Buka Usaha Pulsa

Kelebihan dan Kekurangan Buka Usaha Pulsa di Rumah

Kelebihan dan kekurangan Buka Usaha Pulsa di Rumah harus dipahami bagi anda yang ingin berwirausaha konter pulsa dengan modal kecil dan mudah dijalankan.

Usaha pulsa memang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, sehingga sangat cocok dijadikan usaha sampingan maupun utama. Hanya saja tentu ada kelebihan dan kekurangan dari setiap pilihan usaha yang hendak dijalankan.

Beberapa orang memang ada yang menyediakan bangunan sebagai tempat untuk usaha pulsa, di mana tempat tersebut akan dijaga oleh orang lain sebagai tenaga kerja.

Namun ada juga yang mengelola usaha kecil-kecilan ini hanya dalam bentuk top up yang hanya dia sendiri yang melakukan transaksi.

Kedua jenis usaha pulsa tersebut memang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tentu saja dari segi modal, usaha jual pulsa dengan bangunan fisik pasti akan memakan modal lebih banyak daripada yang hanya menyediakan fasilitas top up saja.

Meskipun anda dapat menggunakan rumah sendiri sebagai tempat usaha, tetap saja semuanya akan memiliki resiko yang harus dihindari sebisa mungkin.

Mendirikan usaha jual pulsa tentu memiliki kelebihan dan kelemahan yang akan anda temui sebagai motivasi dan tantangan dalam merintis sebuah usaha.

Maka dari itu pada kesempatan ini akan dibahas mengenai Ini Kelebihan dan kekurangan Buka Usaha Pulsa di Rumah yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mencari jenis usaha kecil yang dapat anda jadikan usaha sampingan.

Loading...

Kelebihan Buka Usaha Pulsa di Rumah

Buka Usaha Pulsa
Gambar : kasirpulsa.com

Dalam menjalankan bisnis yang tergolong mudah ini, tentu saja anda dapat menikmati kelebihan yang tentunya akan dapat menjadi tambahan motivasi anda dalam mendirikan usaha jual pulsa. Simak beberapa kelebihannya berikut ini.

Modal Kecil

Salah satu yang menjadikan banyaknya usaha jual pulsa di seluruh pelosok wilayah baik perkotaan maupun pedesaan adalah dari segi modal awal yang kecil.

Bayangkan saja, dengan modal 50 rupiah anda sudah bisa memulai usaha isi ulang pre paid alat telekomunikasi ini. Contohnya bagi anda yang tinggal di Kota Bogor bisa mendaftar di agen pulsa Bogor seperti di timipulsa.com. Pengisian saldo minimal cukup murah hanya Rp 50 ribu.

Namun tentu saja dalam hal ini anda tidak mungkin berjualan pulsa hanya 50 ribu rupiah saja. Namun jika dihitung kembali, sebagai modal awal jenis usaha ini memang tidak membutuhkan banyak modal apalagi bila dilakukan di rumah.

Bila dibandingkan dengan jenis usaha yang lain anda bisa lebih menghemat pengeluaran modal demi meminimalisir kerugian atas resiko.

Buka usaha pulsa di rumah, tidak membutuhkan biaya sewa kios yang cukup mahal. Sehingga logis bila kita mengatakan modal yang dikeluarkan sangat kecil. Kita juga tidak harus menggaji karyawan karena konter bisa dijaga oleh sanak saudara.

Tanpa Sewa Tempat dan Peralatan Khusus

Jika anda berjualan ayam goreng, mungkin anda memerlukan kulkas untuk menjaga keawetan produk yang belum diolah.

Atau mungkin anda membutuhkan alat pemanas yang digunakan untuk menjaga produk ayam tersebut tetap dalam keadaan hangat ketika disantap oleh konsumen, meskipun tidak digoreng dadakan. Hal ini tentu jauh berbeda dengan usaha pulsa.

Karena anda bisa melakukan penjualan tanpa memikirkan hal-hal tersebut. Kualitas barang yang tidak akan rusak serta tidak memerlukan perawatan khusus tentu menjadi keunggulan yang sangat menarik.

Terlebih lagi anda bisa berjualan pulsa tanpa perlu tempat khusus seperti halnya usaha tempat makan yang harus menyediakan tempat dengan desain yang unik untuk menarik pelanggan.

Cukup gunakan halaman rumah atau teras anda, dan anda sudah bisa mulai berjualan. Bahkan tanpa tempat sama sekali pun anda tetap bisa memasarkan produk di kalangan teman-teman.

Mudah Dikelola

Buka usaha pulsa di rumah, tentunya memiliki keuntungan tersendiri karena lebih mudah dijaga oleh sanak saudara. Tidak seperti bila membuka usaha di sebuah Kios yang membutuhkan jadwal penjagaan khusus bahkan terkadang perlu karyawan.

Setiap saat, kita bisa mengawasi bisnis pulsa rumahan tersebut. Bila lapar, bisa pergi dulu ke dapur sehingga tanpa perlu keluar uang makan. Jadwal shift pun bisa dikondisikan bersama anggota keluarga lain di rumah.

Pelanggan Lebih Mudah Diperoleh

Pulsa saat ini memang masih memegang peran yang penting sebagai bentuk pembayaran secara prepaid dari para pengguna alat telekomunikasi.

Apakah pulsa itu akan digunakan secara langsung atau dikonversikan menjadi paket data, semuanya berawal dari pulsa.

Tidak heran bila banyak tetangga-tetangga anda di rumah yang akan menjadi pelanggan setia di konter pulsa anda. Selain karena dekat, mereka juga lebih tertarik membeli kepada orang yang sudah dikenal atau akrab.

Bahkan loyalitas seorang tetangga, bisa diperhitungkan ketika usaha anda dalam ancaman. Sebagai contoh, ikut membantu mengawasi bila ada orang yang mencuri voucher.

Kekurangan Usaha Isi Ulang Pulsa di Rumah

Selain mendatangkan keuntungan yang sangat menggiurkan dan membuat anda ingin mencobanya, ternyata dibaliknya anda akan melihat kekurangan berjualan pulsa sebagai bentuk usaha berbasis jaringan.

Anda tidak perlu khawatir terhadap kelemahan-kelemahan ini, karena semua rintangan pasti dapat anda atasi jika anda bersungguh-sungguh.

Keuntungan Kecil

Sebanding dengan modalnya yang kecil, jangan harapkan anda bisa memiliki penghasilan yang besar. Buka usaha pulsa di rumah memang hanya cocok untuk dijadikan sebagai usaha sampingan, bukan pekerjaan utama.

Selain karena harga jual produk yang memang tidak terlalu jauh dari harga belinya, namun juga dikarenakan faktor lokasi yang belum tentu strategis.

Bila konter pulsa rumahan anda berada di pinggir jalan dan kebetulan ramai dekat dengan kampus, sekolah atau pusat keramaian lainnya, maka prospeknya bisa jadi sangat bagus.

Bon Pulsa

kekurangan yang satu ini mungkin sudah tidak perlu diragukan lagi, terlebih jika anda menjual pulsa di kalangan saudara atau teman dekat.

Dengan mengandalkan keakraban, tentu sangat rawan akan adanya kegiatan hutang pulsa, apalagi yang tak tertagih.

Misalnya saja ketika anda diminta untuk mengisikan pulsa via chat, tentu mau tidak mau anda harus menjawab. Namun jika nominal pulsa tersebut hanya kecil, katakanlah lima ribu rupiah, dan ternyata si pembeli lupa akan hutangnya tersebut, tentu anda sebagai penjual akan sungkan untuk menagih.

Padahal katakanlah jika sekali anda menjual pulsa anda hanya untung seribu rupiah, maka anda harus menjual pulsa 5 kali lagi untuk menutup kerugian tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, sebagai penjual yang profesional, anda harus berani untuk menagih hutang tersebut tidak peduli pada kerabat atau keluarga.

Karena jika anda biarkan, tentu saja akan menghambat perkembangan usaha anda, dan membuat usaha sampingan anda sia-sia atau merugikan.

Berjualan Pulsa Online pun bisa menjadi sebuah terobosan dalam meningkatkan penjualan usaha pulsa di rumah. Lebih praktis dan benar-benar fleksibel.

Demikian informasi terkait Kelebihan dan kekurangan Buka Usaha Pulsa di Rumah yang dapat disampaikan. Mungkin informasi ini tidak sepenuhnya valid.

Namun beberapa pengalaman kelebihan dan kelemahan ini merupakan fakta yang memang harus dihadapi oleh pengusaha pulsa.

Setidaknya, jika anda memiliki usaha ini, anda bisa mengisi pulsa untuk diri anda sendiri dengan harga yang lebih murah daripada harus membeli di konter lain. Semoga bermanfaat.



Loading...


Bagikan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *