Tekno

Cara Kalibrasi Sensor GPS Smartphone Agar Google Maps Jadi Lebih Akurat

Cara Kalibrasi Sensor GPS untuk Tingkatkan Akurasi Navigasi Google Maps

Cara membuat Google Maps menjadi lebih akurat – Siapa yang tak kenal Google Maps, layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh perusahaa multinasional Google ini dapat dibilang sebagai navigasi paling populer yang digunakan di perangkat pintar atau smartphone.

Teknologi Google Maps ini sendiri mengandalkan sensor GPS (Global Positioning System) yang terpasang di perangkat pintar atau smartphone.

Meskipun sangat populer sebagai layanan navigasi, terkadang Google Maps melakukan kesalahan atau menunjukkan performa yang buruk dalam memandu perjalanan kamu.

Misalnya posisi di aplikasi yang tidak akurat ataupun respon navigator yang terlambat saat digunakan dalam keadaan bergerak (dalam perjalanan).

Jika kamu menemukan masalah-masalah yang disebutkan sebelumnya, kesalahan sebenarnya bukan terdapat pada Smartphone kamu.

Hal tersebut merupakan pertanda bahwa kamu harus mengkalibrasi ulang sensor GPS yang terintegrasi dengan Google Maps di Smartphone kamu agar memberikan performa yang lebih akurat.

Bagaimana Cara Melakukan Kalibrasi Ulang GPS di Smartphone?

Untuk melakukan kalibrasi ulang dan meningkatkan akurasi dari GPS yang terpasang di Smartphone kamu sebenarnya bukanlah hal yang rumit, kamu cukup menggunakan layanan Google Maps sebagai media mengkalibrasi ulang sensor GPS kamu.

Langkah pertama, buka layanan Google Maps di smartphone kamu. Pada Google Maps, posisi kamu akan ditandai dengan titik biru di tengah tampilan layar.

Titik biru yang merupakan titik lokasi kamu itu

sebenarnya menyimpan menu yang akan muncul saat kamu tekan.

Cara membuat Google Maps menjadi lebih akurat
Sumber gambar : medcom.id

Jika kamu telah menekan titik biru/titik lokasi kamu di Google Maps tadi, selanjutnya kamu akan disajikan opsi menu. Pada opsi menu tersebut, pilih pilihan “Calibrate Compass” untuk mengkalibrasi ulang sensor GPS yang terintegrasi dengan Google Maps kamu.

Cara membuat Google Maps menjadi lebih akurat
Sumber gambar : medcom.id

Selanjutnya, kamu akan disuguhkan kotak dialog perintah yang akan memandu kamu meningkatkan akurasi sensor GPS Smartphone kamu. Kotak dialogi yang muncul akan menginstruksikan kamu untuk menggerakan smartphone (dalam keadaan digengam) sesuai dengan bentuk gambar yang diberikan.

Cara membuat Google Maps menjadi lebih akurat
Sumber gambar : medcom.id

Setelah melakukan instruksi yang muncul pada kotak dialog dengan benar, tingkat akurasi sensor GPS kamu akan menjadi tinggi dan proses kalibrasi sensor GPS pun telah selesai.

Sebagai catatan tambahan, pastikan kamu telah mengaktifkan fitur GPS atau Locationdi smartphone kamu.

Baca Juga : Google Maps Tambahkan Fitur Baru untuk Mempermudah Para Travellers

Nah itulah sedikit informasi mengenai cara membuat Google Maps menjadi lebih akurat agar memberikan performa terbaik saat menavigasi kamu saat perjalanan. Semoga bermanfaat..


Loading...
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer. Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close