menghemat dana perusahaan

19 Cara Jitu Menghemat Dana Perusahaan Supaya Profit

Menghemat dana perusahaan termasuk hal yang penting di lakukan, terutama untuk Anda yang memiliki bisnis atau berencana untuk menjalankannya. Hal ini supaya keuntungan meningkat tanpa ada yang dirugikan. Ada banyak sekali cara yang cukup membantu semua itu, mulai dari pertimbangan memilih furniture, merekrut karyawan atau bahkan barter layanan dengan rekan bisnis.

Berikut ini kami rangkum berbagai cara yang bisa Anda lakukan:

Gunakan Software Open Source

Semua perusahaan saat ini pastinya memerlukan yang namanya software untuk menunjang kinerja, seperti pembukuan, menulis sebuah dokumen dan juga untuk membuat bahan presentasi. Dengan menggunakan software open source, Anda tidak perlu membayar terlebih dahulu.

Untuk harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan software berbayar, bahkan ada juga yang gratis. Ada banyak situs penyedia software opensource, Sourceforge salah satunya.

Menjadi Salah Satu Sponsor Sebuah Acara

Ada banyak keuntungan menjadi sponsor pada sebuah acara, salah satunya adalah branding, terutama acara yang berkualitas dan diadakan di berbagai daerah. Dengan menjadi salah satu sponsor berarti biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sponsor tunggal, karena disana ada banyak perusahaan yang ikut bergabung pastinya.

Selalu Menjaga Hubungan Baik Dengan Mantan Dosen

Untuk selalu menjaga hubungan baik dengan orang memang hal yang paling dianjurkan, dalam hal ini menjaga hubungan baik dengan mantan dosen. Hal ini dilakukan supaya mendapatkan saran dalam menjalankan bisnis dan siapa tau ada mahasiswanya yang sedang mencari pekerjaan untuk magang.

Urusan mencetak Serahkan Pada Percetakan Online

Untuk menghemat waktu dan biaya seperti mencetak brosur, banner ataupun lainnya dalam hal memenuhi kebutuhan perusahaan, Anda bisa menggunakan percetakan online. Saat ini sudah banyak percetakan online dengan harga yang bersaing.

Barter Dengan Perusahaan Lain

Cara ini mungkin terdengar sederhana, tapi cukup memberikan efek yang luar biasa untuk kemajuan sebuah bisnis. Anda bisa saling bertukar barang ataupun jasa dengan perusahaan lain yang saling menguntungkan.

Loading...

Mengurangi Meeting

Hal ini sangat penting dan cukup mudah dilakukan. Coba cek lagi berapa jam yang dihabiskan dalam seminggu untuk yang namanya meeting. Cara ini terbukti dapat memangkas biaya dan waktu yang harus digunakan oleh perusahan.

Merekrut Karyawan Yang Memiliki Kemampuan Tapi Sedikit Pengalaman

menghemat dana perusahaan
Waiting for an interview via http://www.huffingtonpost.ca

Mungkin ini terdengar seperti lelucon, tapi biasanya orang yang belum cukup pengalaman lebih cenderung mencari pekerjaan dengan gaji standar, yang mana hal ini dapat menekan pengeluaran perusahaan untuk membayar karyawan.

Meskipun karyawan yang berpengalaman akan memberikan keuntungan untuk kemajuan perusahaan, tapi karyawan baru juga memiliki kompenten dalam bekerja karena itu adalah pertama kali mereka berada di dunia kerja.

Baca : Cara Merekrut Karyawan Yang Tepat Dan Bagus

Menyediakan Hari Kerja Pendek Bagi Karyawan

Hal ini memang terdengar tidak biasa, tapi di negara lain sudah banyak perusahaan yang menerapkannya. Ada banyak karyawan terbaik yang keluar dari sebuah perusahaan dengan alasan jenuh, mereka ingin mencoba hal baru.

Dengan cara ini Anda bisa memberikan kesempatan kepada mereka yang ingin mengerjakan hal lain tanpa kehilangan mereka. Misalnya dalam seminggu hanya 4 hari kerja, sehingga biaya yang dikeluarkan perusahaan juga berkurang dan karyawan terbaik tetap Anda miliki.

Mempertahankan Karyawan Berkinerja Bagus

Karyawan dengan yang memiliki kinerja bagus dan menjadi bagian dari kemajuan perusahaan adalah sebuah aset yang berharga. Mereka akan menghasilkan keuntungan dan membuat mereka betah bekerja bisa memberikan efek bagus dalam hal ini menghemat pengeluaran.

Karena jika dibandingkan dengan karyawan baru belum tentu kinerja mereka lebih baik dan malah kerugian yang di dapat.

Selalu lakukan evaluasi dengan semua karyawan Anda, pastikan mereka semua bahagia dalam bekerja dan kebutuhan mereka terpenuhi.

Microcontract

Ketika sebuah perusahaan memiliki project yang harus diselesaikan dan bukan project jangka panjang, ada baiknya Anda menggunakan jasa freelancer. Saat ini sudah banyak situs yang mempertemukan antara pekerja dan perusahaan untuk menyelesaikan sebuah project, salah satunya adalah Sribulancer.

Dengan adanya hal ini, berarti sudah menghemat dana perusahaan, tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak untuk menghire karyawan. Anda hanya membayar project yang sudah diselesaikan dan jumlah biayanya kita yang menentukan sendiri.

Selalu Meninjau Biaya Operasional

Apabila Anda membeli peralatan untuk kebutuhan kantor, pastikan melalui toko yang bisa memberikan diskon cukup kompetitif untuk pembelian barang dalam jumlah yang banyak. Mulai dari keperluan dapur seperti teh atau kopi sampai furniture perlu diperhitungkan biayanya.

Luangkan sedikit waktu untuk menemukan sebuah toko yang dapat memberikan layanan tersebut. Hal ini sangatlah berguna untuk menghemat biaya operasional dalam jangka waktu yang panjang.

Belilah Sesuatu Yang Dibutuhkan Bukan Yang Diinginkan

Hindari membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan perusahaan. Gunakanlah sebaik mungkin peralatan yang ada di kantor, jangan sampai membeli barang baru tapi yang lama masih memiliki kegunaan yang sama baiknya.

Ikut Bergabung Dengan Asosiasi Perusahaan

Asosiasi perusahaan biasanya sering melakukan penelitian sebuah industri, sehingga Anda bisa mengetahui hasil penelitian dan bisa menjadi salah satu penentu keputusan dalam hal keuangan untuk perusahaan.

Selain itu juga bisa menambah relasi bisnis untuk selanjutnya bisa menjalin kerjasama, untuk mengetahui asosisai yang sesuai dengan industri yang Anda jalankan bisa mencari informasi melalui kementrian perindustrian.

Jangan Lupa Tanya Diskon

Meskipun hal ini terdengar sederhana, tapi efeknya cukup luar biasa dalam hal mengurangi pengeluaran. Selalu tanyakanlah pada penjual barang ataupun jasa yang akan digunakan perusahaan Anda mengenai potongan harga yang akan mereka berikan.

Jangan Takut Menggunakan Teknologi Baru

Jika ada sebuah teknologi baru yang memungkinkan dapat menghemat waktu dan biaya, kenapa tidak. Hal yang dibutuhkan untuk menghemat dana salah satunya adalah sebuah alat yang dapat mempersingkat waktu karyawan dalam bekerja.

Apabila sebuah perkerjaan dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar pihak ketiga.

Onlinekan Bisnismu Untuk Menghemat Dana Perusahaan

Supaya lebih hemat lagi dalam hal branding, daripada banyak membuat brosur atau memasang iklan di koran, memasang iklan secara online adalah pilihan yang tepat untuk menghemat dana perusahaan dan menjangkau target yang tepat.

Anda bisa menggunakan layanan iklan seperti Google Adwords ataupun iklan facebook. Anda tidak perlu khawatir mengenai cara memasangnya, karena kedua layanan iklan tersebut sudah ada tim support yang siap memandu.

Menyewa Ruang Kerja Bersama atau Co-Working Space

co working space di bandung
Co Working space di Bandung via https://www.instagram.com/coandcospace

Untuk Anda yang ingin menghemat dana perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk menyewa sebuah kantor. Saat ini sudah ada yang namanya ruang kerja bersama atau biasa disebut co-working space, dengan tarif yang cukup kompetitif.

Disana Anda bisa sewa bulanan ataupun harian, selain itu juga ada yang menyediakan virtual office service dan event space. Selain dari segi biaya, Anda juga memiliki kesempatan bertemu dengan perusahan lain untuk menambah relasi bisnis.

Kurangi Penggunaan Kertas

Saat ini penggunaan kertas di kantor perlu untuk dikurangi, selain mendukung gerakan go green juga dapat menghemat biaya. Anda bisa menggunakan layanan penyimpanan dokumen digital. Selain menghemat uang juga dapat menghemat waktu.

Salah satu contohnya adalah penggunaan tablet dapat memangkas waktu untuk mencetak, melakukan scan dokumen, dan pengajuan ke atasan. Karyawan tidak perlu mencetak banyak kertas, cukup mengirimkannya melalui email misalnya. Sehingga hal ini dapat menghemat biaya dan waktu.

Membeli Barang Bekas Untuk Kantor

Meskipun ini terdengar sedikit ekstrim, tapi cukup membantu menekan biaya pengeluaran. Saat ini sudah banyak situs online yang menjual barang bekas. Selama barang itu masih layak untuk digunakan jangan ragu untuk membelinya.

Apakah Anda memiliki tips lain yang digunakan untuk menghemat dana perusahaan? Jangan ragu untuk membagikannya dengan kami di kolom komentar.


Loading...

Bagikan

Waryanto

Penulis

Penulis pemula yang ingin mencoba berbagi sedikit manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *