Tekno

Ini Dia Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik dan Benar

Cara Kalibrasi Baterai iPhone – Setiap smartphone umumnya memiliki masa pakai baterai yang terbatas. Begitupun dengan baterai iPhone, ia juga memiliki umur yang semakin lama semakin berkurang efektivitasnya.

Terkadang, karena kebiasaan buruk kita yang sering pasang copot charger, memainkan gadget saat proses charging berlangsung, dan juga karena faktor usia baterai iPhone yang sudah terbilang tua, dapat menyebabkan indikator persentase baterai menjadi error.

Misalnya begini, kapasitas baterai yang sesungguhnya di iPhone kita adalah 50% tetapi indikator persentase yang ditampilkan hanyalah tinggal 40% atau bahkan bisa saja menampilkan persentase 60%.

Oleh karena itu, dibutuhkan yang namanya kalibrasi baterai.

Apa itu Kalibrasi Baterai?

Kalibrasi baterai adalah sebuah metode yang digunakan untuk menyegarkan kembali kondisi baterai dan mengatasi penyebab persentase baterai yang error.

Disini baterai akan menjadi lebih jujur dan tidak akan membohongi kita lagi.

Sudah cukup dibohongi sama kamu.. Baterai smartphone jangaaaaaann :’)

Dengan mengkalibrasi baterai iPhone, maka baterai iPhone kita akan menjadi lebih awet dan bekerja seperti sedia kala saat pertama kali kita menggunakan iPhone kita. Lakukanlah kalibrasi cukup 1-2 kali dalam sebulan dan jangan terlalu banyak, sebab hal itu juga tidak baik untuk baterai iPhone kita.

Loading...

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai

kalibrasi-baterai-iphone
Source image: www.pixabay.com

Dikutip dari laman MacPoin, sebenarnya metode kalibrasi baterai ini cukup mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Kosongkan baterai iPhone kamu hingga bener-bener kosong. Catat guys, BATERAI.. cukup baterai saja ya yang kosong, hati kamu jangan.. Pastikan juga bahwa iPhone kamu mati karena kehabisan baterai, bukan karena dibunuh atau bunuh diri.. Okeee.. Karena kehabisan baterai!

2. Diamkan selama beberapa menit, lalu silakan charge ulang hingga penuh kembali. Pastikan kamu tidak pasang copot charger selama proses ini berlangsung.

3. Perlu diperhatikan bahwa langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai pengisian ulang baterai iPhone kamu adalah colokkan kepala charger terlebih dahulu ke stopkontak, setelah itu baru colokkan kabel Lightning USB ke iPhone. Ingat, jangan terbalik!!!

4. Kemudian tunggu hingga baterai terisi penuh dan usahakan selama proses pengisian ulang tidak terputus di tengah jalan.

5. Ketika baterai sudah penuh, cabut kabel Lightning USB terlebih dahulu. Kemudian barulah cabut kepala charger dari stopkontak.

6. Gunakan iPhone untuk beraktivitas seperti biasanya hingga baterainya habis kembali. Jangan mengisi ulang sebelum baterainya benar-benar habis.

7. Setelah itu isi ulang kembali baterai iPhone kamu hingga penuh sesuai dengan metode yang di atas.

Tips Seputar Kalibrasi Baterai

Setelah melakukan kalibrasi, mungkin kamu akan merasakan bahwa baterai iPhone kamu terasa lebih hemat dibanding biasanya. Sebab, baterai menjadi lebih jujur dan segar kembali. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan kalibrasi.

1. Kalibrasi baterai adalah tips yang biasa dilakukan pada baterai dengan jenis Lithium-Ion. Apple tidak pernah menyarankan atau memberi tahu para penggunanya untuk melakukan tips ini.

2. Tidak boleh terlalu sering melakukan kalibrasi baterai, karena hal tersebut justru akan berdampak buruk bagi kesehatan baterai iPhone.

Maksimal lakukan kalibrasi sebanyak 1-2 kali dalam sebulan. Dengan catatan kamu merasakan ada yang aneh dengan indikator persentase baterai di iPhone kamu (error).

Baca juga:

Apakah kamu merasakan perbedaan yang signifikan di iPhone kamu setelah melakukan tips kalibrasi di atas? Bagikan di kolom komentar ya.. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

zakiyfauzi

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

2 Comments

  1. ka mau tanya kalau kalibrasi kan harus batre kosong dulu.. nah di hp saya 20% itu udah mati, jadi saya gatau cara kosongnya gimana.. terus saat di cas,langsung nyala lagi tanpa nunggu kaya biasanya, terus pas dilihat batrenya itu langsung 10%.. dan ngecas nya cepat, itu gimana ya gan.. terimakasih

  2. 2x berarti ya gan kalibrasi? Kosongkan baterai, kalibrasi. Habis itu kosongkan baterai lagi, trus kalibrasi lagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
<