in

16 Tips Dasar Menjadi Seorang Blogger Sukses Untuk Pemula

blogger sukses

Apakah anda tau setiap hari di seluruh dunia bermunculan blogger baru yang mencoba keberuntungan di dunia maya. Internet memang telah menjadi magnet tersendiri bagi mahluk yang bernama manusia, terutama yang bermimpi menjadi blogger sukses.

Bagaimana tidak, hampir setiap hari kita menghabiskan waktu berjam-jam untuk sekedar berinteraksi di media sosial ataupun berselancar di youtube maupun portal berita dan hiburan. Selain untuk bersenang-senang Internet juga telah menyediakan peluang usaha dan bisnis baru yang belum dikenal sebelumnya.

Salah satu cara untuk sukses di dunia intenet adalah dengan cara membuat website ataupun menjadi seorang youtuber.

Di artikel ini saya hanya akan focus pada langkah-langkah yang harus di lakukan oleh seorang blogger pemula untuk menggapai sukses di dunia online. Dan jika anda salah satu dari mereka yang ingin mencoba keberuntungan di dunia blogging ada baiknya anda membaca tips di bawah ini agar anda lebih cepat untuk berhasil dan sukses di dalam mengembangkan sebuah blog.

Tidak masalah jika anda masih sekolah SD ataupun seorang Pensiunan. Seperti apa kata pak Uztadz mulailah saat ini dari hal-hal kecil yang anda sukai dan kuasai. Jangan menunggu nanti apa lagi besok.

Mari kita mulai langkah pertama untuk membuat sebuah blog atau website yang akan membawa anda sebagai seorang blogger sukses

blogger sukses

1.Hasrat

Jika anda mengawali membangun sebuah blog hanya untuk mendapatkan uang dan ketenaran maka anda tak akan bertahan lama di dunia blogging. Percayalah! Walaupun uang dan ketenaran merupakan salah satu faktor penting yang menjadi motifasi seorang blogger untuk tetap berkarya, tetapi tak ada jalan pintas yang bisa di gunakan untuk mendapatkan uang di dunia online.

Semuanya membutuhkan proses. .Dari mulai tahap belajar, mengembangkan blog dan kemudian konsisten untuk tetap berkarya dan berbagi pengetahuan.

Berapa lama seorang blogger pemula untuk bisa sukses di dunia internet?
Pertanyaan seperti ini mungkin pernah anda ajukan di forum-forum online maupun kepada teman anda yang telah lebih dulu memulai karir di dunia internet.

Dan jawaban yang anda dapatkan sangatlah beragam, ada yang hanya membutuhkan hitungan bulan namun ada juga yang memerlukan waktu bertahun-tahun untuk menikmati apa yang namanya kesuksesan dan ketenaran di dunia online.

Semua tergantung kepada diri anda masing-masing, seberapa tekun anda untuk tetap belajar, konsisten dan pantang menyerah.

Banyak blogger yang putus asa dan akhirnya menyerah ditengah jalan karena sudah puluhan kali daftar adsense selalu di tolak. Sudah berbulan-bulan membuat blog tetapi pengunjung harian tidak sampai 100 orang.

Mari kita rubah mindset anda sekarang

blogger suksesTak ada jalan pintas untuk sukses tetapi ada jalan yang lebih mudah untuk di lalui, semua blogger akan sukses jika tidak menyerah dan putus asa di tengah jalan.

Ilmu di dunia online akan selalu berkembang dari waktu kewaktu jadi teruslah belajar

Jadi mulailah membuat blog sesuai dengan hobi dan minat anda, dengan sesuatu yang anda sukai dan kuasai maka anda akan lebih mudah untuk berhasil.

Jika anda seorang traveler atau seorang fashionista buatlah blog tentang wisata atua fashion blogger. Hal ini akan memudahkan anda untuk selalu bisa membuat artikel dan tidak cepat kehilangan ide.

