Review ProdukTekno

Bocoran Kamera Samsung Galaxy S11, Usung Sensor 9-1 Bayer 108MP

Bocoran Kamera Samsung Galaxy S11

Rumor mengenai kamera yang akan digunakan oleh Galaxy S11 memang telah tersebar di internet.

Kabarnya, Samsung Galaxy S11 akan menyandang gelar sebagai smartphone dengan kamera terbaik untuk tahun 2020 mendatang.

Bocoran mengenai sensor yang akan digunakan untuk kamera smartphone tersebut perlahan mulai terlihat. Kali ini, leakster ternama Iceuniverse @Universelce at Twitter telah membocorkan sedikit penampakan dan desas-desus sensor yang akan digunakan oleh Galaxy S11.

Menurut rumor Samsung Galaxy S11 memang akan menggunakan sensor 108MP ISOCELL Bright HMX generasi kedua milik Samsung sendiri.

Baca jugaSamsung Galaxy S11 Bakal Punya Kamera Ponsel Terbaik di 2020?

Namun sensor tersebut bukan lagi sensor Quad Bayer yang digunakan untuk kebanyakan smartphone sekarang ini. Melainkan, Sensor terbaru tersebut akan menggunakan teknologi terbaru yang disebut 9-to-1 bayer.

Quad Bayer menggabungkan 4 pixel menjadi satu dan akan menghasilkan foto dengan resolusi 1/4 dari ukuran sensor tersebut menggunakan fitur pixel-binning.

Sebagai contoh, ISOCELL Bright GW1 memiliki ukuran sensor sebesar 64MP dan menghasilkan gambar dengan resolusi 16MP menggunakan fitur tersebut.

Secara singkat Pixel Binning adalah proses dimana saat sensor smartphone kita mengambil gambar beresolusi tinggi lalu mengecilkanya untuk menghemat tempat penyimpanan.

Meskipun begitu, kualitas gambar yang dihasilkan akan terlihat tajam dan jelas walaupun di kondisi low-light/minim cahaya sekalipun.

Jadi secara teknis, Sensor 108MP yang akan digunakan oleh Galaxy S11 akan menghasilkan gambar dengan resolusi 12MP menggunakan fitur pixel-binning.

Namun jika Quad Bayer 4-1 saja mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi maka sepertinya dengan teknologi 9-1 bayer, kita akhirnya akan bisa melihat hasil foto terjernih yang pernah ditangkap menggunakan smartphone.

Penampakan Kamera Galaxy S11

IceUniverse juga meng-unggah foto yang sepertinya adalah penampakan beberapa kamera module yang akan digunakan oleh Galaxy S11.

Smartphone tersebut juga sepertinya akan mengadopsi desain rectangular yang juga digunakan oleh Galaxy-A dan Galaxy-M series.

 

Samsung Galaxy S11
Source: IceUniverse

Lensa paling atas kabarnya adalah kamera Ultrawide sedangkan yang paling bawah adalah lanesa Telephoto/Periscope. Sementara kamera utamanya terletak pada bagian tengah.

Kabarnya, Galaxy S11 juga akan dilengkapi dengan 3D ToF sensor yang ditemani dengan LED Flash yang disembunyikan dibagian kanan.

Demikian informasi yang sementara ini kami dapat. Mungkin informasi lebih lanjut akan mulai terlihat minggu depan.

Dan jika kita beruntung, Samsung mungkin akan mulai memamerkan hasil sampel foto/video yang diambil menggunakan sensor tersebut. Maka dari itu, kita tunggu saja informasi berikutnya.

Sumber|Sumber2

 


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close