Review ProdukTekno

Bocoran Terbaru Penampakan dan Spesifikasi OnePlus 8, Usung SD865!

Bocoran Penampakan dan Spesifikasi OnePlus 8

Bocoran Terbaru Penampakan dan Spesifikasi OnePlus 8 – Perusahaan asal cina OnePlus akan segera merilis OnePlus 7T Pro pada tanggal 10 Oktober mendatang di London, UK.

Mereka juga telah merilis OnePlus 7T dan OnePlus TV di India minggu lalu.

Namun kabarnya OnePlus diam-diam telah mengerjakan smartphone terbaru yang akan menjadi suksesor dari OnePlus 7 yaitu OnePlus 8.

Smartphone ini bukanlah rumor karena bocoran penampakan OnePlus 8 sudah terlihat walaupun masih dalam konsep render. (bukan penampakan langsung)

Berbagai spekulasi dan bocoran spesifikasi OnePlus 8 tersebut pun telah muncul yang keduanya akan kita bahas di artikel ini.

Berikut informasinya

Bocoran Spesifikasi OnePlus 8

Desain

Penampakan dalam konsep render telah muncul berkat leakster ternama Steve Hemmerstoffer @OnLeaks yang bekerjasama dengan CashKaro.

Melihat dari deasain smartphone tersebut, OnePlus 8 terlihat hampir sama/similar dengan OnePlus 7 Pro yang telah dirilis pada bulan Mei 2019 lalu.

Bedanya OnePlus 8 tidak akan mengadopsi teknologi Pop-up selfie camera seperti 7 Pro, namun akan mengadopsi punch-hole pada layarnya.

(Klik untuk memperbesar)

Dibagian belakang terdapat triple camera setup yang disusun secara vertikal dibagian tengah yang kemungkinan akan menggunakan sensor kamera yang lebih baik dari keluarga OnePlus 7 sebelumnya.

Smartphone ini juga dibuat menggunakan aluminium untuk rangka nya dengan kaca dibagian belakang yang kemungkinan besar adalah Gorilla Glass.

Dibagian belakang tidak terlihat fingerprint scanner, pastinya smartphone ini akan menggunakan in-display fingerprint scanner.

Maka dari itu, OnePlus 8 kemungkinan besar akan menggunakan layar berbasis OLED dengan refresh rate seperti 7T Pro yaitu 90Hz atau mungkin lebih tinggi lagi.

Layar dari smartphone ini sendiri terlihat melengkung kebagian samping dengan punch-hole untuk kamera selfie dan bezel serta chin yang tipis.

(Klik untuk memperbesar)

Layarnya dikabarkan mempunyai ukuran yang sama dengan 7T yaitu berukuran 6.5-inchi, sedangkan smartphone nya sendiri memiliki dimensi 160.2 x 72.9 x 8.1mm.

Speaker, dan USB-C Port serta SIM card slot terletak pada bagian bawah (termasuk aneh untuk simcard slot), tombol volume terdapat dibagian kiri sedangkan tombol power dan Alert Slider terletak dibagian kanan.

SoC/Chipset

Source: Qualcomm

Untuk bagian mesin, kabarnya OnePlus 8 akan menggunakan SoC/Chipset high-end terbaru milik Qualcomm yang akan dirilis tahun depan.

SoC/Chipset tersebut adalah Snapdragon 865.

Snapdragon 865 kabarnya telah selesai di-garap dan akan mulai diproduksi masal pada bulan Februari 2020 mendatang.

SoC tersebut dibuat oleh Samsung menggunakan teknologi fabrikasi berbasis 7nm EUV dan bukan TSMC.

Snapdragon 865 sudah muncul di situs Geekbench dengan codename “Qualcomm Kona” dan memperoleh skor 4160 dan 12946 points di single dan multi-core tests.

Source: GeekBench

Snapdragon 865 memiliki 8x cores dengan base frequency 1.80Ghz yang kemungkinan menggunakan konfigurasi Gold dan Silver cores seperti Snapdragon 855 dimana 4x Gold Cores memiliki clockspeed yang lebih tinggi dari 4x Silver.

SoC ini sendiri sudah mendukung jaringan 5G secara native, Snapdragon 865 mempunyai dua varian dengan codename “Huracan” dan “Kona”.

Namun masih belum ada yang tahu mana salah satu dari kedua SoC tersebut yang akan menjadi varian 5G.

Bagaimanapun juga, Varian 4G akan lebih murah untuk diproduksi dan cocok untuk negara yang masih belum memiliki infrastruktur 5G yang memadai.

Snapdragon 865 juga akan menggunakan LPDDR5X RAM dengan Storage berbasis UFS 3.0 yang lebih cepat.

SoC tersebut dikabarkan akan mulai mempersenjatai smartphone high-end pada awal tahun 2020, termasuk Samsung Galaxy S11.

Memori dan OS

Untuk memory, kabarnya OnePlus 8 akan menggunakan RAM berkapasitas 12GB yang dikolaborasikan dengan 128GB non expandable storage.

Namun informasi tersebut masih diragukan, karena smartphone tersebut termasuk seri high-end dan kecil kemungkinannya jika hanya menggunakan Internal Storage berkapasitas 128GB.

Dari segi software, kemungkinan besar OnePlus 8 juga akan menggunakan Android 10 out of the box dengan UI/Skin berbasis OxygenOS.

Tidak dielakan juga bahwa nantinya OnePlus 8 akan memiliki versi Pro seperti smartphone OnePlus yang lainya.

Dan sepertinya versi Pro lah yang nanti akan mendukung jaringan 5G.

Fitur Lain

OnePlus 8 juga akan menjadi smartphone pertama dari OnePlus yang akan mendukung Wireless Charging.

OnePlus memiliki masalah Overheating pada fitur wireless charging nya dan pada saat itu perusahaan tersebut memilih untuk meninggalkan fitur tersebut.

Alasanya karena pada saat itu kecepatan wireless charging masih sangat lambat dari dinilai tidak praktikal.

Namun sekarang wireless charging sudah bisa mencapai 30W seperti Xiaomi dan Huawei.

Maka dari itu OnePlus telah mempertimbangkan untuk menambahkan fitur wireless charging untuk OnePlus 8.

Penutup

Hingga saat ini masih belum ada informasi/bocoran spesifikasi lengkap dari smartphone tersebut.

Namun seperti biasanya, informasi lain pasti akan muncul menjelang tanggal dirilisnya smartphone terbaru tersebut.

Jadi kita tunggu saja kabar berikutnya di artikel yang akan datang.

Rangkuman Spesifikasi

SoC/Chipset Qualcomm Snapdragon 865 (7nm)
Memori 12GB RAM + 128GB Internal Storage?
Layar Fluid AMOLED?, 6.5-Inchi
Kamera Triple Camera Setup
Baterai ?
OS Android 10, OxygenOS

Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close