Yang terpenting dari kegiatan blogging adalah sebagai tempat menyalurkan hobi, mengembangkan kreatifitas serta tempat anda berbagi ilmu dan menyebarkan kebaikan.

Nikmatilah proses tersebut sehingga ketika kesuksesan materi dan ketenaran tidak kunjung anda dapatkan anda tidak terbebani dengan hal tersebut dan tidak menyerah ditengah jalan serta terus berkarya untuk menuju blogger sukses.

2. Niat yang kuat

Sekarang luruskan niat anda dalam menjadi seorang blogger sukses, carilah alasan yang kuat kenapa anda tak akan menyerah ditengah jalan dalam membangun sebuah blog.

Apa hal yang ingin Anda capai?
Kenapa ingin menjadi blogger sukses   ?
Saya ingatkan sekali lagi, tak ada jalan pintas untuk sukses di dunia blogging

3. Mentukan niche blog

Langkah selanjutnya adalah mencari niche blog yang cocok dengan hasrat atau pashion anda. Cara terbaik untuk sukses dan mengalahkan ribuan blogger-blogger muda yang bermunculan setiap bulannya adalah dengan menjadi sesuatu yang berbeda.

Menyampaikan hal-hal lama dengan cara baru dan dengan sudut pandang yang berbeda. Buatlah blog dengan niche yang sangat spesifik dan jadilah ahli.  Seorang blogger sukses punya sebuah ciri khas.

Anda seorang ahli otomotif, desain grafis atau seorang ahli pemasaran. Jadikanlah keahlian anda sebagai topik dalam blog anda.

4. Menyelesaikan masalah

Coba pikirkan apa yang membuat seseorang berkunjung ke blog anda dan berlama lama di sana. Tentu mereka ingin mencari sesuatu yang mereka butuhkan yaitu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

blogger sukses

Bisakah blog anda menjadi solusi bagi permasalahan mereka? Atau mereka pergi dengan kecewa dan mencari blog lain yang bisa menjawab persoalan yang mereka hadapi.

Jadilah seorang ahli yang bisa menyelesaikan setiap masalah yang mereka hadapi. Buatlah sebuah brand yang menunjukkan bahwa anda seorang master. Dapatkan kepercayaan dari mereka maka mereka akan dengan senang hati berkunjung ke blog anda kembali.

Jika anda telah selesai membaca nomor 1 sampai nomor 4 maka saya anggap anda telah menemukan gambaran seperti apa blog yang akan anda buat. Sebuah cetak biru yang siap anda kembangkan dan wujudkan.

Tips berikutnya lebih kepada masalah teknis yang akan anda lakukan untuk menciptakan sebuah blog atau website yang siap bersaing menjadi blogger sukses di dunia maya.

5. Memilih domain yang bagus

Banyak sekali pilihan nama domain yang bisa anda gunakan untuk membangun sebuah brand. Tapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih nama website. Kata pak uztadz nama adalah do’a, jadi pilihlah dengan hati-hati, jangan salah memberikan nama website anda.

Hal hal yang patut anda pertimbangkan saat memilih nama website

Unik
Pilihlah nama domain yang unik sehingga orang tertarik untuk mengunjunginya, contoh: Hipwee, kaskus, 1cak, Juragancipir. Males banget, Google, Yahoo dan Jalantikus

Mudah di ingat
Selain unik domain juga harus mudah di ingat, jadi pilih nama domain yang pendek. Usahakan jangan lebih dari 10 huruf. Contoh : Klikmania, Solusismart

Baca selengkapnya : Cara Memilih Dan Menentukan Nama Domain Blog Yang Bagus

Mudah di eja
Selain mudah diingat domain juga harus mudah dieja serta dalam penulisannya tidak membingungkan.
Contoh : kompas, Antara, detik dan JPNN

Jika masih bingung memilih nama domain anda bisa gunakan nama anda sebagai nama domain, contoh sugeng, mas kolis,  Arlina, kang ismet dan maxmanroe

Konsisten

Setelah anda memilih sebuah domain konsistenlah dengan domain tersebut, jangan merubah rubah dalam jangka waktu dekat. Jadi pilihlah dengan matang dan jangan anda rubah jika tidak ada hal yang sangat penting.

