Dunia InternetKisah Inspiratif

15 Cara Berpikir Orang Kaya yang Membedakan dengan Orang Sederhana !

Mungkin sobat klik mania berpikir bagaimana orang kaya mempunyai cara berpikir dan sifat yang berbeda dengan orang sederhana? Apa perbedaan yang membuat cara berpikir orang kaya dan orang sederhana.

Menurut Steve Siebold penulis buku “How Rich People Think” menghabiskan hampir 30 tahun hidupnya menginterview para Miliarder di seluruh dunia. Akhirnya dia mengetahui apa yang membedakan orang kaya dengan orang-orang pada umumnya.

Ternyata hampir tidak ada hubungannya dengan uang itu sendiri, namun lebih kepada mental/cara berpikir orang kaya. Orang-orang menengah selalu berkata “Berbahagialah dengan apa yang kita miliki” dan kebanyakan orang akan takut jika hal itu bersangkutan dengan uang.

cara berpikir orang kaya

 

1. Orang kaya mempercayai jika kemiskinan merupakan akar dari kejahatan, Sebaliknya orang sederhana berpikir UANG akar dari segala kejahatan 

Orang-orang sederhana sepertinya telah dicuci otaknya supaya percaya bahwa orang-orang menjadi kaya karena sebuah keberuntungan/tidak jujur. Itulah mengapa terdapat rasa malu tertentu yang muncul dengan ‘menjadi kaya’ dikomunitas berpenghasilan yang rendah.

Orang-orang kaya paham dan mengerti, walaupun uang tidak menjamin kebahagiaan, namun uang dapat membuat hidup seseorang lebih mudah dan menyenangkan.

2. Orang Sederhana berpikir individualisme merupakan sikap yang tidak baik. Orang kaya berpikir individualisme adalah sikap yang baik

Orang-orang kaya pergi sesuatu tempat  dan membuat hidup mereka terasa bahagia. Mereka tidak berpikir seolah-olah sedang menyelamatkan dunia.

Permasalahanya adalah mereka orang menengah melihat hal tersebut secara negatif. Jika saja mereka tidak memikirkan aneh-aneh mengenai diri anda sendiri, dan anda tidak berada diposisi untuk menolong orang lain. Anda juga tidak bisa memberi apa yang anda tidak punya untuk di berikan ke pada mereka.

Loading...

3. Orang Sederhana memiliki mental undian/lotere. Orang kaya memiliki mental bertindak !

Jika orang-orang sederhana menunggu atau mengantri untuk memilih nomor yang tepat dan berdoa untuk kekayaan mereka. Orang-orang kaya berjuang untuk mengubah nasib mereka dengan bertindak dapat menyelesaikan masalah.

Orang lain rata-rata menunggu pahlawan seperti Tuhan/dewa, pemerintah, bos, atau pasangan  hidupnya untuk menyelamatkan hidup mereka, sementara itu waktu akan terus berjalan. Sedangkan cara berpikir orang kaya merasa bahwa harus bertindak untuk mengubah kehidupan yang membuat merka berbeda.

4. orang kaya percaya dibutuhkan pengetahuan khusus untuk menuju kesuksesan. Sementara Orang Sederhana berpikir jalan menuju kesuksesan adalah pendidikan formal !

Banyak sekali contoh orang sukses/pemain kelas dunia yang berpendidikan formal. Dan diantara mereka mengumpulkan kekayaan mereka dengan cara melalui akuisisi dan melakukan penjualan yang datang dari pengetahuan khusus.

Sementara itu orang Sederhana berpikir yakin bahwa gelar master dan doktor merupakan cara untuk menuju kekayaan. Hal tersebut dikarenakan mereka mudah terjebak dalam cara berpikiran linear yang mengurung mereka agar berpikir out of the box.

5. Orang biasa merindukan kebahagiaan mereka di masa lalu, orang kaya bermimpi akan masa depannya !

Orang-orang kaya selalu berani untuk mempertaruhkan diri mereka sendiri kepada proyek impian, tujuan, dan ide-ide untuk masa depan yang tidak diketahuinya.

Kebanyakan orang-orang yang percaya bahwa hari-hari terbaik telah cepat berlalu jarang sekali kaya, dan seringkali mereka berjuang walaupun dalam ketidakbahagiaan dan depresi. Orang sederhana selalu terjebak dengan rutinitas dan zona nyaman dan selalu menggunakan parameter sebagai masa lalu untuk mendamaikan hidup mereka.

6. Orang sederhana memperoleh uang dengan melakukan hal-hal yang tidak mereka sukai, sementara orang kaya mengikuti passion mereka !

cara berpikir orang kaya

Bagi kaum menengah atau sederhana, kebanyakan orang-orang selalu bekerja sepanjang hari. Orang-orang kaya tahu akan salah satu strategi terpintar didunia adalah melakukan apa yang mereka sukai dan menemukan cara untuk mendapatkan pendapatan dari hal yang di sukai itu.

Di lain pihak orang-orang sederhana mengambil pekerjaan yang tidak mereka sukai dan mereka menikmatinya karena mereka menginginkan uang. Mereka telah dilatih selama bersekolah, dan dikondisikan oleh masyarakat sekitar untuk hidup di dunia yang berpikiran linear.

7.  Orang kaya siap menghadapi tantangan sedangkan Orang sederhana menetapkan harapan rendah sehingga mereka tidak akan pernah kecewa.!

Menurut Beberapa Psikolog dan ahli kesehatan mental lainnya, mereka sering menyarankan orang untuk menetapkan harapan yang rendah bagi kehidupan mereka supaya mereka tidak kecewa. Akan tetapi, tidak akan berlaku bagi cara berpikir orang kaya.

Karena mereka berpikir tidak ada yang akan pernah menjadi kaya dan hidup bagagia sesuai impian mereka tanpa adanya sebuah harapan yang besar.

8. Orang sederhana percaya anda harus melakukan sesuatu untuk menjadi kaya. Orang kaya percaya anda harus “menjadi sesuatu” untuk menjadi kaya. Orang sederhana akan bermain aman dengan uang, sedangkan orang kaya tahu kapan mereka harus mengambil resiko

Itulah mengapa seorang Donald Trump berangkat dari milyarder yang terkenal menjadi bangkrut dengan hutang 9 miliar dollar ($9 Billion). Dan saat dia kembali lagi menjadi lebih kaya dari sebelumnya saat mengalami kebangkrutan.

Orang sederhana sangat terpaku dalam melaksanakan sesuatu yang harus ada imbalannya secara langsung contoh (bayaran/gaji). Sedangkan cara berpikir orang kaya adalah memiliki prinsip belajar dan tumbuh dari setiap pengalaman yang entah akan membuat mereka gagal ataupun berhasil.

Setiap investor akan kehilangan uang pada setiap kesempatan, tetapi mereka tahu apapun yang akan terjadi. Mereka akan selalu mendapatkan hasil lebih banyak yang sesuai dengan yang diharapkan.

9. Orang kaya menggunakan uang orang lain. Sedangkan orang sederhana percaya dibutuhkan uang untuk menghasilkan uang

Orang sederhana berpikiran membutuhkan modal besar untuk menghasilkan sesuatu seperti uang yang lebih banyak. Tapi orang kaya tidak pernah takut untuk mendanai masa depan mereka dari dompet orang lain.

Orang kaya mengerti bahwa tidak punya modal bukanlah suatu alasan untuk tidak memulai hal yang dapat membuat mereka kaya.

10. Orang sederhana mengajari anaknya untuk survive, orang kaya akan mengajari anaknya untuk menjadi sukses

cara berpikir orang kaya

Orang tua kaya akan mengajari anak mereka sejak dini mungkin tentang apa yang mereka miliki dan tidak orang miliki. Mereka selalu mengajari anaknya secara objektif dan lebih realistis tentang bagaimana caranya masyarakat dalam bertindak.

Jika anak-anak mengerti semakin dini, maka mereka cenderung termotivasi dan mengejarnya dalam hidup mereka dan hal itu akan tertanamkan sejak dini.

11. orang sederhana sangat suka dihibur daripada dididik, sementara Orang kaya lebih suka dididik daripada dihibur

Orang kaya tidak terlalu memikirkan gelar dan pendidikan formal dalam menghasilkan pundi-pundi uang. Sedangkan cara berpikir orang kaya adalah menghargai continuous learning atau pentingnya belajar selama dan setelah selesai kuliah.

Ketika mereka masuk ke rumah, satu hal yang mungkin anda temukan mungkin perpustakaan luas berisi buku-buku yang akan banyak mendidik seperti cara menjadi lebih sukses.

Sedangkan orang sederhana membaca novel, komik, tabloid, majalah hiburan dan lainya. Atau menonton acara-acara TV yang tidak ada gunanya dan melihat video-video/gambar yang tidak ada edukasinya sama sekali di internet.

12. Orang sederhana berpikir orang kaya itu sombong, mereka yang kaya hanya ingin dikelilingi oleh orang yang punya pemikiran yang sama !

Pikiran negatif dapat meracuni orang sederhana mengenai masalah uang, membuat orang kaya tetap berkeliaran dengan mereka yang mempunyai pemikiran yang sama.

“Tidak merasakan bagaimana penderitaan rakyat kecil” ini sering disalah-artikan oleh masyarakat sebagai kesombongan. Men-cap orang kaya sebagai orang yang sombong dan angkuh, merupakan salah satu cara orang sederhana untuk membuat mereka merasa lebih baik mengenai dirinya dan memilih untuk hidup biasa-biasa saja tanpa kemewahan.

13. Orang kaya fokus untuk menghasilkan, sementara orang biasa akan fokus untuk menabung !

Siebold mengatakan orang kaya fokus akan apa yang mereka dapat dengan berani utnuk mengambil sebuah resiko, daripada harus menabung untuk apa yang telah mereka miliki.

Orang sederhana terlalu fokus untuk mengumpulkan kupon dan hidup sederhana, sehingga mereka melewatkan berbagai kesempatan dalam hidup mereka.

Bahkan saat krisis keuangan tersebut terjadi pada orang kaya, mereka menolak untuk berpikir berhemat. Mereka sangat ahli dalam memfokuskan energi dan mental pada diri mereka untuk menghasilkan uang yang banyak.

14. Orang sederhana ingin agar nyaman, sedangkan orang kaya menemukan kenyamanan dalam ketidakpastian !

Sangat dibutuhkan keberanian yang besar untuk mengambil sebuah resiko dan menjadi orang kaya, sesuatu yang dirasa orang sederhana akan membuatnya tidak nyaman.

Kenyamanan fisik, psikologis, dan emosional merupakan tujuan utama dari pola pikir orang sederhana. Sebaliknya cara berpikir orang kayaadalah belajar sejak awal merka tahu bahwa menjadi orang kaya tidaklah mudah dan zona nyaman yang mereka impikan hanya akan menghambat mereka.

Mereka belajar untuk menemukan kenyamanan justru ketika beroperasi dalam ketidakpastian dalam hidup mereka.

15. Orang sederhana percaya bahwa mereka harus memilih antara kehidupan keluarga dan kekayaan. Orang kaya tahu mereka bisa mendapat semuanya.

Pemikiran atau mindset seseorang pada dasarnya adalah umum bahwa orang kaya belum tentu memiliki quality time dengan keluarganya adalah mitos dan biasanya cara yang digunakan untuk menolak bekerja ke tingkat yang lebih tinggi.

Masyarakat seperti dicuci otak untuk memilih salah satu diantara 2 pilihan tersebut. Kebanyakan Mereka men-set uang sebagai entitas yang tidak ada bagian hubungannya dengan kesehatan, keluarga, maupun kehidupan mereka.

Sebaliknya Orang-orang kaya sangat mengerti kalau uang bukan segalanya, namun uang bisa memberikan apa yang kita inginkan seperti jaminan kesehatan, dan kehidupan keluarga yang lebih baik dan masih banyak lagi hal lainnya yang bisa kita miliki jika mempunyai kekayaan.

Baca : 5 Cara Menyikapi Kegagalan untuk Meraih Kesuksesan

Demikianlah artikel tentang cara berpikir orang kaya dengan orang yang sederhana !, Semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel saya. Dan penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati.

Saya juga sangat mengharapkan yang membaca artikel saya ini akan bertambah motivasinya dan mengapai cita-cita yang di inginkan akan tercapai. Karena saya menulis artikel ini mempunyai arti penting yang sangat mendalam.”



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Bukan seorang penulis.. tapi ingin belajar menjadi penulis yang baik .. untuk tulisan saya yang lain bisa di baca di : www.blogorang.xyz

Artikel terkait

2 Comments

  1. Orang sederhana memperoleh uang dengan melakukan hal-hal yang tidak mereka sukai, sementara orang kaya mengikuti passion mereka !

    paling ngena banget..
    boro-boro mau ngikutin passion..
    kadang dapetin pekerjaan aja udah sulit banget

    1. Kita harusnya belajar bagaimana bertanggung jawab atas diri sendiri dan tanggungan2 kita. Lama-lama kita akan menemukan passion kita ada di mana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *