in ,

Terbaru, 20 Blogger Inspiratif dan Paling Berpengaruh di Indonesia

blogger inspiratif Indonesia terbaru
blogger inspiratif Indonesia terbaru

Kamu blogger? Coba deh perhatikan dan pikirkan dengan seksama, menurutmu siapa Blogger Inspiratif yang paling berpengaruh di Indonesia? Saya yakin kamu bingung menjawabnya. Pasalnya, saat ini banyak sekali blogger yang bermunculan untuk meramaikan dunia persilatan.

Dari sekian banyak blogger Indonesia, ada saja yang memiliki pengaruh yang cukup besar. Beberapa dari mereka memiliki potensi luar biasa untuk menginspirasi dan membantu banyak orang di sekitarnya.

Mereka sangat suka berbagi kepada orang lain tanpa mengharapkan suatu imbalan apa pun, InsyaAllah.

Mungkin juga, mereka ingin menjadi pribadi yang lebih bermanfaat untuk orang lain. Membantu mereka yang sedang membutuhkan dan berbagi ilmu yang bermanfaat.

Nah, pada kesempatan kali ini Klik Mania akan mengulas beberapa blogger inspiratif Indonesia yang cukup berpengaruh bagi banyak orang, setidaknya sampai dekade tahun 2018 ini.

Penilaian ini berdasarkan opini pribadi dengan mempertimbangkan beberapa hal, khususnya dari sisi kebermanfaatannya. Mari kita simak satu per satu…

Blogger Inspiratif Indonesia yang Paling Berpengaruh

Perlu diingat, untuk nama-nama dibawah ini bukan kami urutkan berdasarkan siapa yang terbaik dan siapa yang lebih hebat. Pengurutan ini bersifat random dan tidak mengikat.

1. Mas Sugeng – Sugeng.id

Blogger Inspiratif Mas Sugeng
source image : sugeng.id

Blogger inspiratif yang satu ini memang sudah cukup terkenal bagi blogger Indonesia.

Pengaruhnya mungkin cukup kuat karena sering memberi wawasan informatif untuk para blogger, khususnya para pemula.

Di blog Sugeng.id, banyak panduan seputar blogging yang bisa dipelajari dengan seksama. Sebut saja SEO, AdSense, penulisan konten dan sosial media.

Mas Sugeng ini juga sering bagi-bagi template blogger secara gratis, wajar saja banyak suka sama pria ganteng yang satu ini.

Tak ingin melewatkan kesempatan begitu saja, ia juga menjual salah satu template blogger terbaiknya seharga Rp 150.000 yang bernama Evo Magz.

Selain itu, ia juga membantu banyak blogger untuk mendulang penghasilan bersama Joint Venture AdSense miliknya.

Dengan kerja sama itu, ia secara tidak langsung sudah membantu para blogger yang belum punya akun AdSense untuk menda[at penghasilan dengan sistem bagi hasil.

2. Raditya Dika – RadityaDika.com

Blogger Inspiratif Indonesia Raditya Dika
source image : www.infobiografi..com

Siapa sih yang tidak tahu Raditya Dika? Hampir setiap anak muda Indonesia pasti tahu pria yang satu ini.

Berawal dari tulisan-tulisan di blog pribadinya, ia kemudian menjadikan sebuah buku berdasarkan pengalamannya.

Buku-bukunya banyak disukai anak-anak muda, sebut saja yang terkenal Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Manusia Setengah Salmon, Marmut Merah Jambu, dan Koala Kumal.

Dengan gaya bahasa dan penyajian yang jenaka, buku-bukunya sangat laris dipasaran.

Tak berhenti di situ saja sebagai Blogger Inspiratif, ia kemudian semakin bertumbuh dengan melakukan hal positif lainnya seperti menjadi Komika Stand Up Comedy, menjadi Youtuber bahkan menjadi pemain film.

Prestasinya juga sudah cukup banyak, beberapa penghargaan sudah pernah diraihnya. Berkat semangat berkaryanya, dia banyak menginspirasi kaum muda untuk selalu berpikir positif, selalu berkarya dan optimistis.

