Bisnis OnlineUlasan Bisnis

Cara Efektif Mengatasi Keluhan Customer (Ampuh Dan Mujarab)

Cara efektif mengatasi keluhan customer yang dalam kesehariannya adalah melayani customer via telepon maupun secara langsung. Kerap kali kita mendapati customer yang puas dengan jasa pelayanan kita atau kurang puas dengan apa yang kita beri pada customer.

Namun jangan bersedih hati atau malah kita marah dengan tipe customer seperti ini. Ada prinsip dimana mengatakan ialah “Customer is a King”. Ya, Sebuah prinsip yang memang harus kita patuhi dan lakukan.

Membenarkan apa yang dikatakan untuk mengatasi keluhan customer

Membenarkan apa yang dikatakan customer adalah cara yang cukup ampuh dalam mengatasi keluhan customer yang sedang marah. Apapun yang customer katakan benar atau tidaknya kita harus membenarkan statment mereka.

Jangan pernah disaat customer berbicara panjang lebar kita memotong pembicaraan mereka atau menanggapi mereka dengan menyalahi mereka. Itu salah besar, yang harus kita lakukan adalah meng”IYA”kan customer kita agar mereka merasa keluhan mereka didengar oleh kita.

Merasa Empati pada mereka

Merasa empati disini adalah disaat customer sedang marah marah kita sebagai customer service harus merasa sedih, merasa kasihan atas pelayanan yang kurang maksimal,  merasa kekecewaan atas pelayanan kita yang kurang optimal.

Setelah customer merasa tenang, barulah tugas kita untuk memberi penjelasan apa yang akan perusahaan lakukan untuk mereka.

Meminta maaf dan bergegas untuk memperbaiki kesalahan

Bergegas untuk memperbaiki kesalahan yang kita perbuat. Sesegera mungkin meminta maaf pada customer kita dengan penuh rasa bersalah. Setelah itu kita harus memenuhi janji kita untuk menangani masalah itu dengan sesegera mungkin.

Sekian itu saja pembahasan mengatasi keluhan customer semoga artikel ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Dan seperti biasa,..

Loading...

Terima kasih,,,



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

just a writter

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button