Tekno

Bukan Hanya Pekerjaan, Robot Juga Bisa Gantikan Pasangan dan Hewan

Ada-ada Saja!

Keberadaan robot saat ini membuat banyak orang was-was, karena robot terbukti dapat menggantikan peran manusia dalam urusan pekerjaan. Saat ini pun pekerjaan yang bersifat repetitif sudah ada yang digantikan oleh robot.

Di Indonesia sendiri, beberapa perusahaan memang belum banyak yang menggunakan robot. Namun, dalam beberapa tahun ke depan, penggunaan robot bisa saja dilakukan karena biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah ketimbang harus menggunakan tenaga manusia.

Ketika berbicara tentang masalah robot, maka yang menjadi topik utama pembahasan adalah seputar pekerjaan. Padahal, robot tidak hanya bisa menggantikan pekerjaan saja, karena robot juga bisa menggantikan peran makhluk hidup, yaitu hewan dan manusia itu sendiri.

Robot Sudah Gantikan Pasangan

Jepang adalah salah satu negara yang paling banyak membuat robot. Bahkan, salah satu warga negaranya ada yang memilih untuk menikahi robot atau yang lebih tepatnya menikahi hologram. Adalah Akihiko Kondo, pria berusia 35 tahun yang lebih memilih menikahi Hatsune Miku.

Hatsune Miku sendiri adalah penyanyi virtual buatan perusahaan yang bernama Crypton. Di Jepang, Hatsune Miku sangat terkenal. Bahkan sebagian besar laki-laki Jepang memang tertarik dengan Miku, khususnya untuk mereka para pecinta anime akut.

Di Jepang, hologram Hatsune Miku dijual dengan harga 2.800 dolar AS atau sekitar 39 juta. Ketika Kondo melakukan pernikahannya dengan Miku, orang tua dan kerabat Kondo sendiri tidak hadir. Meskipun begitu, dirinya mengaku mencintai Miku dengan sepenuh hati.

“Aku tidak pernah selingkuh darinya, aku selalu jatuh cinta dengan Miku-san. (san adalah kata-kata penghormatan yang sering digunakan di negara Jepang),” ucap Kondo seperti yang dikutip dari The Japan Times.

Robot Juga Bisa Menggantikan Hewan

Boston Dynamics adalah salah satu perusahaan yang sudah mulai menjual robot anjing kepada konsumer tertentu. Selain Boston Dynamics, Sony juga sudah menjual robot anjing di tahun 2018 yang diberi nama Sony Aibo dengan harga 2.900 dolar AS per unit.

Robot anjing yang dibuat Sony adalah robot anjing lucu yang menggemaskan. Adapun untuk robot anjing buatan Boston Dynamics tidak ada kesan lucunya, bahkan secara tampilan tidak mirip anjing, namun robot anjing buatan Boston lebih superior karena mampu berlari 1,6 meter per detik dengan kamera 360 derajat yang memberikan penglihatan penuh.

Baca juga: 7 Robot Futuristik Canggih yang Bisa Membantu Pekerjaan Rumah

Meskipun zaman semakin canggih, membuat robot untuk menggantikan makhluk hidup seperti menjadikannya sebagai pasangan tidaklah tepat. Penggunaan robot yang paling tepat adalah untuk membantu kehidupan manusia saja seperti menggantikan pekerjaan yang sifatnya repetitif seperti yang sudah disebutkan di awal.

Kalaupun ada orang-orang yang menjadikan robot sebagai pasangan hidup seperti halnya Akihiko Kondo, maka itu adalah sebuah kelainan yang harus disembuhkan, karena pada dasarnya manusia itu diciptakan untuk berpasang-pasangan dan memiliki keturunan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close