Review ProdukTekno

Bocoran iPhone 12 & iPad Pro, Penampakan dan Spesifikasi

Bocoran iPhone 12 & iPad Pro, Usung 3D ToF Sensor Untuk Fitur Augmented Reality (AR)

Spekulasi dan Bocoran iPhone 12 sudah bermunculan di Internet, smartphone milik Apple tersebut kabarnya akan dirilis tahun 2020 mendatang.

Apple sendiri belum memberikan informasi mendalam mengenai smartphone yang akan menjadi suksesor iPhone 11 tersebut.

Namun seperti yang telah dijelaskan, sudah banyak sekali spekulasi yang bermunculan di Internet.

Kali ini bocoran penampakan render iPhone 12 telah muncul berkat laporan Apple analyst Ming-Chi Kuo’s.

Tidak hanya itu, di artikel ini kita juga akan membahas sedikit spesifikasi dari iPhone 12.

Bocoran iPhone 12

Apple rumornya akan menggunakan SoC Bionic A14 dengan X55 5G modem untuk mendukung jaringan 5G.

SoC tersebut kabarnya dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 5nm tercanggih milik TSMC.

Seperti iPhone sebelumnya, smartphone ini juga akan hadir dalam 3 varian dan 2 diantaranya akan menggunakan Flexible OLED Panel. Namun iPhone 12 tidak akan menjadi smartphone foldable, layarnya hanya memiliki lengkungan/curved dibagian sisi-sisinya.

Dan seperti iPhone 11 Pro & iPhone 11 Pro Max yang menggunakan layar dengan refresh sebanyak 120Hz, tidak dielakan jika iPhone 12 akan menggunakan layar dengan refresh rate yang sama.

Lagi pula, sudah banyak smartphone yang telah menggunakan layar dengan refresh rate di atas 60Hz seperti OnePlus 7T/Pro 90Hz, Asus ROG Phone 120Hz dan Sharp AQUOS Zero Two yang mencapai refresh rate hingga 240Hz.

Layar tersebut juga kabarnya masih akan mengadopsi notch dan bukan pop-up ataupun in-display front camera.

Apple juga sedang mengembangkan teknologi Face ID yang akan memanfaatkan kamera depan pada iPhone 12.

Selain itu mereka juga kabarnya sedang menggarap 3D-sensing rear camera yang nantinya bisa digunakan untuk fitur AR (Augmented Reality)

iPhone 12 sendiri akan menggunakan desain kekotakan yang mirip dengan iPhone 4, smartphone ini juga akan dilengkapi dengan Quad Camera Setup.

Penampakan iPhone 12

Di post oleh Phonearena, gambar Render iPhone 12 hampir terlihat mirip seperti iPhone 4/5 dan SE.

iPhone 12 memiliki Quad Camera Setup dengan LED flash yang dikelilingi 4 kamera module pada bagian belakang yang agak sedikit menonjol keluar.

Sementara untuk kamera depan, iPhone 12 masih akan mengadopsi notch namun kemungkinan ukuran notch tersebut akan diperkecil. Hal tersebut akan memberikan pengguna layar yang lebih lebar dan bersih.

Bocoran iPhone 12
Source: Phonearena

Kamera belakangnya adalah gabungan dari lensa utama, lensa ultrawide, telephoto dan 3D ToF (Time of Flight).

Apple menggunakan 3D ToF sensor untuk meningkatkan fitur portrait mode dan agar memungkinkan untuk mendukung fitur Augmented Reality (AR) nantinya.

Smartphone tersebut juga akan dilengkapi dengan Infrared (IR) emitter. IR emitter nantinya bisa dimanfaatkan untuk membantu mengambil foto dikondisi low-light agar dapat menghasilkan foto yang lebih terang dan jelas.

Sedangkan untuk varian warna, iPhone 12 kemungkinan akan hadir dalam dua pilihan warna yaitu Silver dan Black.

Apple sendiri telah menargetkan iPhone 12 untuk terjual sebanyak 80 Juta unit di tahun 2020. Para penganalisa juga meng-klaim bahwa akan ada lebih dari 50 Juta smartphone 5G secara Global pada tahun 2020 mendatang.

Jika prediksi tersebut memang dapat tercapai, Apple akan ikut menguasai sebagian persentase pasar 5G tahun depan dan akan membantu mempercepat penerapan teknologi 5G.

iPad Pro

Apple juga rumornya akan merilis iPad Pro tablet pada pertengahan Q1 tahun 2020 depan yang kemudian dilanjut dengan kacamata dan headsets AR.

Informasi baru mengatakan bahwa iPad Pro tablet akan menggunakan dual camera setup dengan 3D sensor pada bagian belakang yang nantinya akan bisa digunakan untuk fitur AR.

Source: GsmArena

Apple akan merilis VR dan AR headsets pada tahun 2021 dan 2022 yang akan difokuskan untuk media konsumsi seperti Gaming bahkan Virtual Meetings.

Sebelumnya Apple telah berencana untuk merilis fitur AR pada tahun 2019 dan headsets AR pada tahun 202, Namun sepertinya rencana mereka sedikit tertunda.

Sekarang Apple telah memiliki 1,000 engineers yang sedang menggarap projek AR dan VR, Team tersebut dipimpin oleh Mike Rockwell.

Hingga kini masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai kedua perangkat tersebut, maka dari itu selalu stay tuned untuk artikel yang akan datang.


Loading...

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close