blog dan youtube

Perbandingan Blog dan Youtube Siapa yang Menang?

Hai Sobat Klik Mania. Balik lagi bersama postingan Richard Goodboy. Kali ini saya akan membahas mengenai blog dan youtube. Dimana jika kita ketahui masyarakat jaman sekarang pasti lebih sering menyentuh youtube dibandingkan dengan blog.

Jadi pertanyaannya apakah eksistensi blog terkalahkan oleh youtube? Dari pada penasaran mendingan kita langsung menuju ke TKP.

Blog dan Youtube

Blog. Siapa yang tidak tahu blog? Jelas jika kalian sudah membaca postingan ini kalian sudah tahu apa itu blog. kecuali postingan ini bakal beredar dikoran atau di poster poster yang di tempel di tiang listrik. Tapi itu jelas mustahil.

Jadi Blog yang dimaksud saya adalah blog tempat mendapatkan informasi. bukan kalian sebagai mengelola blognya. jika kalian masih tidak tahu apa itu blog saya akan menjelaskan lebih detail lagi mengenai blog. biar pengetahuan kita semangkin luas.

Sejarah Blog

Awal terciptanya blog pada tahun 2003, dimana blog masih dibawah naungan google. Dengan domain blogspot.com. saya yakin kalian para blogger pasti sudah pernah mencoba membuat blog dengan domain seperti blogger.com. Saya sendiri juga pernah.

Blog ini dibuat oleh Pyra Labs. jadi sebenarnya terciptanya bukan 2003 Sob! 2003 itu saat blog dalam naungan google. Sebenarnya kehadiran blog sudah ada sejak 23 agustus 1999. Wah sudah cukup lama ya. Tapi ekseistensinya masih bertahan sampai sekarang.

Perkembangan blog ini terus mengalami evolusi dan juga pemantapan setiap tahunnya shingga sudah menjadi matang ketika mei 2007. waktu yang dibutuhkan cukup lama juga ya. Tapi tidak sia sia terbukti Blog masih digunakan oleh masyarakat dunia sampai saat ini.

Loading...

Kegunaan Blog

Blog sebenarnya memiliki banyak kegunaan. tergantung kalian dalam menggunakan. Ada banyak sekali jenis yang ada di dunia. Semua blog tersbut memiliki jenis dan kategori tersendiri. jadi semua tergantung pada pembaca. contohnya jika kalian mau blog yang membahas seputar blog, teknologi, adsense kalian bisa pergi ke klik mania.

Bahkan blog sendiri sampai ada yang membahas mengenai sex atau bahkan sampai ke tingkat pornografi. Ya hal ini dibuat sesuai dengan minat dan kebutuhan dari masyarakat sendiri.

Pertama Blog untuk copast tugas

Ini menurut saya adalah fungsi yang paling banyak digunakan. percaya atau tidak kalian pasti pernah mengcopast tugas dari Blog. lalu kalian tinggal print. Ya ini sering sekali terjadi di kalangan para siswa SMP atau SMA. Kalau di kuliah susah banget mau copast. Karena kita terikat dalam plagiasi.

Blog copast ini biasanya blog yang berbau dengan pelajaran. semangkin banyak materi yang kalian sediakan peluang meningkatnya pengunjung semangkin besar. hal ini menyebabkan alexa kalian bisa meningkat dan juga uang kalian bakal semangkin bertambah pastinya.

Kedua Blog Tutorial

Blog tutorial sering kali menjadi sasaran para pencari ilmu. memang pada umumnya blog menjadi sebuah pusat untuk mencari ilmu atau mendapatkan informasi. banyak juga blog blog yang berisikan tutorial. blog yang satu ini juga mendapat banyak perhatian dari para pengunjung.

Apalagi tutorial yang diberikan masih langkah atau tidak ada di blog orang. pasti akan mendapat banyak perhatian.

Ketiga Blog untuk Dialy Life

blog dan youtube

Blog dialy life juga populer dikalangan masyarakat. Banyak orang menceritakan keseharian mereka didalam dialy life blog. Kerennya lagi banyak orang yang suka dengan hal yang satu ini. ini dikarenakan kebanyakan dialy life blog writer sangat pandai dalam mengolah kata sehingga orang yang membaca artikelnya jadi terhibur.

Bagaimana dengan youtube

Jika ditanya mengenai eksistensi apakah youtube atau blog. Blog memberikan informasi. Apakah youtube tidak memberikan informasi? Jelas youtube juga memberikan informasi. Bahkan orang orang lebih melirik youtube ketimbang dengan Blog.

Anak anak jaman sekarang juga semua sudah tercuci otaknya dengan kehadiran youtube. yang awalnya tidak mengenal youtube dan blog. setelah mengenal youtube mereka jadi tak teralihkan penglihatannya. apalagi jika mereka mempunyai youtubers yang mereka idolakan.

Bisa dibilang mereka akan lebih sulit lagi terpisahkan oleh yang namanya youtube.

Sejarah youtube

blog dan youtube

Melihat dari sejarahnya antara blog dan youtube. youtube lebih belakangan dari blog. Jika blog muncul pada 2003 maka youtube muncul pada 2005. Hanya beda dua tahun sejak kemunculan blog. Youtube dibuat oleh tiga orang Chad Hurley, Steve Chen, Jawed Karim.

Video pertama yang ada di youtube adalah Me at The Zoo. Itu adalah video Jawed Karim. jadi pada dasarnya youtube eksistensinya juga berkembang dari awal.

Blog Vs Youtube

Jadi kesimpulannya apakah blog kalah dengan youtube. Jelas saya mengatakan tidak. kenapa? karena tidak semua informasi yang ada diyoutube lebih lengkap dari yang tersedia didalam blog. dan juga tidak semua hal yang ada didalam youtube ada di blog.

Jadi bisa dikatakan blog dan youtube seperti persaingan HP yang ada di dunia. tiap hal pasti memiliki kelebihan masing masing. sehingga tidak dapat saya katakan bahwa ada yang lebih baik di antara keduanya.

Walaupun youtube semangkin booming di Indonesia semenjak ada lagu Ganteng-ganteng swag dengan kata kata “youtube youtube lebih dari TV.” itu sangat membuat youtube Indonesia jadi naik daun alias naik drastis.

Referensi lain :Β Mau Tau Jenis video yang Pernah Booming di Youtube?

Keuntungan Blog

Keuntungan dari Blog adalah kalian dapat mengcopast informasi yang kalian inginkan. jadi kalian jadi lebih terbantu. jika dibandingkan dengan youtube, karena diyoutube kalian tidak bisa copy paste. Yang ada malah kalian harus mencatat. kan jadi tambah ribet.

Di blog kalian bisa menghemat kuota. Jadi buat kalian fakir kuota yang selalu kekurangan kuota. Tenang aja kalian tidak bakalan kehabisan kuota karena penggunaan data untuk membuka blog tidak akan sama dengan kalian membuka atau mengstreaming video yang ada di youtube jadi tenang aja.

Dari blog kalian juga tidak perlu memutar balik. cukup kalian scroll bagaian mana yang mau kalian baca. Jika kalian coba di youtube jelas kalian harus memutar balik video yang kalian nonton. sehingga kalian harus menyimak dari awal lagi. Di blog kalian tidak memerlukan cara seperti itu.

Blog juga lebih simple. Jadi kalian dengan modal internet lemot juga bisa membuka blog. Jika kalian bandingkan dengan youtube kalian jelas tidak bisa apa apa jika menggunakan youtube. Karena buffering yang menggangu.

Bisa dikatakan blog juga tidak kalah spesifikasi jika dibandingkan dengan youtube. Terus bagaimana dengan youtube sendiri?

Keuntungan Youtube

Jika kalian menggunakan youtube untuk mencari tutorial. Mungkin ini adalah hal yang cocok dan pas. Karena tutorial diyoutube akan lebih cepat dipahami. Berbeda dengan tutorial blog. Di youtube kalian bisa secara langsung melihat proses yang ada. Hal ini jelas lebih memudahkan kalian kan.

Di youtube hiburan lebih fresh, kenapa dikatakan fresh. Karena youtube akan merespon cepat hal hal yang berbau kekinian. Jadi hal ini langsung di suguhkan secara visual kepada penonton. Mungkin di blog juga ada tapi tidak secepat youtube jika di jangkau oleh penikmat internet.

Youtube lebih simple dalam menyediakan atau menyaji sebuah data. Hal ini bisa dilihat dengan hal yang ada disekitar dimana cara membuat tutorial yang ada di blog dan youtube jelas berbeda. Menurut saya membuat tutorial di blog dan youtube jelas lebih mudah membuat tutorial yang ada di youtube. Karena basic saya memang di youtube.

Referensi lain :Β Cara Meningkatkan Kualitas Channel Youtube Super Kreatif

Cara belajar

Cara belajar juga menjadi salah satu penentu eksistensi dari kedua hal ini. ya youtube dan blog. Jadi dalam metode pembelajaran ada banyak sekali cara dalam menagkap sebuah ilmu. Setiap individu atau manusia jelas mempunyai cara yang berbeda beda dalam menangkap suatu ilmu.

Jadi ada cara dengan cara audio, alias cara mendengarkan. ada juga orang yang akan faham jika dengan cara membaca, ada juga yang paham jika ada visualnya.

Ini yang menjadi sebuah penenentu menurut saya. kenapa? karena orang dengan basic membaca tidak akan mau membuang waktunya dengan cara visual. Kecuali memang tutorial yang dicari tidak ada secara membaca. mau tidak mau pasti harus mencari jalan keluar.

Jadi jika ditanya antara blog dan youtube mana yang lebih eksis. jelas keduanya sama sama mempunyai idola tersendiri. Tergantung penikmat sendiri.

Sekian dulu postingan kali ini. Semoga kalian jadi lebih memahami antara keduanya. Salam Klik Mania.

-RichardGoodboy


Loading...

Bagikan

Penulis

Richard Goodboy
Richard Goodboy
Mahasiswa yang hobi menulis πŸ™‚

Find me:
Instagram : Chardsonz

Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya πŸ™‚
Youtube : Youtube.com/chardsonz
Richard Goodboy

Penulis

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Komentar

    Avatar

    Kang Usaha

    ( - 05:38)

    Akang sih lebih ke blog.
    Kalau main youtube perlu peralatan dan bandwidth ekstra, belum lagi waktu untuk merender hasilnya.
    Untuk pendapatan dari adsense, bisa bersaing kok. πŸ˜€

    Avatar

    Kok Tau

    ( - 08:08)

    Setuju dengan pembahasannya Mas Richard. Yang pasti Blogger dan YouTube sama-sama layanan punya Google πŸ˜€

      Richard Goodboy

      Benar, keduanya sama saja, tergantung rezekinya lebih berpihak ke Blog apa youtube sob hehe… yang jelas harus tetap semangat berkarya!

      thanks for reading Kok Tau πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *