cara beriklan

10 Cara Beriklan Paling Efektif Di Berbagai Media Sosial Untuk Produk Anda

Awalnya media sosial di ciptakan hanya sekedar untuk Update anak muda saja, tapi kini media sosial bisa menjadi cara beriklan yang paling efisien untuk memasarkan produk Anda.

Sejarah singkat tentang Media Sosial

Media sosial  merupakan  sejenis media digital online, dengan partisipasi dari sang penggunanya bisa dengan mudah untuk saling  berbagi, dan berinteraksi dengan orang lain melalui  jejaring sosial.

Banyak tempat untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam Media sosial seperti yang paling unggul adalah media sosial Wiki, dan Blog. Namun seiring dengan berkembangan tehnologi dan media sosial, banyak orang yang memutar otak untuk membuat hal yang baru dari apa yang dapat dilakukan oleh Media Sosial.

Salah satunya adalah meningkatkan penghasilan usaha dengan cara beriklan di media sosial, usaha yang awalnya hanya membuka toko, sekarang dapat dilakukan dengan cara online memanfaatkan media sosial atau dengan cara Berjualan Online.

Apa itu berjualan online?

Berjualan online dapat dikatakan dengan bahasa sendiri yaitu berjualan dengan memanfaatkan jaringan Internet yang sedang berkembang. Dengan memanfaatkan dari perkembangan zaman tehnologi yang ada hingga saat ini. Banyak kasus positif yang dapat anda ambil dari perkembangan teknologi sekarang ini seperti contohnya memanfaatkan media online yang ramai untuk meningkatkan bisnis anda.

Cara beriklan secara praktis di berbagi media sosial online

cara beriklan

Loading...
  1. Facebook
  2. Youtube
  3. Instagram
  4. Google Plus
  5. Forum Online
  6. Situs Ecomerce
  7. Iklan Artis
  8. Website
  9. Google Adword
  10. BBM

1. Facebook

Cara beriklan dengan facebook adalah yang paling mudah, kita dapat berkeliling dunia hanya dengan bermodalkan konektivitas jaringan Internet. Siapa yang tidak tau facebook, media sosial terbesar nomer 2 setelah Google Plus dan Youtube ini sangat digemari oleh jutaan orang di Dunia.

Khususnya sangat digemari dan dimanfaatkan oleh penggunanya yang bertujuan untuk berbisnis atau meningkatkan penghasilan bisnisnya dari facebook.

Bagaimana facebook dapat meningkatkan penghasilan dari usaha anda?

Entah bisa atau tidak, nyatanya banyak orang pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial facebook ini untuk meningkatkan penghasilannya, mulai dari UKM hingga Pembisnis besar. Jika masih bingung mengapa media sosial ini dapat membantu anda dalam meningkatkan tingkat ekonomi usaha anda, maka saya akan sedikit menjelaskannya.

Facebook merupakan situs online besar yang tujuan awalnya hanya memberikan kenyamanan dan pengalaman bagi penggunanya untuk berinteraksi seperti Chat, Kenalan dengan orang lain dan menjalin silahturami dengan keluarga dengan cara memanfaatkan fitur Chat facebook.

cara beriklan

Namun dengan seiring perkembangan facebook dari tahun- ke tahun media sosial ini membuka program ” Beriklan di Facebook” , bagaimana cara beriklan di facebook? Anda dapat memasang iklan di facebook seperti memasang iklan usaha atau jasa.

Dengan ongkos yang bisa dibilang ekonomis untuk beriklan, anda hanya perlu membayar tarif yang sudah ditentukan oleh pihak Penyelenggara dari facebook. Setelah iklan usaha anda muncul secara publik yang dapat dilihat pengguna facebook seluruh dunia.

Maka dengan sendirinya usaha yang anda kelola akan dikenal banyak orang, dan membuat dagangan yang anda iklankan di facebook terjual. Barang dagangan yang dapat anda perjualkan sangat bervarian seperti jasa, barang, online, fashion, dan sebagainya.

2. Youtube

cara beriklan

Siapa yang tidak tau Youtube, ya media sosial ini adalah situs terbesar nomer 2 di Dunia. Youtube adalah media sosial yang berfokuskan dirinya untuk layanan streaming. Dengan cara beriklan di youtube maka produk yang Anda kelola akan dilihat oleh jutaan banyak pemirsa.

Youtube sendiri merupakan situs streaming nomer 1 di Dunia. Bisa dibilang juga bahwa situs streaming ini dapat mengalahkan pendapatan dari stasiun- stasiun televisi di Dunia. Tidak sedikit juga yang tau bahwa orang- orang biasa yang tidak tau apa- apa dapat menghasilkan uang dari youtube.

Youtube dimanfaatkan oleh advertiser dan publisher

Advertiser adalah dimana anda dapat meningkatkan penghasilan dari bisnis yang anda miliki dengan cara beriklan dan membayar kepada pihak youtube untuk menyebar luaskan bisnis anda dengan cara Online melalui streaming video.

Publisher adalah dimana anda hanya perlu mengunggah video ke youtube dan memonetisasinya dengan iklan untuk mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut.

Cara untuk menghasilkan uang dengan youtube sangat efektif, jika lebih- lebih menjadi seorang publisher. Dengan menjadi seorang publisher tanpa mengeluarkan modal untuk membayar pihak Youtube anda dapat menghasilkan uang hanya dengan bermodalkan Gadget, dan koneksi Internet dan Video.

Untuk meningkatkan performa dari publisher sendiri anda tidak perlu mengeluarkan uang juga. Anda hanya perlu menggunakan bantuan Media sosial untuk meningkatka trafik agar mau menonton video anda. TAPI INGAT Jangan gunakan Facebook

Alasan tidak perlu memakai Facebook untuk Share Video Youtube

3. Instagram

Dengar namanya saja sudah terbayang bahwa sifat dan fungsi dari media sosial ini adalah untuk berbagi sesuatu dengan cara Instan. Namun tidak semua dapat dibagikan secara Instan di Instagram, yang dapat dibagikan disana adalah seperti Media gambar, foto, video secara Instan kepada Publik.

Cara beriklan di instagram

Yang saya tau tentang Instagram adalah sebuah media sosial yang sangat bagus dan keren yang cocok digunakan untuk remaja untuk update. Namun tidak sedikit juga yang memanfaatkan Instagram untuk meningkatkan penghasilan dari bisnis yang sedang dijalankannya.

Salah satunya adalah dengan cara beriklan di Instagram. Dengan beriklan di Instagram anda tidak akan ada ruginya karena media sosial ini sangat ramai pengujungnya dan memiliki rank situs paling sering dikunjung di dunia nomer 18.

Ada banyak orang yang telah menggunakan jasa beriklan dengan Instagram salah satunya adalah Developer game. Banyak Developer game yang mengiklankan game terbaru mereka di Instagram, karena mereka tau betapa Populernya media sosial Instagram dari kalanagnan artis, anak muda, pemerintah, pejabat, ukm dan sebagainya.

Di Instagram sendiri saya menemukan ada tiga (3) cara untuk meningkatkan penghasilan anda alias 3 cara beriklan di sana seperti.:

Beriklan dengan pihak Instagram

cara beriklan

Untuk cara beriklan di Media sosial ini adalah dengan langsung menghubungi pihak Instagram, anda hanya tinggal membaca syarat, ketentuan dari Program Beriklan dengan Instagram.

Dan jika anda rasa anda mampu untuk menjalankannya, maka anda tinggal selesaikan transaksi dan mulai berikan di Media sosial ini. Tidak ada kerugian yang akan anda dapatkan, pasti ada saja penggunanya yang tertarik dengan jasa atau produk yang anda tawarkan di sana.

Cara beriklan dengan pengguna Instagram seperti Selebriti

Selebriti adalah sebuah bintang besar yang sangat menarik jika diajak patner bisnis. Salah satunya anda dapat meminta bantuan selebriti untuk meningkatkan penghasilan bisnis anda dengan cara beriklan dan menghubungi kontak yang sudah tersedia di Biodata akun instagram selebriti tersebut.

Dimana anda membayar para artis untuk berselfie sambil mempromosikan produk anda di akun Instagram mereka, apalagi artis yang anda jadikan partner adalalah artis yang dengan naik daun seperti “Rafi Ahmad, Rizky Febian” dan pemain sinetron lainnya.

Keuntungan dari beriklan dengan bantuan para Selebriti adalah biaya yang dikeluarkan lebih murah dari pada cara beriklan langsung dari pihak Instagram.

Produk ig
Produk ig Sumber Instagram

Cara beriklan dengan berkomentar di setiap posting orang terkenal

Cara yang ketiga ini dapat di lakukan tanpa bayaran apapun, namun perlu anda tau walau banyak yang melakukan cara ini untuk meningkatkan penghasilan mereka. Anda harus waspada atau jangan banyak nyepam di aku mereka, walau mereka tidak marah atau apa.

Jika anda ingin memasang iklan dengan cara berkomentar seputar produk anda, sebaiknya lakukan disaat artis yang anda tumpangi juga sedang mempromosikan produk orang lain. Tujuan agar tidak dianggap spam.

Cara promosi ig
Cara promosi ig

Tingkatkan penghasilan usaha Anda dari Instagram.

Anda membuat sebuah akun media sosial Instagram diaman, anda tinggal memfolow orang lain. Dan menambahkan foto produk anda kedalam Instagram. Dan jangan lupa juga nama akun anda dapat menggunakan sesuai dengan nama tempat bisnis anda.

4. Google Plus

Situs ini merupakan media sosial nomer satu, anda dapat dengan leluasa memanfaatkan layanan dari media sosial ini. Tanpa harus takut dianggap spam, tanpa membayar biaya dari pengiklanan yang anda lakukan. Dengan menggunakan media sosial ini anda tidak usah mencari artis ataupun yang lain sebagainya untuk mempromosikan produk anda.

Yang perlu anda lakukan hanyalah mencari teman sebanyak mungkin atau bisa juga dengan mengikuti halaman Komunitas usaha online. Setelah menemukan tempat yang cocok untk anda, lakukan saja promosi di sana. Dengan slogan produk yang selengkap- lengkapnya.

Eet perlu anda tau juga, bahwa ada beberapa aturan yang harus di jaga.

Jika anda mempromosikan produk di suatu Komunitas, sebaknya baca dulu rule nya apa yang tidak boleh dilakukan seperti kebanyakan dilarang posting 2x dalam 24 jam. Alias dalam sehari hanya boleh posting 1 kali saja.

Namun anda juga dapat mengikuti lebih dari 1 Komunitas yang ada di Plus Google, ini dapat anda manfaatkan untuk mempromosikan produk anda di tempat yang lain. Tapi ingat, cari komunitas yang sesuai dengan keadaan Produk anda.

5. Forum Online

Di Indonesia sendiri sekarang banyak ada forum- forum online yang mengkhususkan tujuannya untuk berbisnis dan beriklan. Seperti website online yang memiliki tujuan untuk meningkatan penghasilan dari suatu bisnis. Contohnya Forum online untuk berbisnis yang cocok untuk anda adalah.

Kaskus

Ya Kaskus merupakan sebuah forum online terbesar nomer 1 di Indonesia. Dengan berbagung menjadi member disana anda akan mendapat banyak manfaat seperti dapat beriklan disana. Dan mendapatkan artikel terbaru yang menarik.

Namun ada juga situs online yang anda dapat jadikan tempat mempromosikan produk anda dengan cepat yaitu Klikmania. Yang situs yang sedang anda kunjungi sekarang ini, tim klikmania sedang anda sebuah program Jasa Review Produk.

Anda dapat membuat ringkasan tentang bisnis atau produk anda dan mengirimkannya ke Klikmani.net, jika Produk anda tidak melanggar kebijakan dan ketentuan di klik mania, maka review produk Anda akan segera ditayangkan dan berkesempatan untuk dilihat banyak orang, cara beriklan ini sifatnya permanen dan cukup satu kali saja.

Sudah banyak orang yang bergabung dan mempercayai jasa dari Klikmania salah satunya mereka yang memiliki usaha jamu, dan teh untuk kesehatan. Nah tunggu apa lagi, jika bisa dilakukan Online kenapa harus Ofline..

6. Situs Ecommerce

Situs ecommerce merupakan sebuah situs dimana memiliki fungsi untuk menjual sebuah produk dagang. Di Indonesia sudah banyak ada situs ecommerce, namun tidak semua situs ecommerce dapat anda manfaatkan untuk beriklan.

Seperti situs ecommerce yang bersifat pribadi atau menjual produknya sendiri. Namun anda tidak usah cemas atau gelisah karena ada beberapa situs ecommerce yang dapat anda gunakan layanannya secara gratis untuk mempromosikan produk atau jasa anda, situs ecommerce merupakan cara beriklan yang efektif berikut.

Olx

Saya sendiri sudah pernah bahkan sangat terbantu dengan hadirnya layanan ecommerce ini. Olx merupakan situs jual beli barang, baik baru atau bekas. Pihak mereka memiliki misi dan visi untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan manfaat dari jasa dan layanannya.

cara beriklan

Dimana masyarakat termasuk anda dapat beriklan secara gratis di Olx baik produk atau jasa. Disana ada banyak kategori dan subkategori seperti gadged,elektro, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi. Jika ingin beriklan disini, sebaiknya lakukan dari sekarang atau secepatnya.

Bukan apa- apa karena beriklan di Olx adalah gratis dan produk yang anda iklankan akan dilihat banyak orang bahkan akan laris. Untuk menjadi penjual disana anda hanya butuh Email aktif untuk menjadi membernya.

TokoPedia

Situs ecommerce yang kedua untuk beriklan secara gratis adalah di Tokopedia. Tim dari tokopedia sendiri sudah memberikan janji kepada anda jika ingin berjualan di sana. Anda tidak perlu khawati dengan resiko seperti pembayaran setelah memasang iklan, karena disana anda dapat memasang ikla secara gratis.

Banyak juga kategori dan sub kategori yang mungkin akan sesuai dengan kategori produk yang akan anda iklankan disana. Tidak hanya itu tim dari TokoPedia juga memberikan tips dan cara beriklan untuk berjualan dengan aman.

BukaLapak

Bukalapak memberikan pengalaman yang berbeda bagi anda jika ingin beriklan disana. Pasalnya anda dapat beriklan secara gratis disana. Anda tidak usah repot untuk mencari trafik, karena situs ini tiap- tiap hari nya selalu ramai padat pengunjung yang akan membeli barang disana. Bahkan calon pembeli produk anda ada ribuan disana.

7. Iklan Artis

Ada dua (2) cara untuk beriklan dengan artis salah satunya yang sudah saya jelaskan diatas. Dimana beriklan dengan artis menggunakan media sosial. Tapi untuk cara yang kedua untuk berikan artis adalah, anda beriklan dengan sebuah stasiun televisi Indonesia.

Seperti GlobatTv, NetTV… dan Tv lainnya. Maka otomatis yang akan mempromosikan produk anda adalah seorang artis, tidak mungkinkan jika anda sendiri yang main untuk mempromosikan produk diri sendiri. Maka dari itu diberi nama Iklan Artis:)

8. Website

Cara beriklan selanjutnya adalah mempromosikan produk anda sendiri tanpa bantuan orang lain. Yaitu dengan cara membuat Website sendiri untuk Toko anda. Website adalah sebuah Web blog dalam bahasa Inggirsnya, dimana anda dapat menuliskan karangan slogan bisnisanda di website tersebut.

Banyak jenis platform website yang gratisan yang sangat cocok juga untuk toko Online salah satunya adalah Wordpres. Mengapa pilih Wordpres, simpel saja wordpres memberikan pengalaman untuk membuat toko online dengan bantuan plugin canggih dari wordpres.

Apalagi jika anda membuat sebuah toko online Wordpres Selfhost, ini memudahkan anda untuk mengontrol bisnis anda dengan website gratisan.

Namun sebuah website juga dapat menghasilkan uang tanpa harus digunakna untuk berjualan. Jika kalian belum tau website itu dapat menghasilkan penghasilan. Maka anda harus dengar ini, anda dapat menghasilkan uang dengan cara membuat sebuah blog baik itu gratisan atau berbayar.

Dan jangan lupa anda membuat sebuah artikel yang menarik dan banyak, lantas itu anda daftarkan website anda ke Google Adsense. Sama halnya dengan cara menghasilkan uang dari Youtube yang sudah dijelaskan di atas.

Namun tidak segampang itu untuk mendapatkan uang dari Google adsense. Perlu banyak persiapan yang harus anda lakukan seperti kesabaran waktu dan lainya lagi. Tetapi tidak usah kawatir karena website juga dapat menghasilkan uang dari tempat lain bukan hanya Google adsense seperti.

Program Affiliate

Program affiliasi merupakan program online dimana anda dikususkan untuk memiliki sebuah website. Tujuan untuk dapat mempromosikan sebuah produk di website anda. Cara kerja seorang affiliasi adalah mencari situs yang menyediakan program affiliase seperti Situs Hosting, Online Shop.

Lantas mendaftarkan diri anda untuk menjadi affiliater nya. Cara anda untuk bekerja adalah dengan cara mempromosikan produk mereka melalui link referal anda sendiri. Anda akan dibayar jika ada orang yang beli produk mereka melalui link referal milik anda sendiri.

Baca : Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Affiliate Hosting

Mempromosikan Produk orang lain dengan website

Yang ini sama dengan affiliate namun cara ini cukup luas. Anda dapat mempromosikan produk orang lain. Mulai berupa fashion, makanan, tempat refrensi dan lain sebagainnya. Untuk bayaran dari cara ini adalah, anda menentukan sendiri berapa bayaran yang sesuai dengan iklan yang di promosikan. Syarat yang anda perlukan adalah website anda sudah ramai pengunjung tetap, dan organik.

9. Google AdWords

Merupakan program google yang sangat tepat untuk melakukan peningkatan strategi pemasaran periklanan. Baik itu periklanan yang besar ataupun kecil. Sistem dari google adword adalah memanfaatkan  mesin pencarian Google sebagai media saran beriklan. Dan menggunakan kata kunci untuk menemukan iklan.

cara beriklan

Cara beriklan seperti ini juga sering  disebut sebagai Search Engine Marketing atau dalam Bahasa Indonesia nya adalah Pemasaran/ Pengiklanan bersumber daya Mesin Pencari Google.

Dengan Google Adword anda dapat beriklan  disana untuk meningkatkan penghasilan bisnis anda. Dimana anda tidak perlu menawarkan satu persatu orang untuk produk anda. Karena jika anda sudah menjadi pengiklan di Adword Google lah yang akan mencarikan trafik secara otomatis yang akan datang ke situs anda.

Untuk masalah pembayaran anda, anda akan membayar sesuai berapa pengunjung yang datang ke situs anda. Jika yang datang ke situs anda cuma pengunjugn yang tidak sengaja berkunjung dan langsung pergi. Maka anda tidak akan membayar untu itu.

10. BBM

Dengan BBM ternyata anda dapat  meningkatkan penghasilan usaha anda. Walau memang BBM (Black Berry Message) itu adalah sebuah apliaski yang berfungsi sebagai media chating saja. Namun dengan jalananya waktu sekarang BBm juga bisa digunakan untuk media beriklan dengan BBM. Banyak juga orang yang sudah beriklan disana. Disini juga ada 3 cara untuk beriklan, seperti berikut.

Beriklan Secara Publik.

Cara beriklan secara publik adalah dimana anda beriklan sebuah produk dengan menghubungi pihak dari BBM, beriklan dengna cara ini mungin dapat dibilang efetif karena iklan andadapat dilihat banyak orang.

Beriklan dengan BC.

Jika anda memiliki banyak kontak, dan ingin menjual sebuah produk. Anda dapat memanfaatkan fitur BBm ini yaittu Broadcasting. Dimana anda memberikan Broadcasting kepada kontak anda, bahwa anda akan menjual sebuah produk.

Dengan membuat saluran.

Di dalam aplikasi ini ada juga tempat untuk membuat saluran, ada beberapa situs berita Indonesia yang memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan trafiknya, yaitu Bintang.com. Jika situs besar seperti bintang.com bisa memanfaatkannya mengapa anda tidak.

Anda dapat membuat sebuah saluran khusus baik itu saluran tentang bisnis anda atau yang lain. Dan seterusnya anda mengundang orang lain untuk bergabung disana.

Nah, itulah beberapa cara beriklan untuk memasarkan produk yang Anda kelola, sebaiknya Anda bisa memilih cara yang paling efisien dan meningkatkan penjualan produk tanpa harus direpotkan dengan cara beriklan yang ribet.


Loading...

Bagikan

Bima saputra

Penulis

welcome to my galery profil instagram.com/bimol7

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *