Review ProdukTekno

Bocoran OnePlus 8 Series: Usung 120Hz Display & Fitur Canggih Lainya

Bocoran OnePlus 8 Series

Bocoran OnePlus 8 Series – Tahun ini, OnePlus kabarnya akan merilis suksesor dari OnePlus 7 Series yang tidak lain adalah OnePlus 8.

Berbeda dari predesessornya. OnePlus 8 Series akan hadir dalam tiga varian sekaligus yaitu OnePlus 8, OnePlus 8 Lite dan OnePlus 8 Pro.

Untuk varian yang pertama, OnePlus 8 baru-baru ini telah menerima sertifikasi dari Buerau of Indian Standards (BIS). Namun sayangnya, sertifikasi OnePlus 8 dari BIS tidak memberikan informasi apapun mengenai spesifikasi perangkat tersebut.

Bocoran OnePlus 8 Series
Sumber: BIS via Nashvillehcatterclass

OnePlus 8 mengusung model number IN2011 dan seperti varian Pro-nya, Vanilla OnePlus 8 juga akan dilengkapi dengan Quad Camera Setup.

Tidak hanya OnePlus 8 saja, informasi terbaru mengenai OnePlus 8 Lite dan OnePlus 8 Pro juga telah terlihat.

Bocoran Terbaru OnePlus 8 Series

Varian flagship dari OnePlus 8-series kabarnya akan dipersenjatai dengan SoC 5G terbaru dari Qualcomm yang tidak lain adalah Snapdragon 865 yang digabung dengan 12GB RAM.

Sementara OnePlus 8 Lite akan di-targetkan untuk pasar menengah/mid-range dan akan menggunakan MediaTek Dimensity 1000.

Meskipun begitu, OnePlus 8 Lite masih tetap memiliki fitur dan tampilan premium. Salah satunya adalah dengan digunakanya layar OLED berukuran 6.4

6.5″inchi yang menggunakan centered punch-hole display.

Seperti Vanilla OnePlus 8, layar versi Lite ini juga memiliki refresh rate yang lumayan tinggi yaitu 90Hz. OnePlus 8 Lite memiliki dimensi 159.2 x 74 x 8.6mm dan tentunya akan mendukung jaringan 5G berkat digunakanya Dimensity 1000 SoC dari MediaTek.

Sementara itu, OnePlus 8 Pro juga telah muncul di database GeekBench 4 dengan model number IN2023.

(klik untuk memperbesar)

IN2023/OnePlus 8 Pro terlihat menggunakan SoC/Chipset yang memiliki codename “Kona”. SoC/Chipset tersebut tidak lain adalah Snapdragon 865 yang digabung dengan 12GB RAM.

Dengan spesifikasi tersebut, OnePlus 8 Pro berhasil memperoleh skor sebanyak 4,296 points di single-core test dan 12,531 points di multi-core test yang terbilang lebih tinggi dari OnePlus 7T Pro yang dirilis tahun lalu.

Bocoran OnePlus 8 Series
Sumber: Geekbench

OnePlus 8 Pro juga kabarnya akan dilengkapi dengan Quad Camera Setup yang disusun secara vertikal pada bagian punggung smartphone tersebut.

Untuk layar, menurut informasi yang beredar. Varian Pro dari OnePlus 8 Series ini akan menggunakan OLED display yang memiliki refresh rate sebanyak 120Hz dengan resolusi Quad-HD+.

Tidak hanya itu, OnePlus 8 Pro juga dispekulasikan akan menjadi smartphone pertama OnePlus yang mendukung fitur Wireless Charging.

Layar OnePlus 8 Pro

Kembali ke layar, Baru-baru ini OnePlus telah memamerkan 120Hz OLED Display yang kabarnya didesain khusus untuk OnePlus 8 Pro.

Bocoran OnePlus 8 Series
Sumber: Weibo

Sesuai namanya, layar tersebut memiliki refresh rate sebanyak 120Hz dengan 240Hz sampling rate dan hanya membutuhkan waktu 8.3ms untuk merender tiap frames.

Bukan hanya itu, layar tersebut juga kabarnya akan mendukung Motion Estimation & Motion Compensation (MEMC).

Secara singkat MEMC adalah teknik yang nantinya digunakan untuk memproses video dengan framerate rendah e.g 60fps dan men-simulasinya agar seolah-seolah terlihat seperti120fps. (mirip dengan yang digunakan untuk TV)

Sumber: Weibo

Hal yang menakjubkan adalah semua itu bisa dilakukan secara langsung/real time karena nantinya akan di-implementasikan chip khusus yang menangani hal tersebut.

Layarnya akan mendukung true 10-bit dan dapat menampilkan 1.07 milyar warna. Pastinya layar tersebut juga akan mendukung HDR karena layar tersebut juga memiliki brightness yang dapat di atur dari 1024 hingga 4096.

Untuk yang terakhir, OnePlus akan melengkapi 8 Series dengan fitur yang mereka namakan “Smooth Chain”.

Smooth Chain adalah fitur optimisasi yang mencakup kombinasi hardware dan software yang akan berusaha untuk mengurangi jeda (delay) antara input/output secara serendah mungkin.

Alhasil, smartphone akan menjadi lebih responsif terutama untuk kegiatan seperti Gaming.

Rumornya, OnePlus 8-Series akan dirilis pada kuater kedua (Q2) tahun 2020 mendatang.

Sumber|Sumber2|Sumber3|Sumber4|


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close