3. Cosa Aranda – CosaAranda.com

Blogger Inspiratif Cosa Aranda
Source image : www.youtube.com

Pria bernama Cosa Aranda ini merupakan salah satu master dan Blogger Inspiratif yang sudah tidak perlu diragukan lagi eksistensinya.

Sudah sangat lama berkecimpung di dunia internet marketing membuatnya sering berbagi informasi di blognya.

Teknik optimasi yang digemarinya yaitu Google AdSense, dimana ia suka membagikan info terbaru di blognya.

Banyak sekali pengunjung yang bahkan rela menghabiskan waktunya berjam-jam untuk menikmati sajian renyah dari Master Cosa Aranda.

Tulisannya banyak ditunggu-tunggu karena sangat menggugah semangat banyak blogger, khususnya bagi yang masih pemula dalam dunia blogging.

Banyak juga yang sudah mempraktikkan ilmu-ilmunya dan berhasil. Karena kontribusinya begitu besar sudah sepantasnya beliau masuk nominasi blogger inspiratif dan paling berpengaruh di Indonesia.

4. Sumbodo Malik – Kampung Blogger

Blogger Inspiratif Sumbodo Malik
source image : https://mobile.facebook.com/mbotee

Sumbodo Malik adalah salah satu master blogger sekaligus Blogger Inspiratif yang sangat baik hati.

Dengan ilmu blogging dan optimasi AdSense, dia sering berbagi informasi kepada banyak orang.

Tak tanggung-tanggung, ia bahkan menjadikan kampungnya sebagai tempat belajar ngeblog dan terbentuklah komunitas Kampung Blogger di Magelang, Jawa Tengah.

Dia membagikan ilmu yang sudah diketahuinya untuk dibagikan ke masyarakat agar bisa memberdayakan mereka menjadi lebih baik lagi.

Beberapa diantara mereka penghasilannya bahkan bisa tembus hingga puluhan juta per bulannya. Sungguh luar biasa bukan?

Selain itu, ia juga membuat beberapa tools sebagai senjata ngeblognya yaitu Eztools.

Salah satu varian dari Eztools yang paling digemari adalah Ezkeyword dimana pengguna bisa menganalisa tingkat kesulitan berdasarkan keyword yang akan dibidik.

Dengan mengambil API dari Semrush, tools ini cukup powerfull bagi pemain AdSense dan SEO.

5. Herman Yudiono – Blogodolar.com

Blogger Inspiratif Herman Yudiono
source image : www.ruangfreelance.com

Banyak hal yang bisa kita petik dari Herman Yudiono, pemilik Blogodolar.com.

Perjuangannya terjun sebagai seorang full time blogger sempat ia tulis di salah satu artikel dan sempat viral juga di sosial media.

Dalam tulisan tersebut, ia bercerita mengenai keputusannya yang resign dari salah satu perusahaan multinasional dengan gaji $2000/bulan untuk menjadi seorang full time blogger.

Banyak yang menganggapnya nekat, namun ia berhasil membuktikannya bahwa dia mampu sukses dengan menjadi seorang blogger.

Berkat tekad dan kerja kerasnya, dia bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah melebihi gajinya sebelum bekerja di perusahaan.

Dia kemudian membuat Blogodolar.com untuk menuangkan pengalaman dan ilmu bisnis onlinenya secara blak-blakan. Dia juga sangat dikenal sebagai Blogger Inspiratif dan menginspirasi banyak orang.

Hal-hal semacam ini tentu bisa memacu banyak orang untuk selalu berpikiran positif, ikuti kata hati, temukan passion dan fokus kepada tujuan hidup.

6. Indri Lidiawati – JuraganCipir.com

Blogger Inspiratif Indri Lidiawati
source image : juragancipir.com

Indri Lidiawati merupakan salah satu blogger veteran yang suka menuliskan pengalaman dan informasi menarik di blog Juragan Cipir.

Entah apa maksud dari nama blognya itu, namun yang jelas beliau sudah bisa membuat brand yang bagus dan menjadi Blogger Inspiratif.

