Blogging

Tips Menjadi Blog Traveller yang Perlu Anda Tahu dan Segala Persiapannya

Hai sobat klikmania, apakabar semuanya semoga hari ini menjadi hari yang membahagiakan buat kita semua, nah pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas lebih jauh mengenai blog traveller. Karena belum banyak yang mengulas, maka saya ingin mengulas lebih lanjut pada artikel tips menjadi blog traveller berikut ini.

Menjadi travel blogger memang tak semudah yang kita bayangkan, karena perlu modal yang besar dan yang paling penting adalah harus punya hobi travelling. Bagi mereka yang nggak terlalu hobi jalan-jalan dan sebagainya, maka saya rasa itu akan sangat sulit untuk dilakukan. Biasanya mereka para traveller blogger selalu memiliki teman untuk ikut membantu dan menemaninya. Namun tak jarang juga banyak dari mereka yang merupakan solo traveller.

Di Indonesia, solo traveller belum terlalu populer untuk dikenal banyak orang, mereka kadang lebih memilih kemana mana ramai ramai. Namun di luar negeri, solo traveller alias orang yang kemana mana sendirian itu sudah membudidaya. Jadi kemanapun mereka pergi, mereka tidak takut akan diri mereka sendiri.

Tips menjadi blog traveller

Nah bagi anda yang ingin menjadi blog traveller, baik di nusantara atau keseluruh penjuru dunia, maka yang harus ditentukan terlebih dahulu adalah menjadi solo traveller atau dengan beberapa orang. Kalau solo traveller, tentunya ya akan lebih irit pengeluaran, namun ya tidak ada teman ngobrol dan yang ikut membantu tugasnya.

Jadi anda bisa menyesuaikan diri dengan keadaan sendiri. Kalau memang mudah berbaur dan bercakap cakap dengan bahasa asing, maka boleh deh kemana-mana sendiri. Namun kalau butuh teman dan kurang cakap dalam berbahasa asing, maka boleh ajak mereka yang pintar bahasa inggris untuk menemani dan membantu menuliskan tentang perjalanan anda.

Langsung saja beberapa hal dibawah ini mungkin bisa membuat anda sedikit lebih paham mengenai berbagai tips menjadi blog traveller. Simak baik baik pembahasanya dibawah ini ya.

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk bisa menjadikan diri kita sukses saat ngeblog, diantaranya adalah:

1. Pastikan blogging dan travelling adalah passionmu

blog traveller

Loading...

Dua hal ini yaitu blogging dan travelling harus ada pada diri anda sebagai suatu hobi atau minat. Karena tanpa keduanya ini serasa anda kurang bisa memberikan yang terbaik bagi pengunjung blog. Dengan memiliki passion keduanya, maka menjadi blog traveller akan sangat mudah.

Kadangakala ada beberapa hal yang mungkin menganggu diri anda sendiri. Misalnya kalau anda menggunakan berbagai hal yang berkaitan dengan konten asing, mungkin disana Anda akan menemui banyak hal yang berbeda beda.

Jadi kalau menggunakan konten bahasa inggris, alangkah baiknya untuk mereview berbagai tempat yang ada di Indonesia sendiri. Karena mereka justru mencari berbagai hal menarik tentang Indonesia, karena kita tahu bahwa negeri kita adalah surganya wisata.

Tentukan target

Menjadi bagian dari kecintaannya terhadap Indonesia dengan cara memberikan beberapa hal yang menarik untuk di bagikan kepada orang asing adalah salah satu hal yang dapat anda coba. Nah kalau anda perjalanannya keluar negeri, ini disesuaikan dengan target nantinya.

Kalau target kita adalah orang indonesia, maka hal itu tidak menjadi masalah kalalu menggunakan kontennya juga berbahasa indonesia. Kalau target luar negeri gunakan saja dengan menggunakan bahasa inggris.

Jadi ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk bisa menjadi traveller blogger yang sukses, salah satunya dimulai dari pasionmu sendiri. Coba tanyakan kepada diri anda sendiri, apakah anda suka menulis. Apa suka berpergian dan travelling ke banyak tempat, apakah berani capek, apa bisa membuat banyak orang tertarik dengan konten yang diciptakan.

Kalau anda masih jawabannya “tidak”, maka pikir pikirlah terlebih dahulu sebelum melangkahkan kakinya untuk terjun ke dunia blogging. Kalau yang menjadi tujuan anda adalah uang, maka hal itu akan sangat sulit untuk dilakukan.

Namun bila tujuan anda adalah mencari kesenangan maka hal itu tidak akan menjadi masalah. Karena walaupun sudah mengeluarkan banyak modal dan tenaga, namun kalau tujuan hanya kesenangan semata, maka itu tak akan menjadi masalah.

Apakah blogging dan travelling itu adalah hobi yang ada pada diri Anda?

Jika ya maka lanjutkan saja dengan membaca berbagai tips menjadi blog traveller selanjutnya.

2. Siapkan dana dan surat-surat

blog traveller

Tips menjadi blog traveller yang kedua adalah dengan menyiapkan dana dan berbagai surat ijin semacam pasport dan sebagainya. Ini harus Anda urus terlebih dahulu sebelum pergi keluar negeri.

Selain itu, apabila anda tidak ingin membawa terlalu banyak uang, maka bisa membawa kartu kredit saja. Nah disana anda akan bisa bertransaksi dengan mudah tanpa takut kebobolan atau kecopetan. Selain itu apabila menggunakan kartu kredit mungkin ada berbagai potongan di berbagai resturant atau hotel.

Siapkan dana yang disesuaikan dengan seberapa jauh diri anda pergi, kalau semakin jauh maka uang yang disiapkan juga semakin besar. Apalagi untuk biaya kuota internet dan sebagainya, ini perlu dipertimbangkan lebih jauh lagi.

Dana tambahan

Pada dasarnya, menjadi traveller blogger juga perlu untuk mereview berbagai tempat yang berkaitan dengan hotel, restauran, rumah makan, tempat ibadah dan sebagainya, bukan soal tempat yang ikonik semata di daerah tersebut. Nah dari sinilah juga akan membutuhkan dana tambahan.

Bagi Anda yang mungkin merasa tidak minat dengan travelling, mungkin akan sangat merasa rugi mengeluarkan uang ribuan dollar hanya untuk bersenang senang saja. Tetapi bagi mereka yang senang maka ini tidak akan menjadi masalah asalkan kebutuhan itu terpenuhi.

Namun mereka yang sudah bisa menghasilkan uang dari blognya, maka itu akan menjadikan mereka bisa pergi kemanapun tanpa takut harus bayar sepeserpun, karena mereka justru dibayar.

Bagi yang sudah menghasilkan uang memang sangat enak, tinggal pergi kemana saja mereka mau, malahan mereka dibayar dengan jumlah yang besar pula. Kalau di luar negeri mereka banyak yang sudah mempraktikan hal ini.

Namun kalau di Indonesia sendiri, kebanyakan mereka itu traveller nya walaupun traveller blogger tapi mereka bayaran dari web berita, bukannya dari blog mandiri.

Misalnya di web detik, kan ada yang mengenai wisata, mereka yang mengumpulkan informasi harus dituntut cepat dan tentunya banyak juga tekanan daripada menjadi traveller blogger sendiri walau bayarannya gak jelas.

Jadi itu semua ada keuntungan dan kerugiannya sendiri. Namun dana pribadi juga tetap perlu dipersiapkan, karena tahu tahu ada biaya mendadak kan repot kalau belum sedia uang yang memadai.

3. Pilih tempat yang menarik tapi belum populer

blog traveller

Ini merupakan tips menjadi blog traveller yang perlu dipahami. Karena kebanyakan dari para traveller baik blogger traveller maupun mereka yang cuma menjadi traveller, seringkali mengunjungi tempat yang sudah populer saja.

Sebenarnya itu salah, mereka justru sudah tahu mengenai tempat tersebut. Jadi hal yang harus anda pahami adalah dengan mengunjungi tempat yang menarik tapi belum populer, atau juga bisa mengunjungi tempat yang menantang atau bisa dibilang sulit di jangkau.

Kalau masalah ini Anda bebas memilih untuk menjadi sekedar penulis di blog atau menjadi vlogger (video blogger) karena ini bisa menjadikan pengunjung tahu lebih detail mengenai tempat tersebut. Atau kalau untuk bisa membuat blog yang lebih berkesan, berilah video juga selain gambar dalam artikel yang di buat.

Nah yang anda harus lakukan mulai dari sekarang yaitu dengan sering-sering mencari berbagai referensi tempat yang menantang atau bertanya tanya kepada penduduk setempat. Agar menjadi bagian dari isi artikel juga, Anda bisa bertanya mengenai daerah tersebut. Apa ada spot wisata yang indah tapi sulit dijangkau dan menantang.

Sekarang ini sudah banyak berbagai suatu komunitas yang memang mengadakan travelling ke berbagai penjuru dunia menuju tempat yang paling menantang di dunia, atau dengan akses yang sulit. Jadi kalau anda memiliki blog yang berisikan berbagai tempat yang belum banyak dikunjungi baik oleh turis lokal maupun asing, maka justru blog akan semakin populer.

Beda kalau anda mengunjungi tempat yang bisa dibilang sudah populer, karena kebanyakan sudah banyak yang menuliskannya di berbagai blog. Selain itu mereka juga kadangkala sudah bosan mengenai tempat tersebut jadi artikel akan kurang laku.

Coba aja deh, kemas dalam bentuk yang semenarik mungkin mengenai tempat tempat yang masih perawan, sehingga pengunjung juga tertarik untuk membaca lebih lanjut.

Jadilah yang beda dari yang lain, maka kamu akan jadi perhatian banyak orang

4. Promosikan blog

Tips menjadi blog traveller selanjutnya adalah dengan menjadikan blog yang anda bangun sudah diketahui banyak orang terlebih dahulu. Atau kalau blog yang di bangun sudah lama dan terkenal, maka anda dapat memberitahukan kepada para pengunjung blog bahwa dalam beberapa bulan, minggu atau beberapa hari akan travelling.

Jadi usahakan mereka agar selalu stay di blog untuk mendapatkan banyak pengetahuan tentang yang mereka bangun.

Atau kalau ada biaya yang lebih, maka bisa juga dengan mempromosikan terlebih dahulu di berbagai media. Informasikan kepada mereka tentang perjalanan anda dalam beberapa waktu ke depan akan melakukan travelling ke beberapa tempat. Sehingga suruhlah mereka untuk selalu update di blog anda. Biasanya dengan metode iklan dengan konten yang tepat, ini akan menjadikan blog cepat terkenal atau semakin terkenal.

Selanjutnya yang juga perlu dilakukan adalah dengan membangun relasi di sosial media yang terkait dengan blog anda. Misalnya dengan cara membuat fanspage facebook, akun twitter, instagram, youtube dan sebagainya. Hal ini akan menjadikan untuk lebih mudah berhubungan dengan para pengunjung setia anda. Jadi kalau mereka ingin memberi saran atau apapun yang terkait dengan blog anda, mereka akan dengan mudah berkomentar di media sosial.

Selain bisa membangun hubungan lebih baik lagi dengan para pembaca, juga bisa membuat lebih dikenal oleh orang lain saat ada yang share artikel dari blog. Jadi bagi yang sekarang belum memiliki akun sosial media untuk pribadi maupun khusus untuk blog, maka anda bisa membuatnya mulai dari sekarang dan beritahu pengunjung blog anda.

5. Bawa peralatan dan pakaian lengkap

blog traveller

Ini harus disesuaikan dengan kondisi pakaian dan peralatan yang berada di daerah yang akan ditempati. Selain demi kenyamanan, ini juga akan memberikan rasa aman dan bisa melindungi dari berbagai hal yang berkaitan dengan fisik anda.

Misalnya kalau berada di daerah pantai, maka yang harus anda bawa adalah pakaian untuk pantai. Kalau ke luar negeri di daerah yang bersuhu udara dingin atau mendaki ke gunung, maka usahakan pakailah pakaian yang bisa dibilang tebal. Karena suhu udara di Indonesia kadangkala sangat berbeda jauh dengan kondisi di bagian sub tropis sana.

Dengan membawa pakian yang pas dan lengkap, maka keselamatan diri anda selama berada di sana juga akan terjamin nantinya. Dan yang perlu di perhatikan juga adalah apabila mengunjungi berbagai tempat yang berkaitan dengan kondisi yang ekstrim. Misalnya terlalu panas atau juga bisa terlalu dingin, terlalu tinggi (penurunan kuantitas oksigen) dan sebagainya.

Pastikan untuk membawa beberapa obat dan perlatan P3K yang sederhana. Jadi misal ada sedikit luka atau hal kecelakaan lainnya, maka itu tidak menjadi masalah buat travelling anda selanjutnya. Nah dari sinilah anda harus bisa membuat persiapan dan rencana sebaik mungkin agar jika ada masalah, maka hal itu tidak akan menjadi masalah yang ebih besar lagi kedepannya.

Mengutamakan keselamatan dan kesehatan juga menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari hal ini, jadi mau tidak mau ya harus bisa mempersiapkannya sejak awal sebelum pergi travelling. Jangan pernah menyepelekan tips menjadi blog traveller yang satu ini ya.

6. Selalu persiapkan kamera dan alat ngeblog

Dalam sebuah perang, ini adalah alat yang digunakan dalam suatu armada. Kalau dalam travel blog, yang perlu dipersiapkan ada berbagai hal. Misalnya yaitu laptop bisnis atau yang memiliki baterai besar dan body slim serta ringan. Nah hal ini akan mempermudah anda sendiri untuk menjadi lebih produktif dalam menghasilkan suatu karya artikel untuk blog.

Pemilihan alat yang tepat juga merupakan hal yang perlu di perhatikan. Misal saat anda mau mengambil foto, untuk mendapatkan berbagai spot yang menarik, maka kamera dengan resolusi yang tinggi adalah hal yang sangat perlu dipertimbangkan. Karena tanpa adanya itu, misal hanya menggunakan kamera HP yang ala kadarnya, maka itu tak akan menjadikan foto terlihat bagus.

Nah mempelajari teknik fotografi, teknik membuat artikel yang bagus, teknik mencari tempat wisata yang unik adalah hal yang harus diutamakan. Karena dengan ini , maka anda akan menjadi lebih baik lagi dalam menyajikan suatu artikel yang menarik.

Hal inilah yang sesungguhnya dicari cari oleh pengunjung. Maka dari itu, mulai dari sekarang, anda harus bisa menentukan alat apa saja yang harus dibawa saat travelling. Misalnya ada laptop, hp, kamera, power bank, dan lain sebagainya, maka ini menjadi hal yang harus benar benar diutamakan. Karena ada satu alat saja yang mungkin kurang mendukung, maka anda akan kesusahan.

Selain laptop, ngeblog di HP ios atau android juga sekarang bisa semakin mudah sejak ada aplikasi blogger dan bloggeroid, ini akan menjadikan lebih hemat waktu saat harus menulis di perjalanan saat itu juga. Jadi biar tidak lupa anda tulis dulu di hp lalu disimpan di draft. Kalau sudah ada waktu di rumah, baru memperbaikinya dari laptop. Hal ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang suka dengan travelling namun punya sedikit waktu untuk menulis artikel.

7. Tulis dengan menjiwai tanpa menghakiminya

Ulas lah dengan jangan mengada-ngada, namun harus tetap memunculkan suatu rasa yang bisa membuat pengunjung seolah olah berada di tempat kejadian. Jadi ini perlu skill tersendiri untuk mereview berbagai tempat tanpa melebih lebihkan atau mengurani segala yang pernah Anda temui semasa dalam perjalanan.

Misalnya satu hari anda mengunjungi dua tempat yang berbeda, hal ini harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin untuk menyempatkan waktu menulis. Karena kalau kelamaan menulisnya, maka akan hilang beberapa memori yang pernah anda rasakan.

Mungkin kalau siangnya travelling malamnya buat mereview tempat tersebut, kalau malamnya yang travelling siangnya untuk menulis. Atau bisa juga sekarang travelling besok baru nulis. Intinya jangan sampai kelamaan tidak ditulis.

Referensi lain : 

Itu saja yang bisa saya berikan mengenai tips menjadi blog traveller, semoga hal ini bermanfaat bagi anda semuanya. Jika serasa artikel ini bermanfaat, silakan share ya artikel ini. Thanks.



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *