Ulasan Bisnis

6 + Cara Ampuh Mengatasi Bisnis Sepi : Segera Dapatkan Kembali Pelangganmu

Mengatasi bisnis sepi merupakan hal yang harus dilakukan oleh para pebisnis yang menginginkan usaha yang dilakukannya dapat terus survive. Hal ini dikarenakan pasti akan datang suatu saat dimana usaha yang sedang dilakukan mengalami penurunan.

Penyebabnya sangat beragam mulai dari semakin banyaknya persaingan usaha dan yang lainnya. Maka dari itu sebagai seorang pengusaha tangguh, kalian harus memiliki seni tersendiri untuk mengatasi bisnis sepi.

Seperti diketahui bahwa bisnis sepi merupakan siklus yang pasti akan dihadapi para pengusaha dan siklus ini dinamakan dengan siklus S.

Sikus S merupakan suatu keadaan yang menggambarkan perjalanan bisnis yang dijalani banyak pengusaha. Dimana pertama-tama seorang pebisnis mulai untuk menjalankan usahanya, kemudian usaha tersebut terus berkembang dari hari ke hari dan tumbuh menjadi besar dan kuat. Selanjutnya mulailah timbul permasalahan dengan masuknya pesaing baru di segmen usaha yang sejenis atau pun tidak sehingga menyebabkan pergerakan siklus naik dan turun.

Jika para pebisnis tadi tidak mampu menciptakan ide baru yang inovatif dan memikirkan cara kreatif untuk bersaing dengan para pesaing tadi, maka dapat dipastikan usaha yang mereka jalankan akan terus menurun.

Siklus menurun inilah yang digambarkan sebagai suatu keadaan dimana bisnis yang sepi dari pelanggan. Sebagai pebisnis yang tangguh kita tidak seharusnya membiarkan siklus S terus mengalami penurunan. Kita harus menjadikan siklus yang menurun tersebut dapat kembali naik dan berjaya seperti sedia kala.

Hal penting yang perlu kalian lakukan untuk mengatasi bisnis sepi adalah tidak mengeluh dan terus berusaha memperbaiki kualitas agar mampu menarik lebih banyak pelanggan ke dalam bisnis anda.

Terapkan strategi-strategi baru untuk mengatasi bisnis sepi dan mulailah lakukan inovasi agar usaha anda semakin diminati banyak orang.

Lebih lengkapnya kalian bisa menyimak 6 + cara ampuh mengatasi bisnis sepi untuk mendapatkan kembali pelanggan kalian berikut ini.

1. Perbaiki Hubungan dengan Para Pelanggan Anda

Konsumen Via cloudbusinessltd.com

Cara mengatasi bisnis sepi yang pertama adalah dengan memperbaiki cara kalian memperlakukan pelanggan. Mungkin selama ini ada yang salah dari cara kita dalam berhubungan dengan pelanggan yang datang sehingga bisnis yang awalnya ramai menjadi semakin sedikit peminatnya.

Mulailah mencari tahu kesalahan tersebut dan segeralah melakukan evaluasi. Sebagi contohnya anda bisa memanfaatkan database kontak para pelanggan anda untuk menyambung silaturahmi kembali.

Manfaatkan kemajuan teknologi seperti Email, WhatsApp, dan panggilan telepon untuk menjaga hubungan baik dengan banyak pelanggan. Cara seperti ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk membuat para pelanggan kalian senang dan merasa dihargai. Lakukanlah dan hubungilah para pelanggan lama meskipun tidak ada hubungannya dengan bisnis yang dijalankan.

Jika dilakukan dengan benar bukan tidak mungkin pelanggan yang lama tersebut dapat kembali dan memesan produk lain dengan anda.  Jadi jangan pernah menyepelekan kekuatan silaturahmi untuk mengembangkan bisnis.

Evaluasi dengan Segera Bagaimana Selama Ini Kalian Menyikapi Komplain dari Pelanggan

Hubungan baik dengan pelanggan salah satu caranya adalah dengan kemampuan kalian untuk menyikapi komplain yang ada dari para pelanggan.

Banyak sekali bisnis yang kehilangan pelanggan mereka karena tidak adanya manajemen komplain yang baik dari perusahaan. Keluhan para pelanggan sering kali tidak didengarkan dan dianggap sebagai hal yang tidak perlu dipedulikan.

Hal ini sepele tapi sangat fatal akibatnya, salah satunya para pebisnis akan mulai ditinggal para pelanggan dan mereka beralih ke kompetitor.

Gesekan seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi. Komplain yang datang ataupun saran yang diberikan para pelanggan seharusnya dapat diterima dengan baik. Mulailah untuk mendengarkan keluhan para pelanggan anda dan pahami apa yang menjadi ekspektasinya. Jika anda mampu menawarkan solusi terbaik kepada mereka, para pelanggan yang ada pasti akan merasa senang dan dapat menjadi pelanggan tetap kalian.

Beberapa contoh yang bisa anda terapkan dalam menjaga hubungan baik dengan para pelanggan adalah dengan segera menjawab pesan WA atau email yang mereka sampaikan kepada kalian. Jawablah komplain yang mereka sampaikan dengan sopan dan memiliki bahasa yang sopan dan halus. Tersenyum dan tunjukkan ketertarikan kepada para pelanggan kalian saat mereka melakukan komplain.

2. Lakukanlah Inovasi dan Produk yang Kreatif

Inovasi Via dinamica-de-sistemas.com

Cara mengatasi bisnis sepi yang selanjutnya adalah dengan mulai melakukan inovasi produk dan pelayanan yang baru kepada para pelanggan anda.

Faktor pelanggan yang bosan bisa jadi merupakan faktor yang menjadikan usaha yang kalian lakukan sepi dari pengunjung. Sehingga pelanggan yang bosan tersebut lebih memilih mencari produk baru yang inovatif yang ditawarkan kompetitor anda.

Sebagai contohnya jika anda merupakan pelaku bisnis butik pakaian maka salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan menghasilkan produk dan pakaian dengan model terbaru. Mulailah untuk menambahkan koleksi busana yang sedang trend di pasar dan jadikan salah satu koleksi produk yang dijual didalam butik kalian.

Atau jika kalian merupakan pebisnis kuliner yang mengelola cafe maka inovasi yang dilakukan bisa berasal dari pilihan menu yang ada. Mulailah memikirkan menu makanan dan minuman yang baru untuk menambah daya tarik cafe yang kalian kelola. Menu yang itu-itu saja sudah pasti membuat para pelanggan kalian bosan dan malas untuk datang ke cafe yang kalian dirikan.

Lalu bagaimana Dengan Pelaku Bisnis Online ?

Para pebisnis online perlu memperbaiki beberapa fitur yang ada agar para pelanggan yang membeli produk lewat toko online kalian dapat terus meningkat.

Sebagai contohnya anda bisa menawarkan kepada para pelanggan fitur bebas ongkos kirim ke berbagai tempat di Indonesia. Cara seperti ini terbukti cukup ampuh untuk menarik lebih banyak minat pelanggan untuk datang ke toko online kalian.

Hal ini akan lebih menarik pelanggan yang memiliki jarak yang jauh dari toko online kalian, karena mereka sering kali merasa malas untuk membeli produk online jika biaya kirim yang dibebankan sangatlah mahal dan tidak terjangkau.

Tambahkan pula sistem komplain yang cepat tanggap agar para pelanggan mengetahui kemana mereka harus melapor ketika terjadi permasalahan. Layanilah dengan baik dan respon lah dengan segera setiap komplain yang datang.

Baca : Trik Menghadapi Pelanggan Yang Marah dan Komplain

3. Lakukan Pemasaran Terus Menerus

Cara mengatasi bisnis sepi yang ketiga adalah dengan senantiasa melakukan pemasaran secara terus menerus tanpa kenal lelah. Bisa jadi usaha yang selama ini sepi dikarenakan pemasaran yang tidak dilakukan dengan efektif.

Tanpa adanya pemasaran yang konsisten atau terus menerus, produk yang bagus dan berkualitas tidak akan mampu diketahui oleh banyak pelanggan kalian. Pemasaran memiliki fungsi yang vital dalam berlangsungnya sebuah usaha yang dijalankan. Hal inilah yang menyebabkan fungsi pemasaran diibaratkan sebagai nyawa perusahaan.

Metode pemasaran yang bisa kalian lakukan sangat beragam dan tergantung dari kreatifitas kalian masing-masing. Pemasaran bisa dilakukan secara offline dengan memanfaatkan media seperti brosur, banner, ikut pameran dan yang lainnya.

Pertimbangkanlah untuk menggunakan pemasaran offline yang dirasakan paling menguntungkan kalian dengan mempertimbangkan biaya yang perlu dikeluarkan.

Coba Berikan Sesuatu Kepada Pelanggan

Salah satu cara yang dinilai efektif untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan adalah dengan melakukan give away atau pemberian hadiah kepada mereka. Memberikan hadiah merupakan cara pemasaran yang lebih efektif dibandingkan pemberian diskon. Hal ini dikarenakan pelanggan sangat menyukai jika mereka menerima suatu hadiah.

Give away yang bisa anda lakukan bisa dengan pemberian Voucher Belanja, produk-produk merchandise, dan yang lainnya.

Jangan pelit melakukan hal ini, meskipun konsekuensinya kalian harus menerima keuntungan yang lebih sedikit. Jika ini dilakukan akan ada banyak sekali pelanggan yang loyal dan menggunakan produk yang kalian tawarkan.

Tambahkan Dengan Pemasaran Online

Promosi dan pemasaran yang efektif harus dilakukan dengan mengkombinasikan 2 kekuatan offline dan online. Pemasaran via online perlu kalian lakukan, dikarenakan saat ini pengguna internet terus meningkat dari tahun ke tahun dan hal ini sangat sayang sekali jika kalian sia-siakan.

Cara melakukan pemasaran via online bisa dilakukan dengan mengiklankan produk atau jasa yang ditawarkan via Google Adwords dan Facebook Ads. Kedua cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mengenalkan produk kepada para pengguna internet. Kedua jenis iklan tersebut sangat potensial menyasar target dengan tepat ke pasar yang anda bidik.

Meskipun harga iklan yang ditawarkan relatif mahal. Mengingat dampak yang sangat baik untuk keberlangsungan usaha maka hal ini perlu kalian pertimbangkan.

Cara selanjutnya anda bisa membuat website resmi tentang produk atau jasa yang kalian tawarkan kepada para pengguna internet. Bangunlah website tersebut agar menarik banyak pengunjung melihat produk dan jasa kalian. Manfaatkan metode SEO untuk mengoptimalkan website agar lebih mudah ditemukan para pengguna internet.

Review Pelanggan Lewat Google Review

Google review merupakan salah satu tempat banyak orang untuk melihat rekomendasi yang telah diberikan orang lain.  Biasanya sebelum menggunakan suatu produk atau jasa, banyak masyarakat yang melakukan pencarian tentang keunggulan yang akan mereka dapatkan.

Jika perusahaan kalian memiliki review yang baik dan positif, hal ini akan memiliki nilai tambah dimata masyarakat dan berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan di masa depan.

4. Persiapkan Bisnis Pendukung yang Lain

Cara keempat mengatasi bisnis sepi adalah dengan mulai mempersiapkan bisnis lain yang akan mendukung berlangsungnya usaha kalian. Hal seperti ini sebenarnya sangat perlu dilakukan dan tidak perlu menunggu siklus usaha menurun.

Pertama dengan adanya bisnis sampingan, maka diharapkan dapat mendukung berlangsungnya usaha utama yang sedang dijalankan. Sebagai contohnya jika kalian memilki usaha fotografi, maka lebih baik jika didampingi dengan bisnis perlengkapan kamera, album foto, pigura, dan aksesoris kamera yang lain.

Sehingga disaat bisnis utama tersebut mulai menurun, produk-produk tersebut dapat membantu kalian untuk bisa survive melewati masa siklus S yang menurun.

Adanya bisnis sampingan akan membantu kalian disaat masa-masa pemulihan bisnis utama agar jangan sampai usaha yang sudah berjalan bangkrut dan harus ditutup.

5. Optimalkan Kinerja dan Teruslah Berkomitmen

Bekerja Via shutterstock.com

Lakukan evaluasi secara menyeluruh apa yang menyebabkan usaha kalian sepi dan tidak diminati banyak pengunjung.

Identifikasikan setiap aspek dalam usaha yang mungkin saja menjadi penyebab usaha menjadi sepi. Bisnis sepi bisa dikarenakan produk yang biasa dan tidak unik dimata pelanggan, maka atasilah dengan melakukan inovasi produk dan pikirkanlah cara yang kreatif.

Bisnis yang sepi bisa juha karena faktor pelayanan yang kurang maksimal. Evaluasilah bagaimana cara kalian melayani pelanggan, apakah telah baik atau masih perlu dioptimalkan lagi agar mampu menarik lebih banyak pelanggan.

Jika sudah diketahui apa saja yang menjadi kekurangan bisnis, maka saatnya meningkatkan kinerja kalian dan para karyawan. Lakukan perbaikan secara konsisten dan jadilah pengusaha yang tangguh dan dapat bangkit dengan kegagalan yang menimpa.

6. Jaringan yang Luas Perlu Kalian Manfaatkan

Mengatasi bisnis sepi bisa kalian lakukan dengan meminta bantuan dengan jaringan luas yang telah kalian bangun sebelumnya. Tapi jika kalian tidak membangun jaringan yang luas, maka hal ini merupakan kesalahan yang sangat besar dan fatal akibatnya.

Luasnya jaringan sangat bermanfaat bukan hanya untuk memperluas usaha dan mengembangkannya menjadi lebih besar lagi. Nyatanya jaringan yang luas sangat penting ketika kalian mengalami masa-masa krisis dan memerlukan bantuan dari jaringan.

Ketika bisnis kalian sedang mangalami masa penurunan dan sepi pengunjung, maka jaringan bisa kalian ajak untuk bekerja sama. Ajaklah mereka untuk menjadi investor agar kalian mendapatkan dukungan dana yang cukup untuk melewati masa bisnis yang krisis. Jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan karena jaringan yang telah terbangun dengan kuat akan dengan senang hati memberikan bantuan kepada kalian.

Namun, cara ini akan sangat efektif dijalankan jika kalian telah membangun jaringan yang cukup kuat dengan mereka. Oleh karena itulah perlunya membangun jaringan seluas-luasnya dan tidak membatasi jaringan dengan kalangan tertentu saja.

Kita tidak pernah tahu siapa saja yang bisa membantu kita disaat sedang mengalami kebangkrutan atau bisnis yang sedang sepi.

Cara Tambahan Mengatasi Bisnis Sepi

Selain 6 cara yang telah disebutkan diatas sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi bisnis sepi.

Pertama anda bisa mulai dengan mendekatkan diri kepada Tuhan menurut kepercayaan kalian masing-masing. Dekatkan diri kepada Tuhan untuk mendapatkan ketenangan batin dan kesehatan mental saat menghadapi situasi yang sulit. Jika kalian beragama Islam mulailah untuk melaksanakan sholat Tahajud dan mintalah kepada Allah SWT untuk diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi permasalahan yang datang.

Setelah ikhtiar dan usaha yang dilakukan, mendekatkan diri dengan Allah SWT merupakan cara yang perlu kalian lakukan selanjutnya, Mintalah kepada-Nya karena sesungguhnya Dia Maha Pemberi.

Kedua kalian bisa mulai mengamati pesaing atau kompetitor yang mampu memenangkan hati para pelanggan. Cari tahu nilai tambah yang mereka berikan kepada pelanggan sehingga mereka mampu mendapatkan lebih banyak pelanggan dari pada anda.

Amatilah secara detail setiap pesaing kalian dan implemetasikan perbaikan yang menurut kalian mampu menjadikan usaha menjadi lebih berkembang.

Hal ini yang dinamakan dengan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) yang sangat bermanfaat untuk mengatasi bisnis sepi dari pelanggan.

Teruslah Semangat dan Jangan Pernah Menyerah

Cara-cara diatas merupakan cara mengatasi bisnis sepi yang bisa kalian terapkan saat mengalami masa-masa krisis dalam usaha. Kunci dari pembahasan diatas adalah kita sebagai pelaku bisnis perlu senantiasa melakukan evaluasi dan perbaikan diri dari hari ke hari.

Dengan menjadi bisnis yang lebih baik dari sebelumnya, maka diharapkan bisnis kalian mampu mendatangkan lebih banyak pengujung di masa depan dan mampu melewati siklus bisnis yang sepi pengunjung.

Salam Sukses dan Bersemangatlah !


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close