Bisnis OnlineUlasan Bisnis

9 Cara Marketing Online yang Bisa Anda Tiru Saat Ini Juga

Bagi para pemilik bisnis melakukan cara marketing online merupakan suatu keharusan yang perlu Anda lakukan  untuk meningkatkan penjualan produk.

Di era yang serba digital seperti sekarang ada banyak sekali cara marketing online yang bisa dilakukan untuk memenangkan persaingan usaha.

Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda semua, khususnya para pelaku bisnis online tentang cara marketing online yang bisa dilakukan.

Apa saja?

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Anda perlu memahami 3 Alasan Utama Seseorang Membeli Produk

Marketing Online
Marketing Online Via marketingland.com

1. Rasa Takut/Fear

Rasa takut merupakan suatu keadaan dimana calon pelanggan merasakan keresahan atau kegelisahan atas masalah yang sedang mereka hadapi.

Sebagai seorang penjual, Anda harus memahami apa yang menjadi kegelisahan para pelanggan sebelum menawarkan produk kepada meraka.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi setiap permasalahan dan mengkomunikasikan kepada calon konsumen bahwa Anda memberikan solusi atas setiap permasalahan yang sedang meraka hadapi.

Loading...

Contohnya seperti ini ada seorang calon pelanggan yang takut dengan berat barat yang berlebihan dan ia khawatir dengan masalah kesehatan yang akan dialami.

Sebagai penjual yang baik, Anda harus bisa memberi solusi kepada calon pelanggan ini tentang produk yang bisa mengatasi masalah mereka. Anggap saja produk yang Anda tawarkan tersebut bisa menurunkan berat bada secara alami.

Sampaikan solusi tersebut dengan baik agar mereka memahami bahwa produk yang Anda tawarkan benar-benar solusi atas masalah yang dihadapi.

2. Adanya Harapan/Hope

Konsumen yang sedang merasa takut dengan masalah yang sedang mereka hadapi biasanya akan merasa putus asa dan berusaha mencari segala cara agar masalah yang dihadapi terselesaikan.

Sebagai penjual yang bertanggung jawab, Anda bisa memberikan harapan kepada meraka bahwa masalah yang meraka hadapai akan terselesaikan dengan segera.

Jangan pernah memberikan harapan yang berlebihan dan tidak mungkin Anda penuhi dengan para pelanggan. Pelanggan yang kecewa tidak akan kembali dan menggunakan produk yang Anda tawarkan.

3. Menawarkan Solusi Kepada Mereka

Solusi merupakan jalan keluar yang Anda tawarkan kepada para pelanggan yang sedang menghadapi masalah. Solusi tersebut Anda tawarkan melalui keberadaan produk yang bisa mengatasi masalah yang sedang mereka hadapi.

Contohnya seperti ini Anda melihat calon pelanggan adalah orang kelebihan berat badan dan merasa tidak nyaman dengan hal tersebut.

Kemudian Anda memberikan solusi kepada mereka bahwa Anda menawarkan produk yang bermanfaat dan bisa mereka gunakan.

Setelah Anda memahami dengan baik 3 alasan di atas, maka langkah selanjutnya adalah mulai memasarkan produk tersebut ke ranah online.

Bagaimana caranya?

9 Cara Marketing Online yang Bisa Ditiru Saat Ini

1. Mulai Membangun Pondasi Media Sosial

Media Sosial

Sebagai seorang penjual tentu Anda menginginkan produk yang sedang Anda tawarkan banyak yang membeli. Hal ini bisa tercapai jika Anda memasarkan produk ke tempat dimana banyak orang berkumpul.

Media sosial merupakan salah satu tempat yang bisa Anda manfaatkan sebagai alat pemasaran produk yang sangat efektif.

Ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda gunakan sebagai sarana pemasaran seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Jika Anda ingin memasarkan produk melalui Facebook, maka beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat halaman untuk bisnis yang Anda tawarkan

Jangan lupa untuk mengunakan foto yang menarik, buat deskripsi usaha dengan baik, dan tambahkan link menuju halaman website usaha.

Setelah cara marketing online melalui media sosial sudah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah pastikan Anda bisa mendapatkan banyak like, share, dan komentar dari para pengunjung.

Post yang mengundang banyak orang melakukan hal di atas adalah saat Anda mem-posting berita atau tren berkaitan dengan industri usaha Anda. Post yang memiliki foto yang menarik dan kualitas yang baik, sebuah kisah inspiratif, dan yang lainnya.

Jangan serta merta langsung melakukan promosi produk sebelum Anda melakukan hal di atas.

Yakinlah tidak akan ada calon konsumen yang tertarik untuk menggunakan produk Anda.

Instagram merupakan salah satu cara marketing online yang sangat baik untuk Anda terapkan, karena media Sosial ini termasuk yang terbaik.

Mengapa demikian?