Pilih ekstensi domain TLD yang familier

Setelah anda memilih sebuah nama domain. Pilihlah ekstensi domain yang familier dimata pengguna internet. Saya hanya akan menyarankan anda untuk menggunakan 5 jenis ekstensi domain ini yaitu. COM, NET ,ORG atau CO.ID, ID Jika target pengunjung anda dari Indonesia

Hindari pemilihan domain selain ke 5 jenis ekstensi tersebut. Jangan menggunakan domain yang aneh-aneh seperti xzy, mom, rock dan sejenisnya. Seorang blogger sukses bisa memilih nama domain yang tepat.

Penting

Jika memungkinkan hindari pemakaian tanda hubung (-) ataupun angka di dalam nama domain seperti dewa-seo atau seo123.  Anda cukup mengeluarkan uang kurang lebih Rp.135.000 / tahun untuk mendapatkan sebuah domain TLD

6. Memilih hosting yang bagus

blogger sukses

Jika anda memutuskan untuk membuat blog di wordpress.org maka anda harus menyewa hosting yang bagus dan menerima layanan pelanggan 24 jam.cari yang memberikan garansi optima 99,9%

Anda bisa memilih penyedia hosting dalam negeri maupun luar negeri. Saya sarankan jika anda tidak ahli dalam bahasa inggris pilihlah hosting Indonesia agar lebih mudah dalan berhubungan dengan CSnya.

Satu lagi yang tidak kalah penting biasanya orang Indonesia terkendala dalam masalah pembayaran yang harus menggunakan kartu kredit. Pilihlah penyedia hosting yang menyediakan unlimited bandwith dan space. Perkiraan biaya kurang lebih Rp. 750.000/ tahun.

Sewa hosting dapat domain gratis, mau?

Penting

Hal diatas tidak perlu anda pikirkan jika anda menutuskan membuat blog di blogspot. Karena hosting di google dijamin sudah memenuhi standar penyedia hosting professional dan yang paling penting ngehosting di google itu gratis. Hanya kelemahannya anda tidak sebebas di wordpress.org dalam mengembangkan desain dan fitur blog anda.

7. Memilih theme atau template yang bagus

Yang tidak kalah penting dari semua hal di atas adalah memilih tampilan dari wepsite anda, kata orang kesan pertama itu sangat menentukan.

Pilihlah theme atau template website yang memenuhi standar saat ini yaitu

  • Mobile friendly
  • Fast loading
  • Sedap di pandang

Dipasaran banyak tersedia theme dan template yang bagus untuk website anda. Saya sarankan untuk memakai theme atau template premium.

Untuk theme anda bisa memilih theme dari Mythemeshop,Woo theme,Thesis, Genesis Untuk template anda bisa memilih buatan anak negeri seperti theme dari mas sugeng, mas kholis, atau arlina design.

Penting

Hanya downloads theme gratisan dari wordpres.org serta perhatikan kapan terakhir kali pembuat theme mengupdate theme-nya. Jika Tidak diupdate lebih dari 6 bulan jangan anda gunakan.

8. Memilih plugin

blogger sukses

Khusus untuk pengguna wordpress.org anda akan di mudahkan dalam menyeting website anda dengan banyaknya plugin plugin grtis yang di sediakan oleh para pengembang.

Penting

Instal pluggin yang benar-benar anda butuhkan, terlalu banyak plugin yang anda install akan menyebabkan website lambat untuk di akses.

Plugin wordpress yang wajib ada di website anda

Akismet

Lindungi blog anda dari komentar-komentar spam yang membahayakan denagan plugin akismet. Akismet akan menyaring setiap komentar yang masuk dan memasukkan komentar spam ke dalam folder spam.

Broken link checker

Plugin ini sangat berguna untuk menjaga website anda tetap prima, tidak bisa di pungkri lagi jika link mati di dalam blog akan mengganggu kepuasan pengunjung. Dan juga tidak bagus dimata mesin pencari google.

Jetpack

Plugin ini sangat bermanfaat dan terdapat lebih dari 30 fitur yang bisa anda manfaatkan. Seperti social share, related post dan popular post.contact form, statistik website

Wp super cache
Plugin ini berfungsi untuk mempercepat loading website.

Yoast by SEO

Untuk urusan SEO di wordpress anda tidak perlu bingung. Cukup install plugin SEO dari yoast maka anda akan menjadi seorang ahli SEO untuk pemula. tentu saja jika anda menggunakan versi gratisan maka anda akan memperoleh fitur yang terbatas. Untuk lebih gres anda bisa membeli yang premium.

9. Publish Artikel

Sampai dengan langkah ke 9 maka saya anggap anda sudah memiliki sebuah website yang siap di isi. Ibarat sebuah toko website tersebut masih kosong belum ada isinya. Jadi sekarang waktunya membuat artikel pertama anda dan terbitkan.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membuat konten untuk website anda

  • Jenis konten seperti apa yang ingin anda buat. Apa konten tersebut sebua artikel, gambar, video atau gabungan dari 3 hal tersebut.
  • Bagaimana cara anda membuatnya. Apakah anda akan membuat konten website sendiri atau membeli konten dari pihak ke 3.
  • Seberapa sering anda ingin menerbitkan konten di website anda. Harian atau mingguan. Untuk jenis website hiburan dan berita anda harus menerbitkan konten baru setap harinya.
  • Sedangkan untuk jenis blog tutorial anda cukup 2 hari sekali. Karena konten artikel tutorial pembuatan dan pengerjaannya lebih lama untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas.

Buatlah konten yang bermanfaat, menghibur dan menyelesaikan masalah yang pengunjung hadapi. Hal ini bertujuan agar pengunjung datang kembali ke website anda dan jika beruntung maka anda akan memperoleh promosi gratis dari pengunjung anda.

10. Pantau blog anda

Setelah anda menerbitkan artikel di website, sekarang saatnya mendaftarkan website anda ke mesin pencari utama. Saya sarankan anda untuk mendaftarkan situs anda ke mesin pencari Google,Yahoo, dan Bing

Yang paling penting daftarkan situs anda di google webmaster tool agar situs anda cepat di kenal dan di rayapi robot spider dari google. Hal ini akan memudahkan website anda memperoleh pengunjung organic dari google.

Tentu anda tau bahwa google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet.
Anda juga bisa memantau situs di google analytic. Dengan begitu akan mengetahui statistic pengunjung anda..

Jenis konten seperti apa yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Dari mana saja mereka berasal serta bisa memantau kebugaran situs anda.

11. Mendatangkan pengunjung

Setelah website anda siap. Datangkanlah pengunjung ke website anda. Bagaimana anda menarik pengunjung ke blog anda? Disini saya akan membahas 3 cara favorit para blogger dalam mendatangkan pengunjung ke blog mereka.

blogger sukses

Mesin pencari

Cara ini menjadi cara yang paling murah dan ampuh untuk menunjang kesuksesan blog anda.Agar blog anda di kunjungi pengunjung dari SE maka anda harus belajar SEO. Perlu di pahami, tidak harus ahli SEO untuk bisa mendatangkan traffic dari mesin pencari Google,Yahoo ataupun Bing

Yang perlu anda lakukan cukup menguasai teknik seo tingkat dasar.yaitu teknik SEO on page dan teknik SEO Of page.

Jika anda blogger pemalas seperti saya maka anda cukup optimasi di teknik SEO on page itu sudah cukup. Walaupun hasIlnya tidak sebagus jika anda menerapkan keduanya.

Sosial media

Pengunjung dari social media jangan anda anggap remeh. Jika anda tau teknik membuat konten yang viral maka dengan mudah anda akan memperoleh pengunjung dari facebook, google plus maupun twitter. Anda juga bisa mendatangkan pengunjung dari youtube.

Untuk belajar cara membuat konten konten yang viral anda bisa belajar ke situs situs seperti viralnova, hipwee, buzzfed.

Atau jika anda mau anda bisa membuat artikel yang kontrofersial dengan judul-judul yang boombastis, seperti Subhanalloh…..,mengerikan…..,Wajib baca…….,Awas…..,

Itu tergantung anda mau pilih yang mana. Saya sendiri cenderung tidak menyuka judul-judul yang boombastis.
Konten yang laku di social media adalah jenis konten yang menyentuh hati pembacanya.

Seperti konten yang menghibur, menginspirasi, menakjubkan, kontroversial, mengundang empati, gossip artis. Untuk konten jenis tutorial tidak cocok memakai teknik ini.

Adword

Cara yang ke 3 adalah dengan memasang iklan di google adword , facebook ads. Twitter ads maupun instagaram ads. Kelemahan dari teknik ini tentu saja membutuhkan biaya yang besar, namun hasilnya instan tidak menunggu waktu lama.

12. Membuat list building

Banyak para master dan blogger sukses di dunia internet memanfaatkan kekuatan dari list building untuk memperoleh traffic ke dalam website mereka dan juga mendatangkan pembeli potensial ke dalam usaha mereka.

Pasanglah plugin signup di dalam website anda. Arahkan mereka agar dengan suka rela menyerahkan alamat email mereka ke pada anda. Tentu hal ini tidak mudah tapi bisa anda terapkan dan praktekkan. Buatlah sesuatu yang gratis untuk pengunjung website anda. Bisa sebuah ebook atau souvenir.

Pengalaman pribadi, Saya selalu tergoda untuk subscribe sebuah website jika mereka menawarkan sebuah ebook gratis untuk pengunjung yang bersedia berlangganan website mereka. Ingat ya ini langganan melalui email bukan RSS Feed.

13. Jadilah mahluk sosial

Setelah 13 cara di atas anda lalui sekarang waktunya memperkenalkan diri anda kepada dunia. Jawablah setiap komentar yang masuk di blog anda. Usahakan untuk berinteraksi dengan pengunjung.

  • blogger sukses
    • Mulailah berkunjung ke blog blog yang membahas topic yang sama dengan niche blog anda, berkomentarlah di blog mereka…gunakan nama pena anda.
    • Berkomentar yang memberi nilai tambah dan membangun, tunjukkan bahwa anda seorang ahli di bidang tersebut.
    • Ikut aktif di forum-forum baik forum online di website maupun di social media. Aktif bertanya dan menjawab maka anda akan cepat dikenal di dalam komunitas tersebut.
    • Jawablah pertanyaan dengan tuntas dan menyelesaikan masalah mereka tanpa anda mempromosikan blog anda ke pada mereka.
    • Jangan nyepam di forum-forum tersebut. Itu memalukan dan anda bisa langsung kena pentung.
    • Menjadi penulis tamu di blog-blog yang sudah mempunyai nama besar. Dengan menjadi penulis tamu maka anda akan dikenal oleh pengunjung blog tersebut.

Jika pengunjung blog anda mulai ramai mari kita bahas ke hal yang paling anda tunggu tunggu yaitu:

14. Monetisasi Blog

Sekarang saatnya memikirkan bagaimana caranya menghasilkan uang dari blog yang anda kelola. Tersedia banyak sekali cara untuk dapat menghasilkan uang dari blog untuk menuju blogger sukses.

Hitung-hitung ini untuk menutup biaya operasional mulai dari sewa hosting sampai paket internet bulaan. Alhamdulillah jika masih ada sisa untuk berangkat Haji dan umroh ke tanah suci.

Memasang Iklan

Iklan PPC ( pay per click )

Kita mulai dari cara favorit para blogger sukses Indonesia untuk mendapatkan uang dari internet yaitu memasang iklan Adsense di dalam website.

Adsense adalah media periklanan dari google yang akan membayar per seribu tayang dan juga per klik. Sangat mudah dalam pemasangannya serta memiliki jenis iklan yang berfariasi dari jenis iklan banner sampai iklan teks dan iklan tautan.

Sebenarnya masih banyak penyedia iklan PPC selain adsense tetapi adsense selalu akan menjadi juara dan dambaan para blogger.

Jadi, pelajarilah kebijakan adsense dan patuhilah. Setelah itu coba anda daftarkan website anda ke adsense. Jika anda diterima maka anda akan bisa menayangkan iklan dari adsense di dalam blog anda. Dan siap-siaplah untuk berburu dollar.

Contoh blogger sukses sebagai penayang adsense  dari Indonesia adalah eka lesmana. Habibie afsyah, Marixxon manurung, Gani Sebastian, bos gee dan tentu saja juragan Indri lidiawati. Dari luar negeri ada situs Wikihow, Perez Hilton, listverse, dan …Kalian cari saja sendiri yang lain.

Iklan PPA ( pay per actions )

Ikan jenis ini adalah iklan Affiliasi. Jadi anda akan dibayar jika pengunjung anda mengeklik iklan tersebut dan terjadi sebuah transaksi.

Contoh perusahaan yang menggunakan sistem affiliasi adalah: Amazon, mataharimall, CJ, Clickbank, Ratakan, Bhinneka.

Iklan Mandiri

Anda harus menyediakan space iklan kosong di blog anda dan menyewakan kepada perusahaan atau orang yang tertarik untuk mengiklankan perusahaan atau produk . Mereka akan membayar bulanan kepada anda, semakin banyak pengunjung website maka harga space iklan yang anda tawarkan bisa semakin mahal.

Banyak blooger sukses melakukan hal ini untuk mendapatkan penghasilan secara real time setiap bulannya.

Menjual Ebook

blogger sukses
ebook

Level selanjutnya memperoleh uang dari website adalah dengan cara menjual ebook. Biasanya ebook ini berisi tutorial tutorial yang sangat dahsyat dari para master dibidangnya masing-masing.

Jenis ebook yang dijual bermacam macam tergantung niche blog anda. Jika blog anda tentang kesehatan dan kecantikan maka ebook yang anda jual adalah ebook tentang kesehatan dan kecantikan.

Jika anda seorang blogger maka ebook yang anda jual tidak jauh-jauh pembahasannya dari masalah blog, SEO, Adsense, dan Link building.

Contoh blogger sukses yang menerapkan cara ini adalah problogger dan backlinco

Menjual tool/Alat

Jika anda seorang programmer anda bisa menciptakan sebuah tool yang berguna bagi para pengguna internet. Biaya yang di kenakan biasanya langgana bulanan. Contoh yang menerapkan metode ini adalah Semrush, Moz dan Alexa.

Menjual produk fisik

Anda bisa jualan produk secara online di dalam website yang anda kelola.Jadikan website anda juga sebagai took online. Anda bisa menggabungkan beberapa cara mendapatkan uang dari blog di atas di dalam website anda. misalnya anda memasang adsense dan juga memasang link affiliasi serta jualan produk.

15. Membuat target

Setelah semua hal di atas anda laksanakan mulaikah untuk membuat target hal-hal yang ingin anda capai. Target ini bisa target jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang untuk mencapai blogger sukses.

Anda bisa mulai membuat daftar pertanyaan pencapaian seperti apa yang ingin anda peroleh dalam 3 bulan mendatang?.6 bulan kedepan dan juga 1 atau 2 tahun berikutnya.

Buatlah rencana yang matang dan yang paling penting buatlah target yang realistis

Contoh:

Saya ingin 1 tahun mendatang pengunjung blog saya 10.000 orang/hari dan pendapatan US$ 10/hari dan yang harus saya lakukan untuk mencapa hal tersebut adalah sebagai berikut………..

Catat hal tersebut baik baik dan konsisten untuk mewujudkannya. Selalu evaluasi setiap bulan kemajuan apa yang anda capai. Usaha apa yang harus anda tingkatkan?

16. Realistis

Setelah semua hal yang anda lakukan kadang harapan dan kenyataan tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan.Tetaplah bijak untuk menyikapinya dan jangan putus asa serta selalu berdo’a. Tidak ada seorang blogger sukses tanpa disertai dengan Doa.

Penutup

Pembahasan yang saya lakukan dalam artikel ini belumlah selesai.Masing masing poin di atas masih bisa di kembangkan di dalam artikel yang berdiri sendiri untuk bisa tuntas dan menyeluruh dalam pemembahasnya.

Jika ada waktu senggang saya akan membahas satu persatu dengan lebih rinci jadi tunggu saja artikel saya berikutnya di klikmania.

Jangan pernah bosan untuk tetap membaca dan belajar ilmu-ilmu baru yang diajarkan oleh para master blogger dari Indonesia dan dari Luar negeri.

Baiklah saya rasa cukup sekian pembahasan kali ini tentang langkah langkah cara cepat sukses menjadi seorang blogger untuk pemula.

Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Selalu ada jalan untuk sukses.

Author Abbi SATYA

Seorang blogger paruh waktu yang mencoba belajar dan berbagi pengetahuan seputar dunia blog dan money online.

Hidup itu indah, Jalani, Syukuri dan Nikmati

Founder and CEO SolusiSMART

Komentar

Tulis Komentar
  1. Sorry buat teman2 yang komen di artikel ini tidak bisa membalas satu satu.Terimakasih atas apresiasi teman teman.Kalau ada hal yang belum jelas bisa tanya langsung sama mas Gani Sebastian.
    Salam sukses untuk srluruh blogger Indonesia.

  2. trims,mas abi satya yg koentar banyak tentang ilmunya bloger,saya hanya bisa membaca mas,maaf masih belum bisa ,tapi saya senang belajar dan ingin tahu dunia bloger,salam kenal dari saya mas,saya mahmud dari lumajang

  3. keren artikel nya an sangat membantu banget untuk saya yang sedang belajar memulai blogger untuk blog Kerberos Industries, sangat menginspirasi dan menambah semangat saya dalam membuat blogger
    ternyata nice itu juga penting banget ternyata apalagi blog saya tentang clothingan yang dimana banyak sekali rival di dunia maya, tapi setelah baca artikel ini saya jadi tau bagaimana ngakalin nya supaya bisa eksis terus

    terimakasih admin ilmu nya

  4. Wihhh,,, ternyata salah seorang dari daftar teman google plus saya adalah seorang penulis handal, yaitu om abby satya 🙂

    artikelnya sangat bagus, detail dan lengkap om.

    Sekalian titip salam blogger buat tuan rumah om ghani sebastian.

  5. Saya baru tau ternyata masih ada banyak hal hal yang harus lebih di dalami di dunia blog, makasih untuk infonya 🙂

  6. info menarik menjadi seorang blogger, ini lahan yang bagus buat pengangguran seperti saya tinggal nulis di blog dan dapat income, tapi ini juga perlu kerja keras

  7. Terimakasih mas gani telah bersedia menerbitkan Artikel pertama saya di klik mania.Rasanya sangat membahagiakan bisa menjadi keluarga besar Klik Mania.

      • Saya baru mau coba ni mas,tp masih bingung sama yeoast nya
        Mungkin perlu dipelajari dulu sama para senior iapd yang sudah lebih dulu jadi punggawa diklik mania….o iya artikel om Abi Satya mungkin akan menjadi salah satu referensi saya perihal menulis diklik mania…soalnya komplit dan Joss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0