Internet

Calon Sarjana Terbukti Plagiat, Apa Kata Bos Infia?

Kasus plagiarisme yang dilakukan oleh saluran YouTube Calon Sarjana sampai saat ini masih menjadi perbincangan hangat. Hal yang demikian itu amat sangat wajar sekali mengingat Calon Sarjana adalah saluran yang sudah memiliki jutaan subscriber.

Sebagai saluran besar yang sudah masuk ke dalam top 10 saluran YouTube Indonesia, tentu hal yang dilakukan oleh Calon Sarjana memang cukup mengecewakan. Kekecewaan itu cukup beralasan karena Calon Sarjana adalah saluran pengetahuan.

Dan ketika sebuah saluran pengetahuan itu melakukan sebuah pelanggaran hak cipta, maka respect terhadap saluran tersebut akan berkurang mengingat pelanggaran hak cipta adalah pelanggaran serius yang seharusnya sudah diketahui oleh para kreator konten apalagi kreator konten sekelas Calon Sarjana.

Baca juga: Calon Sarjana Ketahuan Plagiat, Haruskah Unsubscribe?

Calon Sarjana Plagiat, Apa Kata Bos Infia?

Kasus plagiarisme yang dilakukan Calon Sarjana, mau tidak mau menyeret nama Infia. Infia adalah perusahaan yang membawahi Calon Sarjana. Artinya, Calon Sarjana berada dalam pengawasan dan kendali Infia meskipun Infia tidak secara 100 persen memegang kendali YouTube Calon Sarjana.

Ketika kasus plagiarisme ini mencuat ke permukaan, netizen Indonesia tidak hanya menyerang akun dari Calon Sarjana. Namun, mereka juga menyerang atau yang lebih tepatnya meminta penjelasan pihak Infia selaku perusahaan yang membawahi Calon Sarjana.

Lantas, apa kata bos Infia tentang kasus Calon Sarjana ini?

Richo Pramono selaku CEO Infia menjelaskan kepada publik bahwasanya pihak Infia tidak bertanggung jawab sama sekali atas konten yang dibuat oleh Calon Sarjana. Richo mengatakan jika Infia hanya sebagai sales agent saja.

Richo menambahkan jika dalam klausul kontrak kerja sama dengan Calon Sarjana, pihak Infia berlepas diri dari konten yang dibuat oleh partnernya. Namun, Richo juga menambahkan bahwasanya pihak Infia tidak bermaksud berlepas tangan dari kasus plagiarisme ini. Bos Infia itu menjelaskan panjang lebar melalui belasan thread

-nya yang ada di akun Twitter.

Baca juga: Fenomena Youtubers React, Berkarya Melalui Video Orang Lain

Ernest Kritik Keras Calon Sarjana dan Infia

Ernest Prakasa yang saat ini menekuni dunia perfilman mengutuk keras kasus plagiarisme yang dilakukan oleh Calon Sarjana. Bahkan, dirinya melontarkan beberapa sindiran keras yang cukup menohok bagi Calon Sarjana dan juga Infia.

Apa yang disampaikan Ernest sendiri sudah cukup atau mewakili perasaan orang-orang yang geram dengan tindakan Calon Sarjana. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot untuk menghujat Calon Sarjana atau Infia karena Ernest sudah mewakili Anda.

Baca juga: Penggunaan Wajar, Rahasia Menghindari Label Reuploader di YouTube

Sampai artikel ini ditulis, YouTube Calon Sarjana juga masih belum aktif untuk mengunggah video. Belum diketahui kapan mereka akan mengunggah video baru lagi. Calon Sarjana sendiri diketahui bukan kali pertama melakukan aksi plagiarisme, karena sebagian netizen ada yang memergoki konten dan thumbnail Calon Sarjana yang mirip dengan saluran dari luar negeri.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close