cara agar blog tetap eksis

Cara Agar Blog Tetap Eksis sampai Kapanpun Juga

Hai sobat klikmania, hal utama yang menjadikan suatu blog terkenal itu adalah konten. Dengan memiliki konten yang kaya dan juga memilki banyak manfaat, maka blog tersebut akan menjadi pilihan bagi sebagian orang. Tak hanya itu juga, pengelolaan yang baik dari si pemilik blog juga merupakan salah satu cara agar blog tetap eksis.

Blog yang sudah terkenal sekalipun kalau mereka tidak merawatnya dengan sungguh-sungguh maka ia akan terbengkalai. Jadi harus ada progam yang dinamis dan perlakuan yang berkesinambungan agar blog selalu menjadi perhatian bagi banyak orang.

Mungkin saat ini Anda memiliki banyak blog, dan blog tersebut sudah terkenal. Tapi taukah Anda cara agar blog tetap eksis dan menjaganya agar tidak hancur bersaing dengan zaman?

Nah pada pembahasan kali ini saya ingin mencoba memberikan sedikit pengetahuan kepada Anda tentang bagaimana cara agar blog tetap eksis sampai kapanpun juga. Ingin tahu pembahasannya? Silakan simak saja dibawah ini.

Cara Agar Blog Tetap Eksis

Mungkin bagi sebagian orang, jika blog sudah terkenal, mereka hanya butuh update artikel dengan konsisten saja secara teratur. Namun perlu Anda tahu bahwa itu semua tak cukup, kita perlu melakukan hal yang lainnya seperti dibawah ini agar keeksisan blog tetap terjaga sampai kapanpun.

Karena bagaimanapun pengunjung yang sekarang setia dengan blog kita, dikemudian hari mungkin bisa berbeda. Jika mereka sudah bosan dengan blog kita, maka blog tersebut akan menjadi tidak eksis lagi kedepannya.

Jadi ketahui beberapa faktor berikut yang berpengaruh terhadap keeksisan blog Anda.

1. Unik dan Inovatif

cara agar blog tetap eksis

Loading...

Cara agar blog tetap eksis yang pertama adalah dengan menjaga keunikan terhadap semua konten blog kita. Secara umun makna dari unik adalah beda dari yang lain, dan inovatif itu suatu perlakuan yang kaya akan inovasi atau perubahan. Dengan menciptakan kedua hal diatas maka kita bisa menjadikan blog tetap eksis. Walaupun terus digempur oleh perkembangan zaman dan juga gempuran dari berbagai pihak pesaing.

Bagi mereka yang kaya akan ide, pasti selalu memiliki banyak hal untuk mengubah sesuatu menjadi lebih bermakna dan beda dari yang lain. Mereka bisa belajar dari hal sepele lalu menjadikannya lebih bermakna.

Lalu bagaimana cara yang bisa kita lakukan terhadap blog untuk menjadikannya unik dan kreatif?.

Itu bisa meliputi banyak hal, mulai dari konten , atau progam kerjanya. Bahkan Anda juga bisa menjadikan blog sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Misal Anda pAndai dalam menggambar yang sangat real.

Nah Anda bisa menjelaskan bagaimana agar gambar yang dibuat itu sangat real. Atau jika memiliki keahlian dalam bidang jahit menjahit misalnya, maka bisa mencoba untuk menjadikan blog Anda tentang jahit lalu Anda bisa jualan barang jahitan tersebut.

Setiap orang itu unik, diberi kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Maka dari itu hal yang harus di lakukan adalah dengan memanfaatkan keahlian, kemampuan dan ketrampilan dalam diri Anda.  Nah inilah yang bisa menjadikan blog itu terkenal dan eksis.

Berusaha untuk tidak menulis sesuatu yang sudah ada di internet itu merupakan cara untuk menjaga keunikan blog milik kita.

Referensi lain : Tips Menjadi Blogger yang Produktif untuk Para Blogger Pemula

2. Adakan progam secara berkala

Cara agar blog tetap eksis  adalah dengan cara mengadakan suatu progam dalam blog secara berkala, sehingga ada kesan tersendiri bagi pengunjung untuk datang ke blog Anda. Mereka jadi selalu menanti nantikan apapun yang Anda tulis dan juga progam rutin yang sedang selalu diadakan.

Mengadakan progam secara berkala ini bisa meliputi beberapa hal, misalnya bagi-bagi sesuatu yang berhubungan dengan topik artikel. Mengadakan suatu perlombaan atau kontes, progam undian, lelang, promo, kerja sama dan sebagainya. Hal itu bisa menarik pengunjung untuk datang ke blog dengan lebih hebat efeknya.

Ya mungkin Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya disini, namun jangan sampai salah paham soal ini. Karena pada dasarnya ini adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatur orang agar datang ke blog Anda. Nah apabila Anda menyajikan konten yang berkualitas, maka akan menjadikan mereka sebagai pengunjung loyal bagi blog Anda kedepannya.

Jika Anda memiliki pengunjung loyal yang semakin banyak, maka akan mendapati blog semakin eksis. Nah keeksisan ini bisa Anda jaga terus menerus dengan membaca poin-poin tentang berbagai cara agar blog tetap eksis yang lainnya.

3. Tetap perhatikan kenyamanan pengunjung

cara agar blog tetap eksis

Menjadikan pengunjung semakin betah di blog Anda merupakan cara agar blog tetap eksis yang sangat perlu di perhatikan kedepannya. Karena bagaimanapun kenyamanan akan menjadikan mereka aset yang berharga bagi blog.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kenyamanan bagi para visitor blog Anda, salah satunya adalah iklan. Walaupun media tersebut memiliki otoritas kepercayaan yang tinggi dan sudah sangat terkenal, mereka akan menjauhi blog tersebut apabila banyak iklan yang selalu terpampang berantakan.

Saya lihat para pengunjung setia kaskus saat ada iklan kaskus di facebook, mereka kebanyakan berkomentar seputar masalah iklan yang sangat menganggu. Dan sebagian dari mereka tidak menjadi loyal visitor kaskus lagi karena banyak iklan tadi. Ini tentunya bisa membahayakan blog untuk tetap eksis kedepannya. Ini bisa berakibat buruk terhadap pemasukan juga bukan?

Maka dari itu cara agar blog semakin eksis adalah dengan menjadikan blog tersebut nyaman dilihat oleh pengunjung, dan juga bisa menjadikan visitor puas karena menemukan apa yang dicarinya. Memang iklan adalah sumber penghidupan bagi blog dan diri kita, namun apabila salah dalam menggunakannya maka akan berdampak buruk kedepannya.

Selain itu ada masalah lain yang sering dikeluhkan oleh mereka, yaitu hosting, responsivitas, kecepatan loading dan berbagai masalah error yang sering terjadi menimpa blog. Sebagian besar dari mereka tidak akan berkunjung untuk kedua kalinya. Maka dari itu buatlah mereka merasa senyaman mungkin saat berada di blog Anda.

4. Perkaya dengan konten menarik

Memperkaya konten dengan hal yang menarik, menggugah, menginspirasi, baik dan sopan adalah cara agar blog tetap eksis. Karena inti dari blog terletak pada kualitas konten itu sendiri. Apabila bisa mempertahankan konten yang berkualitas, maka blog itu tetap bisa eksis kedepannya.

Coba saja Anda lihat situs hipwee, sudah ada banyak yang kecewa dengan artikel yang disajikan di hipwee, ya itu karena masalah yang sering terjadi pada konten yang mengandung kata-kata yang tidak pantas alias kurang sopan. Jadi banyak pengunjung yang tidak ingin mengunjungi hipwee kembali. Fatal juga bukan akibatnya apabila kita tidak bisa menjaga konten kita sendiri?