Pembahasan dari blog ini sebenarnya sudah sangat banyak mulai dari resep masakan, SEO, AdSense, tutorial blogging, tanaman dan masih banyak lagi.

Satu hal yang cukup unik yaitu beliau lebih suka mementingkan kuantitas dengan kata kunci tertentu. Jadi, makin banyak artikel yang ada di blog itu makin baik.

Selain itu, beliau juga suka ternak blog sehingga penghasilan yang didapat cukup banyak.

Oleh karena itu, Mbak Indri ini tentu sangat menginspirasi banyak orang terutama bagi ibu-ibu yang ingin serius berbisnis online.

Lha wong ibu-ibu saja bisa, masa kamu enggak?

7. Darmawan PIM – PanduanIM.com

Blogger Inspiratif Darmawan PIM
Source image : www.panduanim.com

Bagi yang benar-benar serius mendalami internet marketing, PanduanIM besutan Mas Darmawan mungkin bisa menjadi salah satu rujukan yang terbaik.

Dengan konten dan tulisan yang berbobot, blog PanduanIM memberikan sajian informasi yang sangat bermanfaat.

Berbagai panduan dan teknik seperti affiliate marketing, SEO, penulisan konten, strategi promosi, dan strategi internet marketing lainnya akan dibahas tuntas.

Meski artikelnya cukup panjang, namun gaya penulisannya mudah dipahami dan tidak membosankan untuk dibaca. Blog PanduanIM.com ini menurut saya adalah blog terbaik Indonesia untuk belajar internet marketing.

Strategi pemasaran online yang disajikan juga murni teknik whitehate dan yang paling up-to-date.

Penyajiannya benar-benar sangat terstruktur dan professional seperti blog luar negeri, tidak seperti blog lain yang hanya asal publish dengan konten dangkal.

Karena kualitas kontennya benar-benar jauh di atas rata-rata, wajar saja jika hampir semua artikel di blog Panduan IM nangkring di halaman 1 Google.

8. Rama Mamuaya – DailySocial.id

Blogger Inspiratif Rama Mamuaya
Source image : www.techno.id

Pada tahun 2008 yang lalu, Rama Mamuaya mendirikan sebuah situs yang dinamai Daily Social. Blog ini mengulas berbagai hal seperti berita, opini dan analisis teknologi seputar dunia internet dan digital.

Berawal dari konsestensi yang terus dijalani, ia akhirnya berhasil mengembangkan DailySocial.id sebagai salah satu media online nomor satu di Indonesia.

Beberapa kontributornya merupakan pelopor lingkungan teknologi, digital dan startups di Indonesia.

9. Benazio Rizki Putra – Benablog.com

Blogger Inspiratif Bena Kribo
Source image : www.loop.co.id

Benazio Rizki Putra atau yang sering dikenal dengan Bena kribo merupakan salah satu blogger yang masih aktif hingga sampai saat ini.

Dengan gaya bahasa yang lucu dan santai, blognya itu kemudian dilirik oleh banyak orang. Dia juga sudah menulis buku berjudul “Benabook” yang mengulas beberapa hal menarik.

Karena keberhasilannya itu, ia juga sudah sering mendapat penghargaan dalam dunia blogging. Karena sudah menikah, kini rambutnya tidak lagi kribo seperti dulu.

Saat ini dia juga aktif membuat vlog di channel Youtubenya.

10. Agus Mulyadi – AgusMulyadi.web.id

Blogger Inspiratif Agus Mulyadi

Pria Magelang yang satu ini memiliki blog pribadi dengan kualitas konten yang sangat antimainstream.

Gaya bahasanya yang fresh, ceplas-ceplos dan sedikit bumbu vulgar membuat banyak pembaca terhibur.

Penyajian tulisannya juga sangat baik, bahkan twist ending ceritanya susah di tebak dan kadang bikin jengkel pembaca.

Inilah salah satu kekuatan dari seorang Agus Mulyadi sekaligus Blogger Inspiratif untuk anak muda.

Selain mengisi konten di blog pribadinya, ia kini juga menjabat sebagai redaktur di Mojok.co. Banyak orang yang menanti tulisan-tulisan beliau, termasuk saya.

Yang paling saya suka dari Mas Agus yaitu saat dia menulis artikel “Rambat Series” di Mojok.co. Tulisannya benar-benar menghibur dan sangat unik, wajar banyak yang ngefans dengan sosok ganteng Agus Mulyadi.

11. Marixon Manurung – Maxmanroe.com

Blogger Inspiratif Marixon Manurung

Hampir setiap artikel dari Maxmanroe.com bisa bertengger di halaman satu Google berkat tangan dingin seorang Marixon Manurung. Beliau menjadi salah satu blogger inspiratif Indonesia yang patut kita tiru.

Dengan rajin menulis artikel berkualitas setiap waktu, blog yang dirintisnya kini menjadi sangat besar.

Banyak keyword kelas kakap (persaingan berat) berhasil dilampaui, wajar jika blognya bisa mendatangkan puluhan hingga ratusan ribu pengunjung tiap harinya.

12. Ibrahim Vatih – Vatih.com

Blogger Inspiratif Ibrahim Vatih
Source image : www.sintesa.net

Blogger yang satu ini mungkin belum setenar yang lainnya, namun bagi para internet marketer pasti sudah familiar dengan nama Ibrahim Vatih.

Nama itu sebenarnya bukan nama asli, nama Ibrahim Vatih dibuat untuk branding agar mudah diingat oleh banyak orang. Bagi yang belum tahu, dia adalah seorang digital marketer, praktisi SEO sekaligus ustadz di daerahnya.

Setelah malang melintang di dunia internet marketing, ia ingin membagikan ilmunya ke banyak orang.

Berbekal tekad, visi dan misinya, ia akhirnya mendirikan sebuah pondok pesantren yang berfokus pada Al-Quran dan bisnis online.

Nama pesantren keren tersebut bernama Sintesa, kamu bisa langsung melihat review blog sintesa untuk mengetahui informasi lebih lengkap.

Dengan tangan dingin seorang Ibrahim Vatih beserta rekan pengurus yang lain, banyak jebolan Sintesa yang akhirnya sukses meraih puluhan hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya.

Harapannya, Sintesa bisa memberikan pengaruh positif bagi anak-anak muda Indonesia untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari segi akhlak dan ekonominya.

Beberapa alasan inilah yang membuat Ibrahim Vatih layak dimasukkan ke salah satu blogger inspiratif di Indonesia.

Kalau kamu ingin selamat dunia dan akhirat, sebaiknya coba daftar deh menjadi santri di Sintesa. Kebetulan sekali, saat ini sedang dibuka pendaftaran angkatan ke 7 dan akan ditutup pada akhir Januari 2018.

13. Pramudya Ksatria Budiman – BangSatruk.com

Blogger Inspiratif Satruk
source image : https://mobile.facebook.com/unyupreneur

Pemuda kelahiran 1999 ini sepertinya sudah cukup familiar bagi para internet marketer.

Di usianya yang masih terbilang muda (19 tahun), kiprahnya di dunia blogging sudah tidak diragukan lagi.

Karena jam terbangnya yang sudah begitu banyak, kini ia menjadi salah satu sesepuh di dunia blogging dan Blogger Inspiratif untuk mencari penghasilan dari blog.

Skill blogging khususnya SEO dan AdSense sudah tidak perlu diragukan lagi, ribuan dollar sudah pasti masuk ke kantongnya setiap bulan.

Hebat sekali bukan?

Blog pribadinya mungkin tidak membahas hal-hal teknis namun lebih mengarah pada kegiatan sehari-hari.

Untuk blog lain yang digunakan sebagai bisnis tentu saja dirahasiakan, mengingat sudah menjadi rahasia umum bahwa dia itu memiliki banyak aset yang cukup banyak.

Dengan ilmu yang sudah dimilikinya, kini ia suka berbagi ilmu di Komunitas Bisnis Online Banyumas (Kombas) untuk memberdayakan masyarakat di sekitarnya.

14. Priyadi Iman Nurcahyo – Priyadi.net

Blogger Inspiratif Priyadi ImanPemilik blog Priyadi.net ini sudah malang melintang di dunia blogging.

Banyak juga yang menganggap bahwa dia itu sebagai “Bapak Blogger Indonesia” karena pengalamannya yang cukup banyak.

Meski desain blognya sederhana, namun tulisannya sangat variatif dan membahas berbagai hal informatif.

Respon yang diberikan pengunjung juga cukup tinggi, terbukti ada beberapa artikel yang termbus hingga ratusan komentar.

Banyak pengunjung yang singgah di bloggnya untuk melihat informasi-informasi terbaru.

Selain itu, blognya ini juga cocok bagi blogger pemula yang ingin memperdalam ilmu blogging.

15. Romi Satria Wahono – IlmuKomputer.com

Blogger Inspiratif Romi Satria Wahono

Seorang blogger bernama Romi Satrio Wahono ini merupakan pemilik IlmuKomputer.com yang membahas seputar komputer dan tutorial.

Blog penyedia konten pembelajaran komputer ini sepertinya memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang masih gaptek dan awam dengan komputer.

Banyak juga mahasiswa yang ingin menyimak pembahasan IT dari blog ini, karena informasinya benar-benar menarik untuk disimak.

Kalau banyak yang jadi praktisi IT dengan blog ini, siapa yang tahu?

16. Firsta Yunida – DiscoverYourIndonesia.com

Blogger Inspiratif Firsta

Selanjutnya ada blogger cantik Indonesia yang bernama Firsta Yunida.Berawal dari kecintaannya terhadap dunia traveling, dia akhirnya mendirikan blog Discover Your Indonesia.

Dengan blognya itu, ia juga berharap bisa membantu lebih banyak orang untuk mengenali pesona Indonesia.

Meski mayoritas tulisannya menggunakan Bahasa Inggris, namun tetap saja bisa memberikan informasi kepada para bule yang ingin singgah ke Indonesia.

Lambat laun, blognya semakin popular dan terkenal. Karena semakin banyak pembacanya, ia akhirnya memanfaatkan peluang tersebut untuk berbisnis.

Ia kemudian terjun ke bisnis konsultasi travelnya di Jogja dan Jawa Timur, mengingat besarnya potensi yang bisa didapatkan.

17. Harumi Sudrajat – MyTipsCantik.com

Blogger Inspiratif Harumi Sudrajat

Wanita cantik yang satu ini merupakan salah satu beauty blogger terkenal Indonesia.

Dengan tulisan yang menarik dan konten-konten yang berkualitas, Harumi membuat berbagai tutorial make up yang sangat informatif dan mudah dipahami untuk kaum hawa.

Kalau kamu suka berdandan, maka wajib hukumnya untuk membuka blog Harumi ini. Kamu bisa membaca berbagai artikel dengan sentuhan tangan Harumi.

Blog ini benar-benar cocok buat kamu yang sangat ingin belajar mengenai dunia make up dengan baik dan benar.

18. Julia Veronica dan Marius Tjanderasa – AnakJajan.com

Blogger Inspiratif Julia Veronica
Source image : www.anakjajan.com

Melalui blog AnakJajan.com, Julia Veronica dan Marius Tjanderasa menulis berbagai hal mengenai dunia kuliner.

Ini bermula dari hobi mereka berdua yang suka mendokumentasi kegiatan food hunting dan jalan-jalan mereka ke pelosok daerah.

Kecintaan mereka berdua pada dunia kuliner membuat mereka serius untuk menjalani profesi sebagai food blogger. Banyak juga para pembaca yang memberikan respon positif dan dukungan.

Untuk masalah konten diurus oleh Julia dan masalah foto makanan diurus oleh Marius. Keduanya kompak sekali, bahkan mereka juga serius mereview kuliner Internasional.

Selain review makanan, blog ini juga berisi resep makanan, tempat nongkrong yang asik dan lain sebagainya.

Nah, bagi kamu yang ingin food hunting bareng temen, alangkah lebih baik kalau lihat blog AnakJajan.com terlebih dahulu. Dijamin, wawasan kulinermu akan meningkat tajam dari sebelum-sebelumnya.

19. Iwan Banaran – IwanBanaran.com

Blogger Inspiratif Iwan Banaran
source image : www.iwanbanaran.com

Berbeda dengan topik blog sebelumnya, Iwan Banaran sepertinya lebih tertarik untuk menulis hal-hal berbau otomotif.

Kesukaannya pada roda dua ini dicurahkan melalui tulisan-tulisan pada blog pribadinya itu.

Informasi terbaru seputar roda dua pasti akan dia bahas, apalagi kalau sudah menyangkut motor gede.

Dengan pengunjung yang terbilang cukup banyak, ia juga akhirnya memonetize blognya dengan periklanan AdSense.

Meski blognya dioptimasi dengan AdSense, namun sepertinya dia tidak terlalu memikirkan SEO.

Ini bisa dilihat dari gaya tulisannya yang terkesan bebas, santai dan sangat personal. Tidak ada keyword-keyword yang terlalu banyak, hanya review dan pandangannya terhadap motor yang dibahas.

Kalau kamu ingin membaca informasi seputar roda dua, maka tidak ada salahnya jika mengunjungi blog Iwan Banaran terlebih dahulu.

20. Dokter I Made Cock Wirawan – BlogDokter.net

Blogger Inspiratif Dokter Made
Source image : news.trubus.id

Terakhir ada blogger inspiratif yang mengulas berbagai hal terkait kesehatan, beliau adalah Dokter Made.

Blog miliknya ini awal mulanya hanya berisi coretan-coretan yang kurang begitu penting, namun tidak disangka banyak respon positif dari pembaca.

Akhirnya, dia lebih serius lagi menekuni hobinya ini dengan menulis berbagai informasi seputar dunia medis dan kesehatan.

Baca juga :

Nah itulah blogger-blogger inspiratif dan paling berpengaruh di Indonesia.

Mungkin masih banyak blogger potensial yang belum kami sebutkan, namun setidaknya sosok hebat di atas bisa mewakili blogger Indonesia yang lainnya.

Tulisan ini bukan semata-mata untuk menobatkan seorang blogger menjadi yang terbaik, namun lebih mengarah ke rasa terima kasih.

Setidaknya, tulisan ini bisa mengapresiasi para blogger yang sudah berkontribusi banyak terhadap kemajuan masyarakat Indonesia.

Terimakasih, salam blogger!

Author Rifa

Seorang blogger asal Sumedang, Jawa Barat. Aktif menulis dan berjualan online.

Komentar

Tulis Komentar
  1. Ini bang raditya dika multitalent ane gak nyangkka dulu awalnya dia blogger yg ane tau itu dia youtuber terkenal dan komika handal

  2. Baru baru ini baru ngikuti konten konten dari Agus Mulyadi, kontennya fresh dan saya suka humor ceplas ceplosnya

  3. Tak salah mas sugeng nomer 1 toh dari sana kebanyakan awal mula bagi yg mau belajar ngeblog

  4. blognya bang radit sekarang udah di redirect ke channel youtube nya, apakah masih bisa di bilang sebagai blogger?

  5. PanduanIM dulu gila, sekarang maxmanroe juga masih sering pejawan. Tapi lebih gila lagi tribun… Wkwkwk, semua keyword di embat

  6. menginspirasi pengen jadi blogger yang berpenghasilan triliunan euro per detik hhhh

  7. Mas sugeng salah satu blogger idola saya, beliau sering banget share template gratis plugin gratis dll beliau punya pengetahuan yang luas tentang dunia blogging.

  8. mas sugeng tetap favorit, banyak blog ane yang menggunakan template besutan beliau dan banyak belajar dari tulisan beliau

  9. Sangat menginspirasi gan, semoga kita bisa konsisten dalam blog dan bisa menjadi seperti mereka atau bahkan melebihi mereka dalam hitungan beberapa tahun lagi, semangat semuanya

  10. Blog PanduanIM memang salah satu blog yang sangat cocok untuk para pemula untuk belajar mengenai SEO, Content Marketing. Recommended!

  11. Para legendaris ini bisa jadi panutan blogger” baru seperti saya. Semangatnya yang luar biasa. Semoga mereka selalu sehat

  12. Proses memang tak akan menghianati ya. Mereka sudah membuktikan dan menikmati hasil ngeblognya. Rasanya ingin sampai ke titik seperti mereka

  13. ayo bergabung bersama kami hanya di www . kapalasia . com
    HOT PROMO :

    – Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    – Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    – Bonus Rollingan Casino 0.8%
    silakan bosku ^_^
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    Contact Person :
    BBM : D8820AEF
    LINE : KapaLJudi
    WA; +85515378728
    TWITTER : CS_KAPALJUDI
    INSTAGRAM : Kapal Judi
    FANSPAGE : Online Kapal Judi / Kapal Judi

  14. Ayo join di.www.kapaljudi. net
    HOT PROMO :

    – Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    – Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    – Bonus Rollingan Casino 0.8%
    silakan bosku ^_^
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

  15. sangat menginspirasi barangkali di tahun nanti saya bisa menjadi seorang blogger yang menginspirasi juga 😀

  16. Apakah artikel ini akan di update di 2019? ya kalau bisa sih di update, jadi kita bisa tahu perkembangan blogger di Indonesia. hehehe

  17. Para senior yang sangat menginspirasi, dengan keahlian, ketekunan dan semangat berbagi yang tinggi mereka menghasilkan karya yang menghantarkan mereka menuju kesuksesan. Terimakasih Mr.R tulisan anda sangat bermanfaat bagi saya, karena saat ini saya sedang belajar ngeblog dan memerlukan refferensi daftar nama blogger sukses untuk pemacu semangat

  18. Mereka benar-benar hebat, kita harus mengikuti seperti yang mereka lakukan untuk menjadi seorang blogger.
    Terima kasih informasinya sangat membantu bagi saya.

  19. Mereka-mereka yang disebutkan diatas menjadi rujukan saya ketika belajar membuat blog secara otodidak, hingga sekarang pun masih sesekali mampir di blog mereka.

  20. Selamat buat blogger yang sudah sukses.
    Kalau saya ngeblog hanya karena hobi, dan belajar menulis dalam bahasa inggris.

  21. Saya baru tau, keren banget. cuma kalo saya lebih sering bahkan tiap hari ke blog mas sugeng.

  22. Diantara 20 blogger tersebut yang tetap eksis dan makin melejit hanya No. 19 Iwan Banaran, yang lainnya fenomenal pada zamannya dan mulai beralih ke YouTube yang katanya lebih mudah daripada blogger

  23. Apakah artikel ini yang mengulas blogger berpengaruh masih relevan? Bila ditelusuri, banyak pamor blog dari blogger berpengaruh di atas mulai redup. Benar mereka sudah berkecipung lama dalam dunia blogging dan perlu mendapat apresiasi. Mereka hebat pada jamannya.

    Namun bila menilik kondisi sekarang, di tengah ketatnya persaingan antar blog, banyak pula blogger baru yang mumpuni dan pamor blog-nya terus naik. Bila mereka telah memulai lebih awal, seharusnya eksistensi blog-nyaakan semakin kuat, bukan sebaliknya.

    • Semua tergantung eksistensi…Niat dan kemauan..Continues sangat penting untuk membuat nilai eksistensi lebih berharga.

    • Bukan masalah relevan tidaknya, tapi di sini bicara pengaruhnya ke orang2 / blogger lain. Berkat mereka, blogger2 yg sekarang jadi terinspirasi dan bisa tumbuh seperti sekarang. KALAU mereka udah fokus ke yg lain bukan brtt tidak berdampak peranannya di masa lalu.

  24. Klik mania mana nih, saya kira klik mania juga sudah pantes di sejajarkan dengan mereka, infonya menarik

  25. Semua orang orang diatas sudah berpengalaman serta telah mencicipi hasil dari internet. Ingin rasanya seperti mereka. Semangat 😉

  26. Kapan Ya Saya Bisa Seperti Mereka,..Bagi Tipsnya Bisa klikmania Agar Tidak Malas Ngeblog ?????

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0