Foto yang menjadi fokus utama pada Instagram ternyata bisa mendapatkan engagement rate yang lebih besar dibandingkan dengan postingan di Facebook. Oleh sebab itu, sangat wajar jika banyak sekali produk ditawarkan di Instagram.

Saat Anda akan menggunakan cara ini, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah melengkapi bio dengan kontak yang bisa dihubungi dan jangan lupa untuk memasang link website pada foto profil.

Bagaimana agar bisa membuat post yang menarik di Instagram?

Selalu gunakan foto yang indah dan menarik sebagai alat promosi, hal ini merupakan poin penting dan paling utama yang perlu dilakukan sebagai cara marketing online.

Selanjutnya jangan lupa untuk menggunakan beberapa hashtag yang berkaitan dengan produk tersebut, jika Anda menampilkan foto produk sertakan juga dengan deskripsi produk dan tata cara pembelian.

BacaMempercantik Bio Instagram Agar Lebih Menjual dan Menarik

2. Bergabunglah di Marketplace yang Tersedia

Marketplace yang kami maksudkan disini adalah tempat berjualan online yang bisa Anda manfaatkan dan telah disediakan oleh pihak ketiga.

Bergabung menjadi anggota di marketplace sangat penting untuk dilakukan oleh Anda yang baru pertama kali berjualan secara online.

Hal ini dikarenakan disetiap marketplace akan selalu ada orang yang siap untuk melakukan pembelian atas produk yang Anda tawarkan.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan marketplace adalah Anda tidak perlu repot dan dipusingkan dengan mendatangkan produk dan Anda tidak perlu mengembangkan website yang sangat membutuhkan waktu.

Keuntungan di atas bisa Anda manfaatkan untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada banyak orang melalui marketplace.

Ada beberapa marketplace besar di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan yaitu Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya.

3. Berikan Konten Kepada Calon Konsumen Anda

Hal yang perlu Anda pahami adalah setidaknya ada 3 jenis orang yang menggunakan internet yaitu mencari informasi, mencari hiburan, dan membeli sebuah produk atau jasa.

Saat Anda menggunakan media sosial, artinya Anda akan menemukan 2 tipe orang disana yaitu mencari hiburan dan mencari informasi. Dengan demikian usaha Anda untuk menjual produk dengan cara marketing online akan sia-sia, jika Anda tidak mengetahui caranya.

Jika Anda akan memasarkan produk di media sosial atau di sebuah forum, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari permasalahan yang dihadapi oleh orang disana.

Jika Anda telah menemukan permasalahan mereka, maka langkah selanjutnya adalah membut konten yang akan menjadi solusi permasalahan, dan terakhir distrubusikan konten tersebut.

Saat Anda menggunakan strategi ini, maka kemungkinan besar akan berhasil karena banyak orang yang sedang mencari informasi.

Bukan itu saja, sebab dengan menyajikan informasi kepada para pelanggan, website yang Anda kelola menjadi lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

4. Jangan Ragu Menggunakan Iklan yang Efektif Seperti Facebook Ads dan Google Adwords

cara marketing online
FBAds Via digitalmarketer.id

Hal yang perlu Anda pahami adalah Facebook dan Google merupakan platform iklan digital yang terbesar sampai saat ini.

Bukan Cuma volume pengunjungnya saja yang besar tetapi juga kualitas pengunjung dan ketepatan sasaran iklan juga sangat tinggi.

Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan cara marketing online ini untuk berpromosi.

Jika dibandingkan dengan cara pemasaran yang lain, maka menggunakan iklan merupakan langkah efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengunjung dalam waktu yang singkat.

Namun, dikarenakan cara ini membutuhkan biaya, maka Anda perlu melakukan eksperimen agar bisa

Saat Anda akan memilih untuk beriklan di Facebook Ads atau Google Adwords, maka ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Pertimbangan yang pertama adalah jika kata kunci yang Anda targetkan banyak dicari di Google, maka Anda bisa menggunakan AdWords dalam mengiklankan produk.

Selain itu Adwords memiliki keunggulan dalam hal konversi penjualan, namun Anda perlu mengeluarkan biaya per klik yang mahal.

Facebook memiliki keunggulan berupa demografi yang lebih akurat dan meningkatkan konversi non-penjualan.

Lakukan 2 cara di atas dan lakukan eksperimen untuk menemukan cara terbaik yang paling efektif dilakukan.

5. Manfaatkan Jasa Endorsement dari Selebgram

Instagram merupakan media sosial yang saat ini memiiki pengguna yang terus meningkat. Selain itu Instagram juga menjadi tempat yang tepat saat Anda akan memasarkan produk dengan target pasar anak muda.

Cara marketing online yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan menggunakan jasa endorsement dari para selebgram yang ada.

Anda bisa mencari akun Instagram yang memiliki jumlah followers yang banyak dan merupakan target pasar yang tepat.

Selanjutnya Anda bisa mengirimkan mereka produk secara gratis agar mereka bisa merekomendasikan produk tersebut kepada pengikut lewat foto.

Ada cara lain yang bisa Anda coba dalam memasarkan produk lewat Instagram. Caranya adalah dengan membuat sebuah kontes yang bisa diikuti oleh banyak orang di Instagram.

Pertama Anda bisa memasang pengumuman kontes melalui akun selebgram tersebut dengan hadiah produk yang sedang di-endorse. Produk bisa dalam bentuk apa saja bisa kosmetik, pakaian, sepatu, gadget, kamera, dan yang lainnya.

Agar bisa mendapatkan produk tersebut secara gratis, maka mereka diwajibkan untuk mengikuti Anda terlebih dahulu di Instagram.

6. Blogger Bisa Anda Jadikan Rekan untuk Memasarkan Produk

Selain Intagram, Blogger merupakan salah satu sarana yang efektif dan bisa Anda terapkan untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Ada banyak cara marketing online yang bisa Anda lakukan dengan mendapatkan blogger yang bisa diajak kerjasama mulai dari grup blogger di Facebook, komunitas blogger, dan melalui mesin pencarian.

Hal yang perlu Anda perhatikan disini dalam memilih blogger adalah kualitas konten yang ada, desain website yang dimiliki, dan jumlah kunjungan yang ada.

7. Lakukan Content Marketing

Melakukan content marketing merupakan sebuah langkah efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perhatian calon konsumen kepada produk yang Anda tawarkan.

Memberikan konten yang bermanfaat dan memberi solusi kepada banyak orang merupakan langkah awal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perhatian calon konsumen atau awareness.

Anda memang bisa mengandalkan iklan untuk meningkatkan penjualan, namun agar lebih efektif dalam menjual yang perlu dilakukan adalah menumbuhkan kepercayaan kepada calon konsumen terlebih dahulu.

Membuat konten yang mengedukasi dan memberikan manfaat merupakan langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk membangun awareness.

Contoh content marketing adalah saat Anda menjual produk kosmetik untuk perempuan, maka konten yang bisa Anda sediakan seperti cara memilih kosmetik yang aman dan lain sebagainya.

Dengan cara seperti ini setiap orang yang ingin mencari informasi tentang cara memilih kosmetik akan menemukan situs yang Anda kelola.

Saat mereka percaya dengan informasi yang Anda berikan, maka bukan tidak mungkin mereka akan membeli langsung dari Anda.

8. Lakukan Email Marketing untuk Menyasar Pasar Potensial

Email marketing merupakan sebuah istilah yang merujuk pada proses pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan email sebagai media utamanya.

Kelebihan email dalam pemasaran adalah strategi ini bisa memberikan ROI yang sangat tinggi di atas 100% dan sebagian besar pelanggan memutuskan untuk membeli karena menggunakan strategi ini.

Melihat manfaatnya yang besar, maka sungguh disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan cara ini dalam memasarkan produk yang sedang Anda tawarkan kepada pelanggan.

Email marketing bisa terasa lebih personal dibandingkan dengan konten yang Anda temukan di blog.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan email marketing adalah dengan terlebih dahulu meminta pelanggan mendaftarkan email mereka.

Jika Anda sudah mendapatkan daftar email dari pelanggan yang potensial, maka Anda bisa mengirimkan konten yang bermanfaat melalui email, selanjutnya Anda bisa menjual produk lewat email tersebut.

Dikarenakan orang yang mendaftarkan email mereka ke website Anda termasuk pelanggan yang potensial, maka penggunaan email sebagai sarana pemasaran merupakan cara yang efektif untuk dilakukan.

Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa email marketing memiliki tingkat ROI yang sangat tinggi jika Anda lakukan dengan baik.

Menggabungkan content marketing dan email marketing merupakan sebuah langkah pemasaran yang sangat hebat dan bisa mendatangkan tingkat penjualan yang sangat tinggi.

Melalui cara di atas, kami berharap Anda bisa menemukan cara marketing online terbaik yang bisa Anda terapkan dalam proses memasarkan produk kepada para pelanggan.

Pilihlah 2 sampai 4 teknik di atas terlebih dahulu dan lakukan eksperimen, mana yang lebih mudah Anda lakukan dan menghasilkan.

Jika cara yang Anda lakukan tidak membuahkan hasil, maka Anda bisa menerapkan cara lain yang ada seperti contoh di atas.

Kami berharap pembahasan tentang cara marketing online yang telah kami sampaikan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan berkaitan dengan topik di atas, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

Akhir kata semoga tulisan ini bisa membantu Anda semua.

Selamat mencoba!



Loading...

Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

3 Comments

  1. Aku juga lagi belajar bisnis nih. Mulai dari jual pulsa sampai alat percetakan. Tipsnya gimana ya biar ga malu cara promosinya? kadang mau nyebarin info aja malu hhe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *