cara desain cover fanpage facebook

Cara Desain Cover Fanpage Facebook dengan Canva

Cara Mudah Desain Cover Fanpage Facebook – Fanpage Facebook adalah salah satu layanan gratis yang dapat dimanfaatkan oleh para pemilik akun Facebook. Hampir sebagian besar internet marketing hingga blogger profesional kredibel saat ini menggunakan halaman fans untuk berbagai keperluan. Mulai dari berbagi konten informatif faktual, berbagi foto-foto terbaik, hingga untuk keperluan berjualan dan branding.

Kepopuleran sebuah fanpage facebook ditentukan banyak hal. Selain dengan cara bekerja sama dengan menggunakan layanan Facebook Ads. Popularitas fanpage facebook juga dapat ditopang dengan cara merancang cover fanpage dan foto profil dengan desain yang khas.

Desain cover fanpage facebook yang dirancang dengan baik akan menawarkan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang paling bisa dirasakan adalah fanpage facbook akan menjadi lebih bagus, menarik dan profesional.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar dapat membuat desain cover fanpage menjadi bagus, menarik dan profesional. Bagi para ahli desain grafis, merancang dengan photoshop adalah cara yang terbaik. Lantas bagaimana jika ada sebagian dari para pembaca Klik Mania yang hanya memiliki bakat desain grafis pas-pasan, seperti saya salah satunya ?

Ternyata ada cara mudah yang bisa dilakukan bahkan tak butuh waktu lama untuk membuat fanpage facebook memiliki desain yang mengesankan. Bagaimanakah caranya ? silahkan baca postingan ini dalam posisi santai hingga akhir, untuk mengetahui cara mudah desain cover fanpage facebook dengan Canva.

Apa Itu Canva

Ide awal menciptakan canva muncul pada tahun 2007 dari Melanie Perkins seorang dosen yang mengajar di salah satu Universitas di Australia.

Dari keperihatinannya terhadap sebuah program desain yang sulit untuk dipelajari dan sangat sulit digunakan. Akhirnya ia melakukan partnership dengan dua rekannya yaitu Cliff Obrecht dan Cameron Adams untuk memberikan solusi terhadap keprihatinan ini. Canva akhirnya tercipta dan resmi diluncurkan pada 16 Juli 2012.

Loading...

Canva.com adalah salah satu website dengan paltform canggih ramah pengguna yang memungkinkan semua usernya dapat menghasilkan karya desain grafis yang mengesankan. Mulai dari karya desain majalah, ebook, wallpaper, hingga desain cover fanpage facebook dapat dibuat melalui Canva.

Tidak hanya sekedar menyediakan media canggih yang mudah digunakan, Canva juga aktif menyajikan konten dengan topik yang berkaitan dengan desain grafis untuk pafa penggunanya. Hal ini mempermudah siapa saja termasuk pemula untuk belajar desain grafis dengan mudah dan cepat secara gratis.

Canva Kaya Fitur

Canva memiliki platform desain dengan antar muka yang sangat ramah pengguna dan ringan. Megusung konsep “Drag and Drop” memungkinkan para pengguna menghasilkan puluhan hingga ratusan desain gambar dengan mudah dan cepat.

Canva didukung sejumlah fitur terbaik yang dipastikan dapat membuat hasil karya desain pengguna menjadi benar-benar menarik dan mengesankan. Mulai dari fitur filter dengan ragam pilihan efek, ribuan font, background dan elemen-elemen desain lainnya.

Mengenal Area Kerja Canva

Untuk menghasilkan karya desain yang mudah dan cepat melalui canva ada beberapa area kerja pada website Canva yang bisa kita ketahui. Ada lima area kerja Canva yang bisa kita gunakan, diantaranya adalah :

Layout Canva

Layout Canva adalah area kerja yang berisi ratusan ribu layout dengan varian background gambar berkualitas. Tersedianya ribuan layout dengan background gambar yang beragam, membuat pengguna dapat memilih background yang sesuai dengan konsep desain mereka. Background pada layout ini dapat diedit dengan bebas sesuai kebutuhan pengguna.

Elemen

Elemen Canva, adalah salah satu area kerja yang paling saya senangi. Melalui area kerja ini, saya dapat menemukan banyak elemen-elemen desain yang bisa digunakan secara gratis untuk keperluan proyek desain yang sedang saya kerjakan. Misalnya menambahkan elemen potongan lembara, ikon, simbol hingga logo.

Teks

Teks Canva adalah area kerja yang menyajikan ragam karakter font terbaik secara gratis. Pengguna dapat menemukan banyak fonts dan menggunakan salah satu fonts yang ada pada proyek desain yang akan dikerjakan.

Backgroud

Ini adalah area kerja untuk melakukan perubahan background proyek desain yang sedang dikerjakan oleh pengguna Canva. Ada banyak pilihan warna background standar yang eyecathing yang bisa dipilih. Menariknya Canva juga menyediakan background dengan corak atau tekstur khas unik yang beragam.

Unggahan atau Upload

Ini adalah area kerja untuk keperluan uploading atau memasukan file desain dengan format jpg dan png yang berasal dari perangkat berbeda. Misalnya file desain gambar yang berada pada komputer pengguna. Pengguna dapat mengupload file desain tambahan melalui area kerja ini.

Cara Desain Foto Profile Fanpage dengan Canva

Langkah Pertama : Silahkan kunjungi website Canva dan login menggunakan user dan id Canva.

Langkah Kedua : Pilih “Buat Desain“, lalu pilih “Logo

Langkah Ketiga : Gunakan area kerja Layout Canva untuk menemukan salah satu “layout” yang sesuai dengan kriteria.

Langkah Keempat : Lakukan Editing, mulai dari perubahan nama, pimilihan font dan kombinasinya, dan melakukan filter agar warna desain foto profil lebih menarik.

Langkah Kelima : Setelah editing foto profil dirasa pas, maka untuk menyelesaikan desain foto profil fanpage facebook silahkan pilih “Unduh“. File desain foto profil akan secara otomatis terunduh dan tersimpan ke komputer pengguna.

Cara Desain Cover Fanpage Facebook

Untuk membuat desain cover fanpage facebook yang menarik dan profesional melalui canva, caranya juga sangat mudah. Hampir sama dengan cara membuat desain foto profil sebelumnya di atas. Perbedaan pada tahap ini adalah ukuran canvas saja yang berbeda.

Apabila foto profile memiliki ukuran file desain 500px x 500 px, maka pada cover fanpage facebook ukurannya adalah 784px x 295px.

Langkah Pertama : Anda perlu buat desain baru dengan cara yang sama pilih “Buat Desain”

Langkah Kedua : Lalu silahkan pilih ikon lalu klik “Sampul Facebook”

Langkah Ketiga : Silahkan pilih “Layout” untuk menemukan desain gambar untuk backgroud cover fanpage facebook Anda.

Langkah Keempat : Silahkan lakukan Editing, seperti penambahan elemen, alamat situs, hingga menambahkan alamat kontak.

Langkah Kelima : Setelah editing cover fanpage facebook benar-benar telah sempurna, silahkan pilih “Unduh“.

Baca juga : Membuat Logo Online Sendiri untuk Blog atau Website Perusahaan Secara Praktis, Mudah dan Tidak Ribet

Penutup

Cara desain cover fanpage facebook menggunakan Canva sangatlah mudah. Tersedianya elemen desain secara lengkap memungkinkan pengguna dapat membuat banyak desain yang menarik dan profesional menjadi lebih cepat.

Menariknya berdasarkan pengalaman yang telah saya jalani selama ini berdasarkan hasil eksperimen beberapa desain yang tersedia melalui canva. Hal tersebut dapat memungkinkan saya mendapatkan inspirasi desain yang lebih baik.



Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Komentar

    Avatar

    Min kan fanspage saya waktu pertama bikin untuk komunitas tapi sekarang mau saya ubah seperti toko online gitu min, kaya Tokopedia dan market place lainnya lah. Cara mengubahnya gimana yah min? Mohon bantuannya

    Avatar

    mantap, saya juga sering menggunakan canva buat edit edit gambar yang nantinya dijadikan cover blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *