Internet

Brasil Sudah, Pihak Facebook Akan Bawa WhatsApp Pay ke Indonesia?

Facebook, Inc. baru saja meluncurkan WhatsApp Pay di negara Brasil. Brasil menjadi negara pertama yang mendapatkan layanan tersebut setelah India gagal menjadi tempat peluncuran karena rumitnya proses regulasi di negara tersebut.

Mengingat WhatsApp Pay sudah diluncurkan, meskipun itu secara terbatas, besar kemungkinan layanan tersebut akan diperluas oleh pihak perusahaan, mengingat Facebook, Inc. memang mengincar sektor pembayaran digital untuk dijadikan sumber uang mereka di masa mendatang.

Baca juga: Bertambah, Kali Ini Facebook Ikut Nimbrung Saham Gojek

WhatsApp Pay Akan Segera Meluncur di Indonesia?

20 Agustus 2019 lalu, Reuters melaporkan bahwasanya pihak WhatsApp serius untuk memasuki pasar Indonesia. Menurut orang yang mengetahui akan masalah ini, yang namanya enggan disebutkan, WhatsApp telah melakukan pembicaraan dengan beberapa perusahaan pembayaran digital Indonesia untuk menawarkan layanan mereka.

Dalam laporan disebutkan bahwasanya WhatsApp telah mengadakan pembicaraan serius dengan Gojek, DANA, dan juga OVO. Dan laporan yang disampaikan oleh Reuters itu terbukti, karena saat ini Facebook telah menggandeng salah satu perusahaan perusahaan pembayaran digital asal Indonesia, yaitu Gojek yang notabene adalah pemilik GoPay.

Namun dalam keterangan selanjutnya disebutkan bahwasanya pihak Facebook tidak akan menawarkan layanan pembayaran peer-to-peer langsung. WhatsApp hanya akan berfungsi sebagai platform di Indonesia yang mendukung pembayaran melalui dompet digital lokal karena terganjal peraturan perizinan yang ketat.

Berdasarkan laporan tersebut, maka bisa dikatakan WhatsApp Pay tidak akan hadir ke Indonesia sebagai layanan yang berdiri sendiri. Tapi WhatsApp Pay akan mendukung GoPay sebagaimana yang disampaikan dalam laporan bahwasanya pihak Facebook akan mendukung pembayaran melalui dompet digital lokal.

Baca juga: Ikut Gabung Gojek, Transaksi PayPal Bakal Bisa Dilakukan di GoPay?

Mengapa Facebook Lebih Memilih Gojek?

Alasannya adalah GoPay lebih superior dibandingkan dengan layanan pembayaran lain yang ada di Indonesia saat ini. Memang masih terdapat nama-nama besar seperti OVO dan DANA. Namun, kedua layanan pembayaran tersebut masih belum mampu untuk mengalahkan GoPay.

Melansir CNBC Indonesia, (20/6/2020), dari semua platform e-wallet yang ada di Indonesia, GoPay masih menjadi yang paling dominan. Nilai transaksi GoPay pada tahun lalu tercatat mencapai USD6,2 miliar. Artinya, pangsa pasar GoPay di Indonesia saat ini sebesar 61 persen.

GoPay juga menjadi platform yang paling popular di kalangan pengguna e-wallet. Selain populer, GoPay juga memiliki pengguna yang relatif loyal jika dibandingkan dengan platform lain. Menurut studi yang dilakukan oleh Ipsos terhadap 500 responden, lebih dari 50 persen mengatakan masih mau menggunakan GoPay walau tanpa promo.

Baca juga: Gojek Didukung PayPal dan Facebook, OVO dan DANA Siap Merger

Sekarang, para pengguna WhatsApp hanya perlu menunggu kabar selanjutnya dari pihak Facebook maupun Gojek. Dalam beberapa bulan ke depan, model pembayaran WhatsApp melalui GoPay kemungkinan besar akan segera meluncur untuk para pengguna Indonesia.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close