dan tidak mau meladeni pertanyaan dari pembacanya yang ingin mengerti lebih lanjut tentang materi yang disampaikan dalam artikel utama.

Namun berbeda kasus nya dengan blog Klikmania.net. Bukan memuji secara buta dan ada “ udang di balik batu “ namun penulis sungguh kagum dengan konsistensi admin blog ini, Gani Sebastian karena selalu sigap membalas komentar tiap pembacanya . Dari hal terkecil seperti “ Informasi bermanfaat , Gan !” sampai pertanyaan berat.

Kebanyakan blogger yang dianggap pakar di bidangnya, ketika ditanya dan ia tidak tahu, maka ia tidak menjawab kolom komentar itu. Namun, penulis melihat beberapa kali, Mas Gani Sebastian menjawab kolom komentar “ tidak tahu “ kalau memang tidak tahu topik yang ditanyakan oleh pembacanya . Inilah salah satu poin yang sangat penting dalam membuat blog berkualitas. Komunikatif. Dan blog ini adalah contoh nyata dari poin berikut.

7. Menarik

Bukan hanya konten, namun pembaca juga melihat sisi gambar dan template dalam blog. Apalagi blog dengan tutorial blogging, pembaca yang juga basisnya adalah blogger  tentu sangat memperhatikan dua hal ini . Kembali penulis mencontohkan blog , Klikmania.net ini. Beberapa kali penulis mendapati  ada pembaca di blog ini yang bertanya “ Mas Gani, Template nya apa ya ? “ , itu karena pembaca tersebut merasa tertarik dengan tampilan blog ini. Blog berkualitas memang harus menarik.

Tidak hanya konten artikelnya, dengan  gambar dan tampilan yang elegan maka kolaborasi ini akan  membuat mood pembaca jadi lebih baik . Foto dalam postingan juga harus dibuat menarik, agar potensi dibukanya artikel lebih besar. Dan foto yang menarik tidak harus aneh-aneh dan melanggar hak cipta.

Baca juga : 7 Kriteria Mendasar Untuk Membukukan Sebuah Blog

Buatlah foto sederhana. Contohnya ketika  agan membuat artikel mengenai “ Cara Mendapatkan Uang Dari Bisnis Online “ buatlah foto yang mengilustrasikan uang yang bisa anda edit, atau buat dari awal di Photoscape, atau software foto lainnya.  Karena membahas uang, buatlah gambar yang membuat pembaca semakin semangat dalam mencari uang. Ini bisa jadi refrensi agan.

Penutup

Nah, demikianlah 7 identitas yang harus dimiliki sebuah blog berkualitas. Membangun blog itu  mudah, membuatnya berkualitas, dicintai pembaca , lalu mempertahankan nya itu yang susah.

Blog berkualitas bukan soal jumlah artikel di dalamnya, karena meskipun agan hanya menulis 5 artikel namun benar-benar bermutu untuk dibaca, itu sudah masuk dalam kategori berkualitas, semua kembali kepada kenyamanan pembaca.

Konten adalah raja, namun konten tanpa pembaca ibarat raja tanpa rakyat.

Jadi, buatlah sang raja dicintai rakyatnya …

Semoga mencerahkan !



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Andre Zalukhu

Gagal Adalah Bukti Eksistensi, Tiada Hari Tanpa Mencoba Lagi. Penulis adalah seorang blogger aktif , baru memulai aktivitas blogging di tahun 2016. Penulis adalah seorang full timer blog, sebelumnya cuma seorang pelajar yang lelah dengan nuansa akademik yang kaku. Sedang progress mengelola 10 blog dengan niche berbeda. Penulis dapat ditemukan di blog pribadinya, www.andrezalukhu.com. Blog pribadi memang jarang ditulis, namun segera diisi untuk perkenalan yang langgeng . Terima kasih atensinya. Keep posting !

Artikel terkait

3 Comments

  1. Sangat Setuju dengan Pendapat yang ditulis disini, yang paling saya sukai dari tulisan ini adalah pada point ke dua dimana kita harus menjadi Candu buat para pengunjung, Candu yang dimaksud adalah kita harus berhasil membuat pengunjung kita nyaman dan mendapat banyak manfaat dari blog kita

  2. membuat konten berkualitas adalah suatu keharusan, agar blog tsb bermanfaat.
    Makasih gan artikel nya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *