Bisnis Online

Buat Usaha Tambahan Penghasilan Dengan Menjual Produk Lokal Tradisional

Buat usaha dengan menjual produk lokal secara online – Sebenarnya setiap orang pasti bercita-cita menjadi pengusaha, memiliki usaha sendiri ataupun punya bisnis yang memberi penghasilan lebih dari cukup.

Tapi, inilah kenyataannya…Tidak semua orang bisa buat usaha, karena rata-rata mempunyai prinsip bahwa untuk jadi pengusaha haruslah membutuhkan modal yang besar.

Ada benarnya juga, tetapi tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa jenis usaha yang tidak memerlukan modal uang dalam jumlah yang besar. Hanya perlu ide cemerlang Anda untuk menciptkan usaha itu.

Jika kita bisa memanfaatkan keadaan serta melihat kondisi lingkungan di sekitar rumah kita, suatu jenis usaha bisa kita ciptakan meskipun hanya bermodalkan uang sedikit dan usaha kecil-kecilan.

Mulailah berintegrasi dengan anggota masyarakat yang bisa menjembatani buat usaha yang bisa di kerjakan dari rumah, karena sasaran utama kita adalah warga di sekitar.

Baca : Peluang Usaha Modal Kecil Menjanjikan Yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Baiklah kembali ke pokok pembahasan, bagaimana menciptakan usaha dengan ide cemerlang Anda? Jawaban yang paling sederhana adalah “Anda harus online sekarang”.

Mengapa? Apakah wajib untuk saya?

Loading...

Jika Anda buat usaha yang tidak ingin menggangu rutinitas pekerjaan utama Anda, jawabannya adalah harus. Sebab saat ini banyak orang berlomba-lomba mendapatkan penghasilan hanya bermodalkan akun media sosial, blog ataupun halaman landing page sederhana.

Betul, anda harus online sekarang untuk memecah kebuntuan dan menambah income penghasilan Anda.

Buat Usaha Dengan Menjual Produk Lokal Secara Online

Tahukah Anda bahwa produk tradisional (lokal) dari daerah Anda mungkin terlihat biasa saja dimata orang sekitar, tetapi akan sangat istimewa jika produk itu tidak dijumpai di daerah lain.

Inilah aset yang sebenarnya bisa kita manfaatkan dengan mengangkat produk lokal menjadi komoditas jual, Anda bisa memasarkannya secara online.

Untuk produk lokal contohnya banyak sekali, seperti sovenir asli dari kota Anda, baju adat daerah, produk lokal yang tidak dijual ditempat lain atau beberapa aksesoris khas dari daerah Anda.

Apa yang harus saya lakukan?

Anda tidak harus memproduksi barang tradisonal (lokal) tersebut, tetapi cukup menjadi penjualnya saja, dengan kata lain Andalah yang akan memasarkannya ke pembeli dengan mengandalkan Icon lokal daerah Anda.

Untuk belajar menjadi penjual, sebelumnya Anda harus belajar menjadi pembeli. Ya..Anda harus bisa mendapatkan barang yang lebih murah yang kemudian akan dijual kembali secara online.

buat usaha
Image from http://baligreentour.com

Kita tidak harus mendapatkan barang tersebut, tetapi cukup tau harganya saja dan kalau bisa mintalah harga termurah. Selanjutnya kita bisa minta contoh gambarnya (sample)  kepada penjual.

Selanjutnya adalah mencari pembeli Anda, setelah sebelumnya mendapatkan kesepakatan harga dan stok barang yang bisa Anda jual.

Saatnya Berpromosi Dan Menjual Produk Lokal Tradisional Anda

Apakah diperlukan keahlian khusus dalam menjual produk lokal ini secara online? Jawabanya adalah tidak, karena sekarang sudah tersedia cara berpromosi secara online untuk menjual produk lokal Anda.

Kita bisa memanfaatkan jasa dari layanan google untuk berpromosi secara lokal maupun untuk semua wilayah yang ada di Indonesia. Adwords Express adalah Solusi Beriklan Di Google Untuk Produk Lokal Dengan Biaya Murah.

buat usaha

Untuk bisa menggunakan AdWords Express anda cukup membuat akun google bisnis saja dan jika Anda mempunyai blog bisa membuat Maps (peta wilayah) dari google yang akan bisa ditemukan dihasil pencarian.

Baca : Panduan Membuat Google Bisnis Dan Menampilkan Maps Dihasil Pencarian

Pasang Iklan Di AdWords Express

Anda juga tidak perlu membuat situs atau blog untuk produk atau jasa yang ditawarkan, karena bisa memanfaatkan lokasi dari usaha Anda melalui google bisnisku.

Di Adword Express Anda tidak memerlukan keahlian khusus dan tidak harus menggunakan Jasa pasang iklan AdWord biasa.

Sangat cocok bagi Anda yang :

  • Tidak memiliki pengalaman beriklan secara online.
  • Tidak mempunyai banyak waktu untuk mengatur promosi produk sendiri.

Adword Express sangat mudah untuk digunakan dan Tidak memerlukan kata kunci secara spesifik, karena sudah diatur system Adwords.

Anda hanya perlu membayar ketika Iklan di klik, dan bukan karena iklan tayang. Jadi tidak perlu khawatir tentang masalah budget atau biaya.

Untuk itu saya sudah sediakan tutorial mengenai Cara Pasang Iklan Di Adwords Express (Panduan Lengkap)

Alternatif Berpromosi secara Gratis

Nah, bagi yang berminat berpromosi secara gratis buat usaha online Anda, saya juga menyediakannya secara gratis. Dengan syarat Anda harus menulis sendiri ulasan tentang produk yang akan dijual disertai dengan gambarnya.

Baca : Jasa Review Produk Online Terpercaya Berkualitas Dan Pasti Laris

Caranya sangat mudah sekali, begitu Anda mengirimkan review atau ulasan produk akan segera di optimasi dari segi SEO (Search Engine Optimation) dan dalam waktu 24 jam artikel promosi Anda sudah bisa diterbitkan.

Mudah sekali bukan untuk buat usaha dan menjual secara online, jika orang lain bisa…mengapa Anda tidak?



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

19 Comments

  1. untuk menjual produk lokal secara online.Biasanya untuk masyarakat awam modal sangatlah penting untuk memulai usaha mas??lalu bagaimana menyiasati hal itu.

  2. rata-rata para perajin belum tahu cara pemasaranya di internet, mungkin ini peluang bagus bagi para blogger untuk turut memasarkan produk-produk tradisonal di dunia maya, apalagi yang mahir berbahasa inggris, tinggal duduk diam di rumah sambil jualan ke luar negeri dengan harga tinggi 🙂

    1. Kira-kira begitu ga,hanya ide saja. Yang jelas akan sulit jika tidak dipraktekkan secara langsung. Mengenai produk tradisional memang harus Online juga, sebab persaingan di daerah lokal semakin ketat, saatnya mencari pasaran luar. 😀

  3. Mantap Mas…Kerajinan Lokal Juga Bagus Dan Tidak Bisa di anggap Sebelah mata..hehe
    Biasanya Dalam Dunia Usaha Ada Strategi Bagaimana langkah, taktik atau tindakan yang harus ada dalam sebuah usaha. Suatu usaha yang ingin bersaing, tentunya usaha itu harus memiliki sebuah managemen yang bagus, baik, operasi yang lebih baik terutama terhadap pelayanan, kemudian memiliki produk yang berkualitas dan baik dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, komunikasi dan informasi yang jelas.

  4. Betul mas. Ini sudah jaman online. Pasar online sudah mulai menyalip pasar offline. Jadi buat para pengusaha menengah kebawah sebelum terlambat dan tergilas jaman, baik nya perlu mempertimbangkan bisnis nya kearah yg lebih luas. Artikelnya menginspirasi mas, sip.

  5. Menggunakan media online sebagai tempat mempromosikan sebuah produk memang paling ampuh mas, ya bisa dibilang tanpa modal 😀 namun saingannya juga banyak .. hahaha

    1. Kalau untuk produk lokal Tradisional masih sedikit saingannya, karena tidak semua tempat memproduksi, memang banyak saingan mas,,tapi kalau kita takut bersaing,,kapan mau jualannya 😀

  6. kalau bisa buat usaha sendiri itu hebat lho .. selain kita bisa jadi boss 😀 kita juga bisa membuka lowongan pekerjaan buat teman-teman yang lainnya juga, setidaknya mengurangi presentasi banyak nya jumlah pengangguran di negeri ini 🙁

  7. Keren Mas Gani…
    Walaupun hasil kerajinan lokal, namun bisa dipasarkan ke internasional…
    Karena berbekal jualan online, pemasaran online dan pengiriman yang bisa ke luar negeri…
    Sehingga buat usaha apapun itu yang penting tetap optimis…
    Salam

    1. Iya mas Dedy, sebenarnya banyak di produk lokal tradisional yang bisa dijadikan aset jual. Hanya perlu keuletan dan kesabaran saja. Apalagi sekarang bisa berpromosi dengan mudah melalui google express.

      Salam juga mas, thanks buat atensinya. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *