Dunia Internet

Cara Atasi Penuaan Kulit di Segala Umur

Penuaan kulit tidak bisa dicegah, tapi bisa diperlambat dengan perawatan kulit yang tepat, yaitu perawatan yang disesuaikan dengan umur. Karena kondisi kulit pada setiap umur berbeda, jadi butuh perawatan yang berbeda pula.

Produksi kolagen dan elastin mulai menurun di usia 20-an. Produksi sel dan masa hidup sel-sel dalam tubuh juga mulai melambat. Karena itu, orang berumur 20 tahun ke atas butuh skincare yang lebih kuat dari skincare untuk remaja.

Cara Merawat Kulit yang Benar untuk Segala Umur

– Perawatan Kulit Untuk Umur 20 – 25

Di umur 20-25 fokuslah pada hidrasi kulit (menjaga kulit tetap lembap), dengan cara memberi asupan cairan yang cukup ke dalam tubuh, dan melembapkan kulit dari luar. Supaya kulit tetap sehat, segar, dan cerah.

1. Hidrasi kulit dari dalam

Cukupi kebutuhan cairan tubuh dari dalam dengan cara minum air 8 gelas sehari, perbanyak makan buah dan sayuran, serta kurangi makanan yang mengandung garam dan sodium.

2. Gunakan pelembap

Pilih pelembap yang fokus menghidrasi kulit. Bersihkan kulit wajah, lalu oles pelembap saat kulit wajah masih setengah basah supaya pelembap mudah menempel secara merata pada kulit.

3. Pilih pembersih yang lembut

Masalah kulit remaja, seperti jerawat dan berminyak, tidak lagi dialami oleh kulit usia 20-25 tahun, karena itu sudah saatnya memilih pembersih berbahan lembut yang bisa menjaga kelembapan alami kulit.

Pilih pembersih yang tidak mengandung sabun atau deterjent agar minyak alami pada kulit tidak terkuras. Bersihkan wajah maksimal 2 kali sehari, jangan lebih dari itu, karena bisa menyebabkan kulit kering.

4. Kurangi penggunaan produk anti-jerawat

Di usia 20-25kulit sudah mulai kering, tidak lagi mudah berjerawat seperti kulit remaja. Kalaupun berjerawat, gunakanlah produk anti-jerawat yang berbahan ringan dengan sedikit acid, atau atasi jerawat dengan cara alami.

Baca juga10 Merk Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat

– Perawatan Kulit Untuk Umur 25-35

Cara Atasi Penuaan Kulit

Di umur 25-35 harus mulai fokus pada pencegahan penuaan dini, karena tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan bintik hitam bisa muncul sejak usia 25 tahun.

1. Lakukan exfoliating /scrubbing /peeling

paling tidak sebulan sekali, untuk mengelupas sel-sel kulit mati secara lembut. Manfaatnya: membersihkan, meremajakan kulit, juga membuat produk pelembap dan nutrisi dari skincare lebih mudah diserap kulit.

2. Lebih fokus pada produk anti-inflammatory (anti-radang)

Pilih pelembap dan toner yang mengandung bahan pencerah dan anti-inflammatory seperti vitamin A, C, E, dan antioksidan. Karena bisa mengecilkan pori-pori, mengurangi kemerahan, dan meratakan warna kulit.

3. Lembap, lembap, lembap

Kulit yang lembap akan membuat kosmetik menempel rata dan tahan lama. Gunakan pelembap lebih banyak dan lebih tebal. Cari pelembap yang fokus pada perlindungan kulit, yang mengandung skin-protecting ingredients.

4. Mulai berkonsultasi dengan ahli kulit

Dermatologist dan aesthetician bisa membantu mengetahui kondisi kulit dengan baik, dan bisa memberi saran untuk semua masalah kulit yang anda alami. Sedangkan herbalist bisa memberi saran perawatan kulit secara alami.

– Perawatan Kulit Untuk Umur 35-45

Cara Atasi Penuaan Kulit

Menginjak usia 30, perempuan mulai kehilangan kolagen 1% per tahun. Keriput dan garis-garis pada wajah pun mulai terlihat. Di usia 35-45 tahun harus mulai beraksi, karena tanda-tanda penuaan kulit sudah jelas terlihat di usia ini.

1. Pilih pelembap yang lebih kuat

Gunakan pelembap yang mengandung lebih banyak vitamin A dan vitamin C, serta mengandung bahan alami seperti aloe vera extract dan olive oil. Ini penting untuk mengatasi pigmentasi kulit.

2. Terpikir menggunakan atau filler?

Banyak wanita umur 35-45 tahun mulai terpikir menjalani perawatan botox atau filler. Kedua bahan ini sama-sama disuntikkan ke dalam lapisan kulit namun bekerja dengan cara yang berbeda.

Botox mengencangkan kulit dengan cara mengendurkan otot pembentuk keriput, sedangkan filler membuat kulit kencang dan lembap dengan cara menyerap cairan dan mempertahankannya di satu tempat tertentu.

Kalau terpikir untuk menjalani perawatan dengan botox atau filler, berkonsultasilah dahulu dengan dermatologist /aesthetician /herbalist. Mereka lebih tahu perawatan seperti apa yang sebaiknya dijalani.

Jika menurut mereka botox dan filler tidak cocok untuk kondisi kulit Anda, jangan maksa. Botox dan filler memang memberi hasil instan, tapi resikonya terlalu besar jika tidak cocok dengan tubuh dan kulit Anda.

– Perawatan Kulit Untuk Umur 45+

Pada usia 40, kulit mulai menipis, urat-urat di bawah kulit semakin terlihat, dan noda kecoklatan mulai muncul, sementara sel lemak mulai berkurang.

Pada usia 50, sel lemak dan kelembapan alami pada wajah makin berkurang, menyebabkan kulit makin mengendur.

Pada usia 60, perempuan kehilangan 30% kolagen tubuh. Produksi minyak alami tubuh berkurang, menyebabkan kulit kering dan gatal.

Karena itu, menginjak usia 45 ke atas, fokus pada pemeliharaan dan perbaikan.

1. Tambah bahan anti aging

Pastikan semua produk skincare yang digunakan memiliki bahan anti aging aktif, seperti vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Untuk eye cream, pilihlah yang mengandung vitamin K.

2. Jangan sering menggunakan botox dan fillers

Botox dan fillers memang efektif untuk mengatasi keriput dengan cepat. Tapi jika terlalu sering bisa membuat wajah tidak lagi terlihat alami. Kulit menjadi kaku sampai tidak bisa lagi mengerutkan dahi dan sulit tersenyum.

– Perawatan Kulit Untuk Semua Usia

Cara Atasi Penuaan Kulit

Berikut adalah perawatan kulit yang perlu dijalani oleh semua orang di semua umur:

1. Jalani diet sehat, olahraga, dan cukup istirahat

Makanan yang sehat, olahraga, dan cukup istirahat adalah kebutuhan dasar untuk kulit sehat. Gaya hidup sehat akan membuat aliran darah lancar, organ tubuh bagian dalam sehat, kulit pun menjadi bersih dan cerah.

2. Selalu gunakan sunscreen

Sunscreen mencegah kulit keriput, bintik hitam, kemerahan, dan tanda penuaan kulit lainnya. Juga bisa mencegah penyakit kanker kulit. Pakailah sunscreen setiap keluar rumah, baik saat cuaca cerah atau mendung.

Sunscreen adalah perlindungan untuk semua orang, untuk semua jenis kulit. Untuk laki-laki dan perempuan, dari remaja sampai orang tua, semua perlu memakai sunscreen. Makin tinggi kadar SPF-nya, makin baik.

3. Utamakan skincare, bukan kosmetik

Skincare adalah produk perawatan kulit, seperti pembersih, toner, pelembap, sunscreen dan lipbalm. Sementara kosmetik adalah produk untuk merias wajah, seperti blush, foundation, eyeshadow, maskara, dan lipstik.

Merawat lebih penting dari merias. Perawatan yang baik akan menghasilkan kulit wajah sehat, dan membuat kosmetik lebih mudah diaplikasikan. Kalau punya kulit sehat, anda tidak perlu lagi makeup-trick untuk menutupi jerawat.

Empat jenis pelembap yang harus dipakai adalah: pelembap wajah, eye cream, hand & body lotion, dan lipbalm. Membayar lebih untuk skincare berkualitas itu lebih baik daripada membayar mahal untuk kosmetik.

4. Terima dan hargai genetik

Genetik berperan besar dalam menentukan kondisi kulit seseorang, seperti menentukan warna kulit putih, kuning atau gelap, dan menentukan kecepatan proses penuaan kulit.

Bandingkanlah orang berumur 25 tahun dari Eropa dengan orang berumur 25 dari Asia Timur. Beda, kan? Terima dan hargai genetik, karena genetik adalah salah satu hal yang tidak bisa dikendalikan.

Sadarilah bahwa ada hal yang tidak bisa diubah oleh skincare, kosmetik, atau pun operasi plastik. Untuk itu, yang bisa anda lakukan adalah merawat apa yang anda miliki sejak dini.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close