Namun karena tindakan profesional dari pihak hipwee dengan memberikan alasan yang logis dan mengena, maka menjadikan reputasi yang tadinya buruk menjadi bagus dan eksis kembali. Kita bisa mengambil pelajaran disini, bahwa konten memang suatu yang paling dibutuhkan oleh seseorang. Misalnya kalo buah konten itu sebagai daging buah.

Selain itu, selalu mengupdate blog Anda tepat waktu dengan artikel yang fresh, maka menjadikan pengunjung semakin betah berlama-lama di blog Anda dan selalu menantikan update terbaru. Jika pengunjung yang datang adalah pengunjung yang loyal dan tertarget, maka itu semua akan menjadi keuntungan tersendiri, dan Anda bisa lebih mudah memonetiasasi blog.

Selain blog Anda semakin eksis, keuntungan yang bisa didapat adalah bisa menjadi penambah pemasukan.

Referensi lain : 10 Cara Memunculkan Ide Ngeblog Dalam Waktu Singkat

5. Lebih dekat dengan pengunjung

cara agar blog tetap eksis

Ini merupakan cara agar blog tetap eksis yang bisa Anda capai dengan lebih mengenal, dan bersahabat dengan pengunjung blog. Mungkin Anda akan sangat sibuk dengan urusan blog yang lainnnya, namun yang harus diperhatikan juga adalah dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Menyediakan suatu yang gratis bagi pengunjung misalnya iklan gratis, seperti situs berita yang menyediakan iklan secara gratis juga ada. Sehingga mereka lebih mudah untuk berhubungan dengan orang yang ingin beriklan disana untuk UKM. Dengan metode ini akan lebih mudah dikenal oleh lebih banyak orang lagi untuk kedepannya.

Selain itu adalah dengan berinteraksi lebih serius dengan para pengunjung. Misalnya ada komentar, maka harus sesegera mungkin menjawabnya. Atau apabila blog memiliki fanspage di facebook, maka disana Anda harus bisa menjawab dengan profesional.

Karena kita tahu bahwa semua tipe pengunjung blog itu berbeda-beda. Alangkah baiknya saat menemui orang yang tidak setuju dengan konten disajikan dalam blog, maka sikapilah mereka dengan sebaik baiknya. Karena apabila kita menanggapi dengan secara tidak preofesional, bisa jadi itu menjad sebuah virus kebencian yang akan menyerang kita.

Kita tahu, bahwa media sosial itu didalamnya ada sesuatu kekuatan dari yang tadinya tidak berarti apa-apa, dan dari yang tadinya itu viral menjadi lenyap seketika. Karena virus media sosial itu bisa membahayakan dan juga bisa bermanfaat bagi kita, maka dari itulah sikapi dengan sebijak mungkin.

Jadikan media sosial menjadi jembatan penghubung antara pemilik blog dengan para fans atau pengunjungnya. Jadi mereka bisa berpendapat, memberi nilai, kritik dan saran dari blog itu sendiri.

6. Utamakan profesionalisme

Mengutamakan sikap profesionalisme dalam mengambil serta memutuskan suatu hal adalah salah satu cara agar blog tetap eksis. Karena dengan inilah kepercayaan dan eksistensi dari blog akan semakin naik, walaupun terkadang kita harus mengorbankan sesuatu hal agar bisa terkesan profesional.

Hal yang dapat kita tunjukan dari perilaku profesional ini adalah dengan cara selalu memenuhi harapan dan juga keinginan serta kepuasan untuk pengunjung blog Anda sendiri. Jadi misalnya Anda akan membuat suatu hal yang dihadapkan pada dua pilihan, maka Anda bisa mengambil keputusan yang paling berpihak kepada para pengunjung blog.

Contoh dalam hal kasus yang pernah terjadi soal profesionalisme kerja adalah ditunjukan oleh perusahaan apple. Ia tidak mau membeberkan keamanannya kepada siapapun seperti yang ditulis dalam kebijakan privasinya. Demi menghormati privasi pengguna produk apple.

Nah pada suatu saat ada suatu masalah yang berdasarkan pada keputusan yang sulit, yaitu saat pihak keamanan Amerika meminta untuk membantu tugasnya yaitu untuk membuka iphone tersebut. Tetapi karena sikap profesional ini maka apple megambil keputusan untuk menolaknya.

Nah dari sinilah reputasi dan eksistensi dari perusahaan apple masih terjaga dengan baik. Bandingkan dengan blackberry yang dulu reputasinya juga semahal apple, tetapi karena tidak bisa menyikapi masalah ini dengan bijak, maka reputasinya anjlok.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa dengan menjaga profesionalisme dalam hal apapun, kita akan menjadi lebih terjaga eksistensinya, termasuk juga untuk blog. Saat kita dihadapkan pada keputusan yang besar seperti pada situs kaskus yang mau dibeli dengan harga mahal tetapi ia tetap bersikukuh untuk tetap bersama orang Indonesia. Buktinya sekarang menjadi situs top yang berpenghasilan sangat tinggi.

7. Support, pelayanan dan kerja sama yang bagus

cara agar blog tetap eksis

Memberikan suport atau dukungan, pelayanan yang memuaskan dan juga kerja sama yang bagus dengan para pengunjung blog. Ini salah satu cara yang dapat dilakukan untuk senantiasa membuat blog kita tetap dipandang eksis oleh semua orang.

Misalnya Anda melakukan kerja sama dengan para blogger lain ataupun dengan pihak lainnya. Maka Anda akan dianggap lebih baik daripada blogger yang tidak pernah melakukan kerja sama dengan pihak manapun juga. Kalian bisa melakukan kerja sama dengan para bloger lain untuk ikut berpartisipasi menjadi bagiannya.

Contohnya ya seperti blog klikmania, blog ini selalu memiliki pengunjung yang banyak dan setia karena memiliki sistem kerja sama untuk menjadi bagian dari blog ini yaitu dengan cara menjadi penulis. Selain menguntungkan untuk si penulis, hal ini juga menguntungkan bagi si pemilik blog, yang mana semakin kaya konten, kaya pengunjung dan berdampak terhadap pendapatan nantinya.

Selain itu, pelayanan yang bagus terhadap semuanya juga tak kalah penting untuk Anda lakukan. Misalnya saat ada orang yang ingin mempromosikan sesuatu di blog, jika memang Anda tidak membuka ruang bagi para pengiklan mandiri, maka katakan saja dengan sejujurnya.

Tetapi kalau Anda memang membukanya, maka berikanlah pelayanan sesuai dengan kesepakatan agar Anda tidak menemukan kerugian suatu saat nanti.

Pelayanan, dukungan dan juga kerja sama dalam sebuah blog adalah hal yang tak boleh untuk dilewatkan, karena dengan inilah Anda akan tetap eksis.

8. Jaga reputasi blog

Selalu menjaga reputasi blog yang Anda miliki adalah cara agar blog tetap eksis. Reputasi adalah hal yang tak boleh di sepelekan, karena hal sekecil apapun yang berdampak pada reputasi dan Anda tidak segera memperbaikinnya, maka akan memiliki dampak buruk kedepannya.

Hal ini masih ada hubungannya dengan yang nomor 3 diatas. Apabila kita tidak bisa memenuhi kenyamanan pengunjung, maka akan berdampak bagi reputasi blog kita sendiri. Maka dari itu selalu menjaga apa yang sudah baik dalam diri kita, jangan sampai kita menodainya.

Hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga reputasi blog adalah dengan menerapkan poin poin dari nomor 1-7 diatas, apabila kita dapat melakukan ke 7 hal tersebut, maka kita akan bisa memiliki reputasi yang bagus kedepannya.

Referensi lain : 10 Cara Membangkitkan Semangat Ngeblog Paling Ampuh

Demikianlah pembahasan yang berkaitan dengan cara agar blog tetap eksis, jadi misanyal blog kita sudah memiliki tempat tersendiri di hati pengunjung, maka kita harus menjaganya sebaik mungkin agar tidak menyesalinya suatu saat nanti.

Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat bagi kita semunya. Sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.



Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *